Pada  artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang bisnis keripik singkong dan analisa usahanya cocok untuk bisnis rumahan ini merupakan salah satu bisnis makanan dengan modal yang tidak terlalu besar yang terbilang sangat mudah untuk dijalani. Coba siapa yang tidak kenal dengan keripik singkong? Semua orang Indonesia pasti sudah sangat kenal pada keripik singkong ini.

Camilan yang ini memang sangat murni terbuat dari bahan baku singkong itu sendiri sepenuhnya yang kemudian akan diiris dengan cara irisan tipis-tipis. Memang keripik singkong seperti ini merupakan jenis camilan yang sangat di kenal oleh masyarakat dan yang pasti tak akan pernah lekang oleh jaman. Dari jaman dahulu masyarakat khususnya Indonesia sudah pasti sangat  mengenal keripik singkong ini.

Hanya saja, seiring berkembangnya jaman kini sudah sangat banyak varian dari segi rasa yang muncul dari keripik singkong ini. Dilihat dari gambaran bisnisnya, skala usaha keripik singkong ini juga sangat bervariasi. Mulai dari skala pengusaha rumahan, usaha kelas menengah, dan skala besar seperti yang sudah banyak dikenal di mata masyarakat.

Melihat dari besarnya skala usaha yang sangat variatif tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pebisnis keripik singkong mengenai pemasarannya masih cukup luas. Karena itu kebutuhan keripik singkong untuk saat ini masih terbilang sangat besar. Di situlah sangat terlihat prospek analisis usaha keripik singkong ini masih sangat menjanjikan, karena dilihat dari permintaan pasar mengenai keripik singkong ini yang masih sangat besar.

Namun, itu juga sangat berarti bahwa persaingan dalam bisnis keripik singkong ini juga bisa dibilang sangat kompetitif. Sehingga untuk dapat bertahan dan menang, tidak cukup hanya bermodal harga yang kompetitif. Namun Anda juga harus melakukan inovasi, mulai dari inovasi produk, kemasan, hingga inovasi pola penjualan.

Tips Sukses Sebelum Memulai Bisnis Keripik Singkong

tips sebelum memulai bisnis

Sebagian besar orang ingin memimpikan menjadi seorang pebisnis ataupun pengusaha besar dan sukses. Tapi, tidak hanya sebagian kecil saja yang sangat benar-benar ingin  hidup dan menjalani mimpi tersebut.

Alasannya sangat sederhana sekali, merintis dan mengelola usaha sendiri itu tidaklah semudah yang ada dibayang -bayang anda. Selain itu anda harus memiliki mental sekuat baja, karena ada hal penting lain yang harus dipersiapkan secara matang-matang. Dan tips-tips tersebut seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini:

1. Yakinkan dirimu

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih ingin sukses, usaha yang sudah Anda bangun justru malah berhenti di tengah jalan.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda juga bisa lebih dulu memulai mencari tahu tentang informasi tren bisnis yang sedang sangat berkembang dijaman ini.

3. Berpikir “Out of The Box”

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia sangat bisa melihat peluang bagaimana bisnis ini kedepannya akan menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi anda biasakan untuk mengasah kemampuan pola berpikir menjadi lebih kreatif lagi ya.

4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

5. Organisir diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini memang sangatlah penting sebagai modal dari diri sendiri dalam mengatur usaha Anda. Cara sederhananya, jika Anda tidak bisa mengorganisir dirim anda sendiri, bagaimana kedepannya Anda dapat mengatur dan mengorganisir semua elemen-elemen bisnis Anda?

6. Rajin membuat catatan

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat-nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang sudah Anda hadapi dan lewati saat anda sedang mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

7. Fokus pada satu bisnis dulu

Anda jangan terlalu terburu-buru untuk menggandakan keuntungan dengan cara memulai bisnis ke dua. Pastikan kembali bisnis yang sudah anda kelola sejak dulu itu sudah benar-benar stabil, baik dari perhitungan modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritikan dan nasihat dari orang-orang lain. Cobalah anda untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan pada diri anda sendiri pada saat dalam kondisi berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis atau usaha yang Anda sedang kelola berada di atas angin, jangan terlalu cepat untuk merasa puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis yang anda jalankan sedang lesu, jangan lantas anda langsung putus asa. Buka hati anda dan jangan malu untuk bertanya-tanya kepada pengusaha yang lebih senior dari pada anda.

Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong

bisnis keripik singkong

1. Tak Kenal Tak Sayang.

Pertama Anda harus mengenal lebih jauh Si Singkong. Semua orang sangat lah terkenal karena si singkong ini, dan semua singkong nampak sama, tidak berbeda sama sekali. Namun ternyata ada banyak jenis singkong. Anda harus mengenali bermacam-macam jenis singkong dan karakter tiap jenisnya. Konon di beberapa daerah singkong memiliki karakter rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

2. Siapkan Produk bisnis Keripik Singkong

Kemudian, langkah selanjutnya yang harus and lakukan dalam memulai bisnis keripik singkong ini adalah menyiapkan “resep andalan” untuk anda. Keripik singkong seperti apa yang hendak Anda produksi? Keripik singkong pedas, rasa bawang, original, rasa keju, rasa coklat, rasa barbeque, dan ada juga berbagai aneka rasa yang lainnya.

Tentunya Anda harus melakukan uji coba resep tersebut terhadap orang-orang disekitar Anda. Apabila banyak orang yang menyukai olahan keripik singkong dari resep Anda, maka anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

3. The Power of Kemasan.

Peribahasa “Don’t Judge A Book By It’s Cover” tidak berlaku dalam dunia bisnis. Justru akan terjadi sebaliknya, konsumen pertama kali yang akan melihat penampilan atau kemasan yang anda buat sebelum melihat hal lain kemudian memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu. Jadi, kemasan ini punya nilai yang sangat penting.

Kemasan tidak menarik, konsumen tidak melirik. Jika dilirik pun tidak, maka sudah pasti konsumen tidak sempat mencicipi rasanya. Sehingga meskipun rasanya sangat enak, tapi kemasan yang anda buat tidak menarik, maka produk anda itu akan menjadi produk tidak menarik juga.

4. Siapkan Strategi Promosi dan Pemasaran.

Branding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa tersendiri. Cantumkan slogan tertentu yang dapat menyampaikan pesan branding Anda kepada konsumen. Anda harus bisa menimbulkan rasa penasaran di benak calon konsumen-konsumen anda, sehingga mereka akan benar-benar penasaran dan akhirnya mencoba produk bisnis keripik singkong Anda.

Selanjutnya untuk memperluas jangkauan pemasaran, Anda dapat membuka sistem keagenan. Lakukan promosi secara offline dan online.

5. Siapkan Modal.

Selanjutnya hitung semua kebutuhan modal. Anda bisa menyiapkan uangnya, dari uang tabungan anda, ataupun anda juga bisa cari pinjaman, atau cari investor lainnya.

6. Action.

Jangan duduk membuat rencana terus… Berdirilah dan mulailah melakukan tindakan untuk mewujudkan bisnis keripik singkong tersebut…

Analisa Usaha Keripik Singkong

analisa usaha keripik singkong

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Modal Awal

  • Gerobak booth: Rp 1.500.000,-
  • Peralatan masak: Rp 1.000.000,-
  • Alat pengiris singkong : Rp 350.000,-
  • Alat press kemasan : Rp 150.000,-
  • Perlengkapan lain : Rp 500.000,-
  • JUMLAH : Rp 3.500.000,-

Biaya Operasional per bulan

  • Bahan baku singkong 10kg per hari @Rp 4.500 : Rp 1.350.000,-
  • Bumbu-bumbu Rp 35.000,- per hari: Rp 1.050.000,-
  • Gas 3 tabung 3kg @Rp 20.000: Rp 60.000,-
  • Minyak goreng 20 liter: Rp 440.000,-
  • Lain-lain: Rp 500.000,-
  • JUMLAH: Rp 3.400.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi perhari laku 50 bungkus dengan harga jual @ Rp 5.000,- maka omset per bulan:

= 30 bungkus x Rp 6.000 x 30 hari

Rp 5.400.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

-Pendapatan dan Biaya Operasional

=Rp 5.400.000 – Rp 3.400.000

=Rp 2.000.000,-

BEP (Break Event Point)

Modal Awal / Keuntungan

=Rp 3.500.000 / Rp 2.000.000

=1,75 bulan = 53 hari

Cara Membuat Keripik Singkong

cara membuat keripik singkong

1. Cara Membuat Keripik Singkong Pedas:

  • Singkong, 6 kg
  • Air, 15 liter
  • Air Kapur Sirih, 150 ml (larutkan 2 sendok teh kapur sirih ke dalam 150 ml air)
  • Garam, 3 sendok makan
  • Gula Pasir, 600 gr
  • Air Asam, 300 ml (larutkan 35 gr asam jawa ke dalam 300 ml air)
  • Garam, 5 sendok teh
  • Minyak untuk menumis, 200 ml

Bumbu Halus:

  • Bawang Merah, 600 gr
  • Bawang Putih, 250 gr
  • Cabai Merah, 500 gr
  • Cabai Rawit, 6 gr
  • Ketumbar, 3 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Iris tipis singkong menggunakan alat pengiris,
  2. Rendam irisan singkong dengan air, air kapur sirih, dan garam,
  3. Tiriskan irisan singkong, lalu anda bisa menggorengnya hingga renyah dan kering dalam minyak yang sudah dipanaskan, angkat, lalu tiriskan,
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum,
  5. Masukkan gula pasir, air asam, dan garam, aduk hingga kental,
  6. Tambahkan singkong, aduk sampai terbalut rata

2. Cara Membuat Keripik Singkong Original Dan Farian Coklat

Keripik singkong yang umum terdapat di pasaran adalah yang rasanya agak asin. Cara membuat keripik singkong ini cukuplah mudah, silakan anda ikuti langkah berikut ini.

Bahan:

  • Singkong segar 1 kg
  • Kapur sirih 1 sdm
  • Air 250 ml

Bumbu halus:

  • Garam halus 3 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Bawang merah 8 btr
  • Bawang putih 4 siung
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih
  2. Selanjutnya bisa langsung mengirisi singkong terlebih dahulu, anda bisa menggunakan alat-alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.
  3. Siapkan air dan masukan kapur sirih kemudian singkong yang sudah dipotong tipis rendam kedalam air kapur sirih. Kemudian tambahkan pula bumbu-bumbu yang telah dihaluskan oleh anda dan kemudian masukan kedalam air rendaman singkong. Biarkan selama 60 menit.
  4. Angkat, kemudian sebelum di jemur triskan dulu, dan dalam proses penjemuran harus benar-benar kering tanpa terkenal sinar matahari
  5. Selanjutnya goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong mengering, angkat lalu tiriskan.
  6. Biarkan sampai kering dan dingin, kripik siap dimasukan kedalam toples dan siap disajikan.

Cara membuat Keripik Singkong coklat

Bila Anda tidak suka asin dan lebih suka rasa yang manis, maka keripik singkong cokelat lebih tepat untuk Anda. Begini cara membuatnya.

Bahan:

  • 750 gram singkong, yang akan diiris tipis panjang (setelah diiris jumblah nya akan menjadi 500 gram)
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • 500 ml air es
  • minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:

  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 sendok teh cokelat bubuk
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Rendam irisan singkong kedalam larutan air kapur sirih, garam, danjuga air es. Diamkan sampai 30 menit.
  2. Tiriskan singkong. Cuci bersih. Lap sampai kering.
  3. Kemudian panaskan minyak terlebih dahulu dan barulah anda dapat masukkan singkong dan goreng hingga kering.
  4. Siapkan campuran untuk salutan keripik singkong. Salutan dibuat dari campuran garam, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga bumbu merata.
  5. Masak sambil diaduk sampai berbusa. Masukkan singkong. Aduk rata. Matikan api. Aduk sampai kering.

3. Cara Memproduksi Keripik Singkong Keju:

Setiap ada makanan dengan rasa cokelat, biasanya ada pula yang rasa keju. Inilah cara membuat keripik singkong keju.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram singkong kukus, dihaluskan
  • 20 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 30 gram margarine
  • 50 gram keju cheddar parut
  • 1 sendok teh garam
  • 25 ml air es
  • minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Aduk bahan sampai bergumpal.
  2. Giling adonan di gilingan mi mulai dari gilingan yang paling tebal (nomor 1). Setelah 2-3 kali giling, masukkan ke nomor 2. Kemudian giling lagi 2-3 kali, dan masukkan ke gilingan yang ke 3. Begitu pun seterusnya hingga di gilingan nomor 8.
  3. Potong segitiga. Kerat sedikit bagian tengahnya.
  4. Masukkan bagian yang lancip ke tengahnya.
  5. Goreng keripik dalam minyak yang sudah dipanaskan kemudian tunggu sampai matang dan kering.

4. Cara Membuat Keripik Singkong Balado Padang

Rasa pedas biasa tentu berbeda dengan rasa pedas balado padang. Keripik singkong balado ini dapat Anda coba.

Bahan:

  • Singkong putih 0,5 kg
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng (untuk merendam) secukupnya

Bahan Sambal:

  • 15 buah cabai merah (dibuang bijinya)
  • 5 siung bawang putih
  • 5 sdm gula pasir 5 sdm
  • garam secukupnya
  • 1 sdt cuka asetat
  • 3 sdm minyak goreng 

Cara Membuat:

  1. Anda harus mengiris singkong agak tebal sekitar 0,5 cm, (jika irisannya terlalu tipis akan mirip seperti biasa keripik singkong biasa).
  2. Potongan singkong dibalur dengan sedikit garam dan direndam dalam minyak goreng, hingga terendam semua. Perendaman bisa dilakukan hanya beberapa menit saja.
  3. Potongan singkong kemudian langsung digoreng hingga keripik singkong pun matang dan berwarna putih agak kekuningan.
  4. Kemudian diangkat dan ditiriskan.
  5. Untuk sambal, cabai merah, bawang putih, gula pasir, dan garam ditumbuk hingga halus,
  6. Cuka asetat ditambahkan dan diaduk-aduk.
  7. Sambal ditumis dengan 3 sendok makan minyak goreng. Setelah matang, api dikecilkan.
  8. Keripik singkong dimasukkan ke dalam larutan sambal hingga terbalur merata.
  9. Namun, sekarang banyak pengusaha keripik sanjai yang membalurkan sambal dengan bantuan kuas. Caranya adalah, dengan kuas dicelupkan ke dalam larutan sambal, dan kemudian dioleskan ke permukaan atas dan bawah potongan keripik singkong. Cara ini lebih praktis dilakukan untuk membuat keripik sanjai dalam jumlah banyak.
  10. Setelah sambal dingin, keripik sanjai bisa disimpan dalam toples atau dikemas dalam plastik. 

Tips Memasak Keripik Singkong Renyah dan Empuk:

  • Pada saat menggoreng singkong, gunakan minyak yang panas dan api besar, agar keripik singkong renyah,
  • Kalau tidak mempunyai penggorengan besar, buat 1/10 resep agar mudah mengaduknya,
  • Aduk-aduk campuran gula agar tercampur rata dengan bumbu dan tidak menjadi karamel,
  • Setelah digoreng, tiriskan singkong, agar saat dibumbui tidak terlalu berminyak.

Nah itu dia informasi penting yang berkaitan dengan bisnis keripik singkong dan analisa usahanya cocok jadi usaha rumahan  jika anda ingin juga belajar tentang usaha emping jagung dan analisa usahanya. Semoga dengan ini, informasi yang telah saya bagikan kepada anda sekalian ini bisa/dapat bermanfaat kepada para pembaca ataupun kepada para pelaku usaha.