Budidaya Ikan Gabus -Mungkin anda mempunyai niat untuk memulai usaha budidaya ikan gabus, sebab manfaat dalam kandungan ikan gabus untuk kesehatan begitu banyak sekali.
Tapi sebaiknya anda pun harus mengetahui bagaimana ilmu untuk memelihara ikan gabus. Karena ikan air tawar ini memiliki beberapa karakteristik.
Ikan gabus bersifat predator atau memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Termasuk juga serangga dan kodok tak luput disantapnya.

Nah, biar usaha ikan gabus yang mau kamu lakukan itu bisa berhasil dan menghasilkan panen yang melimpah, berikut ini yang perlu kamu tahu dan lakukan.

1. Pilih Tempat Budidaya di Kolam Terpal, Tanah, atau Beton

Kamu bisa pilih tempat budidaya ikan gabus tersebut. Apakah di kolam terpal, beton atau tanah anda bisa buat sesuai kemampuan.

Biar kamu bisa segera memulai usahamu ini dan tidak terbebani dengan modal awal yang tinggi.

2. Pilih Indukan Gabus Jantan dan Betina

Anda mesti pilih indukan ikan gabus jantan dan betina yang mempunya kualitas baik. agar budidaya ikan gabus ini dapat berjalan dengan lancar

Ada salah satu ciri perbedaan ikan gabus jantan dan betina yang dapat anda lihat langsung.

Jika ikan gabus jantan, Kepalanya berbentuk cenderung seperti bentuk oval dengan warna tubuh lebih gelap, dan pada bagian terdapat lubang genital berwarna merah.

Lain lagi bagi ikan gabus betina, warna tubuhnya biasanya lebih terang dengan kepala ikan gabus yang berbentuk bulat.

Untuk indukan gabus jantan yang ideal dan bagus untuk dibudidayakan, pilihlah yang mempunyai berat minimal 1 kilogram.

3. Mulai Proses Pemijahan pada Ikan Gabus

Kalau kamu sudah temukan indukan gabus jantan dan betina, proses selanjutanya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan pemijahan.

Definisi pemijahan secara singkat adalah proses pelepasan telur dan sperma pada ikan yang menghasilkan pembuahan.

Jadi di sini kamu akan masukkan 30 indukan jantan dan 30 betina ke dalam bak supaya proses pemijahan ini terjadi.

Untuk itu anda perlu menyiapkan tempatnya agar proses pemijahan ini berlangsung sukses. Anda dapat membuat bak beton dengan ukuran 7 x 4 x 2 meter.

Diamkan agar bak beton ini kering lebih dulu sekitar 5 hari. Setelah itu bak beton anda isi dengan volume air sampai 50 cm dengan membiarkan air mengalir ketika proses pemijahan berlangsung.

Lalu anda pun dapat menutup kolam menggunakan tanaman enceng gondok agar dapat membantu proses terjadinya eksitasi pemijahan.

Jika proses pembuahan sukses dan ikan gabus betina pun mulai bertelur, kamu bisa bawa dengan memakai sekupnet yang halus. Lalu biarkan telur menetas secara alami.

Nah, penting kamu tahu untuk rajin mengontrol kolam ikan tiap hari. Karena indukan betina dapat menghasilkan sampai 10 ribu-11 ribu butir telur.

4. Tetaskan Telur Ikan Gabus di Akuarium

Supaya kamu mudah untuk mengontrol kondisi telur, sebaiknya proses penetasan telur diproses di akuarium.

Untuk itu, kamu perlu akuarium ukuran 65 x 45 x 45 cm. Kalau akuarium ini masih baru, sebaiknya tunggu dulu supaya kondisinya benar-benar kering selama 2 hari.

Baru setelah itu, kamu boleh isi dengan air dengan ketinggian 40 cm. Pasang juga pemanas air supaya suhunya bisa mencapai 28 °C.

Untuk proses penetasan telur ikan gabus ini, kamu bisa masukkan telur ikan ± 4-6 butir per cm² dan biarkan sampai menetas. Biasanya, telur ikan gabus ini perlu waktu sekitar 24 jam untuk bisa menetas.

Setelah larva ikan gabus ini menetas, kamu tak perlu terburu-buru memberinya makan. Biarkan dulu selama dua hari. Sebab mereka ini masih memiliki cadangan makanan.

5. Merawat Larva Ikan Gabus

Nah, larva ikan gabus yang berumur dari 2 hari sampai kemudian 15 hari perlu kamu letakkkan di akuarium dengan kepadatan 5 larva per 1 liter air.

Untuk makanan larva ikan gabus ini bisa kamu beri makan seperti nauplii Artemia, dengan jatah makan 3 kali dalam sehari.

Lalu kalau larva ikan gabus sudah menginjak usia 5 hari, boleh kamu beri makanan tambahan seperti daphnia sebanyak 3x sehari.

Penting juga kamu harus jaga kualitas air di akuarium. Supaya harapan hidup larva ikan gabus ini semakin tinggi. Jika dirasa air akuarium sudah kotor, kamu bisa ganti airnya separuhnya.

6. Siapkan Kolam Ikan Gabus

Untuk proses pembesaran ikan gabus ini, kamu perlu kolam khusus. Misalnya, kamu bisa buat dari kolam dinding beton yang berlantai tanah. Kamu bisa buat kolam ikan gabus dengan ukuran sekitar 2 sampai 5 meter.

Kalau kamu baru buat, keringkan lebih dulu sekitar seminggu. Lalu pada bagian dasar kolam, kamu perlu ratakan tanahnya.

Tabur tanah yang berasal dari kotoran hewan dengan tebal kira-kira 30 cm. Lalu taburkan juga pupuk kapur dolomid secara merata ke permukaan kolam yang sudah dikasih kompos.

Tunggu selama 3 hari supaya pupuk kapur larut dalam tanah. Fungsinya nanti sebagai penghasil pakan alami bagi ikan gabus.

Karena dengan medium ini, makhluk seperti plankton, kutu air dan lumut gampang hidup. Jadi nantinya bisa menjadi sumber makanan bagi ikan.

Jika kolam air sudah siap, kamu bisa isi dengan air kira-kira tingginya 50 cm – 100 cm. Lalu biarkan air selama 1 minggu tidak dialirkan.

7. Sebar Benih Ikan Gabus

Kalau kolam ikan sudah siap digunakan, kamu bisa masukkan benih ikan gabus yang umurnya 2 minggu.

Perlu diingat, kalau seminggu sebelum benih ikan gabus ini dimasukkan, kamu perlu biarkan agar air kolam tidak dialirkan selama seminggu.

Lalu anda dapat pilih waktu penebaran benih ikan gabus pada pagi hari. Setelah penebaran benih, biarkan dulu bibit ikan gabus tersebut tidak diberi makan selama kurang lebih 2 hari.

Lalu setelah dua hari di kolam, anda dapat memberi makanan yaitu 2 kg tepung pellet.

8. Perhatikan Pemberian Pakan

Selain diberi pakan pelet, kamu bisa juga berikan makanan tambahan seperti anakan rayap, ikan teri, dan sisa daging ampas dapur.

Idealnya makanan ikan gabus ini mengandung lemak 15 persen, protein 15 persen dan karbohidrat 10 persen.

9. Bisa Dipanen Bertahap

Ikan gabus termasuk ikan yang memiliki daya tahan tinggi. Oleh sebab itu, anda dapat memanennya secara bertahap, Tidak mesti langsung.

Jadi, dengan begitu, kamu juga bisa lebih fleksibel. Karena bisa panen sesuai dengan permintaan pasar yang tersedia.

10. Jangan Telat Beri makan

Kamu perlu disiplin dalam memberi makan ikan gabus. Sebab ikan ini bersifat kanibal. Kalau telat, ikan ini akan memangsa rekannya sendiri.

11. Sortir Ikan

Tiap 1 bulan, kamu perlu sortir ikan dan dikelompokkan sesuai ukurannya. Ini penting sekali supaya budidaya ikan gabus yang dihasilkan dapat berkualitas prima.

Nah, itulah yang perlu anda lakukan supaya budidaya ikan gabus yang ingin anda lakukan dapat berlimpah hasilnya.

Tidak hanya dengan memperhatikan aspek teknis, kamu juga mesti berdoa pada Yang Maha Kuasa agar budidaya ikan gabus yang anda lakukan ini dapat berjalan lancar dan hasilnya pun penuh keberkahan di dunia dan akhirat.

Manfaat Ikan Gabus

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangatlah terkenl atau banyak dikenal orang, hal ini disebabkan kandungan protein pada ikan ini merupakan salah satu yang paling tinggi dibandingkan berbagai daging ikan lainnya.

Ikan gabus banyak terdapat di perairan di Indonesia, sebab ikan jenis ini lebih banyak hidup di sungai, danau maupun rawa.

Sekilas bentuk ikan gabus hampir menyerupai ikan lele. Perbedaan yang paling mudah diamati ialah ikan gabus tidak mempunyai surai atau kumis.

Warnanyapun tak segelap ikan lele. Ikan gabus juga sama sama dapat bertahan hidup di darat, dalam tempo yang cukup lama, sebab ikan gabus diketahui dapat bernafas secara langsung dengan udara luar. 

Jika ikan gabus tersebut hidup di sebuah tempat yang ternyata airnya akan habis dengan sendirinya hingga cenderung kering.

maka dapat Anda akan melihat ikan gabus ini akan membenamkan dirinya ke dalam lumpur tempat itu.

Ini sebagai upaya agar dapat tetap hidup. Atau Tak jarang ikan gabus ini dapat juga berpindah tempat , terutama di malam hari yang dilakukan dengan cara melompat lompat di darat.

Begitu banyak manfaat yang dapat Anda peroleh sebab memakan daging ikan gabus.Salah satu Kelebihan dan manfaat Ikan gabus adalah :

1. Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Ikan gabus Mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila.

Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram.

Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daging ikan gabus juga banyak mengandung albumin dalam kadar yang sangat tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh Anda.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh.

Jika kondisi tubuh Anda kadar cairan berkurang, maka protein yang masuk dalam tubuh Anda akan pecah sehingga tak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Sehat untuk pencernaan

Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ia sangat mudah di cerna. 

Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen .

5. Penyembuhan berbagai penyakit

Dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti penyakit  hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll

6. Memperbaiki gizi buruk

Dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi , balita , anak maupun ibu hamil karena dalam 100 gr gabus saja sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

7. Membantu penyembuhan anak autis

Ikan gabus memiliki kandungan yang dapat berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.

8. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi.  Ini karena kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus.

sehingga secara cepat bisa membantu proses pembentukan sel  dan jaringan baru pada bagian tubuh Anda  yang telah rusak akibat proses operasi..

9. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh Anda.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anda yang ingin daya tahan tubuh lebih baik ? jangan lupa konsumsi ikan gabus secara rutin, konsumsi ikan ini dapat membuat tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun karena faktor lain.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

kandungan gizi ikan gabus

Dari penelitian di laboratorium diperoleh bukti bahwa dari 100 gram ikan gabus mengandung berbagai kandungan gizi  seperti :

  • Kalori : 69    kalori
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Kalsium : 62   miligram
  • Phospor : 76   miligram
  • Vit.A : 150  miligram
  • Vit.B : 0,04 miligram
  • Air : 69  gram

Kandungan gizi inilah yang membuat manfaat gabus sangat baik bagi anda yang ingin meningkatkan gizi janin atau pun ibu hamil, anak, hingga orang dewasa.

Jika kita telisik lebih jauh, dari kandungan gizi di atas, sebagai contoh, manfaat vitamin A saja yang didapat dari gabus, bisa berkhasiat untuk

  1. Melindungi kesehatan rongga hidung
  2. Melancarkan fungsi repoduksi pria
  3. Menyehatkan kondisi indung telur pada wanita
  4. Memperkuat plasenta bayi
  5. Meningkatkan kesehatan janin
  6. Sebagai anti oksidan aktif dan kuat
  7. Menjadi kekebalan tubuh secara nyata
  8. Untuk mata lebih sehat
  9. Membersihkan darah

Selain dari vitamin A yang tinggi, kalsium dalam gizi ikan gabus juga sangat berperan untuk.

  • Meningkatkan kekuatan tulang
  • Meningkatkan pertumbuhan gigi dan tulang pada anak anak
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah berbagai jenis kanker

Gabus memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan sangat enak disantap dengan berbagai hidangan. Konsumsi gabus secara rutin akan memberikan dampak bagi kesehatan anda.

Macam-Macam Ikan Gabus :

macam-macam ikan gabus

Di seluruh penjuru bumi, ada kurang lebih 30 jenis ikan gabus yang tersebar dibanyak negara.

Adapun di Indonesia terdapat beberapa jenis, salah satunya adalah Gabus Toman yang dapat tumbuh hingga 1 m dan berat 5 kg.

berikut adalah jenis jenis ikan gabus agar dapat menambah wawasan anda tentang budidaya ikan gabus

1. Channa asiatica

Channa asiatica merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari wilayah China dan Vietnam bagian utara.

Ikan ini mampu tumbuh maksimal hingga 34-40 cm. Habitat ikan gabus ini sangat beragam mulai dari sungai berarus pelan, ranting kering, daun kering dll.

2. Channa argus argus

Channa argus merupakan spesies ikan gabus yang berasal dari Rusia, Tiongkok, Korea Utara serta Korea Selatan. Habitat Asli ikan ini adalah Sungai Amur sampai dengan pulau Hainan.

3. Channa amphibeus

Jenis Ikan Gabus ini tersebar di wilayah asia meliputi i India dan Bhutan. Selain itu, gabus ini juga mempunyai sebutan lain yaitu Borna snakehead, panjang maksimalnya bisa mencapai panjang 90 cm.

4. Channa aurantimaculata

Channa aurantimaculata merupakan ikan endemik yang menempati sungai Brahmaputera, sunagi Arunachal pradesh serta sungai Assam di India Timur Laut.

Panjang maksimum Channa aurantimaculata berkisar 30-40 cm. Selain itu, ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu orange spotted snakehead,golden cobra snakehead.

5. Channa bankanensis

Channa bankanensis merupakan ikan Gabus yang berasal dari wilayah asia tenggara. Persebarannya meliputi Malaysia dan Indonesia.

Di Indonesia jenis Gabus ini banyak ditemukan di daerah Kalimantan, sebagian Sumatera dan Pulau Bangka. Channa bankanensis dewasa dapat tumbuh hingga panjang 14-30 cm.

6. Channa baramensis

Channa baramensis merupakan ikan gabus endemik pulau Borneo. Persebarannya meliputi Sarawak, Sabah, Brunei Darussalam.

Habitat asli gabus ini adalah sungai Baram, Sarawak utara. Panjang maksimal bisa mencapai 180-220 mm.

7. Channa barca

Channa barca (Barca Snakehead) merupakan salah satu jenis gabus yang sudah langka. Persesebaran gabus ini meliputi India dan Bangladesh. Sekitar tahun 2014 oleh IUCN  jenis gabus ini dinyatakan hampir punah.

8. Channa bleheri

Channa bleheri merupakan ikan gabus endemik sungai Brahmaputera di India. Spesies ini merupakan salah satu favorit penghobi aquarium, karena corak dan warnanya sangatlah menawan. Panjang maksimalnya bisa mencapai 20 cm.

9. Channa burmanica

Channa burmanica merupakan spesies endemik snakehead bagian Burma utara. Snakehead ini mempunyai ukuran mini dan tergolong kelompok informal dwarf snakeheads.

Karakteristik Warnanya mirip dengan Channa gachua. Budidayanya yang tergolong sulit, sehingga akan sangat sulit untuk mencarinya di toko Ikan.

10. Channa cyanospilos

Channa cyanospilos merupakan spesies gabus yang berasal dari wilayah Sumatera, diantaranya Sumatera Selatan, Lampung, Riau serta Jambi.

Ukuran maksimal spesies ini tergolong kecil yaitu 20 cm. Di Sumatera ikan banyak ditemukan pada aliran sungai dekat pegunungan. Mangsa utama gabus ini adalah udang, katak serta ikan-ikan kecil.

11. Channa diplogramma

Spesies Channa diplogramma merupakan endemik semenanjung India. Panjang rata-rata dewasa ikan gabus ini bisa mencapai 480 mm.

12. Channa gachua

Chana gachua banyak mempunyai sebutan diantaranya kotes, bogo atau benguk. Spesies ini termasuk kedalam genus Channidae yang berukuran kerdil atau kecil. Persebaran ikan ini cukup merata di Indonesia.

Gachua merupakan salah satu genus channa yang masih bisa dijumpai di pulau Jawa. Sedangkan spesies lainnya adalah channa striata (khutuk/gabus)

13. Channa harcourtbutleri

Spesies Channa harcourtbutleri merupakan endemik danau inle Myanmar. Ukuran spesies ini tergolong mungil yaitu 20 cm pada ukuran dewasa.

14. Channa lucius

Spesies Channa lucius merupakan ikan gabus yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Persebarannya meliputi Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand serta Laos.

Di daerah Kalimantan Spesies gabus ini biasa disebut dengan Kehung atau Keshung. Panjang maksimal Channa lucius dewasa bisa mencapai 360 mm.

15. Channa maculata

Snakehead Maculata merupakan ikan gabus endemik negara Cina dan Vietnam bagian Utara. Predator ini pada usia dewasanya bisa mencapai panjang maksimal 20-30 cm.

16. Channa marulioides

Spesies Channa marulioides merupakan ikan gabus yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Persebarannya meliputi Indonesia, Thailand serta Malaysia.

Di Indonesia, jenis gabus ini banyak dijumpai pada daerah Sumatera dan Kalimantan. Adapun panjang maksimal dewasanya berkisar 65-80 cm.

17.Channa marulius

Spesies Channa marulius merupakan ikan gabus yang berasal dari Asia Tenggara, Selatan dan China Selatan. Spesies gabus ini tergolong jumbo. Panjang maksimalnya bisa mencapai 180 cm.

18.Channa melanopterus

Spesies Channa melanopterus merupakan ikan Gabus endemik Indonesia tepatnya pulau Borneo atau Kalimantan.
Persebarannya meliputi sungai Kapuas yang ada di Pontianak. Panjang maksimal ukuran dewasanya adalah 65 cm.

19. Channa melasoma

Channa melasoma atau gabus hitam merupakan spesies ikan yang berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Penyebarannya meliputi Indonesia, thailand,malaysia, Filipina dan Singapura. Adapan panjang maksimal ukuran dewasanya dapat mencapai 30 cm.

20. Channa micropeltes / Ikan Toman

Channa micropeltes atau yang lebih dikenal dengan nama Gabus Toman adalah predator yang populer akan keganasannya.

Sudah sejak dulu, Toman banyak dibudidayakan terutama di daerah Kalimantan.

Ukaran tubuhnya termasuk besar, bahkan dapat mencapai 1m. Makanan pokok toman adalah kodok, serangga serta ikan yang terdapat disekitarnya.

Seperti itu Cara budidaya ikan gabus yang dapat saya berikan,bagi yang sudah membaca saya ucapkan terimakasih