Hallo guys balik lagi di websie ini. Apa kaba kalian semua? Pupuk kompos kemarin jadi apa nggak? Tapi saya yakin kabar kalian dan pupuk kalian sekarang udah jadi pastinnya. Hehehehe .Baiklah pada kali ini sya akan mengajarkan cara bikin pupuk organik.

Kalau kalian yang pecinta perkebunan dan pertanian pastinnya kalian akan mengalami proses pemupukan kan? kalau iya pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian cara bikin pupuk organik.

Baiklah sebelum kita masuk ke topik kali ini yaitu cara bikin pupuk organik seperti biasa kita akan belajar dulu apa sih pupuk organik itu? Apa aja jenisnya? Dan bagaimana sih cara bikin pupuk organik?

Tidak hanya pengertian pupuk organik aja tapi kita akan membahas hal yang berkaitan dengan cara bikin pupuk organik ya guys. Berikut penjelasan dan pengertiannya ya.

Apa Itu Pupuk Organik?

Merupakan pupuk yang terangkai dari beberapa materi makhluk hidup,contoh pelapukan dari bekas tumbuhan, hewan,dan manusia. Pupuk ini dapat berbentuk padat atau cair yang berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik,kimia,biologi,dan tanah.

Pupuk organik memiliki banyak bahan organik daripada kadar haranya. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (seperti bahan membuat pupuk kompos).

Tapi pupuk organik memiliki 2 versi yaitu padat dan cair. Nanti kita akan belajar membuat yang padat dan cair.

Jenis-Jenis Pupuk Organik

Pupuk organik juga memiliki macam-macam ya guys. Berikut ini penjelasannya

Pupuk Kandang

Yaitu pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Hewan yang kotorannya sering digunakan untuk pupuk kandang adalah hewan ternak.

mayoritas penduduk Indonesia selalu menternak, seperti kotoran sapi,kambing, kerbau, dan ayam. Selain memiliki bentuk padat, pupuk kandang juga bisa berupa cair yang berasal dari air kencing hewan.

Pupuk kandang mengandung unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro, semacam fosfor, nitrogen, dan kalium terdapat di pupuk kandang yang padat.

Kandungan nitrogen dalam urin hewan ternak lebih besar dibandingkan dengan kandungan nitrogen dalam kotoran padat.

Pupuk Kandang Terdiri Dari Dua Bagian Yaitu:

  1. Pupuk dingin ialah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan secara pelan pelan,agar tidak menimbulkan panas. Contoh pupuk yang berasal dari kotoran sapi dan kerbau.
  2. Pupuk panas ialah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan  secara cepat agar menimbulkan panas, contohnya pupuk yang berasal dari kotoran kambing dan ayam.

Pupuk kandang memiliki manfaat untuk menyediakan unsur hara makro dan mikro dan mempunyai daya ikat ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkan bahan – bahan anorganik di dalam tanah, termasuk pupuk anorganik.

Tidak hanya itu, pupuk kandang bisa memperbaiki struktur tanah, sehingga pertumbuhan tanaman bisa optimal. Pupuk kandang yang telah siap dipakai akan memiliki ciri bersuhu dingin, remah, wujud aslinya tidak tampak, dan baunya telah berkurang.

Pupuk Hijau

Merupakan pupuk organik yang berasal dari tanaman atau berupa sisa panen. Bahan tanaman ini bisa dibenamkan pada waktu masih hijau atau setelah dikomposkan.

Sumber pupuk hijau berupa sisa-sisa tanaman (sisa panen) atau tanaman yang ditanam secara khusus sebagai penghasil pupuk hijau. Contoh kacang-kacangan dan tanaman paku air.

Jenis tanaman yang digunakkan sumber pupuk hijau diutamakan dari jenis kacang kacangan. Karena tanaman ini memiliki kandungan hara yang relatif tinggi, terutama nitrogen dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Tanaman kacang kacangan juga lebih mudah terdekomposisi sehingga penyediaan haranya menjadi lebih cepat. Pupuk hijau juga memilii manfaat untuk meningkatkan kandungan bahan organik dan unsur hara di dalam tanah.

Oleh karena itu terjadinya perbaikan sifat kima, fisika, dan biologi tanah.Lalu selanjutnya berdampak pada peningkatan produktivitas tanah dan ketahanan tanah terhadap erosi.

Kompos 

Pupuk kompos ialah sisa bahan organik yang berasal dari tanaman, hewan, dan limbah organik yang telah mengalami proses fermentasi. Jenis tanaman yang sering digunakan untuk kompos di antaranya jerami,sayuran yang busuk,dan lain sebagainya.

Bahan dari ternak yang sering digunakan untuk kompos di antaranya kotoran ternak, urine, dan cairan bbiogas. 

Kegunaan Kompos Adalah:

  1. Memperbaiki struktur tanah.
  2. Memperkuat daya ikat agregat (zat hara) tanah berpasir.
  3. Meningkatkan daya tahan dan daya serap air.
  4. Memperbaiki pori – pori dalam tanah.
  5. Menambah dan mengaktifkan unsur hara.

Kompos digunakan dengan cara menyebarkannya di skeliling tanaman.Kompos yang layak digunakan adalah yang sudah matang, ditandai dengan menurunnya suhu kompos (di bawah 400 c).

Humus

Humus ialah material organik yang berasal dari pelapukan daun dan ranting-ranting tanaman yang membusuk dan akhirnya mengubah humus menjadi tanah.

Bahan baku untuk pupuk humus ialah dari daun atau ranting pohon yang berjatuhan. Humus akan menjadi sumber makanan bagi tanaman, serta berperan baik bagi pembentukan dan menjaga struktur tanah.

Senyawa humus juga berperan dalam pengikatan bahan kimia toksik dalam tanah dan air. Tidak hanya  itu, humus dapat meningkatkan kapasitas kandungan air tanah, membantu dalam menahan pupuk anorganik larut-air.

 Kandungan utama dari kompos adalah humus. Humus akan menjadi penentu akhir dari kualitas kesuburan tanah, jadi penggunaan humus sama halnya dengan penggunaan kompos.

Pupuk Organik Buatan

Pupuk organik buatan adalah pupuk organik yang dibuat oleh pabrik dengan memakai peralatan yang canggih dan modern. Manfaat pupuk organik buatan, yaitu:

  1. Menaikkan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
  2. Meningkatkan produktivitas tanaman.
  3. Merangsang perkembangan akar, batang, dan daun.
  4. Menggemburkan dan menyuburkan tanah.

Pada umumnya, pupuk organik buatan dipakai dengan cara menyebarkannya di sekeliling tanaman. Sehingga terjadi pertumbuhan kandungan unsur hara secara efektif dan efisien bagi tanaman yang diberi pupuk organik tersebut.

Di atas tadi merupakan pupuk organik padat ya guys

Manfaat Pupuk Organik

Bermacam hasil penelitian menyatakaan bahwa sebagian besar lahan pertanian intensif menurun produktivitasnya. Banyak yang telah mengalami degradasi lahan, terutama terkait dengan sangat rendahnya kandungan karbon organik dalam tanah, sekitar 2%.

Padahal untuk memiliki produktivitas optimal membutuhkan karbon organik sekitar kurang lebih 2,5%. Pupuk organik memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang bisa meningkatkan produktivitas lahan serta dapat mencegah degradasi lahan. Sumber bahan untuk pupuk organik sangat beranekaragam.

Karakteristik fisik dan kandungan kimia yang juga sangat beragam. Sampai-sampai  pengaruh dari penggunaan pupuk organik terhadap lahan dan tanaman dapat bervariasi.

Selain itu, peranannya cukup besar kepada perbaikan sifat fisika, kimia biologi tanah serta lingkungan. Pupuk organik yang ditambahkan ke dalam tanah akan mengalami beberapa kali fase modifikasi oleh mikroorganisme tanah agar menjadi humus.

Bahan organik akan berperan sebagai sumber energi dan makanan mikroba tanah. Sehingga dapat meningkatkan aktivitas mikroba tersebut dalam menyediakan unsur hara tanaman.

Penambahan bahan organik sebagai sumber hara bagi tanaman. Tidak hanya itu penambahan tersebut juga sebagai sumber energi dan hara bagi mikroba.

Bahan dasar pupuk organik yang berasal dari sisa tanaman sedikit mengandung unsur berbahaya. Penggunaan pupuk kandang, limbah industri dan limbah kota berbahaya dapat mencemari lingkungan.

Karena karena banyak mengandung logam berat dan asam-asam organik selama proses pengomposan. Beberapa bahan berbahaya ini akan terfokus dalam produk akhir pupuk.

Pupuk organik memiliki fungsi kimia yang penting seperti penyediaan hara makro  dan mikro, meskipun jumlahnya relatif sedikit. Unsur hara makro dan mikro tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, terutama bagi pencinta tanaman hias.

Oke kita langsung saja ke cara bikin pupuk organik cair ya guys :

Cara Bikin Pupuk Organik Cair

cara bikin pupuk organik

Bahan Yang Diperlukan :

  • Limbah rumah tangga sebagai nitrogen contoh sayuran basi, sisa nasi, parutan kelapa, buah busuk dan segala macam limbah rumah tangga organik lainnya
  • Batang pisang yang sudah berbuah daripada terbiarkan menjadi sampah, lebih baik digunakan untuk bahan membuat pupuk organik cair.
  • Kotoran hewan ternak (kambing, sapi, ayam,kerbau, dll)
  • Urine hewan,air cucian beras,air bekas menyuci ikan, gula merah/gula bisa juga gula pasir, tetesan tebu, dan tambahkan air secukupnya
  • Dekomposer mikroba pengurai atau starter SOT, EM4 dll (Lebih baik EM4)
  • Sabut kelapa tanpa kulit, bubuk kayu gergajian

nb : EM4 ialah suatu cairan yang berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan/persediaan unsur hara dalam tanah.

Alat Yang Dibutuhkan :

  • Ember
  • Pisau potong
  • Jerigen plastik
  • Kayu untuk mengaduk

nb : Ember yang digunakan berupa ember plastik yang mempunyai tutup yang kuat dan beri bolongan untuk selang ya! Bahannya juga dari plastik ya guys,dikarenakan plastik tidak merubah serta mengurangi kualitas bahan yang sudah terfermentasi didalamnya.3

Oke guys kita langsung aja masuk ke cara bikin pupuk organik cair ya guys. Berikut langkah cara bikin pupuk organik cair :

  1. Mencuci bahan yang telah kita kumpulkan. Perlu dicuci supaya terhindar dari tercampurnya bahan-bahan utama dengan zat berbahaya. Gunakan air bersih untuk membersihkannya. Bersihkan dari besi berkarat dan sejenisnya.
  2. Setelah semua bahan selesai dibersihkan. Langkah berikutnya adalah kita memotong bahan yang sudah kita cuci. Tujuan agar proses fermentasi berlangsung sempurna. Jangan memotong terlalu besar semakin kecil semakin bagus.
  3. Larutkan EM4 sebagai mikroba kedalam air secukupnya. Masukkan pemanis alami gula merah, gula pasir, atau air tebu. Diamkan minimal 20 menit untuk membangkitkan mikroba.
  4. Masukkan kotoran ternak segar kedalam tong/ember plastik
  5. Tambahkan bahan bahan yang sudah dicincang tadi dan campurkan ratakan kedalam tong/ember
  6. Campurkan semua bahan – bahan padat lainnya dan campur rata.
  7. Tuangkan larutan bioaktivator yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kalau perlu tambahkan terasi untuk mempercepat proses pengurain pupuk organik cair.
  8. Tambahkan air kencing, air cucian beras, air rendaman ikan dan bahan cair lainya kedalam tong/ember bekas, aduk sampai semua rata.
  9. Tambahkan air secukupnya, perbandingan air adalah 35% cair dan 65% padat. Aduk perlahan menggunakan tongkat kayu.
  10. Tutup tong plastik dengan rapat dan masukkan selang lewat tutup tong yang telah diberi lubang. Rekatkan tempat selang dengan tutup tong plastik sehingga tidak ada celah udara. Biarkan ujung selang yang lain masuk kedalam botol yang sudah diberi air. Diamkan selama kurang lebih 10 hari ya guys.

Oke tadi itu merupaka cara bikin pupuk organik cair ya guys.

Manfaat Pupuk Organik Cair :

Setelah mengetahui cara bikin pupuk organik tentu kita harus mengtahui apa sih manfaat nya. Berikut penjelasannya

  1. Dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun
  2. pembentukan bintik akar pada tanaman leguminosae sehingga dapat meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman serta penyerapan nitrogen dari udara
  3. Bisa meningkatkan vigor tanaman sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat
  4. Daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit menjadi tinggi.
  5. Merangsang pertumbuhan cabang produksi.
  6. Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta
  7. Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah.

Oke next ya kita akan masuk ke cara bikin pupuk organik padat ya guys. Berikut cara bikin pupuk organik padat :

Cara Bikin Pupuk Organik Padat

Bahan Yang dibutuhkan :

  • Kotoran ternak. Sapi, Domba, Kambing, Kerbau
  • Arang sekam
  • Jerami yang telah dicacah
  • 20 liter air
  • gula pasir
  • Dekomposer mikroba EM4
  • Dedaunan ataupun bubuk gergaji kayu

Alat Yang Dibutuhkan :

  • Karung goni
  • Sekop
  • Sarung tangan
  • Cangkul

Oke guys kita langsung aja masuk ke cara bikin pupuk organik padat ya guys. Berikut langkah cara bikin pupuk organik padat :

  1. Siapkanlah media pembuatan pupuk, pastikan ditempat yang sejuk dan tidak berpotensi terkena sinar matahari secara langsung, serta tidak terkena hujan jika sedang hujan.
  2. Lalu, Anda bisa membuat dekomposer dengan cara melarutkan lgula pasir dan EM4 ke dalam air.
  3. Lapisan pertama, campurkanlah kotoran ternak yang telah disiapkan dengan arang sekam yang secukupnya. Aduk hingga merata. kalau sudah rata tamburkan dekomposer tadi dan aduk lagi sampai merata.
  4. Lapisan kedua, yakni dengan cara menaburkan jerami, dedak, bubuk gergaji dan juga bahan-bahan organik lainnya. aduk sampai rata lalu siramkan dekomposer lagi.
  5. Kemudian tutup rapat tumpukan bahan-bahan tadi memakai karung goni dan juga jerami.
  6. Hari selanjutnya, Anda boleh mengaduk adonan tersebut sampai rata dan tutuplah kembali rapat-rapat.

Agar pupuk yang Anda buat memiliki kualitas yang baik, lakukanlah monitoring setiap hari. Saat melakukan monitoring, pastikan Anda mengaduknya dengan cara memasukan tangan (jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan).

Kalau merasakan suhu adonan yang masih panas, ini menandakan bahwa pupuk tersebut belum siap untuk dipakai. Pupuk akan siap pakai apabila suhu mulai normal.

Manfaat Pupuk Organik Padat

Begitu juga dengan pupuk padat.Kita harus mengetahui apa sih manfaatnya.Masa kita sudah mengetahui cara bikin pupuk organik versi padat masa nggak tau manfaatnya kan lucu.hehehehe.

Berikut Penjelasannya :

  1. Menambah Kesuburan Tanah

Pupuk organik padat mengandung banyak unsur hara baik yang besar maupun kecil sehingga bisa memperbaiki struktur kesuburan tanah.Pada tanah yang mempunyai struktur tanah liat penambahan pupuk  organik akan  mengurangi sifat kelengketan sehingga mudah diolah.Pada tanah yang berpasir penambahan pupuk organik ini mampu meningkatan daya serap dan unsur hara.

  1. Memperbaiki Kondisi Kimia Tanah

Kondisi kimia tanah yang baik akan mendukung pertumbuhan tanaman.ini bisa dilakukan degan menambahkan pupuk organik ke dalam tanah yang akan diolah.

  1. Memperbaiki Kondisi Biologi Tanah

Pemberian pupuk organik bagi tanah akan merangsang mikroorganisme yang menguntungkan.Konsultrasi oksigen dan karbondioksida dalam tanah sangat mempengaruhi kegiatan biologi tanah.

  1. Memperbaiki Kondisi Fisik Tanah

Pupuk organik mampu membuat  tanah mengikat air lebih baik sehingga struktur tanah dan kesuburan tetap terjaga. Tamanan pun dapat tumbuh dengan baik.

  1. Penggunaan Aman Bagi Manusia

Pupuk organik terbuat dari bahan alami bukan kimia sehingga tidak kan meninggalkan bekas pada hasil panen yang aman dikonsumsi bagi manusia serta tidak menimbulkan gangguan.

  1. Tidak Mencemari Lingkungan

Pupuk organik tidak akan mencemari kelestarian lingkungan. Tidak demikian halnya dengan pupuk kimia yang terbuat dari bahan-bahan kimia yag bisa membahayakan kesehatan dan bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Oke guys itu tadi merupakan cara bikin pupuk organik versi padat dan cair. Semoga artikel ini bisa memuat anda menjadi wawasannya luas ya dan selamat mencoba.