Cara Membuat Anyaman Yang Mudah Dan Kreatif

cara membuat anyaman

cara membuat anyaman ,Bambu adalah tumbuhan jenis rumput rumputan yang bisa tumbuh mulai dari dataran rendah di pesisir dengan ketinggian 0-1 m diatas permukaan laut, hingga di bukit pegunungan himalaya.

Manfaat dari bambu begitu banyak sekali, salah satunya dapat di buat anyaman. Nah bagamana cara membuat anyaman bambu? akan di jelaskan di sini.

Bambu sendiri mempunyai 1500 jenis yang terdapat di seluruh dunia, ini pun yang sudah di namai dan banyak dijumpa. Jumlah ini dapat saja terus bertambah dengan semakin banyaknya consern, penelitian dan perhatian terhadap bambu.

Nah,nanti anda akan tau apakah itu anyaman, sejarah anyaman dan berbagai motif anyaman di jelaskan semua di sini.

Pengertian Anyaman Bambu

Anyaman adalah seni yang menunjukan kehidupan dan kebudayaan masyarakat Melayu. Menganyam sendiri ialah suatu proses menjaring atau menyilangkan bahan-bahan seperti rotan,lidi, akar, pandan, dan lain-lain menjadi satu rumpun yang kuat dan dapat di gunakan.

Menganyam juga merupakan sebuah seni tradisi tertua di dunia, yang konon katanya dahulu kegiatan ini di ikuti oleh manusia dari cara burung membuat sarangnya dengan menggunakan ranting-ranting yang disatukan.

Sejarah&Asal Usul Anyaman Bambu

Adapun sejarah seni anyaman yang merupakan tradisi masyarakat Melayu dan masih sangat di kagumi juga di minati sampai saat ini.

Kegiatan tersebut  telah ada sejak zaman dulu kala. Hal ini bisa kita lihat dari kediaman orang zaman dahulu, yang mana dinding rumah mereka masih menggunakan anyaman dari bambu.

Selain dindingnya juga atap rumah mereka masih menggunakan anyaman dari nipah (bambu yang sudah di anyam. Seni kerajinan anyaman tangan ini adalah sebuah karya unik dan rumit di dalam proses pembuatannya.

Akan tetapi untuk usaha mempertahankanya tetap diteruskan agar tidak kalah atau termakan oleh perkembangan zaman dan arus globalisasi

Menurut Siti Zainun di dalam buku Reka bentuk kerajinan tangan tradisi Melayu, menyatakan bahwa pada zaman pemerintahan Long Yunus (1756-1794) di negeri Kelantan.

Penggunaan anyaman ini digunakan oleh sang Raja, dan anyaman tersebut di kenal dengan sebutan “tikar Raja”.

Macam-Macam Anyaman Bambu

Ada banyak sekali anyaman yang di ciptakan dari bahan bambu. Semuanya terlihat unik,cantik dan kreatif, berikut ini merupakan contoh beberapa anyaman yang kerap di gunakan di Indonesia:

  • Anyaman Mengkuang

Jenis atau bentuk anyaman yang satu ini biasanya terbuat dari daun mengkuang. Contoh yang bisa di hasilkan seperti tikar, tudung saji dan lain sebagainya

  • Anyaman Pandan

Selanjutnya anyaman ini terbuat dari daun pandan. Hasil anyamannya seperti tikar untuk sholat dan hiasan dinding dan lain-lain.

  • Anyaman Buluh

Anyaman yang satu ini terbuat dari beberapa jenis buluh. Contoh anyamannya seperti bakul bekas pakaian, nyiru, beg dan lain sebagainya masih banyak lagi.

  • Anyaman Lidi

Anyaman ini terbuat dari lidi yang tercipta dari tulang daun kelapa. Cntohnya seperti lekar, Anyaman ini terbuat dari sebuah tanaman paku pakis ribu-ribu, dan contohnya seperti bakul, tempat tembakau, dan lain sebagainya

  • Anyaman Ribu-Ribu

Yang pertama adalah anyaman ribu-ribu, Anyaman ini terbuat dari salah satu tanaman paku pakis ribu-ribu, dan contohnya seperti bakul, tempat tembakau, dan lain-lain.

  • Anyaman Rotan

Yang kedua adalah anyaman rotan, Anyaman ini terbuat asli dari bahan rotan, dan hasilnya seperti bakul, tempat buaian anak dan lain-lain.

  • Anyaman Kertas

Yang terakhir anyaman terbuat dari kertas, contohnya seperti hiasan dinding origami dan lain-lain.

Cara Membuat Anyaman Bambu

cara membuat anyaman bambu

Anyaman bambu memang tidak akan ada habisnya apabila dibuat sebagai kerajinan tangan, yang mempunyai suatu nilai guna dan nilai seni yang sangat tinggi. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat anyaman bambu yang dapat anda praktekan:

  1.  Anda harus  memilih bambu yang kuat dan kokoh, dan jangan memakai bambu yang terlalu tua. Karena akan susah untuk di bentuk anyamannya nanti, sedangkan kalau kamu memakai bambu yang muda juga tidak baik karena mempunyai serat yang masih tajam.
  2.  Pilihlah bambu yang mempunyai ruas yang saling sejajar.
  3. Sekiranya bahan sudah siap semua, maka siapkan juga alat-alat yang akan di gunakan seperti gergaji, pisau, paku ukuran kecil, dan juga parang.
  4. Maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah membelah bambu secara singkron dengan buku-bukunya. Pangkaslah dengan rapi menggunakan parang atau kalau tidak bisa juga menggunakan gergaji.
  5. Setelah terpotong menjadi rapi, kemudian keringkan bambu di bawah sinar matahari. Tujuannya tidak lain untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat dalam bambu. Jemur hingga beberapa hari agar bambu benar-benar kering.
  6. Lalu setelah pengeringan selesai, belah bambu tadi menjadi 2 bagian. Cara pembelahannya dengan arah secara vertikal, sehingga kamu bisa mendapatkan lekukan bambu yang konkaf.
  7. Setelah itu raut potongan bambu dengan menggunakan pisau.
  8. Baru selanjutnya kita masuk ke dalam tahap proses menganyam. Siapkan 2 helai potongan bambu, satu bambu menghadap ke danding dan satu lagi menghadap ke kulit.
  9. Lalu siapkan sumbu anyaman berupa satu helai potongan bambu yang panjang. Sumbu satunya lagi sebaiknya menggunkan ukuran zig-zag, hal ini bertujuan agar lebih mempermudah kamu dalam menganyam.
  10. Buatlah sebuah sudut anyaman dengan cara menyilangkan kembali anyaman lokal sebaliknya. Kemudian lipatlah itisan bambu agar sejajar dengan bagian sumbu bagian tengah.
  11. Nah, untuk hitungan pada anyaman sebaiknya menggunakan hitungan 1-3-1. Hitungan ini merupakan hitungan yang paling sederhana dalam pembuatan anyaman bambu

Cara Membuat Anyaman Dari Kertas

ambar anyaman kertas

Tak hanya itu, anda juga dapat membuat anyaman dari kertas. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari membuat anyaman kertas yang bisa anda dapatkan.

Salah satu manfaatnya adalah bisa mengisi waktu luangmu dan kamu bisa menghasilkan uang dari kegiatan tsb.

Sebelum anda memulai membuat anyaman dari kertas, Terlebih dahulu kamu harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut merupakan peralatan dan bahan yang harus ada:

Alat dan Bahannya :

  • Dua lembar kertas asturo atau kertas manila yang berbeda warna, tentunya sesuai selera warnamu. Tujuan dari warna yang berbeda adalah agar pola yang di hasilkan pada anyaman yang di buat terlihat dengan jelas.
  • Gunting, yang berguna untuk memotong dan merapikan sisa-sisa kertas yang kelihatan kurang rapi.
  • Lem kertas, kegunaannya untuk menempelkan atau memasang anyaman pada figura agar bisa di jadikan sebagai hiasan pada dinding.
  • Pensil, alat yang berguna untuk membuat pola bentuk anyaman yang akan di buat.
  • Penggaris, untuk membuat sebuah pola garis agar tidak berantakan.
  •  Yang terakhir adalah cutter atau silet, berguna untuk memotong lembaran kertas secara kecil dan rapih.

Cara Membuat Anyaman Dari Kertas:

  1. Langkah awalnya adalah dengan membuat pola terlebih dahulu pada kertas yang akan kamu gunakan. Caranya kamu buat garis-garis pada kertas dengan menggunakan penggaris dan pensil. Buatlah jarak antar setiap garis sebesar 1-1,5 cm. Sisakan jarak 2cm untuk setiap bagian tepinya.
  2. Kemudian potong kertas tadi menggunakan cutter dengan mengikuti pola garis yang di buat tadi.
  3. Lalu ambil kertas kedua dan gunting secara memanjang dengan jarak selebar 1 cm. Perlu diperhatikan pada jarak kertas pertama dan kedua ini harus sama.
  4. Baru setelah itu mulai menganyam sesuai motif yang anda inginkan. Jika anda masih pemula motif yang paling mudah adalah yang sederhana.
  5. Selesai menganyam, rapikanlah ujung kertas agar enak dilihat.
  6. Langkah terakhir, berilah lem pada tepi kertas dan rekatkanlah. Tujuannya agar anyaman semakin kuat tidak mudah lepas.

Contoh-Contoh Anyaman :

1.Anyaman Bambu

Seperti yang kita tau bahwasannya anyaman merupakan jenis kerajinan seni asli Indonesia, pastinya kita semua akan senantiasa melestarikannya sampai waktu yang tidak ditentukan.

Jangan sampai budaya dan karya asli yang kita hasilkan dari tanah kelahiran sendiri di ambil oleh orang lain.

Anyaman bambu adalah anyaman yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar bambu kering atau tua, yang mana dengan bambu tersebut bisa digunakan sebagai anyaman tanpa rusak maupun patah.

Yang kita tau bahwasannya bambu apabila muda maka seratnya masih banyak dan tajam, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai anyaman. Dan apabila terlalu tua, bambu tersebut akan patah jika mau digunakan ataupun dilekuk untuk membentuk pola.

Tidak hanya digunakan sebagai anyaman, ternyata bambu juga bisa digunakan sebagai alternatif bahan dapur yang murah. Akan tetapi butuh sedikit usaha untuk menjadikannya lebih bermanfaat dibandingkan dengan hanya menjadi bambu.

Nah di sini kami akan memberikan seditik contoh anyaman bambu dan beberapa kerajinan yang bisa dibut dengan menggunakan bambu. Apa saja kerajinan tersebut, mari kita lanjutkan membacanya.

Contoh Hasil Kerajinan dari Bambu

Apabila kita bicara mengenai kerajinan dari bambu, maka kita akan mendapatkan beberapa hal yang bisa kita dapatkan dari bambu.

Misalnya adalah anyaman dari bambu, rumah burung dari bambu, kursi dari bambu, lonceng angin, talang air bahkan sepeda dari bambu.

Banyak sekali yang bisa dihasilkan dari baham bambu seperti ini. Namun kita di sini akan membahas lebih spesifik dari semua kerajianan itu, yakni kita akan membahas mengenai anyaman dari bambu.

Berikut Merupakan Kerajinan Yang Terbuat Dari Bambu

  • Rumah Burung Dari Bambu

Sedikit agak berbeda apabila dibandingkan dengan sangkar burung pada umumnya. Apabila contoh diatas, itu adalah sangkar atau rumah burung yang dibuat menggunakan bambu.

Mungkin hanya beberapa jenis burung saja yang cocok untuk menggunakan sangkar burung dari bambu tersebut.

  • Kursi Dari Bambu

Bambu juga dapat dijadikan sebagai sarana kerajinan yang unik dan bernilai tinggi.  Dengan sedikit polesan dan ketekunan, maka bambu yang dihasilkan menjadi barang yang bernilai mahal.

  • Lonceng Angin

Intonasi yang unik dan menenangkan dari lonceng angin ini membuat para pengrajin dari bambu semakin meningkat. Karena lonceng angin yang terbuat dari bahan dasar bambu ini cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Desainnya yang Indonesia banget dan mempunyai  budaya yang kental akan keaslian negara sendiri menjadikan kerajinan ini kerap bertengger di rumah-rumah. Interiornya pun sangat sedap untuk dipandang.

  • Sepeda Dari Bambu

Keunggulan sepeda dari bambu ini pun sangat beragam. Tak hanya ringan dan mudah sekali untuk dibawa, sepeda bambu ini juga lebih indah dipandang untuk dipakai jalan-jalan. Karena orang yang masih jarang menggunakannya menjadikan sepeda ini beda dari yang lain.

Namun harga dan juga pembuatannya pun tidaklah kecil. Butuh uang yang lebih untuk membuat maupun membeli sepeda dari bambu ini. Karena juga tidak mudah untuk menemukan bambu yang cocok untuk dijadikan sebagai sepeda.

Belum lagi proses pembuatannya yang memakan waktu lama. Bahkan bambu yang ada retak sedikit saja ataupun bengkok sudah tidak dapat lagi dijadikan kerajinan sepeda bambu. Jadi bisa dikatakan setara, uang yang harus keluar dengan 1 buah sepeda bambu ini.

  • Talang Air

Bentunya yang mirip seperti selang membut orang-orang kreatif untuk dijadikan sesuatu benda yang lebih bermanfaat. Seperti contoh talang air diatas. Tanpa harus merogok dompet yang dalam, kita bisa menggunakan bambu sebagai sesuatu yang bermanfaat. Dengan sedikit kreatif dan usaha.

Adanya talang air dari bambu tersebut juga mampu untuk meringankan beban orang-orang dari datangnya hujan. Agar air yang turun lebih bisa diarahkan dan tidak lagi menjadikan bocor.

Teknik Anyaman Bagi Pemula

teknik pembuatan anyaman

1. Teknik Anyaman 2 Sumbu

Teknik dasar anyaman ini memiliki  sebutan-sebutan lain yaitu Anyaman Silang, Anyaman Sasag, Anyaman Tunggal.

Sasag menurut Purwadi dan Purnomo, adalah bahasa sansekerta yang mempunyai arti sasak atau telur. Sasak merupakan nama suku di Indonesia, mengingat mereka juga pengrajin anyam-anyaman.

Cara membuat anyaman dua sumbu bisa dilakukan dengan cara menyilangkan dua sumbu. Setiap bilah silangkan dengan bilah yang lainnya sehingga berbentuk struktur bersilang.

Posisi anyaman tidak mesti selalu lurus, melainkan dapat membentuk garis miring. Akhir dari sumbu atau bilah akan diikat sehingga anyaman menjadi kuat.

2. Anyaman Tiga Sumbu

cara membuat anyaman ini mirip seperti teknik anyaman bilik. Perbedaannya terletak pada pola yang membentuk tiga arah. Bahan anyaman, yaitu pakan dan lusi akan disusun sesuai dengan tiga arah yang telah ditentukan.

Hasil dari teknik dasar anyaman ini akan ada dua yaitu anyaman tiga sumbu jarang dan anyaman tiga sumbu rapat. Sumbu jarang memberikan lubang yag renggang dan sumbu rapat akan memberikan kekuatan yang lebih kuat.

Khusus untuk anyaman tiga sumbu rapat, apabila dibentuk dengan pola bentuk heksagonal / segi enam beraturan, sering disebut dengan anyaman segi enam. Secara umum anyaman tiga sumbu sering digunakan untuk membungkus ketupat.

3. Anyaman Empat Sumbu

cara membuat anyaman empat sumbu mempunyai pola yang mirip seperti dua sumbu. Pola menyulam akan menyisip dan menumpangkan bahan, yaitu pakan dan lusi, secara satu sama lainnya dengan arah yang berbeda.

Perbedaannya dengan teknik dasar anyaman dua sumbu adalah bahan yang ditaruh berbeda arah akan lebih banyak jumlahnya. Akan ada empat buah sumbu yang terdapat di arah lainnya.

Teknik dasar anyaman empat sumbu termasuk teknik dasar anyaman yang mempunyai lubang dengan bentuk pola oktogonal / segi delapan beraturan.

Nama lain dari teknik dasar anyaman empat sumbu adalah teknik dasar anyaman segi delapan karena mempunyai lubang dengan bentuk segi delapan beraturan.

4. Anyaman Bilik atau Anyaman kepang

Teknik dasar anyaman bilik ini sering disebut dengan teknik menganyam dua-dua. Selain itu nama lain nya adalah Anyaman Kepang, karena pembuatannya sama dengan membuat kepangan pada rambut.

Bahan-bahan akan dianyam dengan cara menyilang secara berurutan dan bersamaan, sama seperti teknik dasar anyaman sasak.

Perbedaannya adalah renggangan atau sela yang dimasuki bilah dalam menganyam lebih variasi.

Cara membuat anyaman ini adalah dengan menganyam bahan-bahan dengan menyilang secara bergantian dari kiri dan dari kanan. Teknik dasar anyaman ini umumnya digunakan untuk membuat bilik dan nyiru.

Kamu juga bisa memanfaatkan cara membuat anyaman ini sebagai salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan menggiurkan.

Selain itu, kamu juga bisa memakai brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang kamu lakukan supaya lebih aman.

bagi yang sudah membaca cara membuat anyaman terimakasih, jika anda ingin mengetahui tentang peraturan dana desa bisa tekan yang diatas.