Halo kawan selamat datang di artikel saya. Disini kita akan membahas tentang cara mengusir serangga. Alasan saya bikin artikel cara mengusir serangga adalah banyaknya orang yang bingung tentang ngusir serangga dirumahnya.

Jadi inisiatif saya buat ngasih cara untuk mengusirnermanfaat dan kalian wajib membaca tanpa di lewati. Karena disini saya tidak hanya memberi tahu caraa mengusir serangga. Tapi juga memberi penjelasan tentang hal yang berkaitan dengan cara mengusir serangga.

Berikut ini cara mengusir serangga yang menggagu kelangsungan hidup kalian.wkwkwkwkwkwk.

Identifikasi Dan Cara Mengusir Serangga

  • Kecoa

Cara Mengusir Serangga

Kecoa merupakan serangga yang mempunyai lekuk tubuh oval, pipih dorso-ventral. Kepalanya berada di bawah pronotum, dilengkapi dengan sepasang mata yang bermacam rupa, serta satu mata tunggal, antena panjang, dua pasang sayap, dan tiga pasang kaki.

Pronotum dan sayap licin, tidak memiliki rambut dan tak pula bersisik, berwarna coklat hingga coklat tua.Pada belahan dunia ini terdapat kurang lebih 3.500 spesies kecoa. Namun yang sering mengantui rumah kita hanya ada  4 (empat) spesies.

  • Jenis Yang Sering Muncul Dirumah Yaitu :

  1. Periplaneta americana(American Cockroach)
  2. Blattela germanica (German Cockroach)
  3.  Blattaorientalis (Oriental Cockroach)
  4.  Supella langipalpa (Brown Banded Cockroach)

Seluruh kecoa memiliki metamerfosa yang tidak lengkap mereka hanya memiliki 3 tingkatan yaitu :

  1. Telur
  2. Nimfa umunya menyerupai yang dewasa. Kecuali ukurannya, sementara sayap dan alat genitalnya dalam taraf perkembangan.
  3. Dewasa yang bisa dibedakan jenis jantan dan betinanya
  • Proses Kehidupan

Telur kecoa terletak dalam kelompok yang diliputi oleh selaput keras yang menutupinya. Kelompok telur kecoa tersebut boleh disebut kapsul telur atau “Ootheca”.

Kapsul telur dibuat oleh kecoa betina. Nantinya diletakkan pada tempat tersembunyi atau pada sudut-sudut dan pemukaan sekatan kayu hingga menetas dalam waktu tertentu yang disebut sebagai masa inkubasi kapsul telur.

Namun, pada spesies kecoa lainnya kapsul telur tetap menempel pada ujung abdomen sampai menetas. Jumlah telur ataupun masa inkubasinya tiap kapsul telur berbeda berdasarkan spesiesnya.

Kapsul telur yang sudah dibuahi lalu menetas dan menjadi nimfa yang hidup bebas dan bergerak aktif. Nimfa yang baru keluar dari kapsul telur berwarna putih kayak buturan beras, lalu berangsur-angsur berubah menjadi berwarna coklat.

Nimfa tadi berkembang melewati sederetan instar dengan beberapa kali berganti kutikula sampai mencapai tingkat dewasa. Periplanetta americana Linnaeus dewasa bisa dikenal dengan adanya perubahan dari tidak bersayap menjadi bersayap.

Pada tingkat dewasanya pada P.Americana yang dewasa mempunyai dua pasang sayap baik pada yang jantan maupun betinanya. Daur hidup Periplaneta brunnea Burmeister dalam kondisi laboratorium pada suhu rata-rata 29 º C.

Kelembaban 78 % hingga 7 bulan, rata-rata masa inkubasi kapsul telur pada 40 hari, perkembangan tingkat nimfa 5 hingga 6 bulan.

32 hari merupakan masa inkubasi kapsul telur P.americana pasa normalnya. Perkembangan nimfa inkubasi antar 5 hingga 6 bulan, serangga dewasa lalu berkopulasi dan satu minggu setelahnya menghasilkan kapsul telur yang pertama.

Hal ini mengakibatkan daur hidup P americana memerlukan waktu rata-rata 7 bulan. Daur hidup Neostylopyga rhombifolia (Stoll) mencapai 6 bulan, melewati masa inkubasi kapsul telur rata-rata 30 hari.

Perkembangan nimfa sekitar kurang lebih 4 bulan dan 5 bulan. Serangga dewasa selanjutnya berkopulasi dan 15 hari kemudian yang betina menghasilkan kapsul telur.

Daur hidup Periplaneta australasiae (Fabricius) mencapai 7 bulan, melewati masa inkubasi kapsul telur umumnya 35 hari. Perkembangan nimfa memerlukan waktu kisaran 4 bulan hingga 6 bulan.

  • Habitat

Banyak spesies kecoa di penjuru dunia ini, beberapa diantaranya dalam rumah dan sering didapatkan di restoran, hotel, rumah sakit, gudang, kantor dan perpustakaan.

  •  Kebiasaan Hidup

Kecoa umumnya terdapat di daerah tropika yang selanjutnya menyebar ke daerah sub tropika atau sampai kedaerah dingin. Apabila kecoa tinggal didalam rumah makan maka mereka akan mengotori dan membuat bahan makanan menjadi tak sedap.

Kebanyakan kecoa bisa terbang, namun mereka tergolong pelari cepat. Bisa bergerak cepat, aktif saat malam hari, metamorfosa tidak lengkap, kerusakan yang diakibatkan oleh kecoa relatif sedikit. Namun adanya kecoa menandakan bahwa kebersihan didalam rumah bersangkutan kurang baik.

Keterkaitan kecoa dengan berbagai penyakit belum jelas. Namun menimbulkan gangguan yang cukup serius. Hal ini karena dapat merusak pakaian, buku-buku dan mencemari makanan.

Peluangnya bisa menularkan penyakit secara mekanik, karena pernah ditemukan telur cacing, protozoa, virus dan jamur yang patogen pada badan kecoa.

Seekor P brunnea betina yang telah dewasa mampu menghasilkan 30 kapsul telur atau lebih dengan. Cukup jeda waktu peletakkan kapsul telur yang satu dengan peletakkan kapsul telur selanjutnya berkisar antara 3 hingga 5 hari.

Setiap kapsul telur P.brunnea rata-rata berisi 24 telur, yang menetas umumnya 20 nimfa dan 10 ekor diantaranya mampu mencapai stadium dewasa. NimfaP.brunnea berkembang melewati sederetan instar dengan 23 kali berganti kutikula sebelum mencapai tingkat dewasa.

Hasil pengamatan di laboratorium menyatakan bahwa seekor P.americana betina ada yang mampu menghasilkan 86 kapsul telur. Mereka hanya membutuhkan selang waktu peletakkan kapsul telur yang satu dengan kapsul telur selanjutnya rata-rata 4 hari. 

Mulai  seekor N.rhombifolia betina seumur hidupnya ada yang dapat menghasilkan 66 kapsul telur. Semantara P.autralasiae betina mampu menghasikan 30-40 kapsul telur.

  • Cara Mengusir Serangga Kecoa

Kecoa yang terbang sungguh mengganggu dan menjengkelkan. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama cara mengusir serangga kecoa dari area rumah kita:

  1. Bersihkan Rumah.

Bersihkan rumah secara bersih dan rapikan accessoris khususnya area di sudut lemari dan tempat-tempat yang ada celahnya. Apabila menemukan telur-telur kecoa, singkirkan, kumpulkan dan siram dengan air panas agar membunuhnya. SElain itu anda juga harus membersihkan lingkungan atau halaman dengan menggunakan mesin pemotong rumput dan cacah rumput untuk di pakan kan ke pada hewan ternak menggunakan mesin pencacah rumput supaya rumput tersebut bisa berguna.

  1. Semprotkan Racun Serangga

Semprotkan ke seluruh bagian rumah, khususnya di area-area yang ada celahnya seperti bawah kasur yang menggunakan ranjang. Penggunaan racun serangga ini juga mampu membasmi dan mengusir serangga-serangga lain seperti nyamuk dan lalat.

  1. Gunakan Racun Khusus Anti Kecoa

Gunakan racun khusus untuk membasmi kecoa yang diperoleh dari penjual yang bisa ditemukan di pasaran . Perhatikan cara pemakainya untuk keselamatan diri, keluarga dan binatang peliharaan di rumah.

  1. Letakkan Kapur Barus Di Tempat tersembunyi

Letakkan pada area-area yang dipakai sebagai jalur kecoa melintas. Pastikan kapur barus ini tidak dekat dengan jangkauan anak kecil.

  1. Larutan Air sabun

Larutan air sabun ini apabila disemprotkan ke tubuh kecoa, akan melekat dan dapat membunuh kecoa. Ternyata tegangan permukaan larutan air sabun dapat menutupi saluran pernafasan kecoa sehingga kecoa mati lemas.

  1. Jebakan Kecoa

Potong ketimun di dalam kaleng aluminum. Letakkan jebakan tersebut di area yang sering dilewati kecoa. Ketimun akan bereaksi mengehasilkan uap beracun saat bereaksi dengan aluminum dan mampu membunuh kecoa.

  1. Gula + Baking Soda.

Campurkan 2 bahan tadi secara merata lalu taburi di daerah lintasan kecoa. Maka hal itu akan membuat kecoa tertarik dan memakannya hingga mati keracunan.

  1. Garam

Garam juga termasuk bisa membuunuh kecoa, jika kecoa memakannya di jalur lewatnyanya.

  1. Larutan Rasa lemon

Masukkan larutan ke dalam ember berisi air yang akan dipakai untuk mengepel rumah. Aroma lemon sangat dibenci kecoa dan aroma rumah Anda bisa berasa segar karenanya. Larutan perasan lemon adalah bahan alami yang juga mempunyai kemampuan mencegah bertumbuhnya bakteri.

  1. Gunakan Seikat Daun Salam Atau Tumbukan Biji Bunga Lavender

Fungsikan daun dan bunga tersebut ke sudut rumah anda dan kolong maupun celahnya.

  1. Larutan Lada

Larutan ini dipercaya mampu mengusir dan mencegah kecoa melintas. Tumbuk biji lada dan campurkan sedikit air sampai menjadi kental dan oleskan di sekitar meja dan kaki-kaki meja.

Laron Atau Rayap

Cara Mengusir Serangga

 

Ialah serangga yang diketahui luas sebagai hama penting bagi kehidupan peradaan manusia. Rayap bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menyebabkan banyak kerugian secara ekonomi.

Rayap memiliki kerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa inggris atau english lenguage, rayap dikenal sebagai “semut putih” (white ant) karena kesamaan perilakunya.

Sebutan rayap sebenarnya mengacu pada hewannya secara umum. Padahal ada beberapa bentuk berbeda yang dikenal. Sebagaimana pada koloni semut maupun lebah sosial.

Dalam koloni, rayap tidak mempunyai sayap. Tapi, beberapa rayap mampu mencapai bentuk bersayap dan akan keluar dari sarangnya secara ramai ramai pada awal musim penghujan.

Hal ini menjadikan pertanda perubahan ke musim penghujan di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

Cara Mengusir Serangga Laron

Sebetulnya adalah mudah gampang dan praktis. Karena yang diperlukan hanya ember dan air.

Caranya tinggal masukkan ember kedalam air dan letakkan dibawah sinar lampu yanng ada pada rumah. Lalu, biarkan laron masukkan kedalam sana dan laron pun hilang.

  • SemutCara Mengusir Serangga

Semut merupakan semua serangga anggota suku Formicidae. memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies).

Sebagian besar hidup di wilayah tropika. Sebagian besar biasa dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang sarangnya yang teratur terdiri dari ribuan semut per koloni.

Anggota koloni dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. kemungkinan terdapat kelompok semut penjaga.

Satu koloni mampu menguasai daerah yang luas sebagai pendukung kehidupan mereka. Koloni semut terkadang disebut “superorganisme” karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Walaupun ukuran tubuhnya yang bisa dikatakan kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan bisa membawa beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri.

Hal ini bisa dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu membawa beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu membawa beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.

Cara Mengusir Semut

Kita bisa menggunnakan bahan di bawah ini :

  • Kayu Manis

Kamu hanya perlu meletakkan beberapa batang kayu manis di daerah yang sering dijamah semut. Bisa juga dengan melakukan penaburan memakai bubuk kayu manis di sana.

  • Cuka

Campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu simpan dalam botol bertutup  spray. Apabila gerombolan semut menyerang, tinggal semprotkan saja larutan ini ke arah datangnya semut.

Larutan cuka bisa untuk mencegah semut datang dengan menyemprotkannya ke sudut-sudut ruangan.

  • Jeruk Lemon

Lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang dibenci semut. Oleh karena itu perasan jeruk lemon bisa dijadikan bahan pengusir semut yang ampuh.

Cara menggunakannya sama seperti membuat larutan cuka, campurkan perasan lemon dengan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu, masukkan kedalam botol bertutup spray.

Larutan ini juga bisa dijadikan pilihan apabila kamu tidak suka dengan bau cuka. Aroma lemon pasti membuat rumahmu terasa makin segar.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dasar yang sangat familiar ada di dapur. Kamu hanya perlu mengupas kulit bawang lalu memotongnya jadi beberapa bagian untuk mengusir semut.

Setelah itu, letakkan irisan bawang putih di sudut ruangan bisa juga didekatkan ke bahan-bahan makanan lainnya.

  • Kulit Mentimun Dan Jeruk

Aroma kulit mentimun dan jeruk merupakan hal yang tidak disukai semut. Karena beracun bagi jenis jamur yang mereka pakai. Oleh karena itu jangan langsung membuang kulit mentimun dan jeruk setelah mengupasnya ya.

Letakkan keduanya di sudut dapur akan membuat semut tidak kembali lagi.

  • Bubuk Cabai Rawit

Aroma pedas dari bubuk cabai akan membuat semut gak mau mendekat ke meja makan kamu. Caranya tinggal meletakkan sejumlah bubuk cabai di sebuah wadah kecil.

Setelah itu letakkan di tempat yang kerap didatangi semut. Jangan lupa ganti secara rutin apabila butiran bubuk mulai menggumpal.

  • Kopi

Tidak hanya punya rasa nikmat, kopi juga bisa menjaga rumahmu dari serangan semut. Cukup taburkan bubuk kopi di titik-titik yang kerap dikerumuni semut. Kalian juga boleh meletakkan di atas wadah kecil.

Selain bubuk kopi segar, ampas kopi yang sudah diseduh juga memiliki fungsi yang sama. Tapi pastikan kamu minum kopi tidak memakai gula, ya!

Pola Hidup Pencegahan Serangga Masuk

Selain cara mengusir serangga di atas, kita juga harus mengubah pola hidup kita agar mencegah kembalinya kecoa bersarang di rumah kita. Berikut Penjelasannya.

  1. Menjaga kebersihan dan kerapihan barang-barang di rumah kita. Rumah yang rapi teratur akan otomatis lebih mudah untuk dibersihkan.
  2. Simpanlah makanan dalam wadah yang tertutup rapat atau di dalam lemari es sehingga aromannya tidak mengundang serangga masuk.
  3. Gunakan tempat sampah yang tertutup supaya mengurangi tersebarnya aroma makanan yang mulai membusuk.
  4. Buanglah sampah secara berkala dan teratur sebelum menumpuk dan menyebabkan aroma yang mengundang kecoa, lalat atau bahkan tikus dan berberapa serangga lainnya..
  5. Tutuplah sumber air, saluran air, dan wadah air yang terbuka. Kecoa hanya dapat bertahan hidup selama satu minggu tanpa air.

Jadi kesimpulannya kita sebaiknya mencegah sebelum serangga masuk ke rumah. Artikel saya pada kali ini hanya memeeri cara mengusir serangga.

Karena cara ini sebagai bentu pengusirannya saja bukan pencegahannya. Seperti kata pepatah “mencegah leih baik dari pada mengobati”. Jadi sebaiknya kalian mengubah pola hidup kalian.

Oke kawan hanya itu saja yang mampu saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan kalian sudah tidak bingung lagi untuk memikirkan cara mengusir seranggga.

Apabila dirumah anda ada terdapat tikus anda bisa juga membaca disini cara membasmi tikus