Cara Merawat Kuda Yang Baik dan Benar

cara merawat kuda

Cara merawat kuda -Kebersihan dan kesehatan kuda merupakan hal yang paling utama untuk kuda anda. Kuda yang bersih akan berdampak langsung apabila terjaga kesehatannya.

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus.

Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan.

Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Cara ini dapat membuat kuda kalian bisa memberikan peforma terbaik saat berlari, berpacu dan berprestasi.

Makan dan grooming (mandi untuk kuda) senantiasa menjadi perhatian utama dalam menjaga kesehatan kuda anda. Berikut pembahasan lengkap mengenai cara merawat kuda tunggang yang benar.

Tips Memandikan Kuda

tips memandikan kuda

1. Memandikan Kuda Anda

cara merawat kuda yang pertama yaitu anda harus bisa memandikan kuda tersebut,agar kuda dapat terlihat segar dan bugar

Meski beberapa kuda cukup terlatih untuk tetap berdiri ketika anda memandikannya, tapi beberapa kuda masih berpaling dari anda secara alami.

Ikatlah kuda anda dengan ikatan yang mudah dilepas ditiang.Jika anda mengikat kuda anda di tiang, jangan mengikat terlalu kuat.

Jika terdapat sesuatu yang dapat membuat kuda anda merasa takut, ia pasti akan mencoba untuk berlari atau jatuh. pastikan juga ikatan kalian tidak begitu longgar agar kuda tidak kabur dari Anda.

2. Lepaskan Tapak Kudanya

Agar anda dapat mengangkat kakinya, letakkan tangan Anda ditelapak kaki kuda dan remas uratnya secara halus.

Jika ia tidak juga mengangkat kakinya, anda bisa bersandar dibahunya dan angkat kakinya. Pakailah hoof pick, mulai dari tumit dan korek kearah ujung kaki. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan batu, tanah, dan kotoran lainnya.

Pastikan anda membersihkan lekukan di dua sisi dari Frog(bagian licin berbentuk V dari tapak kuda).

Perlu anda perhatikan bahwa memakai hoof pick pada frog dapat mengakibatkan frog menjadi timpang sebab benda ini sangat sensitif.

Dengan mengorek kaki kuda anda terlebih dahulu, anda akan menyadari jika terdapat ketimpangan sebelum anda selesai melakukan grooming.

Hal ini sangat disarankan karena anda tidak hanya melihat ketimpangan, namun juga menghindarinya dengan menyingkirkan batu dan tanah yang dapat merusak frog atau melecetkannya.

Mengorek tapak kuda sebelum anda mengendarainya merupakan hal yang penting sekali. Terlebih lagi apabila kuda anda akan menggunakan tapak tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan kuda anda merasa lebih nyaman dan terhindar dari jamur hitam melakat yang berkembang di sekitar frog.

3. Gunakan Curry Comb Untuk Menyingkirkan Bulu Yang Longgar Dari Kuda Anda

Curry Comb merupakan sebuah sikat dengan bulu terbuat dari karet yang cukup elastis. Curry Comb dirancang untuk menglonggarkan tanah, lumpur, dan kotoran yang terdapat di bulu kuda Anda.

Untuk hasil yang terbaik dan agar kuda tetap bersih, gunakan curry comb sebelum anda menyikat kuda anda.

Curry comb dapat digunakan dengan gerakan melingkar kecil yang kuat diatas otot kuda. Hindari area yang bertulang lunak seperti muka, kaki, dan tulang belakang.

Mulailah dari area leher, tubuh hingga ke bokong. Lalu ulang kembali pada sisi lainnya. Curry comb harus digunakan dengan cara melingkar dari lawan arah pertumbuhan bulu kuda.

4. Gunakan Dandy Brush

Dandy Brush atau sikat keras adalah sikat dengan bulu yang keras untuk menyingkirkan tanah dan rambut yang dilonggarkan dengan Curry Comb.

Penggunaan sikar keras ini adalah dengan cara menyikat secara lurus dan pendek. Mulailah dari area leher dan berakhir dibagian ekor kuda.

Jangan gunakan Dandy brush pada daerah kaki kuda karena kaki kuda lebih sensitif. Jangan juga menggunakan dandy brush pada muka, telinga, rambut, ekor, dan kaki.

Karena alat ini dapat menyebabkan kuda langsung merasa gelisah dan terlebih lagi akan melarikan diri dari anda.

Untuk menghindari kuda anda dari stress, gunakan handuk atau kain halus pada bagian yang dibenci oleh kuda anda ketika menggunakan Dandy brush.

5. Bersihkan Dengan Menggunakan Sikat Halus

Sikat halus dapat digunakan diseluruh area kuda seperti wajah dan kaki. Selalu berhati-hati ketika membersihkan area wajah kuda anda karena satu gerakan mengejutkan dapat menyebabkan kuda anda menjadi panik.

Selesaikan grooming tubuh pada kuda anda dengan menyikat seluruh tubuhnya. Terdapat juga sikat khusus untuk area muka yang masih termasuk dalam sikat halus juga.

6. Membersihkan Muka Kuda

Ambil spons/lap basah lalu usapkan pada area mata dan hidung kuda anda. Gunakan spons yang berbeda untuk area bokong atau dibawah ekor. Karena ini biasanya lembab, kotor dan berjamur maka dari itu anda harus membersihkannya.

7. Membersihkan Rambut dan Ekor

Gunakarn sisir atau sikat rambut  kuda dengan bulu yang lebar agar menghilangkan kekusutan.

pakailah jari anda untuk memisahkan rambut-rambut yang kusam sebelum memakai sisir. Pegang seluruh bagian besar dari rambut kuda dengan tangan anda saat menyisir rambut kuda.

Hal ini untuk menghidari daya tarik yang tercipta ketika anda menyisirnya. Berdirilah disamping kuda anda untuk menghindari dari tendangannya jika ia terkejut oleh daya tarik yang diciptakan oleh sisir.

8. Semprotkan Cairan Anti Lalat

Ketika sedang musim panas, atau suhu panas, semprotkan cairan anti lalat ke kuda anda. Karena lalat dapat berkembang disekitar muka kuda dan menyebabkan infeksi.

Lalat besar atau yang disebut juga lalat kuda dapat menggigir kuda dan membuatnya stress. Ketika anda sedang menyemprotkan cairan ini, usahakan untuk menghindari area wajah kuda.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mencari jasa pasang ac untuk menambah kenyamanan kuda yang sedang kamu rawat. Selain itu, dengan memasang ac juga akan menstabilkan suhu yang ada di kandang kuda.

Fakta-Fakta Tentang Kuda

Fakta-Fakta tentang kuda

 

Kuda adalah hewan mamalia herbivora yang memiliki tubuh besar dan tinggi, biasanya digunakan untuk ditunggangi atau membantu pekerjaan manusia lainnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kuda:

1). Kuda dapat tidur sambil berdiri dengan cara mengunci sendi kaki mereka.

2). Kuda mengalami REM (rapid eye movement) saat tidur, yang berarti kemungkinan besar mereka dapat bermimpi.

3). Orang Hindu menganggap seekor kuda putih sebagai penjelmaan terakhir Dewa Wisnu.

4). Hippophagy adalah kebiasaan memakan daging kuda.

5). Beberapa kuda dapat menemukan cara untuk membuka pintu kandang untuk kuda lain dan membiarkannya keluar.

6). Kuda memiliki usus buntu yang berfungsi untuk mencerna daun.

7). Kuda minum banyak air putih, setidaknya 25 galon air sehari. Sebenarnya, air membentuk 50% dari total berat tubuh seekor kuda.

8). Gigi kuda tidak pernah berhenti tumbuh.

9). Memberi makan kuda rumput yang terlalu kasar dapat membuat kuda terkena kolik (gejala nyeri pada perut).

10). Kuda nil sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan babi daripada kuda.

11). Ada sekitar 58 juta ekor kuda di dunia ini.

12). Hewan terdekat kuda bukanlah hewan ternak seperti sapi, babi, atau kambing, melainkan badak.

13). Kuda dapat berlari hingga 40-48 km per jam.

14). Di beberapa negara, daging kuda dianggap sangat lezat. Contohnya di Prancis, banyak restoran yang membuat menu seperti daging kuda, otak kuda, dan jantung kuda.

15). Otak kuda memiliki berat sekitar 0,62 kg, yang beratnya hampir setengah dari berat otak manusia.

16). Gigi kuda mengambil lebih banyak ruang di kepalanya daripada otaknya.

17). Equinophobia adalah phobia atau ketakutan berlebih pada kuda.

18). Beberapa kota di seluruh Amerika Serikat memiliki hukum yang aneh. Seorang pria yang baru menikah tidak dibolehkan menaiki kuda sendiri, kecuali jika ia telah menikah lebih dari 12 bulan.

19). Kuda tertua di dunia yang pernah tercatat adalah “Old Billy”. Dia meninggal pada tahun 1822 pada usia 62 tahun. Sebagian besar kuda hidup sekitar 25 tahun.

20). Hanya ada satu spesies kuda yang tidak pernah dijinakkan oleh manusia, yaitu kuda Przewalski. Kuda ini berasal dari Mongolia dan terancam punah.

21). Kuda jantan dan betina memiliki jumlah gigi yang berbeda. Kuda jantan biasanya memiliki 44 gigi, sementara kuda betina memiliki 36-40 gigi.

22). Manusia hanya memiliki 3 otot telinga, sedangkan kuda memiliki 10 otot telinga. Ini membuat mereka bisa menggerakkan telinga sampai 180 derajat.

23). Mata kuda sekitar 9 kali lebih besar daripada mata manusia.

24). Kuda memiliki lima indera yang sangat berkembang; perasa, peraba, pendengaran, penciuman, dan penglihatan. Mereka juga memiliki indera keenam yang penuh teka-teki dan misterius.

25). Ada hampir 160 jenis kuda yang berbeda di dunia ini.

26). Kuda menghasilkan sekitar 10 galon air liur per harinya.

27). Kuda tidak bisa bernafas melalui mulut, mereka hanya bisa bernafas melalui hidung.

28). Jantung kuda memiliki berat antara 9 atau 10 kilogram dan mempunyai ukuran sebesar bola basket.

29). Kuda bisa berjalan beberapa jam setelah kelahiran.

30). Kuda kloning pertama adalah seekor kuda betina bernama Haflinger pada tahun 2003.

31). Kuku kuda terbuat dari protein yang sama seperti yang terdiri dari kuku dan rambut manusia.

32). Karena mata kuda terletak di sisi kepala mereka, mereka mampu melihat hampir 360 derajat sekaligus.

33). Kuda bisa mengekspresikan perasaan mereka melalui ekspresi wajah.

34). Kuda tidak bisa muntah.

35). Seekor kuda bisa melihat lebih baik di malam hari daripada manusia.

36). Dibutuhkan waktu sekitar 9-12 bulan untuk menumbuhkan kembali seluruh kuku kuda.

37). Kuda yang memiliki kulit berwarna pink (merah muda) bisa terbakar sinar matahari.

38). Kuda adalah hewan yang sosial, dan mereka akan diam jika sedang sendirian.

39). Kuda sering terlihat tertawa atau tersenyum, sebenarnya gerakan ini membantu indera penciuman mereka agar menjadi lebih baik.

40). Secara total, kuda memiliki 205 tulang dalam kerangkanya.

Manfaat Kuda Bagi Manusia

 

manfaat kuda bagi manusia

1. Sebagai Tunggangan / Kendaraan Darat

Tim peneliti arkeologi di Inggris menemukan bukti bahwa manusia sudah menjinakkan bangsa kuda sejak 5500 tahun yang lalu.
Pada jaman tersebut, kuda banyak dimanfaatkan tenaganya sebagai pengangkut barang, penarik pedati/dokar, dan sebagai kuda tunggangan. Kuda juga kerap digunakan sebagai tunggangan para bangsawan dan raja-raja jaman dulu.

2. Digunakan Dalam Peperangan

Kuda pada jaman dahulu juga digunakan sebagai armada perang, beberapa kuda dilatih untuk digunakan di medan perang melawan para musuh. Kuda-kuda ini kemudian diberi seragam layaknya seorang prajurit perang.

3. Dilatih Untuk Pacuan Kuda

Pacuan kuda sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kuda dilatih untuk berpacu menuju garis finish melawan kuda dari peserta lain. Balap kereta kuda sangat populer pada masa Romawi kuno.
Di kalangan masyarakat Nordik juga dikenal pacuan kuda milik dewa Odin dengan raksasa Hrungnir dalam mitologi mereka. Olah raga ini sering disebut sebagai olah raga para raja.

4. Diambil Susunya

Susu kuda seringkali disebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker payudara, kanker leher rahim, dan bahkan meningkatkan gairah seksual.
Dan ternyata kandungan vitamin dalam susu kuda lebih banyak daripada susu sapi. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kuda antara lain: Vitamin A, B2, B6, B12, C, E,  zat besi, kalsium, kalium dan magnesium.

5. Dikonsumsi Dagingnya

Daging kuda rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Dikatakan mirip dengan daging sapi dan daging babi, namun daging kuda dianggap tabu dalam banyak kebudayaan.
Meski begitu daging kuda dipercaya dapat memperkuat daya tahan dan vitalitas tubuh. Daging kuda juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi, serta rendah kolesterol. Di Indonesia, daging kuda kebanyakan dimasak dalam bentuk sup dan sate.

6. Sebagai Penggembala Ternak

Beberapa orang jaman dulu juga menggunakan kuda untuk menggembala ternak seperti domba. Kuda digunakan untuk menggiring ternak ke padang rumput atau kembali ke kandang.

Macam-Macam Kuda Dan Ciri-Cirinya

Macam-Macam Kuda Dan Ciri-Cirinya

KUDA SANDEL-HOUT

1. Kuda Sumba biasanya disebut Sandel-hout ciri-cirinya :

-Tinggi antar 110 cm-130 cm                        -Bentuk tubuh cukup serasi.
-Tubuh bagian tengah agak pendek            -Dada cukup besar dan dalam.
-Mata bersinar riang                                       -Telinga agak kecil.
Suri dan kumba agak tebal                            -Pangakal leher pendek
Kedudukan ekor tinggi                                   -Bentuk kuku kecil
Tipe kuda penarik ringan                               -Kulit tipis
Warna macam-macam                                     -Langkah pendek

KUDA SUMBAWA

2. Kuda Sumbawa, kuda ini termasuk jenis kuda Sumba dgn cirri-ciri:

-Tinggi antara 1-1,25 m                               -Bentuk tubuh pendek
-Dada cukup lebar dan dalam                    -Tubuh bagian tengah cukup panjang
-Kepala lebih besar dari kuda Sumba       -Bahu agak tegak
-Lengkung tulang rusuk cukup baik         -Bentuk kuku cukup baik sedikit lebih besar
-Sifat periang                                                 -Tipe kuda pekerja
-Warna bermacam-macam                          -Tahan bekerja

KUDA FLORES
Jenis kuda ini terbagi 2 (daerah Ngada dan Mangarai)
a. Kuda Mangarai (Sebelah Barat).

-Tinggi antara 1,11-1,39 m                           -Kepala besar dan lebar
-Leher kencang dan cukup besar               -Kumba cukup baik
-Kumudi agak lebar                                      -Punggung dan pinggang cukup lebar
-Dada cukup lebar dan dalam                     -Kaki agak tegak dan pendek
-Sifat-sifat tenang                                         -Warna kebanyakan merah

b. Kuda Ngada :

-Lebih ringan dan halus                              -Kepala lebih kecil
-Tulang-tulang lebih kecil                          -Jalannya baik
-Anggota badan kecil

KUDA SABU
4. Kuda Sabu.

-Tinggi rata-rata 1-1,35 m        -Tubuh panjang sedang
-Bentuknya halus sekali            -Kepala agak kecil pendek
-Mata menonjol kedepan          -Telinga kecil
-Dahi lebat                                    -Kumba rendah
-Kemudi lebar

KUDA TIMOR
5. Kuda Timor.

Tinggi antara 1-1,35 m                          -Lubang hidung luas.
Rahang agak sempit                               -Muka halus
Telinga sedang dan gagah                     -Mata jernih dan menonjol ke depan
Kuncung agak pendek                            -Kumba cukup tinggi, kadang-kadang pendek
Suru sedang panjang                              -Kemudi agak bundal
Rongga dada cukup dalam dan lebar  -Watak baik
Tahan nafasnya baik                               -Berdiri baik

KUDA LOMBOK
Hewan Kuda Lombok. Kuda Lombok mempunya tipe sendiri:

-Tinggi antara 1-1,32 m                             -Kepala agak besar, panjang diba-gian muka
-Dada kurang dalam dan sempitkaki     -panjang
-Leher kurang baik                                    -Pungung dan pinggang kuat
-Kemudi condong sedikit runcing          -Kuku agak terlampau besar
-Kuku kurang tagak                                   -Kualitas kuku kurang baik

KUDA BATAK
8. Kuda Batak.

-Tinggi antara 1,10-1,18 m                                         -tubuh cukup dalam dan lebar.
-Anggota cukup besar.Dada lebar dan dalam        -Kumba agak rendah dan pendek
-Punggung pendek dan kencang                              -Urat-urat kemudi kebanyakan kurang baik
-Cara berdiri biasanya baik                                       -Kebanyakan sendi loncat tegak
-Warna bermacam-macam

KUDA BALI
7. Kuda Bali.

-Kepala besar-leher besar                            -Bahu tegak
-Punggung terlampau panjang sedikit      -kemudi condong
-Anggota kecil, urat-urat kurang baik

Demikianlah informasi mengenai cara merawat kuda,bagi yang sudah membaca terimakasih.

Bagi anda yang ingin tau cara membuat gudeg yang enak dan mantap rasanyapun cukup menendang,silahkan klik disini.