Paduan Lengkap Cara Ternak Kambing Dan Penjelasannya

Cara Ternak Kambing

Selamat datang ke website saya guys. Nah pastinya bagi kalian yang membuka website saya pasti ingin belajar tentang cara ternak kambing. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan hanya belajar tentang cara ternak kambing saja.

Namun, kita akan belajar banyak mulai dari cara ternak kambing, peluang usaha, dan banyak hal lain tentang kambing. Yuk tanpa panjang lebar kita langsung saja terjun ke teori dan prakteknya.

Kambing

Cara Ternak Kambing

Kambing adalah salah satu di antara spesies yang sudah lama di ternakkan. Karena kambing memiliki manfaat yang akan diambil ialah susu, daging, bulu, kulit, dan kotoreannya sebagai pupuk kompos di seluruh dunia. Kalau pada pembahasan ini kita akan membahas tentang kambing yang bisa diternak.

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah salah satu subspesies golongan kambing yang dipelihara, dibudidayakan, dan dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur.   Hewan ini adalah anggota dari keluarga Bovidae dan bersaudara dengan biri-biri karena keduanya termasuk dalam golongan subfamili Caprinae.

Ada kurang lebih sekitar 300 jenis kambing yang berbeda-beda. Pada tahun 2011, Ada sekitar 924 juta kambing yang hidup di seluruh dunia. Hal ini telah diteliti oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hewan ini dikategorikan mamalia yang berukuran sedang.

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan subspesies kambing liar yang tersebar pada bagian Asia Barat Daya (daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa secara natural atau alami.

Pada jantannya maupun betinanya kambing mempunyai sepasang tanduk. Namun tanduk pada kambing jantan lebih besar dari pada betina. Umumnya, kambing memiliki janggut, dahi yang cembung, ekor sedikit condong ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar.

Panjang tubuh kambing liar (bukan termasuk ekor) ialah 1,3 meter – 1,4 meter. Kalau ekornya memiliki panjang sekitar 12 hingga 15 cm. Berat pada betinanya 50 hingga 55 kilogram, sedangkan yang jantan mampu mencapai 120 kilogram.

Kambing liar bertebaran dari Spanyol mengarah ke timur hingga India, dan dari India mengarah ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang sangat disukainya ialah daerah pegunungan yang berbatu-batu.

Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing akan dipimpin oleh kambing betina yang paling tua dan yang jantan akan menjaga kawanannya. Waktu aktif mencari makannya ianlah pada siang ataupun malam hari. Makanan utamanya ialah rumput-rumputan dan dedaunan.

 

Cara Ternak Kambing

Usaha peternakan kambing hingga kini masih banyak yang bersifat usaha sampingan dan dilakukan dengan cara tradisional. Hal ini sangat disayangkan, mengingat peluang usaha ternak kambing masih terbuka lebar dan sangat menguntungkan.

Padahal kambing mulai diternak manusia kira-kira sekitar 8000 hingga 9000 tahun yang lalu. Secara realnya, kambing hidup dengan berkelompok 5 hingga 20 ekor.

Cara ternak kambing modern adalah solusi dari  jawaban tingginya permintaan daging kambing dipasaran. Tidak hanya itu, beternak kambing secara modern mempunyai banyak keunggulan, yakni biaya, waktu, tenaga kerja, pakan dan manajemen pengelolaan akan menjadi hemat dan efisien.

Ternak kambing modern ini bisa diterapkan dalam berbagai skala usaha, dimulai dari skala usaha kecil, menengah, sampai yang besar besar. Usaha ternak kambing saat sekarang ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Hal ini dikarenakan ternak kambing modern mempunyai perbedaan dari segi pakan dan pengelolaan. Hal ini apabila dibandingkan dengan ternak kambing tradisional akan sangat menghemat pengeluaran.

Jadi, tidak memerlukan persyaratan maupun kriteria tertentu selayaknya ternak kambing tradisional. Melalui penerapan teknologi dan inovasi terkini, cara ternak kambing modern dinyatakan lebih intensif.

Berikut ini merupakan beberapa tips cara ternak kambing dengan yang modern.

Persiapan Kandang Kambing

Sebelum mulai ke “cara ternak kambing” kita harus ada persiapan yang pertama yakni persiapan kandang kambing. Hal ini dikarenakan kandang kambing merupakan salah satu kebutuhan utama pada usaha ternak kambing.

Kandang kambing memiliki fungsi dasar yakni untuk tempat istirahat, pelindungi dari hewan pemangsa terutama anjing. Tidak hanya itu tempat ini digunakan sebagai tempat makan dan minum, dan lain sebagainya layaknya fungsi rumah bagi kita

Ada sekitar 3 hal yang harus Anda perhatikan untuk memanajemen kandang kambing yakni sebagai berikut :

1. Syarat Untuk Kandang Kambing

Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk penentuan lokasi kandang kambing. Berikut ini adalah ciri lokasinya :

  • Memperoleh sinar matahari pagi yang cukup.
  • Terhindar dari genangan air dan menjadi tempat yang cukup tinggi.
  • Jaraknya usahakan agak jauh dari rumah maupun sumur.
  • Terlindung dari tiupan angin secara langsung (terutama saat malam hari).

2. Ukuran Kandang Kambing

Ukuran kandang kambing yang diperlukan sebagai usaha ternak kambing modern sangat efisien, karena tidak membutuhkan terlalu besar dalam ukurannya. Sehingga bisa menjadi penghemat ruang dan biaya pembuatan kandang.

Ukuran kandang kambing ialah 3 x 1,5 meter bagi 10 ekor kambing. Kandang pada peternakan kambing modern tidak memerlukan ukuran yang besar, hal ini dikarenakan pakan yang diberikan sangat menghemat ruang.

Tidak hanya ukurannya yang berbeda, pemeliharan kebersihan kandang kambing juga tampak lebih mudah. Kebersihan kandang kambing jelas lebih mudah karena adanya dukungan oleh bentuk kandang yang kecil dengan lantai panggung.

Ukuran kandang kambing yang relatif kecil dengan muatan maksimal  mengakibatkan ruang gerak atau aktivitas pada ternak kambing akan berkurang. Hal itu bermanfaat pada perubahan pakan menjadi energi cadangan.

Energi cadangan yang dimakasud ialah berupa daging, lemak, dan sedikit yang menjadi kotoran. Hal ini menyebabkan tidak banyak pakan yang terbuang akibat aktivitas gerak, yang mampu membuat penggemukan pada kambing menjadi cepat.

3. Perawatan Kandang Kambing

Perawatan kandang kambing wajib dilaksanakan oleh murni oleh peternak kambing. Semua bagian pada kandang kambing wajib dibersihkan secara rutin dan teratur.

Contoh membersihkan lantai kandang, kokopan tempat kambing makan serta melakukan perbaikan sesegera mungkin apabila terdapat bagian kerusakan pada kandang kambing.

Kandang kambing yang direkomendasikan ialah kandang yang berjenis kandang panggung.

Keunggulan Kandang Panggung:
  • Kandang yang bersifat kering, hal ini menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh parasit dan jamur tidak mudah menyerang.
  • Kebersihan kandang akan terjaga, karena kotoran dan air kencing turun ke bawah.
  • Terhindar dari jangkauan hewan liar, semacam anjing atau yang lainnya.

Pemilihan Bibit Kambing 

Pemilihan bibit kambing (cempe) yang baik akan menjadi penentu keberhasilan pada usaha penggemukan ternak kambing.

Ciri Bibit Kambing Yang Baik :

  • Mempunyai ekor yang gemuk (tidak berbentuk cambuk).
  • Sudah memasuki umur lebih dari 6 bulan.
  • Badan panjang, usahakan berjenis jantan
  • Tegap,tidak cacat dan sehat.

Anak kambing yang berusia 6 bulan lebih dipilih dengan alasan pada usia ini sudah menginjak periode pembentukan daging hal ini menyebabkan lebih cepat gemuk. Sedangkan anak kambing yang berusia kurang dari 6 bulan tidak diperlukan.

Hal ini Disebabkan karena pada usia ini masih dalam periode pembentukan tulang sehingga memerlukan waktu lama agar memasuki masa proses penggemukan.

Pakan Kambing

Kelebihan kambing sebagai hewan ruminansia yakni sistem pencernaan yang komplek (poligastrik). Sistem pencernaan ini dapat mengubah bahan pakan berserat tinggi (rumput, jerami, dll) menjadi sumber utama energi.

Tidak hanya itu sistem ini mampu mengubah senyawa nitrogen yang bukan protein (NBP). Contohnya pengubahan urea menjadi sebuah protein bernilai bilogis tinggi sebagai kebutuhan produksinya.

Pakan kambing yang diberikan pada ternak kambing modern, khususnya penggemukan boleh berupa hijauan, konsentrat maupun pakan fermentasi. Fermentasi pakan kambing ini berfungsi sebagai pengganti makanan ternak (PMT).

Perpaduan pakan kambing yang baik yaitu kombinasi antara fermentasi pakan kambing dengan konsentrat. Fermentasi pakan kambing dan konstrat mampu memenuhi kebutuhan protein dan serat kasar yang sangat dibutuhkan dalam fase tahapan penggemukan kambing.

Fermentasi juga sangat berguna sebagai penyeimbang pengeluaran yang tinggi dari pakan konsentrat (Efisiensi). Hal ini disebabkan karena pakan fermentasi merupakan pakan yang dapat diperoleh dengan harga yang relatif murah.

Penggunaan pakan secara efisien diukur menurut rasio antara jumlah pakan yang dikonsumsi kambing dengan pengeluaran yang dihasilkan.

Cara untuk mengefisiensi penggunaan pakan dengan tepat sebagai berikut :

  • Pengelolaan alokasi jumlah pakan yang secukupnya
  • Formulasi konsentrat yang tepat
  • Pemilihan bahan baku yang seimbang mulai dari nutrisi hingga layak secara ekonomis
  • Penentuan waktu dan frekuensi pemberian pakan yang teratur dan mendukung.

Keterlibatan penggunaan pakan kambing secara efisien sangat besar terhadap efisiensi ekonomik usaha produksi secara keseluruhan.

Teknik dalam Pembuatan Pakan Kambing Fermentasi

Fermentasi pakan kambing dapat diperoleh dari limbah pertanian dan limbah organik di lingkungan sekitar kita.

Sisa limbah pertanian atau industri pengolahan pertanian yang bisa difermentasi dan dipakai sebagai pakan dasar pada kambing yakni pada kulit kopi, kulit kakao, kulit markisa, kulit nenas, jerami, dan masih banyak lagi.

Berikut merupakan proses membuat, alat dan bahan yang dipakai sebagai fermentasi pakan kambing dengan bahan dasar jerami padi.

Bahan :

  • 1 liter Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak
  • 0,5 Kg Molases
  • Air secukupnya
  • 100 kg jerami padi

Alat :

  • Drum boleh juga wadah intinya yang bersifat tertutup
  • Pisau atau alat pencacah jerami
  • Bak atau wadah tertutup

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing:

  1. Cuci jerami menggunakan air mengalir. Metode ini berfungsi sebagai menghilangkan kotoran yang bisa mengganggu proses fermentasi pakan.
  2. Keringkan jerami dengan cara di anginkan sampai dirasa kadar airnya sedikit berkurang dan terhindar dari kotoran-kotoran yang bisa mengganggu proses fermentasi.
  3. Potong kasar jerami padi berukuran sekitar 8-10 cm. Jangan cacah jerami terlalu kecil, karena ukuran yang terlalu kecil akan membuat penurunan pada nafsu makan kambing.
  4. Masukkan jerami kedalam bak atau wadah terbuka yang cukup besar.
  5. Masukkan Molases, 1 liter Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak, dan air secukupnya.
  6. Aduk aduk sampai kira – kira jerami dan bahan tambahan telah tercampur merata.
  7. Masukkan kedalam wadah tertutup, setelah itu simpan dan biarkan selama satu minggu.
  8. Usai satu minggu, pakan fermentasi sudah bisa digunakan.

Pada proses fermentasi pakan kambing, bakteri mempunyai peran yang sangatlah penting. Jika tidak adanya bakteri yang berguna sebagai pembantu proses fermentasi, maka fermentasi tidaklah akan berhasil.

Penggunaan suplemen organik cair yang mengandung 5 jenis bakteri baik sangat berguna sebagai pembantu proses fermentasi pakan kambing.

Jenis bakteri yang terkandung ialah Bacillus brevis, Bacillus pumillus, Bacillus mycoides, Pseudomonas alcaligenes, dan Micrococcus roseus. Kelima bakteri ini sangat diperlukan dalam proses pembuatan fermentasi dari berbagai bahan organik, contoh jerami, kulit singkong, biji kakao, dan lainnya.

Cara Ternak Kambing Dalam Pemeliharaannya

Cara ternak kambing secara modern harus dengan cara pemeliharaan kambing yang baik. Proses pemeliharaan terdiri atas pemberian pakan, perawatan ternak, dan menjaga kesehatan ternak. Berikut selengkapnya.

  •  Pemberian Pakan

Porsi pada pemberian pakan akan sangat bergantung pada jenis pakan yang diberikan. Hal yang terpenting ialah keperluan pakan terpenuhi dan diberikan secara teratur dengan mempertimbangkan isi dari nutrisi yang bersal dari pakannya.

  • Perawatan 

Perawatan ternak sangat diperlukan sebagai jaminan keberhasilan upaya penggemukan dari cara ternak kambing yang baik. Hal agak sedikit berbeda dengan ternak tradisonal yang perawatan ternaknya tidak terlalu diperhatikan.

Perawatan ternak dapat berupa pencukuran bulu, pemotongan kuku, dan perawatan lainnya. Hal ini merupakan cara ternak kambing yang sangat benar.

  •  Memandikan 

Memandikan ternak kambing minimal setidaknya ada pemandian 2 kali dalam setahun. Ternak yang kotor karena tidak adanya proses pemandian akan sangat mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Tujuan dari memandikan ternak atau memotong kukunya ialah supaya penyakit yang berasal dari parasit dan jamur yang bersarang pada kuku atau bulunya bisa dicegah dan diberantas. Tidak hanya itu, ternak yang terlihat bersih akan tampak lebih sehat dan menarik, hal ini membuat harga jual pada kambing lebih tinggi.

  • Penambahan Suplemen 

Cara ternak kambing yang sangat penting dan harus diperhatikan yakni penambahan suplemen organik cair. Suplemen untuk ternak kambing harus aman dan tidak mengakibatkan efek samping dalam jangka panjang.

Fungsi dari suplemen ini ialah sebagai peningkat kekebalan tubuh dan imune hewan supaya tidak mudah terserang penyakit akibat bakteri, virus, atau jamur yang merugikan. Dengan begini, maka kematian ternak juga dapat terminimalisir.

Selain itu, suplemen juga memilii fungsi sebagai perangsang dalam mempercepat pertumbuhan ternak, hal ini menjadi sebuah usaha penggemukan ternak bisa lebih menguntungkan.

Pemanfaatan Kotoran Kambing Bagi Unsur Hara

Kebutuhan unsur hara bagi tanaman sangat berkesinambungan dengan jenis atau macam unsur hara. Hal ini sejalan dengan adanya perbedaan karakter dari masing-masing tanaman menyangkut keperluan akan unsur hara tertentu dan perbedaan karakter serta fungsi dari unsur hara tersebut.

Kebutuhan tanaman akan unsur hara yang berbeda sesuai dengan tahapan pertumbuhan tanaman tersebut, contoh pada saat awal pertumbuhan tanaman tahapan vegetatif akan memerlukan unsur hara yang berbeda dengan saat tumbuhan mencapai tahap generatif.

Keperluan unsur hara pada tanaman selain berkaitan dengan macam unsur hara, juga sangat berkesinambungan dengan jumlah unsur hara yang diperlukan. Jumlah unsur hara yang diperlukan oleh tanaman berbeda, hal ini disesuaikan dengan jenis tanaman dan jenis unsur haranya.

Misalnya pada jenis tanaman sayuran akan memerlukan unsur hara yang berbeda dengan jenis tanaman palawija. Tidak hanya itu jumlah unsur hara yang dipelukan tanaman juga bisa dilihat dari umur tanaman. 

Oke Guys tadi itu meupakan cara ternak kambing yang bisa langsung kalian pratekkan. Nah disitu pastinya sudah paham dong tentang cara ternak kambing.

Tadi pasti sangat bermanfaat bagi kalian yang pemula dalam bertenak hewan. Pastinya kalian tadi sempat berpikir bagaimana sih cara ternak kambing yang benar,nah sekarang tidak bingung lagikan.

Tadi itu merupakan hal yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian dan sampai jumpa