Pada artikel ini saya akan memberi tahu anda cara ternak lovebird yang menjanjikan. Burung lovebird sangatlah berbeda dari spesies burung paruh bengkok yang lainnya, ukuran tubuh burung lovebird ini termasuk kecil. Karena kemolekan inilah, banyak orang-orang yang tertarik untuk memelihara sepasang burung lovebird ini. Apalagi pemeliharaan lovebird cenderung mudah. Lovebird tahan pada segala jenis cuaca. Burung ini cenderung lebih menyukai kondisi lahan yang kering dan iklim yang panas.

Ternak burung lovebird menjadi kegemaran beberapa orang. Dan salah satu jenis burung yang familiar untuk diternakan adalah lovebird. Kenapa burung ini dinamakan lovebird karena menurut para peneliti, lovebird hidupnya harus secara berdampingan dan sangat menyayangi satu sama lain. Bahkan mereka hanya memiliki 1 kekasih sepanjang hidup mereka.

Lovebird secara fisik memang sangat mengagumkan karena warnanya yang begitu cerah dan indah saat dipandang. Sebagian besar warna dari berbagai spesies burung lovebird ini adalah hijau terang meski ada beberapa yang berwarna abu-abu  maupun biru atau kuning. Warna bulu badan mereka akan selalu berbeda dengan warna bulu kepala. Hal-hal tersebutlah yang membuat lovebird dapat memanjakan mata yang melihat karena kecerahan dan keindahan warna bulu mereka.

Bagi anda yang berminat untuk mengetahui cara ternak lovebird ini, mudah saja. Dengan modal yang tidak seberapa, keuntungan yang akan Anda raup akan cukup besar. Karena cara merawat burung lovebird ini mudah, cara ternak lovebird pun tidak susah ataupun sampai berbelit belit. Berikut adalah beberapa cara ternak lovebird yang mudah bagi pemula dan bisa dilakukan di rumah.

Cara Ternak Lovebird Dapat Anda Lakukan Dengan Cara Di Bawah:

cara ternak lovebird

1. langkah pertama sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah Siapkan kandang.

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai cara ternak lovebird, tentu saja adalah membuat kandangnya. Bagi Anda yang ingin berternak lovebird lebih dari sepasang, maka siapkan kandang yang lebih besar dan juga bersekat.

Jika Anda hanya ingin mengawali ternak burung dengan sepasang lovebird saja, siapkan sekalian tempat untuk bertelur si burung lovebird ini dan sarang nya pun harus terbuat dari kayu yang keras kurang lebih kayu tersebut berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm. Tempat bertelur ini biasa disebut dengan glodok. Siapkan bekas serutan kayu, ranting-ranting berukuran kecil, serta dedaunan kering untuk di taruh di sekitar glodok. Nantinya lovebird akan menghiasi sarang sendiri.

2. langkah kedua sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah beli sepasang lovebird yang sehat dan berkualitas

Setelah Anda mempunyai kandang yang akan digunakan untuk ternak lovebird, Anda bisa memilih indukan lovebird terlebih dahulu. Sebelum Anda memilih indukan terlebih dahulu, tentukan lovebird yang seperti apa yang ingin Anda ternak. Apakah yang bersuara bagus atau yang memiliki bulu bagus dan menarik. Jika sudah menentukannya maka pilihlah indukan lovebird yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pilihlah lovebird yang sehat, dan berkualitas karena Indukan yang anda pilih nantinya juga akan menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas juga. Oh ya, pilihlah lovebird di mana usia jantan lebih tua daripada usia betinanya. Hal ini agar saat si pejantan akan melakukan proses perkawinan nantinya si pejantan akan mendominasi. Anda bisa menanyakan hal tersebut pada penjual.

3. langkah ketiga sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah menunggu hingga lovebird siap kawin.

Lovebird yang siap dikawinkan biasanya berusia minimal 1 tahun. Jangan lupa juga menanyakan usia induk lovebird kepada penjual. Ciri-ciri lovebird siap kawin :

– Betina : Akan sering merentangkan sayapnya dan ekor yang sering diangkat ke atas.

– Jantan : Tanda pada lovebird jantan mereka akan sering menggosok-gosokkan pantatnya pada sangkar itu menandakan si pejantan sudah siap kawin.

Ketika sudah terlihat ciri-ciri siap kawin pada lovebird. Maka jodohkan sepasang lovebird tersebut dengan mempertemukan mereka. Yang perlu menjadi catatan adalah ketika pertama kali Anda membeli indukan, jangan langsung memasukkan mereka pada satu kandang yang sama, karena bisa saja mereka tidak cocok.

4. Langkah keempat sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah pisahkan pasangan lovebird.

Masukkan pada kandang yang berbeda dengan lovebird yang lain jika Anda berternak lovebird lebih dari sepasang.

5. Langkah keempat sebelum memulai Cara ternak lovebird pemisahan pasangan ke kandaang yang berbeda.

Jika Anda ternak lebih dari sepasang, pisahkan pasangan-pasangan tersebut dalam kandang yang berbeda.

6. Langkah keempat sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah rutin memberi makan agar lovebird cepat bertelur

Ketika mereka sudah berjodoh dan telah dimasukkan pada kandang yang sama, jangan lupa untuk memberikan mereka makan secara teratur agar cepat bertelur. Makanan yang cocok untuk burung lovebird adalah milet, sawi, jagung muda, benih kenari, kangkung, tauge,biji bunga matahari, dan kangkung

7. Langkah ketujuh sebelum memulai Cara ternak lovebird adalah proses perkawinan dan bertelur

Ketika mereka telah melewati proses perkawinan dan si lovebird betina sudah bertelur, jangan sampai anda sering melihat lovebird tersebut nantinya jika anda terlalu sering melihat si lovebird akan merasa terganggu dan akibatnya lovebird akan stress.

Perlu kalian ketahui ketika lovebird sudah bertelur, tidak semu lovebird betina mau mengerami telurnya. Untuk mengantisipasi hal ini, dekatkan lovebird betina yang tidak mau mengerami telurnya dengan betina yang mau mengerami telurnya. Cukup dengan dekatkan sangkar mereka. Erangan betina yang mengerami telurnya akan memancing betina lainnya untuk mengerami juga.

Bagi burung lovebird betina yang baru pertama kali bertelur, belum bisa di pastikan telurnya akan menetas. Hal ini wajar saja, karena bisa karena lovebird belum siap bertelur atau karena faktor eskternal lainnya.

Cara Ternak Lovebird Dapat Anda Lakukan Dengan Tambahan Beberapa Jenis Makanan Sebagai Berikut:

pakan lovebird

1. Milet

Makanan yang bisa kamu berikan pertama kali pada Lovebird adalah milet. Milet sudah umum diberikan sebagai makanan utama burung kicau, mulai dari Blackthroat, Kenari, dan tentu saja Lovebird. Ada dua jenis milet yang biasa dijual dan bisa anda dapatkan di toko-toko.Yaitu yang berwarna putih dan yang berwarna merah. Pakan milet putih bersifat netral. Sedangkan milet merah biasanya diberikan untuk menurunkan birahi pada lovebird.

2. Biji Kenari (Kanari Seed)

Sesudah itu anda bisa memberikan biji kenari kepada lovebird. Pemberian biji kenari dengan cara dicampurkan ke milet. Hal ini agar Lovebird mau memakannya. Karena biasanya, Lovebird agak susah untuk disuruh makan biji kenari. Apalagi yang belum terbiasa. Baru setelah terbiasa dengan campuran kenari dan milet, kamu bisa sesekali memberikannya biji kenari yang terpisah.

3. Jagung Manis

Menurut Wikipedia, jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia.Selain karbohidrat, jagung juga mengandung berbagai macam zat lainnya yang sangat baik untuk Lovebird. Mulai dari Vitamin B, C, beta karoten, dan masih banyak lagi. Karenanya, baanyak berbagai anggapan sangat menganjurkan untuk memberikan jagung manis pada Lovebird.

Dengan memberikan jagung manis pada Lovebird, membantu menjaga kesehatan mata Lovebird akan terjaga. Otot-otot tubuh Lovebird juga akan menjadi lebih kuat. Kekebalan tubuhnya juga akan terjaga. Jadi tidak akan mudah terserang penyakit. Tapi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memberikan jagung yang masih mudah. Karena jagung yang lebih muda ini teksturnya lebih lunak dan akan lebih mudah untuk dicerna lebih baik oleh Lovebird. Jangan sekali-kali anda berikan jagung yang sudah tua, karena sulit untuk dimakan Lovebird.

4. Biji Oat / Haver (Avena sativa)

Makanan selanjutnya yang dapat kamu berikan pada Lovebird adalah biji oat. Biji oat ini sering diberikan pada Lovebird, terutama saat burung sedang berada dalam masa mabung. Menggunakaan pakan biji oat juga mampu mempercepat proses pembentukan struktur jaringan bulu yang baru. Dengan begitu bulu Lovebird bisa tumbuh dengan lebih cepat. Pakan biji oat juga dipercaya banyak orang mampu membuat Lovebird tidak mudah stres.

Biji oat juga sering diberikan pada Lovebird yang sedang terkena penyakit. Entah itu gondok ataupun nyilet. Jika kamu sedang punya Lovebird yang sedang meloloh anakannya, maka biji oat ini sangat bagus untuk diberikan. Pemberian biji oat pada Lovebird yang sedang meloloh dapat membantu mempercepat pertumbuhan anak-anaknya.

5. Toge (Kecambah)

Bagi para penggemar burung Lovebird, pemberian pakan toge untuk burung sudah tidak asing untuk dilakukan. Terutama untuk Lovebird yang sering ikut lomba. Kenapa?Karena toge sangatlah bergizi. Toge bisa membantu meningkatkan stamina pada Lovebird. Dengan begitu Lovebird mampu berkicau lebih lama.Suaranya juga akan semakin keras.

6. Juwawut

Lovebird juga sangat suka memakan juwawut ini. Juwawut mengandung banyak zat kapur dan protein .Sehingga sangat baik untuk lovebird yang ingin bertelur. Jika kamu adalah seorang peternak Lovebird, maka jangan anda lupakan Juwawut sebagai makanan selingan karena sangat baik untuk telur-telur si lovebird.

7. Kangkung

Kangkung adalah makanan yang sangat bagus bagi Lovebird. Baik penghobi maupun peternak sering menjadikan sayuran ini sebagai makanan tambahan Lovebird milik mereka. Kangkung mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu pertumbuhan cangkang telur. Sangat cocok diberikan pada Lovebird peternak. Tapi banyak juga Lovebird lomba yang diberikan kangkung. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

8. Kwaci (Kuaci)

Kuaci adalah salah satu makanan favorit jenis burung paruh bengkok, termasuk Lovebird. Kuaci mengandung cukup banyak lemak. Jadi, pemberian kuaci tidak boleh terlalu sering atau berlebihan untuk menghindari kegemukan pada Lovebird. Jadikan kuaci sebagai makanan selingan saja. Entah di berikan dalam waktu 2 kali perminggunya. Pakan kuaci juga sangat cocok diberikan pada Lovebird yang sedang drop birahinya. Atau juga yang badannya kurus karena nyilet.

9. Tulang Sotong

Untuk kamu pecinta Burung Kenari, mungkin sudah tidak lagi dengan tulang sotong. Makanan ini memang menjadi salah satu makanan tambahan yang sering diberikan ke Kenari. Tapi bukan Kenari saja loh yang doyan tulang sotong. Lovebird juga suka dengan tulang sotong.Tulang sotong adalah sumber mineral dan kalsium yang bagus untuk Lovebird. Dengan memberikan tulang sotong, paruh Lovebird bisa terus terasah untuk digunakan.

10. Pokcoy (Pakcoy)

Sayuran pokcoy sering sekali diberikan para pemilik Lovebird untuk menurunkan birahi Lovebird miliknya. Jadi sangat baik jika anda memiliki Lovebird yang tidak ingin di ternak. Selain itu, sayuran ini juga sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan Lovebird.

11. Sawi Putih

Pemberian pakan menggunakan sawi putih ini cocok untuk Lovebird, tapi hanya sebagai makanan tambahan saja ini karena selain baik untuk memenuhi kebutuhan gizi pada lovebird juga baik agar lovebird tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Pemberian sawi putih tidak harus setiap hari. Di selang seling saja dengan makanan tambahan yang lainya.

12. Buah Apel Merah

Mungkin masih jarang diantara anda yang sudah mengetahui bahwa Lovebird juga suka dengan buah apel merah. Apel merah memiliki kandungan vitamin yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada lovebird. Dengan begitu Lovebird tidak mudah terkena penyakit. Pastikan bahwa kamu memberikan apel yang betul-betul berwarna merah, jangan sampai yang berwarna hijau. Karena apel yang berwarna merah biasanya lebih manis dari apel yang berwarna hijau. Kandungan vitamin nya juga lebih tinggi apel merah. Jadi sangat bagus untuk Lovebird.

Cara ternak lovebird dan lovebird yang dapat and jadikan lovebird perternakan :

cara ternak lovebird

1. LOVEBIRD JENIS MUKA SALEM (AGAPORNIS ROSEICOLLIS )

Lovebird muka salem merupakan ras asli yang banyak ditemui di daerah gurun Namib sekitar barat daya Afrika. Burung ini memiliki tubuh kecil dengan panjang 17-18 cm. Panjang rata-rata sayap pada lovebird jenis ini hanya sekitar 106 mm dan panjang ekornya hanya 44-52 mm.

Lovebird muka salem memiliki bulu yang sebagian besar berwarna hijau, pantat dan punggung bawahnya berwarna biru, sedangkan wajahnya berwarna merah muda dengan paruh gading.

2. LOVEBIRD JENIS FISCHER (AGAPORNIS FISCHERI)

Lovebird Fischer pertama kali ditemukan akhir abad ke-19 dan diberi nama seperti penjelajah asal Jerman Gustav Fischer. Sama dengan ras asli lainnya, fischer juga memiliki bulu dasar berwarna hijau pada bagian dada, punggung, dan sayap.

Kepala bagian atasnya berwarna hijau zaitun dengan paruh berwarna merah terang. Sedangkan lehernya berwarna kuning keemasan hingga oranye gelap, dengan ekor berwarna biru atau ungu.

3. LOVEBIRD JENIS PIPI HITAM (AGAPORNIS NIGRIGENIS)

Lovebird pipi hitam merupakan jenis monotypic yang sering dianggap sebagai ras Nyasa. Ia biasanya dapat ditemukan di negara Zambia barat daya dengan cirikhas panjang sekitar 14cm dan sebagian besar bulunya berwarna hijau. Bagian kepala belakang dan leher cenderung berwarna cokelat sedangkan di bagian depannya lebih cederung ke warna cokelat kemerah-merahan. Selain itu bagian dada atas berwarna jingga, dengan paruh yang cenderung berwarna merah, dan berkacamata putih.

4. LOVEBIRD JENIS NYASA (AGAPORNIS LILIANAE)

Lovebird nyasa atau yang disebut juga lilian lovebird merupakan jenis endemik yang banyak ditemukan di sekitar Zambia, Malawi, Zimbabwe, Tanzania, dan Mozambik. Burung yang memiliki panjang 13cm ini terkadang dianggap sebagai jenis ras fischer. Dikarnakan sebagian besar bulu lovebird Nyasa berwarna hijau termasuk bagian pantat dan punggungnya. Pada leher, dada, dan kepala berwarna oranye. Pada bagian matanya juga memiliki kacamata putih dan paruh yang cenderung berwarna merah.

5. LOVEBIRD JENIS TOPENG (AGAPORNIS PERSONATA)

Agapornis personata memiliki wajah hitam dengan kacamata putih. Selain itu juga memiliki pupil cokelat sehingga tampak seperti memakai topeng. Lovebird jenis ini lebih banyak ditemui di kandang-kandang dibandingkan di alam bebas. Ukurannyapun hanya berkisar antara 14,5-15 cm dengan varian warna yang banyak akibat mutasi genetik. Beberapa warna yang khas yakni kastanye kehitaman dengan paruh merah terang. Selain itu pada dada dan lehernya berwarna kuning hingga oranye.

6. LOVEBIRD JENIS ABISINIA (AGAPORNIS TARANTA)

Lovebird sayap hitam atau yang lebih dikenal dengan sebuta Abyssinian ini merupakan lovebird berukuran terbesar dengan panjang 16-16,5 cm. Sebagian besar bulunya cenderung berwarna hijau dengan sayap kehitam-hitaman. Sedangkan ciri khas pada burung jantan jenis ini memiliki dahi dan cincin di sekitar bagian mata yang berwarna merah. Burung yang berasal dari negara Ethiopia dan Eritrea ini juga memiliki ekor yang berwarna kehitam-hitaman dan lebih senang tinggal di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

7. LOVEBIRD JENIS MADAGASKAR (AGAPORNIS CANUS)

Lovebird kepala abu-abu yang berasal dari Madagaskar ini merupakan spesies burung lovebird terkecil dibandingkan ras burung lovebird lainnya. Beratnyapun hanyab berkisar antara 30-36 gram dan panjangnya sekitar  13 cm. Burung ini juga memiliki sebagian besar bulunya yang berwarna hijau dengan paruh dan kaki berwarna abu-abu pucat.

Ketika dewasa warna sayap dan punggung lovebird Madagaskar akan berubah warna menjadi hijau gelap, dengan tampilan kepala dan dada pada burung jantan berwarna abu-abu pucat.

Terimakasih telah mengunjungi website cara ternak lovebird kami, oh iya jika kalian ingin belajar tentang cara ternak ikan lele dengan mudah.