Select Page

Desa Terkaya Di Indonesia Merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa, dengan beragam kekayaan yang berlimpah di dalamnya sudah mampu memenuhi semua kebutuhan kita untuk hidup serta kebutuhan semua makhluk hidup tentunya, baik dari pangan maupun sandang

1. Ponggok Klaten, Jawa Tengah

Ponggok Klaten, Jawa Tengah,Desa Terkaya Di Indonesia

                                                            Desa Terkaya Di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan desa Ponggok. Desa ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang hobi berfoto di bawah air.

Dari mulai anaknya pak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, hingga pemain sepak bola Surabaya, Andik Vermansyah, pernah menginjakkan kaki di desa yang terkenal dengan wisata air Umbul Ponggok tersebut.

Desa Ponggok Yang Mampu Mengoptimalkan Potensi Desa  wisata ponggokJunaedhi Mulyono merupakan seorang Kepala Desa Ponggok mengatakan dari dana desa, Desa Ponggok memiliki pendapatan yang cukup besar.

Alokasi dana desa yang disalurkan oleh pemerintah yaitu salah satunya digunakan untuk pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes ini tugasnya adalah untuk mengelola potensi-potensi sumber daya alam sebagai ladang penghasilan bagi masyarakat, seperti mengelola wisata Umbul Ponggok, Toko Desa, Ponggok Ciblon, dan budidaya perikanan.

“Pemerintah desa ponggok harus mampu melibatkan untuk  kesuksesan desa ponggok itu sendiri.

Harus mampu untuk mendorong lembaga desa berperan aktif dalam suatu manajemen pemerintahan, prinsip GCG aktif warga desa berproses dalam pembangunan, membangun secara berkelanjutan,” kata Junaedhi.

Beliau merincikan, anggaran dana desa tahun 2015 sebesar Rp 277 juta digunakan untuk pembangun infrastruktur dasar, seperti jalan desa, sanitasi, hingga MCK sebanyak 50 unit.

Di 2016, jumlah anggaran meningkat menjadi 3 kali lipat Rp 622 juta dan penggunaannya tetap untuk infrastruktur dasar.

Sedangkan pada tahun 2017, hanya sebesar 634 juta dan digunakan membangun saluran drainase 504 meter, infrastruktur jalan 136 meter, area parkir sebagai dukungan pariwisata seluas 945 meter.

Wisatawan berfoto

Wisatawan berfoto dengan sepeda motor yang sengaja diparkir sebagai tambahan untuk obyek foto di dasar obyek wisata Umbul Ponggok

Adapun, program unggulan di Desa Ponggok yaitu mengenai 1 satu rumah sarjana yang intinya memperbaiki sektor di bidang pendidikan.

“Program unggulan yang kami memiliki yang di mana satu rumah satu sarjana, di mana mahasiswa ini diberi Rp 300 ribu yang ditransfer ke rekening masyarakat.

lalu ada program rehab rumah,air bersih, lalu perlindungan sosial untuk para lansia, dan perlindungan kesehatan untuk asuransi BPJS,”

Menurut Junaedi, segudang prestasi Ponggok tersebut tidak begitu saja diraih secara instan.

Sebab, sudah belasan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2001 Ponggok juga sempat menyandang inpres desa tertinggal (IDT).

Padahal dengan letak geografis di dataran rendah lereng Merapi membuat Ponggok kaya akan dengan sumber mata air seperti umbul Ponggok, Besuki, Kajen, Kapilaler, dan Sigedang. Desa Terkaya Di Indonesia

Dengan visi dan misi yang sangat jelas, serta melibatkan masyarakat dalam mengelola dana desa dan transaparansi penggunaan dana desa, BUMDes Tirta Mandiri mampu memiliki penghasilan yang cukup besar.

Di mana pada sejak tahun 2013 pendapatannya baru mencapai Rp 211 juta, naik menjadi Rp 1,1 miliar di 2014 dan di 2016 melonjak menjadi Rp 10,3 miliar. Sedangkan, pada tahun 2017 ditargetkan untuk pendapatan mencapai sebesar Rp 15 miliar.

2. Krui, Pesisir Barat, Lampung

Krui adalah ibu kota Kabupaten Pesisir Barat, yang dimana sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Barat.

Sebagai daerah pesisir, Krui memiliki potensi pariwisata terutamanya yaitu wisata pantai.

Potensi Krui sebagai daerah tujuan wisata yang sampai sekarang sudah terkenal sampai mancanegara.

Wilayah ini sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke krui, dengan tujuan utama untuk berselancar.

Belakangan ini arus kunjungan wisata yang menuju ke wilayah ini semakin meningkat dan semakin gencarnya promosi.

baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

baik melalui media cetak maupun media elektronik  seperti media sosial.

Ke depannya, wilayah ini diproyeksikan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan berhubungan dengan akan dibukanya lapangan terbang Seray sebagai sarana transportasi tercepat menuju wilayah ini karna wilayah ini masuk ke dalam Desa Terkaya Di Indonesia.

Dengan dibukanya lapangan terbang seray ini, diharapkan industri wisata bisa lebih berkembang lagi menjadi industri andalan yang utamanya di wilayah ini.

Tempat-tempat yang sering sekali dijadikan tempat wisata dan sering dikunjungi adalah Pantai Labuhan Jukung dan Pantai Walur.

Potensi sumber daya alam yang dihasilkan adalah dari hasil bumi yang sudah dikenal dunia internasional seperti damar, lada serta cengkeh.

wisata selancar

Di luar negeri, Krui dikenal sebagai sebuah praktek untuk selancar. yang menawan dan indah sekali untuk bermain selancar.

3. Desa Bendar Merupakan Desa Terkaya di Indonesia

 Desa Bendar Merupakan Desa Terkaya di Indonesia

                                                    Desa Terkaya Di Indonesia

Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Terdapat desa yang menjadi kampung nelayan terkaya di Indonesia.

Yaitu Desa Bendar namanya. Jika biasanya kampung nelayan identik dengan kawasan kumuh dengan gubuk reyot, beda halnya dengan kampung nelayan di Desa Bendar.

Di desa tersebut, rumah-rumah warganya sangat megah sekali seperti istana dengan pilar-pilar tinggi berlantaikan marmer dengan atap beton.

Bahkan ada, sebagian rumah dilengkapi dengan kolam renangnya.

Desa Bendar tidak tercium bau selokan sedikitpun, tapi hanya bau amis laut yang samar-samar.

Sebaliknya, kampung tersebut justru berudara yang sangat segar yang keluar dari tanaman rimbun di depan rumah gedongan dengan mobil-mobil yang keluaran terbaru.

Bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional, situs MerahPutih menyebut Bendar merupakan kampung nelayan terkaya di Indonesia.

Di Bendar, hampir 95 persen dari penduduknya bekerja sebagai nelayan.

Sedikitnya ada 500 kapal penagkap ikan baik besar maupun kecil yang dimiliki nelayan Bendar.

Penghasilannya bisa mencapai Rp 25 juta sampai dengan Rp 100 juta setiap kali melaut.

Banyak sekali rumah mewah berlantai dua saat memasuki desa tersebut.

keberhasilan penduduk Desa Bendar tidak lepas dari usaha pengerukan Sungai Juwana sekitar tahun 1980an.

4. Desa Teluk Meranti, Pelalawan, Riau

Desa Teluk Meranti, Pelalawan, Riau

                                                               Desa Terkaya Di Indonesia

Terletak di Kabupaten Pelalawan, Riau, Desa Teluk Meranti menjadi salah satu desa yang dikenal oleh peselancar dunia.

Meskipun tidak memiliki ombak sebaik di Kepulauan Nias, ombak bono telah di jajal oleh para peselancar dunia.

Sebab di sinilah satu-satunya tempat dimana wisatawan dapat berselancar di sungai, dan bukan laut.

Ombak bono merupakan gelombang air yang terletak di muara Sungai Kampar, Riau.

Kreativitas pengelola untuk wisata setempat mampu promosikan potensinya tersebut secara kreatif.

5. Desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta

 Kali ini daerah Bantul yang menghadirkan desa sentra gerabah.

Gerabah Kasongan memiliki sejarah panjang dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17

Lokasi yang sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 400 UKM ini dulunya merupakan tempat kundi atau gundi, yaitu para pembuat kendi, kuali, dan semua jenis peralatan dapur dari tanah liat.

6. Desa Waturaka, Ende, Nusa Tenggara Timur

Desa Waturaka berlokasikan di bawah kaki Gunung Kelimutu yang terkenal dengan danau tiga warnanya selain terkenal dengan danau tiga warnanya desa ini juga termasuk ke dalam Desa Terkaya Di Indonesia.

Selain mengandalkan keindahan dan keunikan alamnya, seperti wisata air terjun dan air panas, Desa Waturaka juga mengedepankan nilai-nilai budaya juga.

Wisatawan yang berkunjung akan tinggal di rumah salah satu penduduk, lalu melakukan kegiatan layaknya keseharian warga desa tersebut.

Kamu akan melihat pemandangan bule yang sedang mencangkul di ladang, mengangkat batu untuk bangunan rumah, hingga mengajar Bahasa Inggris di sekolah-sekolah yang ada.

7. Desa Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Desa Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

                                                                        Desa Terkaya Di Indonesia

Kawasan Lembang bandung merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terkenal di Indonesia.

Hal ini karena Lembang menawarkan aneka wisata alam nan asri, udara sejuk, dan pemandangan alam yang sangat hijau.

Saking banyaknya tempat wisata yang ada di bandung, kamu tak akan bosan untuk terus berkunjung ke sini.

Dari tempat wisata yang romantis hingga ekstrim hampir semuanya ada di sini. Beberapa tempat wisata yang terkenal adalah Gunung Tangkuban Perahu, Kampung Gajah, Curug Malela, dan maih banyak lainnya.

8. Desa Madobak, Mentawai

Selain potensi laut, Kepulauan Mentawai juga di kenal dengan tiga desa tradisional yang masih memegang adat, salah satunya adalah Desa Madobak.

Desa yang terletak di Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai, Sumatra Barat ini, miliki budaya tato yang sangat diyakini sebagai budaya tato tertua di dunia.

Keseriusan pemerintah setempat untuk melestarikan keunikan budaya lokal ini, membuat desa yang terletak di hulu sungai Siberut Selatan ini terpilih sebagai Desa Adat yang Terbaik.

9. Desa Sungai Nyalo, Sumatra Barat

Kawasan pesisir pantai Sumatra Barat menyimpan keindahan yang luar biasa, seperti kawasan Mandeh Painan.

Desa Sungai Nyalo terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Kata tarusan secara harfiah berarti terusan yang mengacu pada posisi wilayah Koto XI Tarusan yang berada di jalur tembus dari Painan ke Kota Padang di uatara

Desa adat berbentuk nagari itu memiliki objek wisata Bukit Mandeh yang menawarkan batu-batu berbentuk pulau.

Selain itu, di desa yang disebut sebagai desa wisata dengan perkembangan tercepat ini, ada pula Pantai Carocok yang terkenal dengan Pulau Cubadak yang masih asri.

Meski masih belum banyak begitu dikenal di dalam negeri, turis asing banyak yang berwisata ke kawasan yang dijuluki ‘Paradise of the South’ ini.

10. Desa Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi

Desa ini menjadi salah satu gerbang utama menuju Gunung Kerinci dan merupakan Desa Terkaya Di Indonesia. Kersik Tuo merupakan jalur resmi yang paling banyak diminati para pendaki, karena lebih mudah dibandingkan Solo.

Desa Kersik Tuo yang kayak ini di luar negeri sangat (Istimewa)

Selain itu, kamu bisa menikmati panorama desa dengan latar belakang pemandangan Gunung Kerinci. Di Desa Kersik Tuo terdapat beragam basecamp untuk para pendakian yang buka 24 jam.

Sambil istirahat dan meyiapkan barang, kamu bisa mencari guide atau porter pendakian dengan harga sekitar Rp 250 ribu per harinya.

11. Desa Bontagula, Bontang, Kalimantan Timur

Desa ini telah meraih penghargaan dari Eko Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia ke-6 sebagai Desa Wisata Maritim yang terbaik.

Hal ini membuktikan bahwa desa industri ini bisa menjadi salah satu tempat untuk wisata andalan.

Posisi Bontang yang diapit oleh lautan, membuat bibir pantainya sangat indah. Selain itu, kamu bisa melihat aktivitas warga pesisir pantainya juga.

12. Desa Ubud, Gianyar, Bali

Segala hal tentang Bali terlihat sangat menarik. Tak melulu pantai yang indah, Bali punya kekayaan budaya yang sangat unik. Tak akan habis di jelajahi dan dieksplorasi.

Desa Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar menjadi lumbung budaya Bali. Ubud bahkan telah ditampilkan lewat buku Eat, Pray, Love karya Elizabeth Gilbert.

Masyarakat Ubud hidup lekat dengan adat di dalam keseharian. Tidak mengherankan jika hilir mudik orang berbusana adat jamak terlihat di sana.

Galeri lukisan dan toko seni bertebaran di sana. Itulah yang menjadikan ubud sebagai desa budaya terbaik.

13. Desa Seigentung, Gunungkidul

Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten di DI Yogyakarta yang berkembang karena potensi wisatanya.

Berada di dataran tinggi yang terbentuk atas muntahan gunung api, Gunungkidul menyimpan beragam ilmu pengetahuan.

Oleh pemerintah setempat, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bahkan dijadikan unggulan yang mampu tingkatkan perekonomian warganya.

14. Desa Sungai Nyalo, Painan, Sumatera Barat

dikenal sebagai salah satu desa dengan perkembangan yang sangat  cepat. Desa ini bisa kamu temukan di Kecamatan Koto XI Tarusan saja, Kabupaten Pesisir Selatan.

Kamu bisa menikmati keindahan wisata pantainya seperti pantai Carocak yang masih alami,sejuk,indah dan asri.

Selain itu ada bukit Mandeh yang menawarkan pemandangan batu-batu yang berbentuk pulau.

15. Desa Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Desa Argapura mempunyai panorama pertanian atau perkebunan yang sungguh memanjakan mata penglihatnya. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan dengan di Bali, bahkan Vietnam atau Thailand.

Di bagian sebelah barat, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan lembah Cilongkrang.

Sedangkan di bagian sebelah timur, kamu bisa melihat Gunung Cermai dengan ketinggian antara 3.078 meter di atas permukaan laut.

Mayoritas hasil bumi unggulannya adalah bawang daun, padi, ubi, bawang merah dan kubis dan sebagainya.

16. Desa Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat

Desa Pariangan termasuk ke dalam daftar Desa Terkaya Di Indonesia dan mausk lima desa terindah di dunia versi Budget Travel disandingkan dengan empat desa lainnya.

YaituWengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on the Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Ceko.

Desa indah ini banyak menawarkan suasana tenang dengan segala pesona alamnya yang memukau.

Kamu bisa melihat beragam tempat tinggal tradisional yang terawat sangat baik, sebuah masjid tua besar, dan pemandangan sawah serta sungai.

17. Palembang

Selain terkenal dengan pempek kapal selamnya yang lezat, Palembang juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin.

Tempat wisata bersejarah ini berlokasikan di dekat kawasan wisata Benteng Kuto Besak. Museum yang terdiri dari 2 lantai ini merupakan bangunan yang sangat tua peninggalan Belanda.

Di sini, kamu bisa menjumpai beragam koleksi benda unik dari berbagai cabang ilmu, mulai dari arkeologi, biologi, etnografi, seni rupa, keramikologi, sampai numismatika yang hingga kini masih terawat dengan sangat baik.

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa melihat-lihat koleksi uang kunonya, pakaian adat, model rumah limas, kain songket, alat musik, dan masih banyak lain sebagainya.

18. Papua Barat

Raja Ampat,Desa Terkaya Di Indonesia

                                                      Desa Terkaya Di Indonesia

Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa sekali. Konon, tempat wisata ini merupakan lokasi penyelaman bawah laut terbaik di dunia karena keberagaman fauna dan flora bawah air yang ada di dalamnya.

Menurut penelitian, total terumbu karang yang ada di raja ampat tidak ada di seluruh dunia dan hanya terdapat di Raja Ampat. Tidak heran kalau banyak pelancong asing yang tergila-gila dengan keindahan wisata Raja Ampat ini.

Jika berkunjung ke sini, cobalahlah menginap di kapal pinisi yang terdapat di lokasi. Meskipun harganya sangat cukup mahal (Rp100 juta untuk 14 orang selama seminggu), Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata yang tak terlupakan selamanya.

Akses untuk menuju Raja Ampat cukup mudah, dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Sorong.

Jangan lupa, di sini kamu harus mendaftarkan diri untuk bisa masuk kawasan wisata Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong, kamu bisa menaiki kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat dan mencari penginapan yang murah di sana.

Nah, untuk menuju lokasi penyelamannya, Anda bisa menyewa speedboat yang disediakan di sekitar lokasi.

Nah, itu lah Desa Terkaya Di Indonesia Dan Kekayaan Alamnya yang ada di Indonesia

Kalian juga bisa mengetahui perbedaan antara desa dan kota yang dapat menambah wawasan anda.