Sini Kita Cari Refrensi Tentang Kostum Karnaval Unik Yang Bisa Dipakai Saat Festival Maupun Karnaval

kostum karnaval unik

Halo selamat datang di website saya. Pada artikel saya kali ini kita akan membahas tentang kostum karnaval unik. Pastinya anda sudah mengetahui apa sih kostum itu. Tapi tidak semua dari anda kan yang mengetahui tentag kostum karnaval unik.

Nah pada kali ini hal itu yang kita bahas kenapa sih sebuah kostum bisa dikatakan unik? Apa sih yang membuat sebuah kostum karnaval unik menjadi hal yang menarik?

Nah pada kesempatan kali ini kita akan satu persatu dari 3 kalimat tersebut, mulai dari kostum, karnaval, hingga uniknya. Berikut penjelasannya dan macam refrensinya yang bisa dipakai.

Pengertian Kostum

Kostum Karnaval Unik

Kostum bisa merujuk pada pakaian secara umum, atau sebuah gaya berpakaian tertentu pada orang, baik bagi kelas masyarakat, maupun periode tertentu. Istilah ini juga bisa merujuk tentang pengaturan artistik asesoris pada gambar puisi, patung, maupun lakon.

Hal ini berdasarkan dengan zaman, tempat, maupun keadaan lain yang dideskripsikan. Kostum boleh juga merujuk pada suatu gaya pakaian tertentu yang dipakaikan untuk menampilkan si pengguna sebagai sebuah karakter tertentu atau tipe karakter lain dari biasa mereka tiru pada suatu acara sosial.

Contoh acara sosial yang dimaksud yakni pesta kostum, pesta karnaval, atau pada suatu pertunjukan teater. Nah pada kali pembahasan kita kali ini yakni tentang kostum karnaval unik pastinya semua orang pasti ingin tampil dengan tidak pasaran kan?

Jawabannya ya karena itu merupakan sebuah pola yang ingin dikembangkan oleh setiap orang supaya bisa dilihat unik bukan aneh ya. Lalu munncul lagi kenapa sih seseorang ingin tampil menggunkan kostum dengan susah payah agar bisa dikatakan unik?

Karena dari ide yang mereka kembangkan supaya bisa bertampilan dengan unik akan menjadi sebuah kreatifitas yang akan dicontoh.

  • Kostum Dimata Dunia Fashion

Kostum atau pakaian termasuk sebuah keperluan dalam kategori primer bagi manusia, jadi kamu akan dianggap tidak normal apabila melupakannya. Tidak hanya menjadi kebutuhan primer, pakaian juga dianggap sebagai penarik dan simbol sosial bagi si pengguna.

Orang akan banyak mengeluarkan uang akan cenderung memakai baju berharga mahal sebagai wujud dari tren. Kostum atau pakaian menjadi elemen penting dalam dunia fashion atau gaya.

Pakaian melambangkan gaya, style, dan gengsi semua orang. Pada saat ini dunia fashion saat ini sudah bergeser sangat jauh, tampak dengan fungsi pakaian yang kini telah berubah.

Dahulu pakaian dikenakan sebagai penutup tubuh dari rasa dingin ataupun panas, serta sebagai penjaga tubuh dari serangan binatang. Namun sekarang fungsinya sangat berbeda. Pergeseran fungsi dalam dunia fashion bermula dari seseorang yang kerap menjadi pusat perhatian dan tak suka tampilan yang mainsteam.

Maksudnya mereka tidak ingin hanya bertampilan mengenakan kaos berbahan katun atau nilon saja. Kini banyak sekali ide fashion yang tak masuk akal dan gila – gilaan sehingga mengakibatkan tampilan pemakainya menarik banyak perhatian, malah kadang tampak sangat konyol.

Hal ini sering kali dipertontonkan oleh para presenter TV ataupun acara-acara fashion kelas internasional. Tak mengejutkan lagi hal ini seringkali menarik perhatian dan membuat kesan anti mainstream dengan pakaian yang terlihat unik.

  • Pakaian Dan Kostum Unik Yang Sering Tampil

Pakaian merupakan cerminan akan suatu tren dunia yang sedang hits. Seiring perkembangan zaman, sejumlah pakaian aneh dianggap hal yang wajar karena diterima sebagai tren yang sedang berkembang.

Terkadang orang-orang tetap memakai pakaian unik dan aneh untuk kesenangannya sendiri. Mereka melakukan pemilihan event-event yang berkelas, mulai dari red carpet, fashion show, pesta, sampai acara pernikahan. Saat ini banyak desainer busana yang mendesain baju pengantin yang unik dan tak biasa.

Nicky Minaj pernah tampak mengenakan baju unik dan dandanan yang nyentrik saat menghadiri acara 53rd Grammy Awards 2011. Penyanyi cantik ini memakai baju bermotif leopard full print with a little hint of black dengan gaya rambut blonde super afro.

Tidak hanya Nicky saja, Bjork tampak sangat ikonik dengan dress angsa yang dikenakannya saat acara Oscar 2001. Pakaian ini didesain oleh desainer yang berasal Macedonia, Marjan Pejoski. Tidak hanya bentuknya saja yang unik, ternyata angsa yang ada di pakaian Bjork juga dapat bertelur. Aneh bukan?

Lalu apa sih pengertian karnaval?

Karnaval

Kostum Karnval Unik

Karnaval merupakan sebuah pawai yang diadakan dalam rangka pesta perayaan yang biasanya mementinkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan itu. Mungkin haal ini sudah tidak familiar lagi untuk kita.

Hampir di seluruh daerah ada pengadaan karnaval, baik dalam skala kecil contoh disekolah, maupun didesa atau dalam skala yang lebih besar, tingkat kabupaten misalnya. Biasanya, kota atau kabupaten mengadakan karnaval saat hari jadi atau ulang tahun.

Biasaya diadakan setiap bulan Agustus, banyak yang mengadakan karnaval dalam rangka merayangka HUT kemerdekaan Indonesia. Karnaval bisa di artikan sebagai pawai atau arak-arakan untuk merayakan sesuatu peristiwa.

Umumnya orang lebih mengetengahkan berdandan dengan semenarik mungkin, mulai dari mengenakkan pakaian karnaval unik dan berdandan yang beercorak hal yang menarik dari yang dirayakan itu.

Saat pelaksankan karnaval, banyak masyarakat yang berinisiatif untuk meyaksikan atau menonton, karena memang menarik dan semarak. Mimin aja udah banyak kali mengikuti karnaval, baik dalam rangka perayaan ultah kabupaten ataupun ulang tahun kemerdekaan.

Walaupun lelah akibat jalan kaki dengan rute yang lumayan jauh, tapi hal itu tergantikan dengan kegembiraan ataupun kesenangan untuk melihat kemeriahan acara karaval tersebut. Bisa dibayangkan kan gimana meriahnya.

Alasan Sebuah Kostum Karnaval Unik Sangat Keren

Sebuah kostum bisa dikatakan unik dan keren apabila pada kostum tersebut terdapat ciri khas yang membedakan dari sebuah kostum yang lainnya. Contoh nih pada lomba fashion show, disana terdapat orang yang memakai kostum yang unik. Disana kalau anda lihat pasti banyak yang memakai kostum yang berbeda.

Karena di lomba fashion show banyak yang mementingkan ciri khas dan ke unikkannya masing – masing.

Kreatifitas Pakai & Kostum Karnaval Unik Dan Nyeleneh

Pakaian ataupun kostum merupakan sebuah dari salah satu kebutuhan yang tidak bisa atau tidak boleh dilepaskan dari sebuah tren fashion didunia yang selalu berkembang. Tidak hanya menghasilkan pakaian yang keren, beberapa desainer bahkan menciptakan dan menghasilkan pakaian atau kostum karnaval unik.

  • Pakaian Dan Kostum Karnaval Unik Yang Dibuat Desainer

Ternyata desainer bukan hanya mendesain pakaian yang bisa dikatakan ‘wajar’ saja. Di Perlombaan fashion show mereka sering kali memamerkan pakaian dan busana yang unik dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Keunikan busana yang didesain oleh para desainer terkadang bisa dibilang aneh, mencengangkan, dan nyeleneh. Bahkan terkadang dapat mengundang tawa para penontonnya.

Busana yang unik, aneh, dan nyeleneh ini terkadang menjadi tren dan disukai oleh banyak orang. Sampai – sampai seseorang menawar dengan harga yang tidak murah.

Sebut saja peragaan busana di London, mulai dari fashion show sampai naik ke yang bertajuk Lingerie London. Para model di acara ini akan memerankan pakaian dan kostum yang unik dan aneh di atas catwalk.

Biasanya para desainer akan mendesain model pakaian yang nyentrik dengan dasar seni body painting yang cocok dengan gaya asli desain busananya.

Hal ini sering membuat kita geleng-geleng kepala. Penasaran? Simak Daftar Pakain dan Kostum Karnval Unik Berikut!

  • Baju Dari Sampah

Fashion show busana berbahan dasar sampah pernah dilakukan di daerah Yogyakarta dan Bandung. Dalam acara ini, banyak orang kreatif yang berkumpul untuk menampilkan pakaian dan kostum hasil daur ulang sampah.

Mulai dari plastik bekas, kepingan compact disk, bungkus makanan, sampai kulit bawang merah. Hasil karya peserta, menghasilkan bermacam pakaian daur ulang warna-warni dengan desain yang menarik. Ditambah lagi setelah dipakai dan dipamerkan oleh para model catwalk.

Salah satu busana unik dari sampah pernah dirancang oleh seorang pelajar sekaligus desainer muda. Bersama lima temannya, Khairunnisa merancang gaun daur ulang saat peringatan “Hari Peduli Sampah Nasional” di Bandung.

Pelajar sekolah  tersebut berhasil membuat gaun yang berbahan dasar sampah bungkus kopi, sedotan, botol tutup bekas, bungkus buah, kantong plastik, busa sandal, serta sendok plastik bekas.

Di acara tersebut, peserta yang mengikuti berasal dari kalangan pelajar. Tidak hanya menemukan aneka pakaian dan kostum unik, acara tersebut juga dikuti oleh beberapa kegiatan lainnya.

Kegiatannya yakni semacam gerakan pungut sampah, hingga fashion show busana daur ulang sampah hasil karya para peserta.

  • Baju Kostum Lipat

Runway Men’s Fashion Week amerupakan salah satu perlombaan peragaan busana unik dan ternama di Amerika. Setiap tahun, acara ini memamerkan ide-ide pakaian dan kostum yang bisa dikatakan gila – gilaan dari para desainer ternama, salah satunya Rick Owen.

Rick merancang baju dengan kasur lipat atau matras yang melingkari ke tubuh para modelnya. Bergradasi monokrom dan warna-warna bumi, seperti coklat dan hijau zaitun.

Rick menciptakan mayoritas busana hasil karyanya dipasangkan dengan celana yang berpotongan melebar favoritnya. Bayangkan saja saat memakai baju ini, kamu bisa tidur ataupun berguling-guling dimana saja.

Sebelumnya, Rick pernah menciptakan busana dengan desain yang sangat berani. Selain desainya yang nyentrik, Rick tak sungkan meminta modelnya untuk saling menggendong saat memamerkan busana hasil karya ciptaannya di atas panggung.

Hal ini terlihat menjadi salah satu sebuah ciri khas Rick Owen yang sangat ekstrem.

  • Baju Tema Buah

Di panggung London Fashion Show Week, Perayaan Copacabana dan Karnaval Budaya Brazil berhasil menarik perhatian media dan para penikmat fashion. Berlangsung meriah, acara ini ternyata sukses memamerkan koleksi tas, sepatu, dan busana berbahan buah-buahan.

Hasil karya ini desain oleh para desainer ternama. Salah satu desainer dengan desain yang unik adalah Charlotte Olympia. Bukan hanya di acara London Fashion Show Week saja, nyatanya salah satu fotografer New York, Ted Sabrase sempat memotret model berbusana bertema menu makanan.

Tubuh langsing para model dan pakaian yang unik dari makanan itu dipotretnya pada tahun 2009. Tidak jauh berbeda dengan Ted Sabrase, fotografer lainnya bekerjasama dengan desainer untuk mengemas aneka makanan dalam sebuah pakaian dan kostum yang menarik dan boleh dikenakan para model.

Desainer Feld dan Wesley Nault merancang pakaian dan kostum berbahan dasar makanan, yang memakan waktu hingga 15 jam. Para modelnya terpaksa harus berdiri lebih dari enam jam.

Hal ini dilakukan agar memperoleh hasil dari bentuk pakaian yang sesuai keinginan para desainer tersebut.

  • Gaun Berbahan Dasar Koran

Gaun umumnya memang terbuat dari kain namun siapa yang mengira ternyata koran bekas bisa menjadi bahan dasar & utama untuk membuatnya. Bermodalkan kreativitas dan tekad yang tinggi, seorang desainer rumah mode Dior, John Galliano pernah menggarap busana berbahan dasar koran bekas.

Terinspirasi dari foto supermodel, Tiggy, tren memakai koran sebagai karya haute couture tersebut masih ada didalam memory pecinta fashion. Bahkan hingga saat ini, masih banyak desainer yang berinovasi dengan koran.

Ternyata, koran juga dapat dipakai sebagai bahan dasar pembuat aksesoris pelengkap busana. Cukup memakai lembaran-lembaran koran bekas yang kamu punya di rumah ditambah dengan ketelatenan, keuletan, dan kreativitas.

Hal ini memungkinkan kamu bisa membuat pakaian unik maupun aksesori simpel tapi sangat bernilai.

  • Baju Dari Bungkus Makanan

Mc Donald merupakan salah satu restoran cepat saji yang sempat mengadakan fashion show yang unik dan menarik. Berhasil menampilkan 20 dress bermaterial food packaging, acara ini menjadi sebuah ajang perlombaan kreativitas para mahasiswa.

Diberi nama “McDCouture Show”, acara tersebut diselanggarakan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Untuk mengadakan acara ini, pihak panitia membutuhkan 4.600 bungkus sandwich, 1.770 kotak kentang goreng, 1.100 sedotan, 600 kertas bungkusan take away, 500 tempat saus, dan 100 plastik es krim McFlurry.

Para pesertanya merancang bungkus-bungkus makanan tersebu dan menciptakan rok, crop top, hingga dress yang tampak elegann. Salah satu busana yang paling menjadi sorotann perhatian adalah gaun pengantin dari pembungkus Big Mac.

Gaun ini memperoleh apresiasi tersendiri dari Tim Gunn, Runway Project, dan para penonton yang menonton. Tidak hanya gaun Big Mac buatan mahasiwa dari Miami International University of Art and Design, Rebekah, mahasiswi dari universitas lainnya membuat gaun dari bungkus makanan sebagai projek tahun terakhirnya.

Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengurangi limbah. Gaun panjang buatan Rebekah berhasil menjadi pemenang The College’s Sustainable Design Award 2011.

  • Baju Bebahan Dasar Kaleng Soda

Kreativitas, menciptakan barang yang tak benilai kembali menjadi berharga kembali. Seorang desainer eco-fashion dan pendidik lingkungan, Nancy Judd, merancang gaun dan akeseoris mewah bermaterial dasar sampah yang tak berguna.

Salah satu karyanya yang begitu dikenala adalah gaun berhias kaleng bekas dari Recycle Runway. Selama pembuatan karya-karyanya yang luar biasa, Nancy hanya memakai metode alat jahitnya yang sederhana.

Grace Hardy terlihat jauh berbeda saat menjadi finalis di Lady In Red Eco final Miss England. Diadakan di Birmingham, Inggris, Grace memakai gaun bermaterial dasar kaleng Coca-Cola lengkap dengan tas tangan dan kalungnya.

  • Baju Cokelat

Hari kasih sayang ternyata menjadi ispirasi salah satu desainer asal Spanyol untuk membuat pakaian dan kostum karnaval unik berbahan dasar cokelat. Paco Rabanner menciptakan gaun pengantin layaknya princess memakai bahan cokelat.

Dikenakan oleh model cantik asal Jerman, Alena Gerber, gaun buatannya tampak cantik sekaligus menggoda. Walaupun sangat kreatif, gaun cokelat dari Paco menimbulkan banyak pertannyaan dari orang – orang, tentang ketahanan dan proses penyimpanan gaun tersebut.

Banyak juga kelemahan yang terlihat karena material dasar gaun tersebut. Tekstur cokelat yang tebal dan keras mengakibatkan si pemakai gaun akan kesulitan bergerak. Agak sedikit ribet bukan?

  • Kostum Karnaval Unik Ala Indoneisa Memakai Egrang

Diberbagai wilayah Indonesia ternyata ada juga lho yang memakai kostum karnaval unik dari egrang. Biasanya mereka memakai baju adat dan didalamnya pada pergelangan kakinya terdapat egrang yang ditutupi celana yang panjang.

Sebelum membuat ukuran mereka akan membuat egrang, baru setelahnya mengukur ukaran cela supaya bisa menutupi egrang.

Selain itu, agan juga bisa menjadikannya sebagai peluang usaha misal jasa sewa kostum karnaval, dengan keuntungan yang lumayan.

Agan juga bisa menggunakan sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang telah atau sedang agan jalani, supaya lebih aman.

Oke gan hanya itu saja yang bisa sampaikan semoga bermanfaat dan agan semua mendapatkan refrensi sekian dari saya. Sampai jumpa