Mengenal Makanan Khas Yogyakarta Dan Belajar Cara Membuatnya

Makanan Khas Yogyakarta

Halo sobat readers selamat datang diwebsite saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang makanan khas Yogyakarta. Nah pastinya para sobat readers dan kuliner sudah tidak familiar lagi kan dengan makana khas Yogyakarta?

Ya betul Jawabannya ialah gudeg. Tapi tidak hanya membahas gudeg aja loh gengs. Kita akan membahas tentang makanan khas Yogyakarta dan hal lain tentang kota Jogja. Simak artikel saya berikut ini.

Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan penyatuan Negara Kesulanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Paku Alaman.

DIY terletak di bagian selatan pulau Jawa, dan mempunyai sebuah perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudra Hindia. Daerah Istimewa ini memiliki luas 3.185,80 km2 . Kota ini berdiri dengan satu kotamadya, dan 4 kabupaten, yang dibagi lagi menjadi 78 kecamatan, dan 438 desa atau kelurahan.

Selaian menjadi kota istimewa Jogja juga menjadi kota pelajar dan dengan kebudayaan yang tinggi.

Wisata Kota Yogyakarta

  • Pusat Perbelanjaan

Kalau kalian ingin mencari barang dan berbelanja secara tradisonal maka malioboro merupakan tempat yang tepat. Malioboro merupakan ikon wisata Yogyakarta (Jogja). Sejak dahulu sampai saat ini. Malioboro selalu bisa menyedot minat wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Di sini anda akan melihat sebuah jalan di mana Anda akan menemukan pusat perbelanjaan modern yang bersanding dengan pasar tradisional. Jadi jangan heran ketika saat jalan-jalan di Malioboro, Anda melihat begitu banyak pedagang kaki lima yang menggelar lapaknya.

Mereka menggelar tepat didepan masuk toko-toko modern. Malioboro kerap dikenal juga sebagai pusat wisata di Yogyakarta karena di tempat ini juga terdiri dari hotel-hotel bertarif murah, mulai dari dibawah Rp100.000 hingga hotel-hotel berkelas yang menawarkan tarif jutaan per malam.

Di Malioboro Anda bisa berburu oleh-oleh, Anda bisa berburu kuliner, wisata sejarah, dan menikmati suasana serta pengalaman liburan yang berbeda.

  • Alun – Alun

Alun-Alun Jogja bisa dijadikan destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mencoba beberapa wisata menarik yang ada disana dan makanan khas Yogyakarta. Kalau kalian nih ada niat yang untuk datang ke Jogja pastikan kalian mampir ke tempat Alun-Alun Jogja.

Pastinya kamu akan mengerti deh betapa ramaianya tempat ini baik saat terang maupun saat gelap. Cocok banget deh kalau dijadikan referensi buat kamu yang mau datang ke Jogja, dan mau menikmati suasana khas Jogja.

  • Candi

Hal yang menjadi sebuah destinasi wisata lainnya ialah candi yang ada di Yogyakarta. Karena candi – candi yang ada di Jogja memiliki daya tarik yang mampu menarik para turis dan wisatawan untuk mampir ke tempat ini.

DIY mempunyai kurang lebih sekitar 15 candi yang selalu dijadikan objek wisatawa. Setiap candi memiliki daya tarik dan keunikkan tersendiri.

  • Pantai

Apabila kamu menyukai dan ingin menikmati suasana pantai maka, Yogyakarta akan menjadi kota wisata yang tepat untuk kamu tuju. Karena Jogja memiliki banyak tempat wisata pantai di Jogja yang mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Tidak cuma indah, tiap – tiap pantai menawarkan keasyikan tersendiri. Suasana pantai yang natural membuat kita menjadi relaxs.

  • Kuliner

Wisata yang banyak diminati oleh para kuliner. Di Jogja banyak sekali kuliner makanan khas Yogyakarta. Oleh karena itu para pencinta kuliner akan berkunjung ke kota ini.

Nah geng tadi itu merupakan pengenalan dan objek wisata tentang jogjakarta. Selanjutnya kita akan masuk ke tema pembahasan yakni Makanan Khas Yogyakarta.

Berikut ini merupakan  macam macam makanan dan Khas Yogyakarta penjelasannya.

Macam – Macam Makanan Khas Yogyakarta

  • Gudeg

Makanan khas Yogjakarta yang pertama ini pasti sudah tidak familiar apabila terdengar, bukan? Siapa yang tidak mengenal makanan khas Yogyakarta yang satu ini.

Gudeg merupakan sebuah makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan.

Makanan khas Yogyakarta ini mempunyai warna coklat yang umumnya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

  • Bakpia Pathuk

Kalau ketika anda berada di Jogja dan ingin membawa oleh – oleh khas Jogja untuk keluarga dan teman, tidak usah bingung guys. Hal ini disebabkan karena ada makanan khas Yogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk!

Bakpia adalah kue yang mempunyai bentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dipalut dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Yogyakarta ini paling sering digunakan sebagai oleh-oleh untuk diberi ke teman atau keluarga.

  • Oseng – Oseng Mercon

Untuk kalian yang para pencinta dan hobi makanan dengan pedas, kalian wajib mencicipi makanan khas Yogyakarta berikut ini! Oseng-oseng Mercon meperoleh  namanya karena terkenal sangat pedas.

Oseng-oseng Mercon merupakan daging sapi yang dimasak bersama sambel yang sangat banyak sehingga mengeluarkan dan mempunyai cita rasa pedas yang khas. Tapi, bagi kalian yang takut pedas, tidak usah takut. Karena, kamu tetap bisa memesan makanan khas Jogja ini tanpa cabai kok!

  • Yangko

Ada juga makanan khas Yogjakarta yang bernama Yangko, yakni makanan khas Jogja yang yang berbahan dasar dari tepung ketan. Mempunyai bentuk kotak dengan balutan tepung ketan, makanan khas Yogyakartaa ini mempunyai tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Yangko memiliki isi campuran cincangan kacang , layaknya kue moci asal Jepang. perbedaannya terletak dari tekstur, yakni kalau moci lebih lembek dan lebih kenyal dibandingkan Yangko.

  • Cenil

Jika kamu menginginkan makanan khas Yogyakarta yang ringan, maka jawabannya adalah Cenil. Makanan yang berbahan dasar dari pati ketela pohon.

Makanan khas Yogyakarta ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil maupun kotak setelah itu diberi warna sesuai keinginan sebelum direbus. Cenil biasanya dihidangkan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

  • Nasi Tiwul

Makanan khas Yogyakarta selanjutnya juga berasal dari Gunung Kidul dan pernah menjadi makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Akan tetapi sekarang, makanan khas Yogyakarta ini malah menjadi primadona oleh-oleh khas Jogja yang melegenda.

Okee broku itu tadi merupakan makanan khas Yogyakarta dan sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Oke setelah membahas tentang Makanan khas Yogyakarta selanjutnya kita akan membahas cara membuatnya.

Alasan saya memberikan cara membuat makanan khas yogyakarta supaya kalian tidak ngiler dan berkecil hati karena tidak bisa mencicipinya. Berikut ini cara membuat makanan khas Yogyakarata yang sudah saya sebutkan diatas.

Cara Membuat Makanan Khas Yogyakarta

  • Cara Memasak Gudeg

Bahan :
  • Nangka muda                                     Lembar daun jati/daun jambu
  • Daun salam                                         Lengkuas, geprek
  • Sereh, geprek                                     Santan encer
  • Air                                                        Garam
  • Telur rebus                                         Ekor ayam kampung
Bumbu Halus:
  • Bawang merah                                        Siung bawang putih
  • Kemiri, sangrai                                       Ketumbar
  • Gula merah                                              Garam
Cara Membuat Gudeg :
  1. Blender bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, gula merah, dan garam dengan sedikit air.
  2. Masukkan nangka muda, ayam , sereh, lengkuas, daun salam, bumbu halus, gula merah, garam , air dan santan ke dalam panci . Tutup dengan daun jati dan dimasak.
  3. Saat waktu pemasakan memasuki 30 menit, masukkan telur rebus dan santan. Masak selama 3 jam.
  4. Setelah itu sajikan gudeg nangka degan kuah santan areh dan bisa langsung dimakan
  • Cara Bikin Bakpia

Bahan Isi :
  • Kacang hijau                                                     Air
  • Gula merah dan gula pasir                            Garam secukupnya
  • Vanili bubuk                                                    Daun pandan
  • Minyak goreng
Bahan Luar :
  • Tepung terigu               Ragi instan
  • Gula pasir                      Margarine
  • Air hangat                     Garam halus
Cara Membuat Bakpia :
  1. Langkah awal kita yaitu, siapkan panci. Setelah itu masukan air secukupnya ke dalam panci tersebut. Rebus air sampai mendidih.
  2. Apabila air sudah mendidih, masukan kacang hijau yang telah anda siapkan. Rebus kacang hijau hingga empuk atau lunak.
  3. Jika kacang hijau telah matang dan empuk, anda boleh langsung menyaring dan meniriskannya.
  4. Blender kacang hijau yang usai direbus tadi hingga halus.
  5. Tuangkan kacang hijau ke dalam wajan. Tambahkan dan masukan gula merah, garam, gula pasir serta vanili ke dalamnya.
  6. Masak seluruh bahan-bahan sampai kering dan kalis.
  7. Masukan 2 sendok makan minyak goreng. Aduk hingga merata.
  8. Matikan kompor dan biarkan hingga dingin.
  9. BIla sudah dingin, bentuk menjadi 30 bagian lalu bulatkan.

Next Membuat adinan kulitnya berikut caranya

  1. Masukan terigu, ragi instan dan gula pasir kedalam wadah ataupun baskom aduk sampai merata.
  2. Campurkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan rata dan lembab.
  3. Jangan lupa tambahkan margarin dan garam, aduk adonan hingga kalis atau tidak lengket di tangan.
  4. Lakukan proses fermentasi pada adonan di tempat yang hangat selama kurang lebih 45 menit.
  5. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin.
  6. Kempeskan adonan dan buat adonan menjadi 30 bagian.
  7. Beri adonan dan isikan kacang hijau yang sudah kita buat sendiri lalu bulatkan dan pipihkan.
  8. Letakan adonan yang telah dibentuk di atas loyang.
  9. Kasih jarak di antara masing-masing adonan dengan alsan kue akan sedikit mengembang.
  10. Biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  11. Sembari menunggu itu, panaskan oven dengan suhu 200 derajat C.
  12. Panggang bakpia dalam kurun waktu 10 menit. Selepas 10 menit, keluarkan loyang dari oven.
  13. Balikkan kuenya dan panggang lagi sekurang – kurangnya lebih 5 menit
  14. Selepas itu, angkat dan tiriskan kue.
  15. Siapkan piring maupun wadah saji.
  16. Kue bisa langsung  disajikan dan bakpia bisa langsung disantap
  • Resep Membuat Oseng – Oseng Mercon

Bahan :
  • Daging sapi dipotong kecil – kecil                     Daun salam
  • Lengkuas, dipotong – potong, digeprak           Gula merah
  • Garam                                                                     Kecap
  • Air matang                                                             Minyak goreng
Bumbu Halus :
  • Cabai rawit merah                       Cabai merah keriting
  • Bawang merah                             Bawang putih
  • Jahe
Cara Membuat Oseng Mercon:
  1. Awal tahapkan panaskan minyak di dalam wajan.
  2. Masukkan bumbu yang dihaluskan,lengkuas, dan daun salam. Tumis sampai agak matang dan mengeluarkan aroma.
  3. Tambahkan daging sapi yang sudah dipotong kecil – kecil, lalu diaduk-aduk sampai bumbu tercampur dan meresap.
  4. Berikan air matang, dan masak sampai daging memjadi empuk.
  5. Masukkan kecap, gula merah, serta garam secukupnya.
  6. Aduk bumbu yang sudah dimasukkan hingga tercampur rata dan meresap ke daging.
  7. Setelah itu letakkan kedalam piring dan siap disajikan.
  • Cara Membuat Kue Yangko

Bahan :
  • Garam
  • Gula pasir
  • Beras ketan putih
  • Daun pandan, buat simpul
  • Air untuk merebus
  • Pewarna makanan  usahakan warna yang muda agar dilihat tampak menarik dan menciptakan sebuah kesan yang manis dari warna muda atau bisa juga warna asli (original) adalah putih
Isi Dan Pelapis :
  • Kacang tanah kupas
  • Tepung beras ketan putih
Proses Pembuatan Yangko :
  1. Lakukan perendam pada beras ketan putih semalaman setelah itu tiriskan.
  2. Jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  3. Haluskan memakai grinder setelah itu, sangrai dengan api kecil lalu angkat. Sisihkan sekitar bebrapa gram sebagai taburan.
  4. Masak air, gula, pandan, dan garam di atas api sedang sambil diaduk sampai mendidih dan gula pun menjadi larut.
  5. Kecilkan api, masukkan tepung ketan sangrai dengan cara bertahap sambil diaduk sampai adonan menjadi kental.
  6. Masukkan pewarna makanan, aduk hingga merata dan diangkat.
  7. Tuang adonan ke dalam Loyang persegi 18 x 15 x 3 cm yang diberi alas plastik dan diolesi dengan minyak. Mentega juga boleh.
  8. Diamkan sampai tidak panas. Setelah itu keluarkan.
  9. Belah adonan secara horizontal menjadi 2 bagian. Ambil salah satu bagian, beri taburan dengan bahan isi.
  10. Tumpuk menggunakan sisa potongan adonan.
  11. Beri taburan dengan 1 sdm tepung ketan di atas permukaannya.
  12. Potong-potong yangko menjadi kotak – kotak 2 cm.
  13. Gulingkan ke atas tepung yang tersisa.
  14. Yangko pun siap disajikan.
  • Membuat Cenil Ala Orang Jogja

Bahan :
  • Tepung kanji                                                              Gula pasir
  • Vanili                                                                           Air mendidih
  • Pewarna secukupnya                                                Kelapa parut
  • Garam                                                                          Daun pandan

Cara Membuat Cenil :
  1. Masukkan tepung kanji, gula pasir, vanili kedalam wadah dan dicampur. Bagi mejadi 2 bagian. Campur sebagian adonan bersama air yang mendidih hingga rata. Masukkan sedikit tepung aduk hingga rata.
  2. Bagi lagi adonan menjadi 3 bagian. Sebagian biar mejadi putih. Sebagian beri pewarna seperti warna merah, dan sebagian lagi warna hijau.
  3. Masak air didihkan air, buat adonan.
  4. Rebus hingga mengapung lalu angkat.
  5. Siram menggunakan air dingin.
  6. Gulingkan pada kelapa parut dan beri taburan dengan gula pasir.
  7. Cenil siap dihidangkan.
  • Buat Nasi Tiwul Gunung Kidul

Bahan :
  • Gula merah
  • Air
  • Singkong yang telah dikeringkan
  • Kelapa parut
  • Daun pandan yang panjangnya sekitar 20 cm, diikat dengan simpul
  • Daun pisang
  • Garam secukupnya
Cara Memasak Tiwul :
  1. Singkong yang telah dikeringkan (gaplek) ditumbuk hingga menjadi seperti tepung
  2. Percikkan sedikit air, setelah itu ditumbuk lagi hingga didapatkan butiran kecil-kecil.
  3. Sisihkan dahulu, karena ini adalah bahan utamanya.
  4. Panaskan dandang atau dikukus, jangan lupa beri alas dengan memakai daun pisang.
  5. Tambahkan butiran kecil singkong tadi ke dalam dandang.
  6. Masukkan gula merah yang telah diserut di atas gaplek, harus rata ya, tapi tidak semua kena gula merahnya juga tidak masalah, lalu kukus sekiranya kurang lebih 1 jam, kemudian di angkat.
  7. Lalu  kukus kelapa parut secara bersamaan dengan daun pandan dan tambakan garam secukupnya, sekiranya kurang lebih 15 menit, setelah itu angkat.
  8. Nasi tiwul siap disajikan dengan topping kelapa parut.

Oke broku hanya itu saja yanng bisa sampaikan. Pada kesempatan kali ini kita sudah banyak belajar tentang kebudayaan dan Makanan khas Yogyakarta. Jadi buat kalian yang sudah mengunjungi Jogja bisalah mengenang keindahannya.

Buat kalian nih yang belum pernah kesana kalian secara tidak langsung telah datang ke Jogja secara digital. Jadi kalian pun bisa merasakannya tanpa harus datang walaupun tidak merasakan secara langsung.

Oke itu saja dari saya dan selamat belajar membuat makanan khas Yogyakarta. Sampai jumpa.