Peluang usaha rumahan di desa berkembang Kepada warga desa, jangan kawatir, sekarang ini ada banyak di desa yang bisa membawa kehidupan ekonomi Anda melesat cepat.

Dan Sebaliknya, kini desa justru menjanjikan banyak peluang usaha yang luar biasa dan hampir samaa dengan di kota-kota kecil.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama jaringan internet adalah salah satu salah satunya  yang menciptakan banyak peluang usaha rumahan di desa.

Teknologi internet membuat desa tidak lagi ketinggalan dari kota-kota kecil. berbagai usaha di desa bisa dikembangkan dengan skala modal kecil atau dengan tanpa modal.

Apa saja kah peluang usaha di desa berkembang itu..? Berikut ini 20 peluang usaha rumahan di desa berkembang yang sekarang ini bisa dikembangkan sendiri  menjadi peluang pendapatan yang potensial dan mudah dikembangkan baik secara offline maupun online.

Peluang Usaha di Desa Berkembang Secara Offline

Peluang usaha di desa berkembang dikembangkan di rumah dengan mengandalkan pasar lokal yaitu kawasan desa tempat kita tinggal kita dan sekitarnya.pendapatan modal dari usaha sepnuhnya dari konsun.

Kepercayaan adalah landasan yang sangat penting dalam usaha karena sebagian besar konsumen kita adalah orang-orang yang kita kenal.

Kualitas produk yang buruk atau pelayanan jasa yang tidak mumpuni bakal menjadi hambatan yang sanagat besar dan bisa membuat usaha kita menjadi gagal.

Ada Beberapa peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan yang bisa dikembangkan secara offline baik itu di lakukan ibu-ibu atau pun bapak-bapak seperti:

1. Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Ingatlah Jika anda pergi ke tukang potong rambut anda selau di tanya ingin model seperti apa..?

karana pada jaman itu banyak baner yang isinya photos model rambut tapi di jaman sekang tidak ada lagi karna sudah tidak mujarap Soalnya di jaman ini tersedia jauh lebih banyak pilihan model rambut yang lebih mutahir.

Bagi anak muda jaman now ini, potongan rambut tak cukup lagi dengan potongan yang rapi atau standar.

Kini mereka akan datang dengan model yang mengikuti idolanya pada layar telepon genggamnya.

Semua orang saat ini yakin dan percaya, model rambut memiliki pengaruh besar dalam penampilan mereka.

2. Membuka Jasa Menjahit

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Peluang Usaha Di Desa Berkembang Yaitu Usaha menjahit adalah alternatif usha di bidang fashion yang mana pada jaman now ini anak muda lebih kekinian mereka tidak memikirkan aurat nya tetapi memikirkan masalah penampilan nya jadi untuk usaha fashion merupakan alternatif yang paling pas dan cocok.

3. Usaha di Bidang Makanan

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Jika Anda suka mencari cita rasa nusantara memang cocok untuk anda membangun usha kuliner.tidak perlu mewah yang penting cita rasa dan kebersihannya bisa di rasakan pelangan pasti usaha kuliner anda akan maju.

Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak akan ada matinya yang ada malah berkembang terus sampai kapanpun

Jika Anda jagoan mengolah makanan khas nusantaa maka mulailah menyediakan berbagai menu makanan.cukup di rumah saja dengan cara penjuannya online seperti (catering) .

Jika beberapa orang cocok dengan cita rasanya maka masakan anda akan terkenal dengan sendirinya dan anda pun bisa menyewa toko ataupun kios untuk membuka warung makan  dengan cara menerima pesanan makanan dalam jumlah besar (catering) untuk acara-acara hajatan, pertemuan dan sebagainya.

4. Jasa Laundry

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Jasa laundry bisa juga di lakukan di desa siapa yang bilang hanya orang-orang kota saja yang bisa laundry…..?

Orang desa pun bisa karna mencuci sendiri sama mencuci di laundry lebih hemat di laundry.

Dengan menyerahkan urusan pakaian kotor ke laundry, pasti ibu bisa mengerjakan urusan yang lainnya.

Enaknya dari usaha laundry ini anda tidak meninggalkan rumah untuk mengerjakannya. dan bisa sambil mengerjakan kerjaan yang lain.

5. Warung sembako

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Warung sembako yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan salah satu   keberhasilannya adalah harga nya.

Maka, Anda harus pintar mencari toko grosir atau tempulak yang murah.walaupun bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada uang setiap hari nya  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan.

7. Jasa Pembuatan Mebel dan Konstruksi

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Peluang usaha mebel dan konstruksi di desa yang kini sangat dibutuhkan adalah jasa pembuatan berbagai perkakas rumah tangga seperti almari, kursi, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen.

Termasuk di dalamnya juga  jasa perbaikan berbagai perkakas itu. Soalnya, tidak semua orang akan membeli barang yang baru ketika hanya sebagian saja yang rusak.

Berbagai kebutuhan yang ada ini bisa Anda jadikan peluang usaha yang menguntungkan. Kuncinya, kehalusan penggarapan produk yang Anda olah dan juga disain yang menarik minat oembeli.

Anda bahkan tidak perlu mengerjakan sendiri pekerjaan ini melainkan mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian menyerut, memotong dan kemampuan tukang kayu pada umumnya.

Sementara Anda harus lebih banyak bergerak pada pemasaran nya saja alias mencari pemesan atau konsumen, mengumpulkan desain dan mencari bahan baku yang murah dan berkualitas.

Kenapa usaha ini menarik sekali…..?, karena berbagai produk terbuat dari bahan kayu yang dijual di kota-kota itupun sebagian besar dikerjakan orang-orang di desa.

Jadi, mengapa kita harus ke kota untuk membeli perkakas rumah tangga? Lagipula, memesan perkakas langsung pada pembuatnya akan jauh kebih murah dari pada membeli di toko mebel di kota.

8. Memelihara Ikan Lele

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Ada banyak pilihan untuk Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Pertama, Anda bisa beternak khusus pembibitan lele.

dan, pekerjaan Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit.

Setelah itu Anda tinggal memberi makanan khusus seperti cacing sutera untuk benih untuk tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu.

dan, Anda memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi.  Anda juga  harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang sangat keruh sekalipun.

Beternak lele mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya dan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga anda.

9. Beternak Ayam Kampung

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Peluang usaha di desa berkembang salah satunya adalah ternak ayang kampung. Ayam kampung adalah jenis daging yang sangat berkualitas dari pada ayam potong.

Kualitas nutrisi dan keamanan daging ayam kampung lebih terjamin dari berbagai penyakit.dari pada ayam potong.

Beternak ayam kampung untuk konsumsi rumah makan menjadikannya peluang usaha rumahan di desa yang cocok untuk Anda coba.

Ayam-ayam hasil peliharaan Anda bisa disetorkan ke kota atau restoran.

Hanya orang yang berada di desa yang sebenarnya sangat potensial mengembangkan usaha ini. Selain itu, usaha ini akan juga memberikan jaminan gizi bagi keluarga Anda sendiri karena mengkonsumsi ayam yang dipelihara sendiri tentu jauh lebih aman.

10. Jamur Tiram

peluang usaha di desa berkembang

Apakah anda Ingin memiliki pendapatan harian? Usaha mengembangkan jamur tiram adalah solusinya. jamur tiram adalah  Peluang usaha rumahan di desa berkembang yang sangat strategis sekali untuk anda lakukan. kara tidak perlu banyak mengeluarkan modal cukup dengan modal yang kecil saja.

Bahan baku yang dibutuhkan untuk budi daya jamur tiram  banyak tersedia di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu,

kapur dan dedak yang biasanya digunakan sebagai bahan makanan ayam ternak.

Bahan lainnya adalah drum atau ember bekas dan plastik yang dibutuhkan untuk menanak baglog atau log. Bahan bakarnya untuk merebus logmenggunakan kayu.

Keuntungan yang Anda dapat miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas hingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur tiram nantinya.

Anda bisa juga mempelajari bahan, proses dan cara memasarkannya jamur tiram ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah melakukannya.

Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuhan untuk jamur tiram ini secara rutin maka jamur tiram ini akan tumbuh setiap hari secara baik.

11. Pertanian Organik

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Peluang usaha di desa berkembang yang satu ini sangat menarik dikembangkan di desa dan di jualnya di kota. Makanan organik memiliki kadar gizi yang sangat tinggi dengan tingkat kesehatan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh kita.

Maka dari Itulah  orang-orang kota mulai berburu makanan yang berbahan organik.

Apakah orang-orang di desa itu tidak menyukainya? mereka Bukan tidak suka, justru sebaliknya, karena konsumsi orang-orang di desa itu sesungguhya sebagian besarnya justru makannya sudah berbahan organik.

Nah dari pada itu, dengan kesuburan tanah desa masih relatif terlindung dari kontaminasi dari bahan-bahan kimia, pertanian organik sangat mungkin sekali dikembangkan di desa.

Asalkan Anda tahu, harga sayur mayur organik jauh lebih tinggi dibanding sayur-mayur  yang biasanya.

12. Jasa Disain dan Cetak-mencetak

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Sekarang ini semua orang membutuhkan jasa disain mulai dari spanduk, papan nama toko, salon dan bermaca jenis usaha lainnya. Mereka juga butuh jasa ini untuk berbagai even seperti perikahan,pendaftaran siswa baru,festival,dan lain-lainnya.

Jasa pembuatan disain sekaligus percetakan adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak sekali untuk Anda kembangkan.

Usaha ini bisa Anda kembangkan sendiri pada jasa penulisan dokumen, printing dan fotokopi.

kemampuan yang harus Anda miliki adalah kemampuan menciptakan disain yang cantik dan menarik minat konsumen.

Jangan kawatir, kemampuan seperti ini bahkan bisa Anda pelajari secara otodidak atau melalui tutorial dari internet seperti youtube dan google.

Syaratnya hanya satu, Anda memiliki komputer atau laptop dan menyuai dunia seni terutamanya disain grafis.

Peluang Usaha di Desa Berkembang Secara Online

Beberapa peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan yang bisa dikembangkan secara online atau dengan internet seperti:

1. Menjual Produk Kuliner Desa Secara Online

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Keunggulannya jual beli secara online adalah Anda tidak perlu lagi membangun toko atau menyewa ruko yang mahal. karena Anda bisa berposisi sebagai marketing saja cukup dengan diam di rumah.

Desa memiliki banyak sekali produk yang bisa dijual secara online mulai dari kuliner yakni makanan khas desa yang tahan lama hingga berhari-hari untuk dikirimkan melalui pos.

Misalnya jenis makanan kering seperti rempeyek yang gurih dan renyah serta aneka jenis kerupuk yang beraneka rasa. Dengan pengemasan yang sangat baik.

Atau bisa juga membuat usaha yang bergerak dibidang kue dengan memanfaatkan mixer roti. kenapa tidak?

Makanan khas desa adalah jenis makanan yang selalu dirindukan semua orang terutama yang tinggal di kota-kota besar.

Soalnya makanan khas desa memiliki cita rasa yang sangat khas tak bisa diduplikasi oleh rumah makan di kota. Sudah jelas, ini adalah peluang usaha rumahan di desa yang layak dikembangkan oleh anda.

2. Menjual Asesoris dan Suvenir Khas Desa

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Menjual Asesoris dan Suvenir Khas Desa adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat potensial sekali untuk anda coba.

Seperti yang dilakukan Borneo-B, sebuah toko online yang menjual aneka aksesoris dan Suvenir Khas Desa  dengan daya tarik utama manik-manik khasKalimantan.

Manik-manik  buatan tangan asli Kalimantan terbukti mampu menarik hati berbagai kalangan perempuan baik di pasar domestik maupun mancan negara sekalipun.

Produk Boreo-B bahkan sudah sering tampil dalam peragaan busana terbesar baik itu nasional maupun internasional.

Dan hasilnya, selain menciptakan pendapatan bagi para perempuan Dayak yang mengerjakan pembuatan aksesoris itu juga membuat tanah Borneo menjadi terkenal ke seantero dunia.

Borneo-B bukan hanya berhasil menjual keindahan aksesoris bagi para perempuan melainkan juga turut membuat karya bangsa Indonesia dikenal muka dunia.

3. Menjual Mebel Online

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Bertahun-tahun lamanya para pengukir kayu jepara menjual keindahan karya mereka secara konvensional dengan mendirikan galeri di pinggiran jalan di Kota Jepara.

Tapi kini sebagian seniman di indonesia telah menggunakan internet untuk menjual produknya.

Cukup dengan memosting foto segala perkakas mereka di halaman market place alias pasar online dan order berdatangan dari sana.

Cara seperti ini membuat jualan mebel online menjadi peluang usaha rumahan di desa yang sangat menguntungkan bagi anda.

4. Membangun Toko Online untuk Dijual di Desa

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Fokus dengan penjualan toko online yang satu ini justru ke desa. Anda bisa mencari berbagai produk yang dibutuhkan oleh warga desa dan menjadi penjualnya.

Misalnya, jika sebagian besar desa Anda dihuni oleh para petani maka Anda bisa menjual berbagai alat pertanian untuk dijual pada warga yang bertani.

Keunggulan dari sistem jual beli ini adalah Anda akan bisa memberikan penawaran dengan harga yang lebih murah dibanding warga harus

Beli secara langsung di toko ataupun di kota. Soalnya, penjualan oline bisa memotong biaya distribusi karena langsung dijual dari pabrik dan sisanya bisa di jadikan modal kembali.

Tak hanya untuk alat pertanian tetapi juga berbagai kebutuhan. Kebutuhan tersebut seperti misalnya makanan, fashion mulai dari pakaian dan segala perlengkapannya semisal sepatu, alat kecantikan dan lain-lain.

Toko Anda bakal unggul dengan harga yang lebih rendah ketimbang toko yang lainnya. Kelebihan  dari toko online adalah bisa menghadirkan produk yang tak banyak tersedia di toko sekitar desa atau kota Anda sekalipun.

5. Jasa Pembuatan Website dan Pengelolaannya

Peluang Usaha di Desa Berkembang

Inilah salahsatunya peluang usaha rumahan di desa yang juga sangat menarik saat ini. Sekarang ini semua orang butuh website sekaligus pengelolaannya bukan…..? termasuk warga desa.

Contohnya adalah Desa wisata Desa wisata butuh refrensi dari luar desa sehingga butuh promosi wisata melalui online.

Hebatnya pekerjaan ini, jasa pembuatan website tidak mempersyaratkan untuk tinggal di kota karena bisa dilakukan dari desa paling terpencil sekalipun.

Asalkan ada koneksi internet di sana.Keuntungan besar lainnya Anda, jika mengembangkan usaha ini di desa, Anda bisa memasang tarif sebagaimana jasa sama yang ditawarkan orang-orang di kota sana.

Otomatis usaha ini menjadi pendapatan yang tinggi ketika Anda tinggal di desa. Nah Itulah yang membuat jasa pembuatan website bisa dikembangkan menjadi peluang usaha di desa berkembang apakah anda tertarik untuk menekuni Peluang usaha di desa berkembang ini…..?.

Kita juga memerlukan sebuah brankas untuk menyimpan hasil dari usaha yang telah kita lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda juga bisa mengetahui fungsi perangkat desa.dan jika artikel ini bermanfaat tolong sebarkan artikel ini supaya orang lain juga bisa membacanya.