Pada artikel saya kali ini, beda dengan artikel-artikel senbelumnya di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara usaha tepung singkong, membahas mengenai cara membuat tepung singkong, konsep konsep sebelum memulai usaha tepung singkong, analisa usahanya dan simak baik-baik.

Tepung singkong merupakan tepung yang dihasilkan secara langsung dari bahan singkong yang nantinya akan dikeringkan dan kemudian dijadikan tepung, tapi bukan untuk dibuat gaplek sehingga warnanya pun masih keputihan. Sementara tepung gaplek berwarna kekuningan, sedikit cokelat, dan memiliki bau yang berbeda. Dewasa ini telah banyak berkembang industri kecil yang memproduksi tepung singkong.

Tepungnya sendiri bisa dibuat menjadi mi singkong dan hasil masakan mi ini pun lezat, bergantung pada bagaimana mengolah resep dan campuran isinya. Namun, bukan hanya mi saja yang bisa dibuat dari tepung singkong ini. Banyak aneka hidangan yang lain-lain pun bisa dibuat menggunakan tepung singkong ini. Dengan demikian, semakin banyak variasi jenis pangan lokal yang bisa kita nikmati.

Terkadang singkong terasa pahit karena umbi ini mengandunghydrocyanic acid yang tinggi sehingga harus diproses sebelum dikonsumsi, seperti direndam air berulang-ulang untuk melarutkan sianida tersebut. Karena kadar tepungnya tinggi, banyak juga dimanfaatkan untuk tapioka.

Ditinjau dari segi gizinya, singkong mengandung kalori, sedikit protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, dan vitamin C. Daunnya bisa dimanfaatkan juga, setelah direbus, dijadikan aneka jenis masakan.

Konsep-Konsep Sebelum Memulai Usaha Tepung Singkong

konsep konsep sebelum memulai usaha

1. Lokasi usaha di rumah

Dengan berlokasi di rumah sudah mengurangi biaya untuk sewa tempat, ingat bahwa sewa/kontrak adalah biaya bukan investasi.

2. Modal kecil.

Inilah kata kuncinya, dengan modal yang kecil anda sudah bisa memulai usaha. Jadi anda tidak harus atau tidak perlu menunggu sampai modal menggunung dulu baru mulai berusaha. Dengan modal kecil resiko yang yang ditanggungpun akan kecil pula, walaupun pendapatan atau hasil yang didapat tentu mengikuti. Masih ingat hukum investasi no pain no gain bukan? Walaupun demikian jangan berkecil hati dengan pendapatan yang kecil karena ini baru permulaan dan menjadi tantangan untuk meningkatkan pendapatan dari usaha.

3. Pemasukan tiap hari.

Untuk pemula, arus kas yang lancar akan memudahkan urusan dan menghitung rugi/laba. Hal ini juga berkaitan dengan poin (2), karena bila anda memberikan piutang maka akan dibutuhkan modal yang lebih besar untuk mencukupi modal kerja.

4. Jangan memulai usaha bila tidak punya tabungan.

Walaupun sedikit tetap harus punya tabungan untuk dana darurat hidup sehari-hari. Jangan masukkan semua dana anda menjadi modal memulai usaha, dengan alasan usaha anda belum tentu menghasilkan saat bulan-bulan pertama. Memulai usaha wiraswasta jangan terhalangi dengan modal kecil tapi yang terpenting adalah semangatnya.

5. Kunci sukses wirasuasta.

Ada sejumlah sifat yang mestinya dimiiki oleh serang enterpreneur agar sukses dalam mengembangkan usahanya. Karena sifat-sifat tersebut jika melekat pada diri seorang enterpreneur akan membuahkan sukses dalam menjalankan bisnis usahanya. Sifat-sifat tersebut antara lain, Disiplin, Komitmen tinggi, Jujur, Kreatif dan inovatif, Mandiri, serta Realistis. Sifat-sifat yang melekat yang dimiliki tersebut menjadi Kunci sukses dalam berwiraswasta yang mutlak harus dimiliki oleh seorang enterpreneur.

Analisa Usaha Tepung Singkong

analisa usaha

1. Info Usaha Tepung Singkong

Tepung singkong ini menjadi usaha dengan prospek keuntungan yang menggiurkan. Target pasar pada tepung singkong pun cukup tinggi, hampir semua kalangan masyarakat membutuhkan tepung singkong. Proses mengolah tepung singkong sangat mudah hampir sama dengan mengolah tepung jenis lain, sehingga siapa saja bisa mencobanya asalkan mengetahui teknik pembuatan tepung singkong.

2. Modal Usaha Tepung Singkong

Usaha tepung singkong tidak membutuhkan modal besar karena bahan ubi terjangkau. Anda pun bisa menjalankan usaha tepung singkong dengan bekerjasama dengan para petani singkong. Peralatan dalam membuat tepung singkong bisa ditemui dengan mudah.

3. Bahan Baku Tepung Singkong

Bahan baku singkong bisa dibeli dengan mudah penjual singkong atau para petani. Harga bahan baku singkong akan lebih terjangkau jika membelinya langsung pada petani singkong. Bahan singkong yang dipilih ini bisa menggunakan jenis singkong ungu, singkong kuning, singkong putih dan sebagainya.

4. Siapkan Peralatan Membuat Tepung Singkong

Peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi tepung ubi ini yaitu alat pengering, baskom, mesin penepung, timbangan, pengayak, mesin pengemas dan sebagainya.

5. Lokasi Usaha Tepung Singkong

Usaha tepung singkong ini dapat dijalankan dirumah apabila masih menjalankannya dalam skala rumah tangga saja.

6. Konsumen Produk Tepung Singkong

Target pasar pada tepung  ini sangat meluas. Harga dari tepung ubi pun terjangkau sehingga bisa dibeli oleh siapa pun. Mulai dari ibu rumah tangga, pengusaha jajanan dan kue bisa menjadi konsumen tetap.

7. Harga Produk Tepung Singkong

Tepung singkong ini bisa dijual dengan harga berkisar antara Rp. 6.500 – Rp. 15.000 per kemasan. Harga  ditentukan sesuai berat kemasan produk tepung singkong ini.

8. Karyawan Usaha Tepung Singkong

Usaha tepung singkong tidak memerlukan karyawan sebab usaha ini dapat dijalankan sendiri bersama keluarga.  Namun jika kekurangan tenaga kerja bisa memperkerjakan satu orang karyawan.

9. Pengolahan Produk Tepung Singkong

Pengolahan singkong ini mudah dengan  melakukan pengupasan pada singkong lalu dicuci sampai bersih. singkong kemudian diparut sampai halus. Kemudian diberi tambahan air sesuai perbandingan yang tepat. Bila sudah saring memakai kain. Peras sampai sari pati keluar. Biarkan air mengendap, jika sudah buang air dan ambil endapan singkong tadi. Jemur endapan tepung, bila sudah kering ayak dan kemas.

10. Promosi Usaha Tepung Singkong

Lakukan promosi  tepung singkong dengan mencetak spanduk dan dipasang didepan lokasi usaha, ini berguna untuk kegiatan usaha tepung singkong anda  agar diketahui banyak kalangan. Tawarkan tepung singkong anda dengan cara memosting dimedia social, menawarkan pada tetangga, teman dan sebagainya.

11. Pemasaran Usaha Tepung Singkong

Pasarkan produk tepung singkong ini dengan menitipkannya kebeberapa toko, swalayan, serta supermarket terdekat. Anda pun dapat menawarkan produk tepung singkong ini kepada para pengusaha pakan ternak, pengusaha kuliner dan lain – lain.

12. Strategi Usaha Tepung Singkong

Strategi untuk usaha tepung singkong ini yaitu dengan mengemas tepung singkong supaya menarik. Tambahi label dikemasan tepung singkong dengan nama unik dan beri tambahan gambar. Kemas dalam plastik transparan yang  tebal secara rapi. Buatlah produk  tepung singkong agar disukai banyak kalangan dengan kualitas pada tepung singkong ini. Perhatikan selalu kualitas supaya usaha bisa dipercaya oleh para konsumen.

Asumsi Modal Sebelum Memulai usaha

analisa usaha tepung singkong

Bisnis tepung singkong perlu melakukan perhitungan untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan saat menjalankan usaha tepung singkong ini.  Jadi untuk lebih jelasnya silahkan disimak dengan baik analisa usaha yang terdapat pada usaha tepung singkong ini :

Asumsi :

Peralatan

 Harga 
 Mesin pemarut singkong  Rp. 1,000,000
 Saringan  Rp. 250,000
 Pemeras parutan singkong  Rp. 500,000
 Mesin penepung  Rp. 125,000
 Wadah tepung singkong  Rp. 350,000
 Pengemas produk  Rp. 650,000
 Peralatan tambahan  Rp. 30,000
 Jumlah Investasi  Rp. 2,905,000

 

Biaya Operasional per Bulan

 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan mesin pemarut singkong 1/24 x Rp. 1.000.000  Rp. 41,667
 Penyusutan saringan 1/24 x Rp. 250.000  Rp. 10,417
 Penyusutan pemeras parutan singkong 1/36 x Rp. 500.000  Rp. 13,889
 Penyusutan mesin penepung 1/36 x Rp. 125.000  Rp. 3,472
 Penyusutan wadah tepung singkong 1/12 x Rp. 350.000  Rp. 29,167
 Penyusutan pengemas produk  1/24 x Rp. 650.000  Rp. 14,583
 Penyusutan peralatan tambahan  1/12 x Rp. 30.000  Rp. 2,500
 Total Biaya Tetap  Rp. 115,694

 

Biaya Variabel

 Singkong  Rp. 350,000  x 30  =  Rp. 10,500,000
 Kemasan  Rp. 35,000  x 30  =  Rp. 1,050,000
 Biaya listrik  Rp. 100,000  x 1  =  Rp. 100,000
 Biaya air  Rp. 85,000  x 1  =  Rp. 85,000
 Biaya tambahan lain  Rp. 65,000  x 30  =  Rp. 1,950,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 13,685,000

 

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 13,800,694

 

Pendapatan per Bulan

 Penjualan rata – rata =
55  kemasan  x  Rp. 9,000  =  Rp. 495,000
Rp. 495,000  x 30  hr  =  Rp. 14,850,000

 

Keuntungan per Bulan

 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      14,850,000  – 13,800,694  =  Rp. 1,049,306

 

Lama Balik Modal

Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 2,905,000  : 1,049,306  = 3  bln

 

Dengan usaha tepung singkong seperti ini bisa menghasilkan untung banyak setiap jika bisa menjual tepung simhkong ini dalam jumlah yang banyak. Pada analisa usaha tepung singkong diatas apabila dapat menjual sebanyak 55 kemasan dengan harga Rp. 9.000 / per kemasan maka nantinya akan menghasilkan keuntungan Rp. 1,049,306 per bulan dengan waktu balik modal ialah 3 bulan.

Cara Membuat Tepung Singkong

cara membuat tepung singkong

Tepung singkong dinamakan Modified Cassava Flour (Mocaf), yakni tepung ubi yang di dalamnya terkadung banyak manfaat. Selain karbohidrat, mocaf juga mengandung protein, berbeda dengan kerabat tepung sejenisnya yang menggunakan bahan dasar singkong, yaitu tepung tapioka yang hanya mengandung pati dan karbohidrat.

Mocaf ini juga masih memiliki kelebihan lain seperti tingginya kandungan kalsium. Selain itu, tepung ubi ini dapat dijadikan alternatif bahan pangan dan bahan kue bagi usaha menengah sehingga dapat meminimalisir biaya produksi. Untuk membuat tepung singkong atau mocaf tidaklah terlalu sulit. Untuk membuatnya, ikuti langkah berikut ini.

1. Persiapan bahan

Diutamakan menggunakan umbi yang masih muda karena masih mengandung pati (starch) dalam jumlah besar. Nah, beberapa singkong muda ini dicuci bersih selanjutnya dibiarkan kering terlebih dahulu sebelum akhirnya dikupas untuk memisahkan dari kulitnya.

2. Pengupasan singkong

Singkong yang sudah disortir dan dicuci bersih dipisahkan dari kulitnya dengan menggunakan pisau atau alat lainnya. Dianjurkan agar selama tahapan pengupasan tidak terjadi kontak dengan air agar tidak menimbulkan perubahan warna pada ubi yang akan diproses.

3. Buat Irisan Tipis (chip)

Seperti jika ingin membuat keripik singkong, pada tahapan pengirisan (slicing) ini prosesnya kurang lebih sama. Usahakan untuk melakukan slice menjadi lembaran setipis mungkin karena nantinya akan berpengaruh terhadap kemampuan pengurangan kadar air pada proses penjemuran.

4. Perendaman

Rendam irisan singkong ini di dalam air bersih dengan menggunakan wadah seperti ember plastik. Lamanya perendaman dapat dilakukan dengan interval waktu kurang lebih 2×24 jam dan setiap dua belas jam disarankan untuk mengganti air perendaman guna mencegah timbulnya bau tidak sedap.

5. Penjemuran

Setelah direndam selama kurang lebih dua hari dan dua malam, irisan singkong dapat diangkat dan dibilas pada air mengalir yang kemudian dilakukan penjemuran. Untuk ke tahap selanjutnya, usahakan kadar air pada bahan sudah kurang dari 15% dengan ditandai tekstur chip mudah hancur ketika disentuh.

6. Penepungan

Jika sudah benar-benar kering, pada tahapan ini tepung mulai dihasilkan. Prosesnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan bantuan mesin ataupun secara manual dan sederhana dengan menumbuknya menggunakan lumpang tradisional.

7. Pengayakan

Hasil tumbukan tadi akan menjadi tepung, namun ukurannya masih tidak seragam. Untuk menghindari adanya penggumpalan pada tepung mocaf seperti tidak meratanya hasil penepungan, maka dengan diayak dapat memisahkan tepung yang kurang baik dan masih kasar.

8. Penyimpanan

Sama dengan varian tepung lainnya, menyimpan tepung ini tidak diperkenankan untuk berdekatan dengan barang-barang yang berbau karena akan merusak tepung. Simpan di tempat tertutup rapat dan dingin. Meski dikatakan mampu bertahan lebih dari 12 bulan, ada baiknya untuk tidak menyimpan tepung ini lebih dari enam bulan untuk menghindari kutu dan perubahan tekstur.

Olahan Yang Dapat Di buat Dari Bahan Tepung Singkong

tepung singkong

Tepung singkong adalah tepung yang dibuat secara langsung dari singkong yang dikeringkan dan dijadikan tepung, tapi bukan dibuat gaplek sehingga warnanya masih keputihan.

Sementara tepung gaplek berwarna kekuningan, sedikit cokelat, dan memiliki bau yang berbeda. Dewasa ini telah banyak berkembang industri kecil yang memproduksi tepung singkong. Tepungnya sendiri bisa dibuat menjadi mi singkong dan hasil masakan mi ini pun lezat, bergantung pada bagaimana mengolah resep dan campuran isinya

a. Cara Membuat Cake Menggunakan Tepung Singkong

Cake yang biasa kita buat memang menggunakan tepung terigu. Tapi pernahkah Anda membuat cake yang terbuat dari tepung singkong? Nah, cake kukus berikut ini menggunakan tepung singkong dan hasilnya sangat cantik dan menarik.

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • 150 gram tepung tapioca
  • 50 gram margarin, dilelehkan
  • 3 tetes pewarna hijau

Bahan Hiasan:

  • 200 gram buttercream
  • 100 gram permen biskuit cokelat

Cara membuat:

  • Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang.
  • Tambahkan tepung tapioka dan vanili bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
  • Tuangkan margarin dan pewarna hijau. Aduk rata.
  • Kemudian tuangkan ke dalam loyang ukuran 10x30x4 cm tanpa dioles margarin.
  • Kukus di atas api yang sedang dalam kisaran waktu 20 menit dan tunggu sampai matang.
  • Setelah dingin, hias buttercream dan permen biskuit cokelat.

b. Cara Membuat Cemilan

Bahan-bahan:

  • 500 Grm Singkong Tnp Kulit,Cuci n Potong2, Lalu Kukus Hgg Matang
  • Bahan B:
  • 50 Grm Tepung Panir Kasar
  • 65 Ml Santan Instan / Sasa
  • 1 Telur Ukuran Sedang
  • 5 Batang Daun Bawang Ukuran Sedang Cuci n Iris Lembut
  • Bawang Putih Bubuk secukupnya
  • Ketumbar Bubuk secukupnya
  • Kaldu Jamur / Totole secukupnya
  • Garam Halus secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Bahan A Yang Sudah Di Kukus… Lalu Haluskan,Aku Ulek..
  2. Ini Bahan A Dan Bahan B…
  3. Campur Semua Bahan A Dan Bahan B, Aduk Rata Dengan Spatula…
  4. Lalu Bentuk Sesuai Selera..
  5. Setelah DiBentuk Semua, Goreng…
  6. Tiriskan…
  7. Enak Rasanya, Tidak Kalah Dengan Kentang Keju Gurihhh
  8. Camilan Yang Ekonomis, Alhamdulillah Untuk Rasanya Enak
  9. Meski Singkong Mengandung Karbohidrat, Tetap Waktu DiMakan Rasanya Ringan, Jadi Pinginnya Maka
  10. Buat Anak Tidak Perlu Pakai Sambal,Buat Orang Tua Bisa DiCocol Ke Sambal
  11. Recommended Dari Olahan Ubi Kayu Atau Ketela Pohon Atau Singkong

Nah itu dia informasi penting yang berkaitan dengan usaha tpung singkoong dan analisa usahanya bisa raih omset jutaan jika anda ingin juga belajar tentang usaha emping jagung dan analisa usahanya  bila ingin mencoba berbisnis yang lain lagi bisa cek atau belajar di dana desa kalian bisa belajar banyak di sini. Semoga dengan ini, informasi yang telah saya bagikan kepada anda sekalian ini bisa/dapat bermanfaat kedepannya kepada para pembaca sekaligus kepada para pelaku usaha sekalian.