Pastinya semua orang ingin memiliki usaha yang menguntungkan. Entah itu dari modal kecil sampai modal yang besar sekalipun. Karena pada dasarnya, tujuan dari membuka usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak – banyaknya. Baik keuntungan berbentuk uang, atau yang lainnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas jenis usaha yang berpotensi menguntungkan bagi kalian. Mulai dari analisis, adaptasi bisnis, memperbarui dan bahkan memperbaiki sistem yang kita jalani, hingga kiat – kiat dalam membuka usaha.

Pengusaha dan Pengelola Usaha yang Menguntungkan

Dunia pengusaha (entrepreneur) selalu penuh persaingan dalam meraup keuntungan sebanyak – banyaknya. Tetapi dengan kreativitas, keinginan yang kuat, dan usaha yang maksimal, tidak ada yang tidak mungkin untuk kita semua lakukan.

Pengusaha sendiri merupakan orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pelaku usaha sendiri dikategorikan lagi menjadi empat bagian :

  1. Penemu, yaitu pendefinisi konsep, hal unik, baru, sampai penemuan atau metodologi.
  2. Investor, secara umum yaitu penanam modal usaha.
  3. Marketer, pengidentifikasi kebutuhan di pasar dan memenuhinya dengan produk baru atau produk substitusi yang lebih efisien.
  4. Oportunis, pada dasarnya sebuah broker, pialang, yang menyesuaikan dan menjalankan antara kebutuhan dengan jasa dengan diberi komisi.

Ubah Cara Berpikir Usaha yang Menguntungkan

Menggali Diri demi Usaha yang Menguntungkan

usaha yang menguntungkan

Sebelum memulai usaha, alangkah baiknya diperlukan penggalian diri. Karena memang salah satu kunci untuk mengidentifikasi jiwa pengusaha adalah dengan cara melihat karakter seseorang. Khususnya pada beberapa hal yang menjadi kebiasaan alami dan dilakukan dengan baik.

Di setiap pribadi masing – masing, tentu memiliki susunan karakter tertentu yang menjadikan kita apa adanya. Mengetahui tema karakter seseorang adalah tahap awal dari proses penggalian diri. Karena tema karakter adalah inti, seperti inti dari sebuah bola salju yang mengumpulkan lebih banyak salju ketika menggelinding menuruni bukit.

Bola salju itu mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman dalam prosesnya saat menggelinding menuruni bukit. Salju yang tergumpal dalam bola salju itulah gambaran dari tema karakter membentuk pengetahuan dan pengalaman dalam satu wilayah yang berhubungan.

Bila seseorang dengan kreativitas sebagai tema karakter yang dominan, akan memiliki kemampuan lebih untuk mengatasi situasi yang membutuhkan adaptasi dan perubahan dibandingkan dengan yang memiliki tema karakter dengan kreativitas yang lebih rendah.

Pengalaman Hidup dapat mengembangkan dan memperkuat tema karakter, tetapi dapat juga menguranginya. Pendidikan dan latihan juga memberikan bentuk dan ukuran bola salju, pentingnya mengetahui tema karakter kita tidak dapat diremehkan sebaliknya semakin cepat kita mengetahuinya akan lebih baik.

Asah Terus Kemampuan demi Usaha yang Menguntungkan

usaha yang menguntungkan

Keterampilan yang dibutuhkan oleh para pengusaha dapat dikelompokkan menjadi tiga area utama. Keterampilan teknis seperti menulis, mendengarkan, presentasi lisan, pengorganisasian, pembinaan, bekerja dalam tim, dan teknis tahu-bagaimana (know-how), keterampilan manajemen usaha termasuk hal-hal dalam memulai, mengembangkan, dan mengelola perusahaan.

Keterampilan dalam membuat keputusan, pemasaran, manajemen, pembiayaan, akuntansi, produksi, kontrol, dan negosiasi juga sangat penting dalam membangun dan mengembangkan usaha baru. Keterampilan terakhir melibatkan keterampilan kewirausahaan.

Beberapa keterampilan ini, membedakan pengusaha dari manajer termasuk disiplin, pengambil risiko, inovatif, teguh, kepemimpinan visioner, dan yang berorientasi perubahan.

Biasakan dengan Kesalahan Umum dan Cari Solusinya

usaha yang menguntungkan

Kesalahan umum yang biasa terjadi dalam lingkup dunia perusahaan yaitu :

  • Kesalahan dalam mengelola.
  • Kurangnya pengalaman.
  • Kurangnya kontrol keuangan.
  • Upaya pemasaran lemah.
  • Tidak mengembangkan rencana strategis.
  • Pertumbuhan tidak terkontrol.
  • Lokas kurang strategis.
  • Kontrol persediaan yang buruk.
  • Harga yang tidak tepat.

Tips dalam Melakukan Usaha yang Menguntunkgan

1. Yakinkan Dirimu

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Persiapkan Konsep Bisnis yang Akan Dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Berpikir Out of The Box

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

4. Rencanakan Visi dan Misi yang Jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

5. Organisir Diri Sendiri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

6. Rajin Membawa dan Mempelajari Catatan

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

7. Fokus pada Satu Bisnis Dahulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

8. Siap untuk Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

9. Bersifat Terbuka Terhadap Setiap Evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

10. Terus Belajar

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

11. Jalankan Bisnis yang Disukai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

12. Jalankan Bisnis yang Dikuasai

Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

13. Siapkan Modal

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

14. Amati Peluang Bisnis

Sedikit bocoran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal ini adalah contoh peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

15. Tentukan Target Pasar

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

16. Persiapkan Kebutuhan Operasional

Pastikan semua kebutuhan bisnis Anda dapat dipenuhi oleh alat atau mesin penunjang operasional. Anda bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.

17. Pemilihan SDM yang tepat

Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin Anda mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang Anda pekerjakan mendatangkan manfaat alih-alih mudarat.

18. Pahami Kompetisi

Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

19. Kuat Mental

Satu kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman.

Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa Anda raih. Karena untuk menjadi seorang pengusaha, membutuhkan sikap mental yang kuat, berani. Istilahnya mental baja, tahan banting. Sikap mental ini yang akan membawa pengusaha menggapai pucuk kesuksesan, selain strategi jitu.

Sikap mental ini memang biasanya sudah ada di dalam diri masing-masing orang. Tapi Anda juga bisa belajar dari mana saja kok, termasuk dari para pengusaha yang sukses membangun bisnis dari nol.

20. Berani Memulai

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.

Menganalisa Kiat – Kiat Usaha yang Menguntungkan dari Negara – Negara Pebisnis

Tanpa bekal ide, inovasi, inspirasi dari orang lain, dan pengetahuan bisnis yang memadai, menjalankan usaha akan terasa sangat sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda tanamkan di dalam diri agar mantap dengan bisnis yang ditekuni. Karena salah sedikit melangkah, bisnis Anda jadi taruhannya.

Sebagai teladan berbisnis, Anda bisa meniru kebiasaan ala orang Jepang dan Amerika Serikat (AS) yang sudah terbukti merajai bisnis dunia. Berikut tips memulai dan menjalankan bisnis agar sukses seperti orang – orang di negara jepang dan amerika.

Memulai Usaha yang Menguntungkan Ala Jepang

1. Terapkan Disiplin yang Tinggi

Tak perlu diragukan lagi kalau orang Jepang sangat unggul dalam hal disiplin. Karakter ini sudah terpatri dalam diri mereka sejak dini. Pantas saja jika Negeri Sakura dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi kedisiplinan. Disiplin ini mereka terapkan di manapun berada dan saat kapanpun.

Begitu pula saat memulai dan menjalankan bisnis, orang Jepang sudah tersohor memiliki etos kerja yang tinggi. Disiplin dalam jam kerja ini membuat produktivitas mereka sangat tinggi, sehingga mudah mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Jangan coba-coba ngaret sama orang Jepang ya.

2. Jaga Loyalitas

Dalam berbisnis, Anda bisa meniru loyalitas orang Jepang. Berlaku loyal lah dalam bisnis yang Anda tekuni. Jangan mudah bosan dalam proses memulai maupun mengelola bisnis nantinya. Hindari rasa bosan dengan selalu mencari celah dan solusi terbaik dalam mengatasi masalah dalam bisnis Anda.

3. Kerja Terampil dan Cekatan

Dalam memulai bisnis, jangan izinkan kata malas ada dalam kamus hidup Anda. Masa-masa awal merintis usaha adalah masa yang paling menentukan keberlanjutan bisnis Anda. Maka, gelutilah bisnis Anda dengan terampil dan cekatan.

Anda perlu menyadari bahwa banyak kompetitor di luar sana yang juga ingin menarik pasar sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, Anda dapat lebih terpacu untuk bekerja secara terampil dan cekatan. Supaya makin terampil, jangan pernah berhenti belajar dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Memulai Usaha yang Menguntungan Ala Amerika

1. Fokus pada Satu Saja

Di era yang serba instan ini, seakan memberi pebisnis banyak lahan dan peluang baru untuk memulai usaha. Walaupun begitu, Anda tidak boleh terlena untuk merambah berbagai peluang bisnis, seperti yang disarankan oleh Scott Gerber, pengusaha muda asal Amerika.

Gerber mengatakan bahwa akan lebih baik jika Anda fokus dulu pada satu peluang bisnis jika Anda newbiedalam berbisnis. Bila Anda fokus, maka seluruh gagasan dan pikiran Anda akan tercurah sepenuhnya pada pengembangan bisnis tersebut sehingga akan lebih terarah. Bukankah mengelola satu bisnis saja tidak mudah, apalagi banyak.

2. Berpikir di Luar Kepala (Out of The Box)

Salah satu kendala yang dihadapi kebanyakan orang dalam memulai bisnis adalah sulit mendapatkan ide bisnis yang bisa dijadikan peluang. Anda perlu berpikir secara unik dan out of the box untuk melahirkan ide bisnis yang unik dan jarang dipikirkan oleh orang lain.

Dengan ide bisnis yang unik, maka bisnis Anda akan memiliki daya tarik lebih dan akan selalu dicari karena keunikan dan kelangkaannya.

3. Habiskan Jatah Gagal

Kegagalan adalah hal wajar dan merupakan bagian dari risiko berbisnis. Anda harus terus belajar dari kegagalan maupun kesalahan yang diperbuat. Jangan pernah takut gagal dan menjadikan kegagalan sebagai batu sandungan bagi kelancaran bisnis Anda. Jika gagal, bangkit, terus lah belajar, dan mencoba.

Jadikan kegagalan tersebut sebagai pengalaman berharga agar tak terulang di masa mendatang. Karena ada pepatah yang mengatakan: habiskan jatah gagal Anda, agar kelak diganti menjadi kesuksesan.

Belajar Usaha yang Menguntungkan dari Pengusaha Lokal

Salah satu pengusaha terkenal dari Nusantara sendiri adalah Bob Sadino (Bambang Mustari Sadino), yang lahir di Bandar Lampung, 9 Maret 1933 dan meninggal di Jakarta, 19 Januari 2015 pada umur 81 tahun. Adalah seorang pengusaha asal Nusantara yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan.

usaha yang menguntungkan

Ia adalah pemilik dari jaringan usaha grup Kemfood dan Kemchick. Dalam beberapa kali kesempatan, ia sering terlihat santai hanya dengan mengenakan kemeja lengan pendek dan juga celana pendeknya yang menjadi ciri khasnya sehari-hari.

Pekerjaan pertama Bob Sadino setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak. Karena tak ada uang untuk memperbaikinya, Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan.

Suatu hari, seorang teman menyarankan Bob memelihara dan berbisnis telur ayam negeri untuk melawan depresi yang dialaminya karena keterpurukannya. Bob tertarik dan mulai mengembangkan usaha peternakan ayam negeri. Saat itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar.

Bob Sadino-lah yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya di Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Ketika itu, telur ayam negeri belum populer di Indonesia sehingga barang dagangannya tersebut hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat (orang-orang luar negri) yang tinggal di daerah Kemang.

Seiring berjalannya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal sehingga bisnis Bob Sadino semakin berkembang. Dia kemudian melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan sistem ladang sayur hidroponik di Indonesia.

Dalam perjalanan bisnis, naik dan turun adalah hal yang lumrah. Anda sebaiknya mempersiapkan mental dan pengetahuan bisnis saat memutuskan untuk berbisnis. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru, takut memulai, apalagi takut gagal.

Terimakasih telah membaca artikel kami. Jika kalian menyukai artikel tentang berwirausaha seperti ini, baca juga artikel kami lainnya tentang cara beternak kelinci dan orientasi bisnisnya.