Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan Artikel mengenai langkah Budidaya ikan air tawar yang berpotensi memiiki keuntungan yang menggiurkan.

Usaha budidaya ikan air tawar semakin hari semakin menjadi-jadi. Menurut laporan Badan Pangan PBB, pada tahun 2021 konsumsi ikan perkapita penduduk dunia akan mencapai 19,6 kg per tahun.

Meski saat ini konsumsi ikan lebih banyak dipasok oleh ikan laut, namun pada tahun 2018 produksi ikan air tawar akan menyalip para produksi perikanan tangkap.

Mengapa demikian, karena pada produksi perikanan tangkap akan mengalami penurunan akibat overfishing. Ikan di laut makin lama semakin sulit didapatkan. Bahkan bila tidak ada perubahan model produksi, para peneliti meramalkan atau berasumsi pada tahun 2048 tak ada lagi ikan untuk ditangkap.

Dengan kata lain dimungkinkan tidak akan ada lagi menu seafood di piring kita. Oleh karena itu perlu peningkatan produksi budidaya ikan air tawar sebagai subtitusi ikan laut. Sehingga kita bisa memberikan ruang kepada biota laut untuk berkembang biak.

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan tips dan cara budidaya kan air tawar yang baik dan benar bagi pemula. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak beberapa panduan budidaya ikan air tawar dibawah berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya ikan air tawar

 

Untuk mempertahankan usaha budidaya ikan yang menguntungkan, Anda harus melalui beberapa langkah. Langkah-langkah untuk memulai usaha budidaya ikan meliputi pemilihan lahan yang sesuai, jenis peternakan ikan, konstruksi kandang atau kolam, pemilihan spesies ikan, pakan, perawatan & manajemen, pemanenan dan pemasaran.

Kami akan menjelaskan semua langkah di bawah ini. Untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias yang sukses, mari ikuti setiap langkah demi langkah dengan sangat hati-hati  dan detail :

1. Memilih Jenis Budidaya Ikan Air Tawar

Langkah budidaya ikan air tawar

Produksi budidaya ikan air tawar dalam kolam didominasi oleh ikan mas, lele, patin, dan nila. 4 jenis ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi. Berikut sekilas profil dari beberapa ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

a. Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) dipercaya datang ke Indonesia dari Eropa, Tiongkok dan berkembang menjadi ikan budidaya yang paling penting. Pada tahun 1860-an masyarakat di Ciamis, Jawa Barat, telah mempraktekkan pemijahan ikan mas dengan menggunakan kakaban ijuk. Praktek seperti ini masih diadopsi oleh para peternak ikan hingga sampai saat ini.

Ikan mas cocok dikembangkan di lingkungan tropis seperti di Indonesia. Suhu ideal bagi pertumbuhannya ikan ini  antara 23-30 derajat celcius. Ikan ini bisa dibudidayakan dalam kolam tanah, kolam air dan jaring terapung. Secara total proses budidaya hingga ukuran siap konsumsi memerlukan waktu sekitar 4-5 bulan.

b. Ikan Lele

Ikan lele (Clarias sp.) merupakan jenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia. Dan ikan ini disukai banyak orang karena dagingnya lunak, durinya sedikit dan harganya yang cukup murah. Peternak pun menyukai ikan ini karena perawatannya mudah dan juga cepat besar.

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang efesien dan mudah untuk dibudidayakan. Rasio pakan menjadi daging ikan lele bisa mencapai 1:1. Artinya setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan dihasilkan pula 1 kg peretambahan berat lele.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai cara budidayanya, silahkan baca dan klik pada panduan lengkap budidaya ikan lele.

c. Ikan Patin

Di Indonesia terdapat 14 spesies ikan patin, namun yang dibudidayakan secara luas adalah ikan patin asal Thailand yaitu Pangasius hypothalamus. Kebutuhan ikan patin budidaya terus meningkat hingga saat ini. Bahkan, Indonesia saat ini masih mendatangkan ikan patin dari Vietnam untuk konsumsi dalam negeri.

Patin bisa dibesarkan dengan kepadatan sekitar 20-30 ekor per meter kubik. Tidak ada patokan ukuran ikan patin yang siap konsumsi. Sangat tergantung selera pasar masing-masing daerah. Biasanya para pembudidaya membesarkan ikan patin selama sekitar 6 bulan. Khusus untuk pasar ekspor ukurannya lebih besar lagi.

d. Ikan Nila

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan ikan air tawar yang mudah dipelihara dan pada gangguan penyakitnya tidak begitu banyak. Pembibitan nila cukup mudah, dari sepasang indukan bisa dihasilkan sekitar 250-1000 butir telur. Waktu persiapan dari telur hingga menjadi benih berukuran sekkitar 5-8 cm diperlukan waktu 60 hari.

Nila merupakan jenis ikan air tawar yang pertumbuhannya cukup cepat. Jenis nila unggul pertumbuhannya bisa mencapai sekitar 4,1 gram per harinya. Pertumbuhan ikan jantan lebih pesat dibanding ikan betina. Dibutuhkan waktu 4-6 bulan untuk membesarkan ikan nila hingga ukuran yang siap konsumsi.

2. Pilih Lahan / Lahan Pertanian yang Cocok

budidaya ikan air tawar

 

Memilih lahan yang sesuai sangat penting untuk memulai usaha budidaya ikan komersial. Semua area tidak cocok untuk bisnis yang menguntungkan. Dan beberapa daerah memiliki banyak sumber daya alam, yang sangat efektif untuk usaha budidaya ikan.

Terutama daerah pesisir dan daerah dekat sungai besar atau sungai sangat cocok untuk usaha budidaya ikan. Pertimbangkan hal berikut saat memilih lahan atau area untuk bisnis Anda.

  1. Pilih lahan yang relatif luas dan hindari lahan yang curam.
  2. Pertimbangkan rencana bisnis masa depan Anda, saat memilih tanah. Akan lebih baik jika Anda bisa memilih sebidang tanah besar, di mana Anda bisa melakukan semua jenis kegiatan pertanian yang diperlukan.
  3. Hindari banjir dan daerah yang tercemar, karena daerah banjir bisa membahayakan bisnis Anda dengan serius.
  4. Jangan pilih lahan budidaya ikan di dekat ladang. Petani biasanya menggunakan banyak pupuk dan pestisida di ladang mereka untuk produksi yang lebih baik. Bahan kimia ini dicampur dengan air dan air yang tercemar dapat mempengaruhi peternakan ikan Anda.
  5. Akan lebih baik, jika lahan pilihan Anda menjadi sedikit lebih rendah dari sumber air utama. Ini juga membantu mengurangi biaya pengisian lahan pertanian Anda dengan air. Gravitasi alam akan mengisi tanah tanpa biaya apapun.
  6. Pastikan sistem transportasi yang baik tersedia di area pilihan Anda. Sistem transportasi yang baik akan sangat efektif untuk memasarkan produk Anda dan membeli komoditas yang dibutuhkan dari pasar.

Desain kolam dan Kontruksi

Buatlah kolam yang sesuai setelah memilih area pertanian. Sebelum membangun, buatlah desain yang bagus dan buat kolam sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Saat merancang kolam, pastikan tersedianya segala jenis fasilitas yang diperlukan untuk menjaga usaha budidaya ikan yang menguntungkan.

Meski disain kolam tergantung pada jenis ikan yang ingin Anda bangun dan lokasi Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan lembaga perikanan terdekat untuk mempelajari lebih lanjut tentang desain kolam khusus untuk spesies ikan tertentu seperti contohnya budidaya ikan nila.

Selalu berusaha menjaga lingkungan yang baik di kolam. Lingkungan yang baik membantu hidup dan menumbuhkan ikan dengan baik, dan langsung terlibat dengan produksi dan keuntungan maksimal. Lihat pengelolaan kolam .

3. Spesies Ikan yang Cocok

Budidaya ikan air tawar

Memilih spesies ikan yang sesuai sangat penting untuk memaksimalkan keuntungan dari usaha budidaya ikan, seperti contohnya budidaya ikan nila. Pilih keturunan tersebut, yang memiliki permintaan dan harga tinggi di pasar lokal Anda.

Spesies ikan yang paling penting yang digunakan dalam budidaya ikan di seluruh dunia adalah ikan mas, nila dan ikan lele. Semua jenis ikan ini memiliki banyak varietas dan cocok untuk pertanian di semua jenis kondisi agroklimat. Pilihlah jenis ikan untuk pertanian, tergantung pada fasilitas, permintaan dan harga setempat.

4. Perawatan & Manajemen

budidaya ikan air tawar

Selalu mencoba untuk menyediakan makanan segar dan bergizi ikan Anda. Akan lebih baik jika sesekali anda bisa mengganti air dari kolam. Jika tidak memungkinkan, maka Anda bisa menggunakan beberapa bahan kimia sesuai saran ahli. Pantau kesehatan ikan secara teratur.

Apakah semua tugas pertanian Anda diperlukan tepat waktu seperti halnya budidaya ikan patin dan lele untuk jam makan yang teratur. Jaga agar lingkungan tambak bersih dan cocok untuk pertumbuhan yang tepat. Uji kualitas air dan tanah kolam Anda secara teratur. Anda juga bisa memiliki mesin pengaduk bahan pelet.

Selalu stok beberapa obat yang diperlukan di peternakan Anda. Mencegah semua jenis predator, termasuk katak, ular dll. Khusus bagi Anda yang hendak menjalankan bisnis mina padi bisa membuat perawatan yang berbeda.

a. Pemberian Makan Ikan

Makan merupakan bagian terpenting dari usaha budidaya ikan komersial seperti budidaya ikan air tawar. Selalu berusaha untuk menyediakan ikan berkualitas tinggi dan makanan bergizi. Makanan berkualitas tinggi tidak hanya memastikan produksi maksimal tapi juga membantu menjaga ikan tetap sehat.

Jadi sediakan umpan ikan tambahan bersama dengan makanan alami. Ada berbagai jenis pakan ikan komersial olahan yang tersedia di pasaran untuk spesies ikan tertentu. Anda bisa membeli makanan komersial dari pasar atau mempersiapkannya dengan produk Anda sendiri.

Pelajari lebih lanjut tentang menyiapkan pakan ikan tambahan, jika Anda ingin menyiapkannya dengan makanan Anda sendiri. Jangan lupa menambahkan semua jenis unsur hara yang diperlukan, seperti vitamin, mineral, garam dll. Umpan ikan Anda beberapa kali sehari, tergantung dari jenis ikannya.

Dalam membuat pakan ikan sendiri sekarang sudah tidak repot lagi karena sudah ada mesin cetak pelet untuk makanan ikan, sehingga nada bisa membuatnyasendiri dirumah.

Sekarang ini budidaya ikan air tawar telah menjadi sebuah kegiatan agribisnis yang tak terpisahkan dengan industri pakan ikan. Hingga ikan mas, lele, nila, bawal air tawar, patin, dan gurami. Semuanya sangat tergantung pada pakan buatan industri-industri besar.

Pakan ikan air tawar tersebut sebenarnya sama dengan pakan untuk unggas yang mana di kalangan peternak/petani ikan dikenal dengan nama pelet. Kisaran harga pelet, saat ini antara Rp 3.000,- sd. Rp 4.000,- per kg. Komponen biaya pakan dalam budidaya ikan air tawar mencapai 75% dari seluruh komponen biaya.

Hingga petani ikan air tawar yang ingin meningkatkan keuntungannya, pertama-tama harus melakukan penghematan pada komponen biaya pakan.

b. Pemanenan/Panen Ikan

Setelah jangka waktu tertentu, ikan menjadi cocok untuk dipanen. Meski saat ini tergantung spesies ikan. Mulai panen, ketika sejumlah besar ikan mencapai usia pemasaran. Anda bisa menggunakan bersih untuk memanen ikan atau dengan membuang air dari kolam.

Usahakan panen pada pagi atau sore hari, saat suhu rendah. Setelah panen, kirim ikan ke pasar sesegera mungkin. Karena khusus untuk budidaya ikan mas sendiri harus sesuai jam yang pas agar ikan tidak cepat stress dan mati di dalam plastik saat hendak dibawa ke pasar.

5. Pemasaran

Pemasaran adalah langkah paling mudah dari usaha budidaya ikan gurame maupun ikan yang banyak dibutuhkan dipasaran. Ada banyak pasar yang tersedia di mana Anda bisa menjual produk Anda. Dan semua jenis ikan memiliki permintaan yang besar di pasaran.

Setelah panen, Anda dapat dengan mudah menjual ikan di pasar lokal terdekat Anda. Bahkan ada banyak perusahaan yang tersedia yang mengekspor ikan ke luar negeri. Jadi jangan khawatir tentang pemasaran produk, hanya fokus pada langkah-langkah lainnya.

6. Masalah Lingkungan Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya ikan air tawar

Budidaya ikan adalah cara untuk menciptakan jumlah ikan yang jauh lebih banyak dengan cepat, murah dan efisien dibandingkan dengan ikan tangkapan liar. Sayangnya, ketika sesuatu tampak bagus untuk menjadi kenyataan, itu sangat sering terjadi.

a. Polusi

Kerapatan ikan ini menciptakan masalah seperti penyakit dan polusi. Sumber pencemaran terbesar adalah akumulasi limbah ikan dan makanan yang tidak dimakan di bawah pena laut yang dapat menurunkan kualitas air di sekitarnya.

Seperti operasi pertanian komersial di darat, kepadatan ikan dalam pena ini memerlukan bahan kimia tertentu untuk mencegah hewan sakit dan menjaga kebersihan.

Bahan kimia yang digunakan dalam operasi akuakultur laut seperti obat-obatan seperti antibiotik dan vaksin, desinfektan, dan zat yang digunakan untuk mencegah korosi peralatan.Juga dapat mengubah komposisi ekosistem perairan sekitarnya.

Jumlah polusi dari peternakan ikan juga bergantung pada bagaimana ikan tersebut terkandung. Sistem open-net, atau pena, memungkinkan pertukaran langsung air, dimana metode “kepuasan tertutup” memiliki penghalang yang menyaring air.

b. Dampak Keanekaragaman Hayati

Cara lain akuakultur dapat memiliki dampak negatif adalah dengan mengenalkan spesies ternak ke alam liar dan karena itu mengubah keanekaragaman hayati ekosistem perairan.

Bahkan ketika tindakan diambil untuk mencegah lolos, predator seperti burung dan hiu, kegagalan peralatan, kesalahan manusia, cuaca buruk dan komplikasi lainnya berarti pelepasan ikan bertani tak terelakkan.

Karena ikan bertani sering dibiakkan melalui pembiakan selektif, mereka memiliki variasi genetik yang lebih rendah daripada ikan liar. Jika mereka melakukan kawin silang dengan ikan liar, hal itu dapat mengakibatkan populasi yang kurang beragam secara genetis, dan karenanya kurang kuat.

Karena ikan bertani dipilih dan dibiakkan untuk kriteria genetik tertentu seperti ukuran, pertumbuhan cepat dan tahan banting, spesies yang lolos bisa menjadi invasif, yang telah diakui sebagai salah satu penyebab utama hilangnya keanekaragaman hayati global.

Secara umum hal-hal yang dilakukan untuk dapat mencegah timbulnya
penyakit dan hama pada budidaya ikan air tawar sebagai berikut :

  1. Pengeringan dasar kolam secara teratur setiap selesai panen.
  2. Pemeliharaan ikan yang benar-benar bebas dari penyakit.
  3. Hindari penebaran ikan secara berlebihan melebihi kapasitas yang ada.
  4. Sistem pemasukan air yang ideal adalah paralel. Jadi tiap kolam diberi satu pintu
    pemasukan air.
  5. Pemberian pakan yang cukup, baik kualitas maupun kuantitasnya.
  6. Penanganan saat panen atau pemindahan benih hendaknya dilakukan
    secara hati-hati dan benar.
  7. Binatang seperti burung, siput, ikan seribu sebagai pembawa penyakit jangan dibiarkan masuk ke areal perkolaman agar terhindar dari penyakit ikan.

Demikian Artikel tentang usaha budidaya ikan komersial sangat menguntungkan dan merupakan sumber penghasilan yang baik. Jika Anda berniat untuk bergabung dengan usaha ini, maka kunjungi beberapa peternakan ikan di daerah Anda dan cobalah untuk memiliki beberapa pengetahuan praktis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin tahu cara budidaya ikan air tawar. sekian dan terimaksih !