Pada Artikel kali ini saya akan menjelaskan dan memaparkan mengenai bisnis yang menjadi tren saat ini, yaitu Bisnis usaha bakso bakar dengan modal kecil akan meghasilkan omset yang cukup besar.

Belakangan ini, Anda pasti tidak familiar dengan popularitas produk bakso bakar. ya? Jajanan yang menjadi kesukaan banyak orang mulai dari kalangan anak-anak sampai kalangan dewasa. Bahkan ada yang sampai yang membuka di kedai kecil dengan harga dan ukuran kecil sampai besar.

Bakso bakar menjadi trending di beberapa bulan belakangan, karena unik dan harganya juga murah meriah / terjagkau. Dan tidak disangka di beberapa provinsi khusunya di pulau jawa. Usaha bisnis ini sangat berkembang hingga tumbuh pada beberapa toko kuliner dengan teknik pokoknya adalah bakso yang dibakar.

Seperti yang kita tahu, bahwa bakso merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari daging sapi. Namun tidak hanya daging sapi saja karena sekarang masyarakat cukup kreatif dengan menciptakan beraneka jenis bakso mulai dari daging ayam, ikan, kambing, burung, kelinci dan lain-lain.

Ada banyak sekali jenis dan menu bakso yang ada di sekitar kita, maka dari itu kali ini kita akan membahas seputar bakso bakar yang menjadi salah satu menu bakso yang cukup di idolakan para pecintanya.

Kuliner yang bernama bakso memang sudah sangat popular di tengah masyrakat. Bulatan daging yang disajikan dengan kuah tampil begitu menggoda. Membuat setiap penikmatnya menjadi ketagihan. Makin lama sajian bakso pun tampil lebih unik dan lebih variatif. Dengan hadirnya menu bakso bakar membuat kuliner bakso tampil bewarna.

Bisnis Modal Kecil Dengan Usaha Bakso Bakar :

Usaha Bakso Bakar

Kuliner bakso bakar tampil berbeda dari pada bakso pada umumnya. Dimana bakso jenis ini disajikan tanpa menggunakan kuah. Proses pengolahannya yang dibakar menjadikan bakso bakar menyajikan rasa yang gurih dan nikmat. Bakso bakar menjadi kuliner nikmat yang digandrungi oleh banyak orang.

Kelezatan rasa bakso bakar mampu memikat banyak orang sehingga peminatnya sangat besar. Tingginya peminat bakso bakar membuat kuliner ini laris manis di pasaran. Bakso bakar menjadi salah satu kuliner nikmat dengan potensi bisnis menjanjikan.

peluang bisnis usaha bakso bakar ini bisa dibilang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Masih terbukanya peluang dalam bisnis bakso bakar membuat bisnis ini turut diperhiutungkan. Bisnis bakso bakar bukan jenis bisnis baru namun kepopularnya membuat untung manis di dapat dari bisnis bakso yang diolah dengan di bakar ini.

Dalam menerjuni bisnis bakso bakar memang bisa dikatakan susah gampang. Untuk gampangnya dimana bakso bakar menjadi salah satau jenis kuliner yang banyak peminatnya. Namun kepopularaan bisnis bakso bakar membuat banyak orang menerjuninya sehingga menjadikan persaingan antar pelaku bisnis makin ketat.

Dewasa ini peminat bakso bakar tergolong besar sehingga memilih menjalankan bisnis bakso bakar merupakan pilihan tepat. Memulai bisnis bakso bakar pun dapat dimulai dengan mudah, dimana dapat dijalankan dengan skala kecil. Tanpa membutuhkan modal besar memang pilihan usaha bakso bakar kecil sangatlah tepat.

Memulai bisnis bakso bakar terbilang mudah jikamana Anda mengenal dan mengetahui seluk beluknya. Dimana dari seluk beluk maka bisnis bakso bakar dapat diketahui mengenai modal, pangsa pasarnya, kekurangan dan juga keuntungan yang nantinya akan didapatkan.

Bakso bakar merupakan salah satu jenis olahan dari bahan pokoknya yaitu bakso hasil inovasi para pengusaha dalam mencari lahan baru demi mencari keuntungan / profit.

Usaha bakso bakar mampu mendatangkan keuntungan yang fanatastis jika dilakukan dengan strategi yang tepat. Jika tertarik mencoba menjalankan usaha bakso bakar ini, silahkan simak  ulasan artikel berikut ini :

A. Info usaha bakso bakar

Peluang usaha bakso bakar juga masih terbuka luas bagi yang ingin melakukan dan terjun pada kegiatan usaha bakso bakar ini. Peluang dari usaha bakso bakar memang sangat pantas untuk dimanfaatkan bagi pelaku bisnis. Sebab usaha bakso bakar memiliki prospek yang masih bagus dan cemerlang untuk kedepannya. Usaha bakso bakar ini bisa berkembang dengan baik bila dijalankan dengan maksimal.

Apalagi jika mampu menyajikan bakso bakar yang enak dengan inovasi serta memadukan bumbu-bumbu kacang yang enak tentunya dapat mudah dilirik oleh para konsumen. Usaha bakso bakar yang mudah ini mampu mendatangkan untung yang cukup menarik dan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dirumah.

Bahan baku usaha bakso bakar

Usaha bakso bakar ini membutuhkan berbagai bahan baku seperti bakso sapi, bawang merah, bawang putih, garam, cabe, dan bumbu pelengkap lainnya. Agar bisa menghasilkan bakso bakar yang enak sesui dengan permintaan konsumen, maka selalu pilihlah bakso sapi yang masih kelihatan segar.

Pemilihan bahan baku yang berkualitas ini tentunya bisa memperngaruhi hasil akhir dari bakso bakar yang diperoleh. Untuk mendapatkan bahan baku bakso bakar memang sangat mudah dan untuk saat ini berbagai bahan bakunya sudah bisa dibeli baik dipasar maupun di toko.

Peralatan usaha bakso bakar

Usaha bakso bakar dapat dijalankan dengan lancar bila sebelumnya mempersiapkan peralatan-peralatan untuk memudahkan produksi bakso bakar. Berbagai peralatan yang memang diperlukan untuk memproduksi bakso bakar seperti pisau, pemanggang, wadah, panci, wajan, alat penggoreng, kompor dan tabung gas, dan peralatan pendukung yang lain.

B. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam bisnis usaha bakso bakar :

Lokasi usaha untuk pemasaran

Pemiilihan lokasi usaha bakso bakar ini harus ditentukan dengan baik agar nanti bisa menjalankan bakso bakar dengan maksimal. Selalu pilih kawasan untuk membuka usaha bakso bakar ini ditempat-tempat yang strategis dan ramai sehingga mudah dijangkau masyarakat.

Pemilihan lokasi yang sesuai untuk menjalankan bisnis kuliner bakso bakar dapat membuka gerai, stand juga kios yakni di dekat sekolahan, dekat alon-alon, dekat tempat rekreasi, dan berbagai tempat strategis lain.

Prospek dalam menjalankan bisnis

Prospek dalam bisnis bakso bakar dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Dimana melalui bisnis usaha bakso bakar dapat mendatangkan keuntungan besar. Bisnis yang bergelut dengan olahan bakso bakar memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depannya.

Bisnis usaha bakso bakar yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi akan konsumen.

Konsumen bisnis

Bakso bakar dengan menyuguhkan cita rasa yang enak memang banyak digandurngi oleh segala usia. Baik anak-anak hingga sampai orang dewasa. Apalagi jika mengetahui harga dari bakso bakar yang enak ini memang sangat murah dan tentunya bisa cepat mendapatkan konsumen lebih besar.

Karyawan bisnis

Karyawan dalam menjalankan bisnis bakso bakar bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan. Atau bila tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa karyawan bisa dilakukan sendiri dalam berjualan. Tetapi bila memiliki uang lebih, boleh saja mempekerjakan karyawan 1 sampai 2 orang.

Harga jual bakso bakar

Bakso bakar memang sudah banyak dijumpai dimasyarakat dan biasanya bakso bakar dijual dengan kisaran sangat terjangkau sehingga banyak diminati. Jangan terlalu mengambil keuntungan yang tinggi sehingga membuat usaha bakso bakar yang dijalankan mudh diterima dimasyarakat.

Kisaran harga jual bakso bakar mulai dari Rp. 7,000-10,000 per porsi. Dan bila ingin menaikkan harga, imbangi dengan inovasi baik dalamwadahnya maupun bentuknya lebih besar dari sebelumnya.

Cara Memasarkan Bakso Bakar

Dalam memasarkan bakso bakar pun memang tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat menjual bakso bakar ini dengan membuka kios maupun stand yang ada di pinggiran jalan atau didepan rumah. Juga bisa menjual bakso bakar secara berkiling menggunakan gerobak.

Supaya usaha bakso bakar bisa cepat diketahui, promosikan melalui sosial media. Karena memang untuk zaman sekarang serba internet, atau disebut industri 4.0. Jadi lakukan promosi lewat median sosial seperti Facebook, Intagram dan lainnya agar para konsumen dapat mengetahui bila anda jualan bakso bakar dan jangan lupa lokasi anda ditampilkan.

Karena memang konsumen perlu mengetahui anda berjualan dimana. Dan juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran bakso bakar lewat menyebarkan berbagai brosur.

C. Keuntungan dan Kerugian

Dalam melakukan sebuah usaha, pastinya tak luput dari kekurangan maupun kelebihan. Untuk itu, berikut ini keuntungan dan juga kerugian dalam menjalankan bisnis usaha bakso bakar :

Keuntungan

Pada keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang usaha bakso bakar ini yakni merupakan kuliner dari bahan daging yang memang digandrungi banyak orang. Untuk itu tak perlu ragu dan bimbang dalam memulai bisnis usaha bakso bakar ini.

Kekurangan

Segi kekurangan bisnis bakso bakar ialah bakso bakar memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Sehingga dalam berjualan bakso bakar dapat diminimalisir dengan membuat bakso bakar berbeda dan unik dalam memenangkan persaingan.

Mulai memberikan inovasi yang ada pada produk bakso bakar, baik dalam bentuk, rasa, bumbu dan vareasi-vareasi produk lainnya. Jadi tinggal anda yang pintar-pintar dalam membuat inovasi.

D. Langkah-langkah Membuat Bakso Bakar

  1. Pertama-tama, giling daging sapi menggunakan mesin penggiling daging hingga halus.
  2. Siapkan bawang merah dan bawang putih kemudian goreng hingga agak kecoklatan. Setelah itu tumbuh hingga halus.
  3. Daging giling dan bumbu halus tadi dicampur kemudian masukkan ke dalam wadah besar. Aduklah menggunakan mixer (kecepatan sedang) lalu sedikit-sedikit masukkanlah tepung tapioca.
  4. Masukkanlah baking soda, merica, gula, serta garam lalu aduk-aduk lagi dengan mixer hingga halus.
  5. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 1-2 jam.
  6. Setelah 2 jam, ambil adonan dan buatlah bulatan-bulatan. Bulatan bakso dapat dibuat dengan sendok atau mesin pembuat bakso.
  7. Rebuslah bakso dengan air hingga bakso tampak mengapung.
  8. Ambil tusuk bakso dan susun bakso sesuai selera. Bisa 3 atau 4 bakso dalam satu tusuk.
  9. Beralihlah pada bumbu bakso bakar. Caranya tumis semua bahan bumbu berupa kacang tanah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabe merah. Setelah harum, masukkan air sedikit, kecap, dan jeruk nipis.
  10. Bakar bakso menggunakan alat membakar makanan atau happy call kemudian angkat dan campurlah dengan bumbu bakso.
  11. Bakso bakar siap disajikan!

E. Analisa Bisnis Usaha

Asumsi perkiraan dalam pemakaian :

  • gerobak selama waktu 5 tahun
  • kompor dan tabung gas LPG selama waktu 5 tahun
  • mesin giling daging selama waktu 5 tahun
  • wajan selama waktu 5 tahun
  • panci selama waktu 5 tahun
  • mesin panggang makanan selama waktu 5 tahun
  • pengangkat makanan selama waktu 3,5 tahun
  • kuas selama waktu 3,5 tahun
  • spatula selama waktu 3,5 tahun
  • wadah selama waktu 3,5 tahun
  • meja selama waktu 5 tahun
  • kursi selama waktu 5 tahun
  • timba selama waktu 3,5 tahun
  • pisau selama waktu 3,5 tahun
  • sendok selama waktu 3,5 tahun
  • piring selama waktu 3,5 tahun
  • sendok selama waktu 3,5 tahun
  • gelas selama waktu 3,5 tahun
  • garbu selama waktu 3,5 tahun
  • nampan selama waktu 3,5 tahun
  • serbet selama waktu 3,5 tahun
  • tempat sampah selama waktu 3,5 tahun
  • peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan  Harga 
 gerobak  Rp.      2,214,500
kompor dan tabung gas LPG  Rp.          332,500
mesin giling daging  Rp.      1,215,000
wajan  Rp.          118,000
panci  Rp.          235,200
mesin panggang makanan  Rp.          422,500
pengangkat makanan  Rp.            21,500
kuas  Rp.            11,500
spatula  Rp.            22,500
wadah  Rp.            56,200
meja  Rp.          325,200
kursi  Rp.          652,000
timba  Rp.            21,000
pisau  Rp.            13,500
sendok  Rp.            25,000
piring  Rp.            83,500
 gelas  Rp.            24,500
 garbu  Rp.            22,500
 nampan  Rp.            18,500
 serbet  Rp.            21,400
 tempat sampah  Rp.            16,500
 Peralatan tambahan yang lainnya  Rp.            22,500
 Jumlah Investasi  Rp.  5,895,500

 

Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan gerobak/etalase 1/62 x Rp  2.214.500  Rp.            35,718
 Penyusutan kompor dan gas LPG 1/62 x Rp. 332.500  Rp.              5,363
 Penyusutan mesin giling daging 1/62 x Rp. 1.215.000  Rp.            19,597
 Penyusutan wajan 1/62 x Rp. 118.000  Rp.              1,903
 Penyusutan panci 1/62 x Rp. 235.200  Rp.              3,794
 Penyusutan mesin panggang makanan 1/62 x Rp. 422.500  Rp.              6,815
 Penyusutan pengangkat makanan 1/44 x Rp. 21.500  Rp.                489
 Penyusutan kuas 1/44 x Rp. 11.500  Rp.                261
 Penyusutan spatula 1/44 x Rp. 22.500  Rp.                511
 Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 56.200  Rp.              1,277
 Penyusutan meja  1/62 x Rp. 325.200  Rp.              5,245
 Penyusutan kursi  1/62 x Rp. 652.000  Rp.            10,516
 Penyusutan timba 1/44 x Rp. 21.000  Rp.                477
 Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 13.500  Rp.                307
 Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 25.000  Rp.                568
 Penyusutan piring 1/44 x Rp. 83.500  Rp.              1,898
 Penyusutan gelas 1/44 x Rp. 24.500  Rp.                557
 Penyusutan garbu 1/44 x Rp. 22.500  Rp.                511
 Penyusutan nampan 1/44 x Rp. 18.500  Rp.                420
 Penyusutan serbet  1/44 x Rp. 21.400  Rp.                486
 Penyusutan tempat sampah 1/44 x Rp. 16.500  Rp.                375
 Penyusutan peralatan lainnnya  1/44 x Rp. 22.500  Rp.                511
 gaji karyawan  Rp.      1,450,000
 Total Biaya Tetap  Rp.    1,547,600

 

Biaya Variabel

daging sapi  Rp.  284,500  x   30  =  Rp.       8,535,000
telur ayam  Rp.     31,000  x   30  =  Rp.         930,000
tepung terigu  Rp.     27,500  x   30  =  Rp.         825,000
tepung sagu  Rp.     23,500  x   30  =  Rp.         705,000
campuran daging lain  Rp.     74,000  x   30  =  Rp.     2,220,000
daun bawang  Rp.       6,500  x   30  =  Rp.         195,000
garam  Rp.       4,500  x   30  =  Rp.         135,000
merica  Rp.       4,000  x   30  =  Rp.         120,000
bawang putih  Rp.     32,000  x   30  =  Rp.         960,000
 biji pala  Rp.       4,000  x   30  =  Rp.         120,000
 kaldu padat rasa sapi  Rp.       8,000  x   30  =  Rp.         240,000
margarin  Rp.     13,500  x   30  =  Rp.         405,000
kecap manis  Rp.     22,000  x   30  =  Rp.         660,000
gula pasir  Rp.       6,500  x   30  =  Rp.         195,000
cabai rawit  Rp.     26,000  x   30  =  Rp.         780,000
bawang merah  Rp.     27,500  x   30  =  Rp.         825,000
sambal kacang  Rp.     32,500  x   30  =  Rp.         975,000
acar timun/wortel  Rp.     12,000  x   30  =  Rp.         360,000
ketupat  Rp.     65,500  x   30  =  Rp.       1,965,000
minyak goreng  Rp.     23,500  x   30  =  Rp.         705,000
saus  Rp.     17,500  x   30  =  Rp.         525,000
promosi  Rp.       5,000  x   30  =  Rp.         150,000
air galon  Rp.     14,000  x   30  =  Rp.         420,000
pengemas  Rp.       8,000  x   30  =  Rp.         240,000
sabun cuci  Rp.           300  x   30  =  Rp.             9,000
gas lpg  Rp.     17,500  x   30  =  Rp.         525,000
 sewa tempat  Rp.     18,000  x   30  =  Rp.         540,000
 air dan listrik  Rp.     17,000  x   30  =  Rp.         510,000
 Total Biaya Variabel  Rp. 24,774,000

 

Total Biaya Operasional

 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 26,321,600

 

Pendapatan per Bulan
   65  porsi  x  Rp.   15,000  =  Rp.      975,000
Rp.   975,000  x    30  hr  =  Rp. 29,250,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    29,250,000  – 26,321,600  =  Rp.      2,928,400

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp.   5,895,500  :     2,928,400  =            2  bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan bahwa memang bisnis bakso bakar ini sangat menguntungkan dimana modal Rp 5,895,500 dengan kentungan per bulan Rp 2,928,400 dan diperkirakan balik modal dalam kurung waktu 2 bulan. Cukup cepat bukan untuk perkiraan modal segitu.

Demikian tadi ulasan bisnis usaha bakso bakar dan analisa bisnisnya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis bakso bakar tersebut. Tertarik mencoba bisnis bakso bakar ? Bisnis bakso bakar menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan. Anda dapat membuat bakso dengan mesin pencetak bakso.

Jika anda menginginkan halaman rumah yang bersih dan bebas dari rumput liar yang tumbuh, seakarang sudah ada mesin rumput yang bisa mengatasi masalah itu.

Dalam menjalankan bisnis bakso bakar jangan lupa untuk menggunakan mesin pencetak bakso agar bisnis berjalan lancar juga maksimal. Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis bakso bakar tersebut dapat bermanfaat dalam kemajuan bisnis kuliner yang akan dijalankan. Sekian dan terimaksih!