Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat pakan lele dengan mudah. Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar.Ikan lele adalah ikan mudah sekali untuk di kenali karena tubuhnya yang licin seperti belut, dan memiliki kumis yang panjang, yang muncul dari bagian mulutnya. Ketika anda melakukan usaha budidaya ikan lele, maka hal pertama yang mungkin terbesit dalam hati anda adalah bagaimana memberi makan ikan lele, dan seperti apa pakan ikan lele, bila anda ingin ikut serta dalam budidaya ikan lele anda dapat di cara berternak lele. Pakan merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan ternak lele. Hal ini karena ikan lele memiliki nafsu makan yang kuat, untuk itu anda sebagai peternak diwajibkan mencukupi kebutuhan pakan setiap harinya agar pertumbuhan ikan lele berjalan bagus dan memiliki ukuran yang sesuai untuk di perjual belikan. Pemenuhan pakan pada budi daya ikan lele juga sangat menjadi dilema bagi para pengusaha ikan lele ini. Pasalnya, pakan yang dijual di pasaran masih tergolong cukup mahal. Solusi untuk permasalahan itu adalah dengan membuat pakan lele sendiri akan menjadi lebih hemat. ikan lele

Keberhasilan budidaya ikan lele tidak terlepas dari kualitas pakan yang baik. Walaupun banyak Berbagai merek pakan yang dijual di pasaran tidak menjamin kualitasnya selalu bagus dan harganya pun tidak sesuai dengan keuntungan yang di dapat, hal itu dapat kita atasi dengan cara membuat pakan lele sendiri anda bisa mencobanya di rumah pastikan cara yang anda lakukan sama dengan cara membuat pakan lele yang saya gunakan agar hasil dari pakan ikan anda menjadi pakan yang berkualitas.

Meski pembudidayaan ikan lele bisa terbilang mudah, Anda harus tahu jika pakannya termasuk mahal. Jika harga pakan mahal, maka peternak ikan lele hanya akan dapat keuntungan yang tidak sesuai dengan pengeluaran. Oleh karena itu, untuk mengatasi mahalnya pakan lele, ada baik nya anda membuat pakan lele sendiri.

1.Cara Membuat Pakan Lele Dari Dedak Bekatul Dengan Mudah

pakan lele dari dedak bekatul

Pakan merupakan salah satu komponen penunjang keberhasilan ternak lele. Pemenuhan pakan pada budi daya ikan lele juga menjadi dilema bagi para pengusaha. Pasalnya, pakan yang dijual di pasaran masih tergolong cukup mahal. Solusi untuk permasalahan itu adalah dengan membuat pakan lele sendiri.

kami akan memaparkan cara membuat pakan ikan lele dengan memanfaatkan dedak bekatul. Diketahui bahwa dedak bekatul terbukti ampuh dalam menunjang pertumbuhan ikan lele. Selain itu, dedak bekatul juga memiliki harga yang relatif murah, sehingga pengusaha dapat meminimalisir biaya pembelian pakan.

Cara membuat pakan ikan lele ini juga tidak terlalu sulit, cara yang mudah dan juga dapat mengoptimalisasi pengeluaran biaya yang terlalu banyak dan juga hasil tetap baik cobalah anda membuat pakan ikan lele sendiri.Kalian ingin belajar berternak lele?, Anda mau berbisnis ikan lele, mau belajar coba aja baca-baca cara berternak lele.

 Bahan-Bahan Beserta Alat Yang Diperlukan:

  • Drum/Baskom
  • Dedak Bekatul halus 5kg
  • Pelet Maggot BSF 2.5kg
  • Garam secukupnya
  • Minyak sayur 5 sdm
  • Air bersih 5 liter
  • Panci

Cara Pembuatan Pakan Lele Dari Dedak Bekatul Dengan mudah

  1. Masukan semua bahan kecuali minyak sayur ke dalam wadah, lalu aduk hingga rata
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit
  3. Masukan dalam panci, kukus selama 1 jam
  4. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu
  5. Setelah di kukus, masukan minyak sayur
  6. Aduk campuran tersebut hingga merata
  7. Diamkan selama 1 malam agar terangin angin
  8. Bentuk bulat kecil
  9. Pakan siap diberikan

2.Cara Membuat Pakan Lele Organik Dengan Mudah

pakan lele organik
Kotoran ternak yan akan digunakan sebagai pakan ikan lele harus diproses menjadi semacam pupuk organik, Lalu pupuk organik ini akan dapat membuat organisme alami hidup yang bermanfaat sebagai pakan dan membuat mikroorganisme kompleks pada kolam menjadi berkembang. Menggunakan kotoran ternak sebagai pakan ikan lele harus, Dalam bentuk padat dan tidak ada bau menyengat lagi.
Kotoran ternak yang dipakai asalnya harus dari ternak yang diberi makan menggunakan makanan fermentasi. Seperti jerami yang telah dikeringkan.Pertama- tama Anda harus menyiapkan kolam lele. Tetapi tidak perlu membuat kolam dari tanah, karena akan lebih baik hasilnya jika menggunakan kompos untuk tempat berkembangbiaknya mikroorganisme. Anda harus menggunakan kolam yang terbuat dari semen atau terpal.
Ukuran kolam bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang dimiliki. Biasanya kolam ikan lele berukuran 2 x 3 meter dengan ketinggian air 80 cm hingga 1 meter. Ukuran kolam ikan lele yang anda gunakan untuk fermentasi semakin besar semakin baik pula hasil nya, dan meminimalisir

Bahan-Bahan Beserta Alat Yang Diperlukan:

  • Gunakan kotoran lemak yang sudah diangin-anginkan sekitar satu minggu. Kotoran ternak yang disiapkan sebanyak 100-150 kg dalam kondisi kering.
  • Probiotik EM4 Perikanan sebanyak 1 liter.
  • Air matang sebanyak 10 sampai 20 liter.
  • Tetes tebu atau molase sebanyak 2 liter.
  • Karung dan paranet. Besar ukuran karung dan paranet disesuaikan dengan ukuran kolam sekitar 1 x 2 m. Karung dan paranet diperlukan sebagai tempat untuk pemberian pakan organik tersebut ke kolam.
  • Jerigen.

Cara membuat Pakan Lele Organik Dengan Mudah:

  1. Saat proses pembuatan pakan ikan lele organik, proses fermentasi adalah proses yang paling penting. Alasannya, proses fermentasi itu berguna untuk tingkatkan nilai gizi, utamanya pada kadar protein, bahan baku makanan lele organik yang akan dipakai. Bukan itu saja, adanya proses fermentasi juga akan memudahkan ikan lele untuk mencerna pakan tersebut.
  2. Sebab itu, Anda disarankan untuk memfermentasikan dahulu kotoran hewan tersebut menggunakan probiotik sebelum anda gunakan untuk pakan lele. Berikut cara pembuatan makanan organik lele dari bahan kotoran hewan seperti kerbau atau sapi.
  3. Sebelum bahan-bahan yang telah disediakan tadi dicampur, Anda bisa terlebih dahulu mengaktifkan probiotik. Caranya, anda harus mencampur molase ,probiotik, dan air matang menjadi satu. Aerasi dilakukan dengan cara memasang aerator, durasi waktunya maksimal 2 jam. Masukkan kotoran ternak yang telah kering ke dalam jerigen.
  4. Siramkan campuran probiotik, molase, dan air matang yang telah diaerasi selama dua jam ke dalam jerigen berisi kotoran ternak. Aduk hingga tercampur merata.
  5. Setelah dicampur secara merata, tutuplah jerigen dengan rapat. Diamkan selama 7 sampai 14 hari untuk proses fermentasinya. Lalu, Anda baru bisa memasukkan pakan yang telah difermentasi itu ke dalam kolam karung dan siap untuk diberikan kepada ikan yang ada di kolam.

Cara Pemberian Pakan:

Hasil dari fermentasi kotoran ternak dapat di gunakan setelah didiamkan selama 7 sampai 14 hari, pakan ini bisa diberikan pada ikan lele yang masih berumur di bawah 1 bulan. Ukuran penebaran awal 4 sampai 6 cm. Cara pemberiannya pada lele, Anda cukup mengambil pakan fermentasi kotoran ternak yang ada dalam karung tadi, lalu masukkan ke dalam kolam iokan lele.Cara lainnya adalah dengan mengambil pakan hasil fermentasi kotoran ternak dalam karung, lalu Anda masukkan ke paranet yang telah dipasang atau diikat ke tali yang ada di atas kolam.
Jika menebar benih lele yang berukuran 2-3 cm atau lele dengan ukuran 3-4 cm, kurun waktu 3-4 hari, Anda harus lakukan penambahan pakan dari fermentasi kotoran ternak sebanyak 2-3 gayung ke dalam kolam.Penambahan pakan hasil fermentasi kotoran ternak ini tergantung jumlah benih lele yang ditebar dan luas kolam yang digunakan. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap 2-3 hari sekali hingga ikan lele berukuran 5-7 cm dan sudah mulai mau mengkonsumsi pakan organik hasil fermentasi ampas tahu.

3.Cara Membuat pakan lele Dari Ampas Tahu Dengan Mudah

pakan lele dari ampas tahu kabar gembira untuk anda para pembudidaya lele. Anda bisa membuat pakan organik agar lele yang anda miliki bisa berkembang seperti di habitat aslinya, dengan memakan pakan yang berasal dari bahan organik. Pakan organik tersebut bisa Anda buat dengan bahan dasar limbah ampas tahu yang bisa anda dapat dengan mudah. Anda dapat menggunakan ampas tahu untuk bahan yang bisa dipakai sebagai bahan penyusun ransum.
Sampai saat ini ampas tahu cukup mudah didapat dengan harga murah, bahkan bisa didapat dengan cara cuma-cuma. Dilihat dari jumlah komposisi  kimianya ampas tahu dapat anda gunakan sebagai sumber protein bagi ternak. Banyaknya kandungan protein dan lemak pada ampas tahu yang dapat mencakup kebutuhan ternak.
Namun kandungan tersebut dapat berbeda di setiap tempat dan cara memprosesnya.Di ketahui bahwa kandungan ampas tahu yaitu: protein 8,66%, air 51,63%, lemak 3,79%, dan abu 1,21%, memungkinkan sekali, ampas tahu dapat dijadikan makanan ternak ( Peternakan Provinsi jawa Timur, 2011). Penggunaan ampas tahu untuk makanan ikan lele bertujuan agar lele dapat berkembang dengan baik seperti pada habitat aslinya.
Ikan lele bisa di beri makanan yang berasal dari bahan organik, sehingga ikan lele dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, penggunaan ampas tahu sebagai bahan makanan ikan lele dapat mengurangi biaya perawatan ikan lele dan dapat juga mengurangi limbah ampas tahu.

Bahan-Bahan Beserta Alat Yang Diperlukan:

  • Ampas tahu seberat 10 kg.
  • Bekatul jagung atau dedak 5 kg.
  • Air matang 1-3 liter.
  • Molase atau tetesan tebu 250 ml.
  • Tepung ikan 1 kg.
  • Kotoran ayam 5 kg.
  • Probiotik SOC (HCS) 15-20 ml.

Cara membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu Dengan Mudah

  1. Pertama campurkan molase  dengan air dan probiotik SOC (HCS) dalam ember. Setelah itu Anda bisa mencampurkan campuran probiotik, air, dan molase dengan seluruh bahan lainnya, campurkan hingga merata.
  2. Setelah bahan-bahan tercampur dengan merata, tutup dengan rapat ember/ jirigen selama minimal 3 jam. Penutupan ember dengan rapat ini bertujuan agar bahan-bahan yang telah dicampur tadi bisa berfermentasi.

Cara Pemberian Pakan:

  1. Hasil fermentasi dari ampas tahu bisa langsung anda diberikan kepada lele dengan cara dibentuk sesuai kebutuhan. Selain itu, bisa juga dengan cara hasil fermentasi ampas tahu tadi ditempelkan di pinggir kolam ikan lele
  2. Fermentasi ampas tahu diberikan kepada lele yang berumur satu bulan dari masa penebaran, ukuran benihnya minimum 5-6 cm. Anda perlu ingat, sebelum diberi makanan dari ampas tahu, lele terlebih dahulu diberi makanan dari hasi fermentasi alami kotoran ternak.
  3. Saat anda memberikan makanan dari ampas tahu, pemberiannya harus bersamaan dengan pemberian pelet ikan. Persentasenya mencapai 5% dari jumlah biomassa ikan atau sama dengan 1,5-2 kali jumlah pemberian pakan pelet. Pemberian makanan lele dari ampas tahu ini dapat anda lakukan 2-3 kali sehari.

Bahan untuk membuat Pakan Ikan Lele Organik

Seperti yang di terangkan sebelumnya, bahan-bahan pembuatan pakan lele organik dari kotoran hewan seperti kerbau atau ayam, sebetulnya kita bisa juga memanfaatkan ampas tahu hingga tetes tebu atau molases untuk di jadikan bahan pembuatan pakan ikan lele organik. Berikut akan dijelaskan bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat makanan lele organik, baca penjelasannya di bawah ini.

1. Kotoran Ternak

Kotoran ternak bisa langsung digunakan sebagai bahan makanan lele setelah pakan ternak mengalami pengomposan yang matang. Yang dimaksud pengomposan yang matang adalah jika dilihat secara fisik baik dalam segi warna, rupa, tekstur maupun kadar air tidak sama dengan bahan aslinya. Secara kimia mengandung 60% sampai 70% bahan organik, 2% zat N, 1%  P2O5, 1% K2O. hewan yang dapat digunakan untuk bahan pakan ikan lele organik bisa adalah kerbau, sapi, kambing, kelinci, dan ayam.
Anda harus ingat jika ingin menggunakan kotoran ayam, lebih baik anda menggunakan kotoran ayam pedaging bukan dari ayam kampung ataupun ayam petelur. Alasannya, kotoran ayam pedaging lebih bersih dan tidak tercampur sekam. Selain itu, usahakan kotoran ayam digunakan sudah dalam kondisi kering.

2. Dedak

Dedak adalah hasil samping dari pengolahan padi atau bisa dibilang dedak adalah limbah proses pengolahan gabah. Karena limbah, dedak tidak dikonsumsi manusia.Nutrisi yang terkandung pada dedak yaitu, kering 91%, lemak kasar 0,6%, kandungan serat kasar 13,6%, serat kasa 13%, dan ,protein kasar 13,5%.

3. Tepung Ikan

Tepung ikan merupakan hasil gilingan ikan atau bagian ikan yang dikeringkan sehingga mempunyai kadar air yang rendah. Dalam penggunaannya sebagai makanan ikan lele, tepung ikan hanya sebagai bahan campuran saja.Tepung ikan yang kaya akan asam lemak dan protein yang tinggi, dapat meningkatkan kualitas lele dan dapat memperbaiki sistem reproduksinya.
Jika Anda ingin menggunakan tepung ikan sebagai bahan campuran makanan lele, haruslah tepung ikan yang butirannya seragam. Selain itu, tepung ikan yang digunakan harus bebas dari sisa ikan dan berwarna halus serta bau khas ikan yaitu amis.

4. Ampas Tahu

Ampas tahu adalah limbah hasil dari pengolahan kedelai menjadi tahu.Ampas tahu sangat baik digunakan sebagai bahan makanan ikan lele karena selain memiliki protein yang tinggi juga mengandung zat penting lainnya, seperti lemak, air, dan abu. Selain itu, yang Anda perlu tahu adalah ampas tahu memiliki kandungan protein yang lebih banyak dari kotoran ternak. Oleh karena itu, jangan sampai proses fermentasinya terlambat. Karena jika terlambat, hasil fermentasinya akan menjadi cepat bau.

5. Tetes Tebu atau Molase

Molase atau tetes tebu yang merupakan sisa proses pembuatan gula dapat bermanfaat sebagai sumber energi pada ikan. Tapi, molase kandungan proteinnya rendah, hanya mengandung 4,2% protein kasar da 7,7% serat kasar. Alasan kenapa molase sering dipakai adalah, membantu proses fermentasi karena mengandung 1-20% gula. Gula dalam molase ini dapat digunakan untuk pertumbuhan inokulum.

6. Probiotik

Probiotik merupakan mikroganisme yang hidup dapat memberikan efek kesehatan bagi organisme-organisme lainnya. Anda bisa mendapatkan dengan mudah probiotik di pasaran dengan berbagai macam takaran tergantung pilihannya. Anda sudah tahukan, bagaimana cara membuat makanan lele yang organik untuk budidaya ikan lele anda sendiri.
Itulah artikel tentang cara membuat pakan lele. Semoga bermanfaat untuk anda semua, bagaimana pendapat anda tentang artikel saya? terimakasih atas kunjungannya.