Hai teman-teman kembali lagi ke artikel saya lagi, lain artikel, lain pembahasan kan, kali ini saya akan memberitahu anda dan teman-teman sekalian, bagaimana cara usaha marning jagung, yakin gak mau untung besar dengan modal kecil. kalian sudah pernah mendengar bukan tentang panganan marning?.

Marning adalah penganan yang dibuat dari butiran jagung kering yang digoreng dengan minyak panas. Penganan kelompok snek ini dikenal luas di kawasan Jawa Tengah, terutama di bagian selatan, seperti Kedu dan Yogyakarta. Di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur yang berbahasa Madura, camilan ini dikenal dengan sebutan jambudi.

Camilan dari bahan jagung memang membuat siapa pun ketagihan, salah satu camilan renyah dan gurih yang disukai dari bahan jagung ini ialah marning jagung. Camilan satu ini menjadi salah satu pilihan masyarakat, marning jagung kaya akan kandungan gizi dan mampu melancarkan asi untuk ibu menyusui.

Selain nikmat sebagai camilan, jagung juga kaya akan manfaat ketika dikonsumsi. Hal ini membuat banyak kalangan suka dengan marning jagung. Bagi yang memiliki minat untuk menjalankan usaha maka bisnis marning jagung bisa menjadi solusi. usaha marning jagung begitu menguntungkan sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu usaha camilan ini.

Dengan membuat rasa marning yang lezat tentu akan banyak kalangan yang suka. Inovasi dapat dibuat dengan uji coba terlebih dahulu, supaya menghasilkan marning jagung yang bermutu. Bila tertarik membuka usaha camilan dari jagung maka cara menjalankannya sangat mudah, silahkan simak info dibawah ini untuk menambah wawasan.

Analisa Usaha Marning Jagung

Info Usaha Marning Jagung

Marning jagung menjadi camilan yang sehat dan sudah banyak kalangan yang tahu akan camilan gurih ini. Marning jagung memang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, karena sejak dahulu marning jagung telah ada dan digunakan untuk suguhan para tamu atau sebagai camilan menonton tv. Banyaknya peminat dari marning jagung membuat usaha ini menguntungkan untuk dijalankan. Bisnis marning jagung menjadi salah satu usaha yang mudah dengan modal usaha minim. Cocok dicoba oleh siapa pun yang tertarik membuka usaha camilan dengan bahan baku jagung.

Bahan Baku Marning Jagung

Pembuatan marning jagung sangatlah simple dan mudah, pada saat membuka usaha marning jagung maka sediakan bahan baku berkualitas. Bahan baku utama jagung berkualitas akan menghasilkan produk marning gurih dan empuk. Bahan baku jagung dapat dibeli dipasaran atau mengambil langsung pada petani jagung. Selain jagung, dibutuhkan bumbu seperti garam, bawang putih untuk membuat marning lebih gurih. Untuk menggoreng marning jagung dibutuhkan minyak goreng.

Alat Menjalankan Usaha Marning Jagung

Peralatan untuk memproduksi marning jagung ini ialah wajan atau penggorengan, spatula, peniris minyak, panci, kompor dan gas, wadah, mesin pengemas. Peralatan ini harus tersedia karena akan mendukung kemudahan saat proses produksi berlangsung.

Konsumen Marning Jagung

Camilan menyehatkan dari jagung ini telah dikenal luas oleh masyarakat, jadi siapa pun bisa dijadikan konsumen. Dari mulai orang tua sampai anak – anak dapat memakannya karena tekstur yang empuk, renyah dan enak. Ketika memakan marning jagung pasti tidak akan mudah berhenti untuk memakannya sebab marning jagung dapat membuat yang memakannya ketagihan.

Pemasaran Produk

Pemasaran dari marning jagung bisa dilakukan dengan cara menjualnya kebeberapa tempat, misalnya toko kelontong, pusat oleh – oleh, masyarakat sekitar rumah, pasar dan sebagainya. Jika pemasaran semakin meluas maka semakin mudah untuk menjual marning jagung. Pastikan pemasaran berlangsung dengan lancar dan mudah.

Strategi Usaha 

Supaya produk marning jagung disukai aneka kalangan maka buatlah produk marning jagung yang benar – benar berkualitas. Jika marning dibuat dengan cara yang tepat maka akan menghasilkan marning jagung yang enak. Selain itu pengemasan produk juga akan mendukung penjualan, sebaiknya kemas sesimple dan seunik mungkin supaya dapat meningkatkan penjualan.

Analisa Usaha 

Apabila menjalankan usaha marning jagung ini maka perlu mengetahui tentang analisa pada peluang bisnis marning jagung, analisa usaha akan membantu dalam menghitung pengeluaran dan pemasukan ketika menjalankan usaha marning jagung.

Asumsi :

Peralatan  Harga 
 Kompor dan gas  Rp.              350,000
 Panci  Rp.              150,000
 Penyaring jagung  Rp.              200,000
 Wajan  Rp.              215,000
 Peniris minyak  Rp.              500,000
 Mesin pengemas  Rp.              400,000
 Peralatan tambahan  Rp.              150,000
 Jumlah Investasi  Rp.          1,965,000
Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan Kompor dan gas 1/48 x Rp. 350.000  Rp.                  7,292
 Penyusutan panci 1/36 x Rp. 150.000  Rp.                  4,167
 Penyusutan penyaring jagung   1/24 x Rp. 200.000  Rp.                  8,333
 Penyusutan wajan  1/36 x Rp. 215.000  Rp.                  5,972
 Penyusutan peniris minyak 1/36 x Rp. 500.000  Rp.                13,889
 Penyusutan mesin pengemas  1/36 x Rp. 400.000  Rp.                11,111
 Penyusutan peralatan tambahan  1/36 x Rp. 150.000  Rp.                  4,167
 Total Biaya Tetap  Rp.                54,931
Biaya Variabel
 Jagung kering  Rp.    200,000  x     30  =  Rp.           6,000,000
 Garam  Rp.        2,500  x     30  =  Rp.                 75,000
 Bumbu  Rp.      50,000  x     30  =  Rp.           1,500,000
 Plastik kemasan  Rp.      15,000  x     30  =  Rp.              450,000
 Gas  Rp.      18,000  x       4  =  Rp.                 72,000
 Biaya air  Rp.      75,000  x       1  =  Rp.                 75,000
 Biaya tambahan lain  Rp.    150,000  x     30  =  Rp.           4,500,000
 Total Biaya Variabel  Rp.        12,672,000
Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp.         12,726,931
Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
        90  kemasan  x  Rp.        5,000  =  Rp.             450,000
Rp.        450,000  x      30  hr  =  Rp.       13,500,000
Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      13,500,000  –        12,726,931  =  Rp.         773,069
Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan  =  Rp.        1,965,000  :         773,069  =      3  bln

 

Cara Membuat Marning Jagung

Tidak hanya dijadikan sebagai bahan pangan pengganti nasi, namun ternyata jagung juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak. Salah satunya adalah marning jagung. Makanan ini memiliki cita rasa yang enak dan renyah. Sangatlah tidak  jika saat ini marning jagung ini sudah menjadi salah satu cemilan yang favorit di masyarakat.

Saat ini marning jagung sudah banyak dijual di pasaran dengan rasa yang beragam, sehingga bagi anda yang tertarik untuk mengkonsumsi makanan ini, anda langsung bisa membelinya dalam bentuk yang sudah jadi. Namun jika anda memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya kan jika anda mencoba membuat makanan ini di rumah?

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat marning jagung cukup sederhana. Namun pembuatannya diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Memang marning jagung ini sangat membutuhkan proses dan waktu yang lumayan lama sampai kita bisa mengkonsumsinya. Nah, bagi kalian yang sangat ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan marning jagung, kalian bisa membaca resepnya di bawah ini:

Resep Membuat Marning Jagung Super Renyah

Bahan yang digunakan:

  • 1 kg jagung berkualitas bagus
  • 2 sdm garam
  • 15 gr kapur sirih
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt merica
  • 2 sdm ebi, seduh
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci bersih jagung, tiriskan sebentar.
  • Rebus jagung bersama 3 liter air. Tambahkan kapur sirih dan garam. Aduk rata. Rebus hingga mendidih.
  • Kecilkan api. Rebus selama 3-4 jam hingga jagung lunak, mekar, dan kulitnya terlepas. Angkat, tiriskan.
  • Jemur hingga agak mengering.
  • Campur jagung yang sudah dijemur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  • Jemur kembali hingga kering. Angkat.
  • Panaskan minyak. Goreng jagung hingga mekar dan berwarna kuning. Angkat, tiriskan.
  • Masukan marning jagung pada toples agar tetap terjaga kerenyahannya.

Resep Marning Jagung Pedas

Bahan-bahan:

  • 1/2 bungkus marning rasa asin
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih (1 siungnya diiris)
  • 8 cabe rawit
  • 1/4 batok gula merah
  • Secukupnya air dan minyak

Cara Membuat:

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, dan gula merah sampai benar-benar halus
  2. Iris bawang putih tipis, campurkan bersama marning
  3. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus yang sudah diulek. Aduk, tambahkan air sedikit saja. Aduk lagi sampai mendidih dan menjadi karamel.
  4. Masukkan marning, aduk sampai semua bumbu merata.
  5. Angkat dan sajikan. Tidak perlu pakai garam karena marningnya sudah asin. Tapi kalo mau tambahin garam atau penyedap, ga apa-apa. Tergantung selera kalian saja.

Cara Memilih Jagung

Jagung  adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

1. Perhatian kesegaran jagung

Tips pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kelembaban dari daun jagung tersebut. Daun jagung dengan kualitas baik juga memiliki daun yang mampu menutupi hingga bonggolnya. Selain itu, kita juga disarankan membeli jagung dengan kualitas yang masih segar yaitu dengan posisi atas yang tidak kering dan masih lembab sebab itu mengindikasikan kesegaran dari jagung yang akan kita beli.

2. Belilah jagung dengan berat daun yang seimbang

Saat kamu membeli jagung maka perhatikan juga bagian daunnya. Apabila daun tersebut memiliki berat yang seimbang antara satu dan lainnya maka dapat dikatakan bahwa jagung tersebut dalam keadaan yang baik dan layak untuk dikonsumsi. Sementara bagi jagung dengan berat daun tidak seimbang dapat menjadi indikasi bahwa daun tersebut telah dimakan jamur maupun serangga.

Jagung memiliki rumbai pada bagian ujungnya, rumbai tersebut dapat mengindikasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesegaran dan kualitas dari jagung. Rumbai dengan warna kuning kecokelatan dan lengket, namun lembut merupakan indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selanjutnya apabila rumbai telah berwarna hitam dan terasa basah karena bisa jadi jagung sudah tua.

3. Perhatikan batang bawah jagung

Batang bawah pada jagung juga dapat menunjukkan kualitas serta kesegaran dari jagung yang akan kita beli. Batang bawah jagung yang berwarna cokelat menjadi indikasi bahwa jagung tersebut sudah tua dan bisa jadi tidak segar lagi. Maka pilihlah jagung dengan batang bawah yang masih terlihat segar dan lembab agar kualitasnya masih baik dan aman untuk dikonsumsi.

4. Pilihlah kualitas biji yang bagus

Hal selanjutnya yang dapat dilihat dari jagung adalah melalui pengecekan biji jagung tersebut. Biji jagung yang baik memiliki penampilan yang gemuk dan kencang, sebaliknya apabila biji jagung terasa licin maka bisa jadi jagung telah mengering. Selain itu, untuk ukuran dari biji jagung tersebut pilihlah yang berukuran mungil namun padat. Sebab jika membeli jagung dengan biji berukuran besar-besar, maka bisa diasumsikan bahwa jagung tersebut terlalu tua dan memiliki banyak pati.

5. Lihat bagian rumbainya

Jagung memiliki rumbai pada bagian ujungnya, rumbai tersebut dapat mengindikasikan beberapa hal yang berkaitan dengan kesegaran dan kualitas dari jagung. Rumbai dengan warna kuning kecokelatan dan lengket, namun lembut merupakan indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selanjutnya apabila rumbai telah berwarna hitam dan terasa basah karena bisa jadi jagung sudah tua.

Jenis Jenis Jagung

1.    Jagung Gigi Kuda (Dent Corn)

Memiliki ciri khas berupa lekukan di bagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya juga berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dan berwarna kekuning kuningan, bisa putih atau kadang-kadang bisa juga berwarna lain, dan sangat cocok dibuat menjadi tepung jagung. Di Negara Indonesia jenis dari jagung gigi kuda ini jarang sekali ditanam karena ketahanannya tidak mampu terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering  dijadikan sebagai makanan ternak.

2.    Jagung Mutiara (Flint Corn)

Jenis jagung seperti ini memiliki ciri khas dari bentuk biji yang agak bulat dan ukurannya yang lebih kecil dari pada jenis biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni berwarna putih, kuning, dan ada juga yang merah. Jagung mutiara paling banyak ditanam di dunia. Di Negara Amerika Serikat dan Negara Argentina sebagian besar jagung mutiara juga digunakan untuk berbagai keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi manusia dan juga pakan ternak.

3.    Jagung Manis (Sweet Corn)

Ciri khas dari jagung manis adalah biji-biji yang masih sangat muda dan bercahaya kemudian berwarna jernih seperti kaca sedangkan biji yang telah masak dan kering akan menjadi berkerut. Jagung manis biasa diolah sebagai masakan seperti campuran Sayur Asem dan Sayur Bayam, Bakwan Jagung hingga Jagung Bakar

4.    Jagung Berondong (Pop Corn)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras, sehingga jika dipanaskan dapat mengembang 10-30 kali volume asal. Jenis jagung ini dibedakan atas dua tipe yaitu rice popcorn yang bijinya pipih, meruncing, serta pear popcorn yang bijinya bulat. Jagung ini cocok dijadikan aneka makanan kecil.

5.    Jagung Pod (Pod Corn)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini adalah bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji Pod corn seolah-olah tidak tampak.

6.    Jagung Ketan (Waxy Corn)

Jagung ketan biasanya disebut jagung pulen karena kadar amilo peptinnya tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka. Jagung ini berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi sebab dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti sagu serta cocok untuk bahan pakan ternak.

7.    Jagung Tepung  (Flour Corn)

Jenis jagung ini dikembangkan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung tepung adalah hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak, sehingga apabila terkena panas akan mudah pecah. Jenis jagung ini cocok diolah menjadi tepung maizena.

Demikianlah informasi penting yang berkaitan dengan Usaha Marning Jagung, Yakin Gak Mau Untung Besar Dengan Modal Kecil jika anda ingin juga belajar yang lainya mengenai usaha contohnya usaha emping jagung dan analisa usahanya. Semoga dengan informasi yang sudah saya sampaikan dan bagikan sedari tadi bisa menjadi bermanfaat kepada para pembaca ataupun kepada para pelaku marning jagung seperti saya.