Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang usaha emping jagung dan analisa usahanya di jamin berhasil. Pernahkah kalian mencoba usaha emping jagung? Camilan emping jagung yang satu ini bercita rasa gurih, bertekstur garing dengan rasa yang lezat. Makanan dari bahan jagung memang sangat beragam.

Cemilan emping jagung ini dibuat dengan cara rebus dan kemudian pipihkan jagung tersebut ketika jagun sudah pipih, lalu jemur hingga kering, jika sudah kering emping jagung pun siap untuk digoreng dan selanjutnya dapat anda nikmati. Emping jagung ini dapat dijadikan usaha, dengan usaha emping jagung yang masih sangat tinggi untuk dijalankan.

Usaha emping jagung ini sangatlah mudah untuk anda jalankan dengan bahan baku pembuatan adalah jagung. Makanan ringan ini sudah banyak dipasaran namun peminatnya begitu tinggi sehingga permintaan akan emping jagung selalu tinggi. Camilan ini sangat unik karena bentuk jagung yang gepeng sehingga memudahkan proses pengunyahan karena lebih empuk dan garing.

Cara Usaha Emping Jagung

Camilan ini sangat unik karena bentuk jagung yang gepeng sehingga memudahkan proses pengunyahan karena lebih empuk dan garing. Semua tingkattan kalangan pun dapat memakan emping jagung dengan mudah. Camilan emping jagung cocok dikonsumsi pada saat anda sedang santai atau untuk anda berikan suguhan para tamu.

1. Cara Pembuatannya

usaha emping jagung

1. Pemilihan Bahan

Produk dari makanan selalu sangat bergantung pada kualitas bahan, tak terkecuali pada produk emping dari jagung ini. Pilihlah jagung yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik, artinya tidak berpenyakit dan memiliki butiran jagung yang benar-benar bagus. Selain itu, pilihlah jagung dengan ukuran biji yang besar. Ukuran biji jagung juga akan sangat berpengaruh pada ukuran emping yang dihasilkan. Bila biji terlalu kecil, maka emping yang dihasilkan juga akan kecil dan mudah hancur.

2. Proses Memipil Jagung

Memipil jagung artinya memisahkan biji-biji jagung dari tongkolnya. Proses ini bisa dilakukan secara manual dengan tangan. Namun jika anda ingin lebih menghemat waktu dan tenaga, anda dapat memanfaatkan mesin pemipil jagung yang jauh akan lebih praktis. Setelah dipipil, cuci semua jagung yang sudah di pipil hingga bersih dengan air yang mengalir.

3. Perebusan dengan Kapur

Jagung yang sudah bersih kemudian langsung direbus dalam waktu sekitar 1 jam dalam air mendidih dan sudah ditambahkan kapur. Jumlah kapur yang digunakan dalam perebusan adalah 2-4% dari berat jagung yang direbus. Proses perebusan dengan kapur juga sering disebut dengan nikstamalisasi.

Tujuan dari proses ini adalah untuk menghancurkan kulit ari atau kulit tipis yang menyelimuti biji jagung. Bila kulit tersebut rusak, maka biji jagung akan lebih mudah dipanaskan dan diolah. Jagung yang kulit arinya sudah hancur biasanya ditandai dengan permukaan biji jagung yang licin ketika dipegang.

4. Proses Perendaman

Biji-biji jagung yang sudah direbus kemudian dicuci hingga benar-benar bersih. Pastikan juga tidak ada bau kapur yang tertinggal. Barulah setelah itu, biji direndam dengan air bersih selama semalaman. Perendaman ini bertujuan agar biji jagung lebih mudah diolah ketika masuk ke dalam tahap berikutnya.

5. Pengukusan Jagung

Setelah direndam semalaman, jagung harus langsung dikukus dalam waktu 1 jam. Proses ini akan membuat biji jagung mengalami gelatinisasi, namun pastikan agar jagung tidak terlalu matang. Bila tingkat gelatinisasinya terlalu berlebihan, ini akan membuat jagung mudah sekali hancur saat dalam proses pemipipihan.

6. Proses Mengemping

Proses selanjutnya adalah mengemping atau memipihkan biji jagung yang sudah dikukus. Agar jagung lebih mudah dalam proses pemipihan, proses pemipihan ini harus segera anda lakukan ketika biji jagung masih dalam kondisi panas dan masih lunak.

Untuk caranya, pemipihan biji jagung bisa dilakukan dengan menggunakan mesin pemipih jagung. Selain lebih praktis menggunakan mesin pemipiih, penggunaan mesin ini juga bisa membantu anda menghemat waktu sehingga emping jagung dapat anda produksi dengan lebih cepat. Namun memilih mesin pemipih jagung pun juga harus diperhatikan agar emping yang dihasilkan punya kualitas yang bagus.

Jagung yang telah anda pipihkan segera keluarkan dari mesin dan sebaiknya langsung ditampung kedalam wadah yang berukuran cukup besar. Jagung pipih yang baru keluar dari mesin biasanya masih agak lunak sehingga mudah hancur, jadi jangan cepat-cepat memindahkan biji jagung dan biarkan saja ditampung dalam wadah sampai proses pemipihan selesai.

7. Pengeringan dan Penyortiran

Jagung yang sudah anda pipihkan kemudian dikeringkan bisa dengan cara dijemur di sinar matahari. Proses penjemuran membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari. Pastikan juga biji-biji jagung pipih ditaruh di wadah yang rata dan lebar agar tidak terlalu menumpuk, hal ini juga bertujuan untuk mempercepat proses pengeringan. Emping yang sudah kering lalu disortir dengan cara diayak untuk mendapatkan ukuran emping yang seragam. Bila Anda berniat untuk menjual emping dalam kondisi mentah, emping yang sudah dikeringkan dan disortir ini bisa langsung dikemas dan dipasarkan.

8. Penggorengan

Emping yang masih mentah yang sudah benar-benar anda keringkan bisa langsung anda goreng. Saat menggoreng emping jagung sebaiknya anda tidak terlalu sering mengaduk agar emping tidak menjadi hancur. Proses penggorengan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama karena emping jagung ini mudah sekali mengembang dan matang. Menggoreng emping jagung dalam suhu 170°C, proses penggorengan hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Setelah digoreng, lakukan penirisan untuk membuang sisa-sisa minyak pada emping. Bila emping jagung yang sudah digoreng dan emping jagung tersebut masih mengandung banyak minyak, hal tersebut dapat mempengaruhi rasa emping dan membuat emping tidak awet. Untuk proses penirisan, dianjurkan untuk menggunakan spinner atau mesin peniris minyak untuk hasil yang lebih maksimal.

9. Penambahan Bumbu

Penambahan bumbu juga sangat saya anjurkan agar emping yang anda produksi dapat memiliki cita rasa yang lebih gurih dan juga lezat. Bumbu ini juga dapat langsung anda tambahkan ketika emping jagung sedang dalam proses penggorengan. Untuk info lebih jelasnya, berikut cara menggunakan metode menambahkan bumbu pada emping.

  • Siapkan dulu larutan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih dan garam.
  • Goreng emping mentah dalam minyak panas.
  • Saat emping yang digoreng sudah mulai mengembang, segera tuangkan larutan bumbu pada emping yang sedang anda goreng.
  • Goreng emping jagung juga selama beberapa saat, kemudian angkat emping jagung dan tiriskan.

Cara menggoreng emping dengan bumbu ini juga sudah umum dilakukan oleh orang banyak. Selain itu, emping yang anda hasilkan juga akan lebih gurih, namun menambahkan larutan bumbu ini juga memiliki kekurangan-kekurangan tersendiri.

Karena larutan bumbu dicampurkan pada minyak panas, maka minyak akan otomatis ikut terasa asin. Akibatnya, emping yang sudah digoreng selanjutnya akan terasa sedikit lebih asin ketimbang saat penggorengan pertama. Selain itu, penambahan bumbu saat menggoreng juga dapat membuat minyak lebih cepat kotor.

Jadi ketika anda menggunakan metode menggoreng dengan larutan bumbu ini, disarankan untuk rajin-rajin mengganti minyak untuk menggoreng. Dengan begitu mutu emping yang dihasilkan tetap terjaga.

Peluang Esaha Emping Jagung

peluang usaha emping jagung

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan nama tanaman yang bernama jagung, jagung (Zea Mays) merupakan salah satu tanaman yang terkenal sebagai sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat selain padi dan gandum maupun singkong. Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia beranggapan jagung ini merupakan makanan yang pokok yang sebagian masyarakat di Indonesia hampir setiap hari mengkonsumsi jagung ini. Lalu yang menjadi pertanyaan itu dari manakah jagung itu berasalah. Berdasarkan salah satu teori adalah yang menyatakan bahwa yang memperkenalkan jagung adalah orang Meksico. Jagung sudah ditaman oleh orang Amerika Tengah tepatnya kurang lebih 10.000 tahun yang lalu dan sudah mengetahui teknik penanaman jagung. Karena teori ini berhasil maka teori tersebut di bawa ke Amerika Selatan hingga ke daerah pegunungan tepatnya di selatan Peru.

a. Info Usaha Emping Jagung

Camilan dari bahan jagung ini memang tidak ada batasan rasanya banyak sekali dan semuanya pun memiliki rasa gurih dan dan tekstur renyah. Emping jagung ini termasuk camilan favorit banyak kalangan. Jadi, bila anda ingin usaha camilan emping jagung ini merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat.

Usaha emping jagung pun ini sangatlah mudah dan sederhana karena bahan-bahan yang di gunakan sangatlah sedikit dan pembuatan emping jagung yang sangat simple. Modal untuk anda menjalankan usaha emping jagung pun juga tidak terlalu besar sehingga anda bisa dengan mudah menjalankan bisnisnya. Bisnis ini menguntungkan dengan permintaan pasar yang semakin tinggi akan camilan menjadi salah satu kesempatan emas untuk dicoba.

b. Bahan Baku Emping Jagung

Bahan-bahan yang digunakan daalam pembuatan emping jagung ini tidak lain ialah jagung itu sendiri, untuk menghasilkan emping jagung yang enak dan lezat maka anda harus memastikan jagung yang anda gunakan adalah jagung yang berkualitas. Selain bahan baku jagung dibutuhkan juga bumbu seperti bawang putih dan garam. Kapur atau gamping yang berguna untuk proses pelunakan jagung agar mudah dipres. Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng emping jagung yang telah anda buat dan telah dijemur dan kering. Proses penggorengan ini membutuhkan minyak dalam jumlah banyak agar proses produksi semakin cepat.

c. Alat Menjalankan Usaha Emping Jagung

Peralatan yangp perku anda gunakan agar dapat memudahkan anda dalam proses produksi emping jagung seperti baskom, dandang, panci , alat penjemur, panci, wajan, kompor,mesin pengepres emping, dan mesin pengemas. Peralatan ini akan mempermudah proses pembuatan emping jagung. Ketika pembuatan emping jagung ini dimulai dari perendaman jagung, perebusan jagung, pencucian jagung, penjemuran, penggorengan dan sebagainya. Kegiatan ini tentu membutuhkan peralatan berkualitas dengan kapasitas yang sesuai dengan jumblah yang anda buat.

d. Konsumen Emping Jagung

Emping jagung ini ternyata sudah populer dan dikenal oleh banyak orang. Siapa pun dapat dijadikan konsumen untuk produk emping jagung ini. Rasa emping jagung yang enak dan lezat ini bisa menjadi salah satu daya tariknya. Harga dari emping jagung juga terjangkau. Hal ini dapat membuat banyak kalangan bisa membelinya dengan mudah.

e. Pemasaran Produk

Supaya emping jagung yang anda produksi dapat dikenal oleh banyak masyarakat maka dibutuhkan cara pemasaran yang baik. Produk emping jagung dapat dipasarkan dengan mudah diberbagai tempat usaha. Contohnya dipasarkan ke toko atau warung, ke toko pusat oleh – oleh, pasar dan sebagainya. Carilah konsumen emping jagung sebanyak–banyaknya agar produk emping jagung anda dapat terjual dengan mudah.

f. Strategi Usaha Emping Jagung

Bisnis emping jagung membutuhkan strategi usaha yang tepat supaya emping jagung disukai aneka kalangan dan menaikan penjualan. Cara pengemasan yang anda buat dan kualitas produk emping jagung itu pun menjadi salah satu yang di pertimbang timbangkan para pembeli. Jadi, buat produk emping jagung dengan kualitas yang bagus dengan pengemasan menarik dan unik itu lah yang yang dapat menarik perhatian konsumen. Pasarkan produk emping jagung keberbagai media social untuk memudahkan penjualan.

g. Contoh Analisa Usaha Emping Jagung

Sbelum anda ingin memulai usaha emping jagung ini anda perlu mengetahui dengan baik mengenai cara analisa usaha ini. Supaya anda dapat mengetahui secara detail tentang kebutuhan-kebutuhan dan perhitungan pemasukan usaha emping jagung ini. Untuk lebih jelasnya silahkan simak infonya sebagai berikut :

h. Asumsi Pengeluaran Usaha Emping Jagung:

Peralatan  Harga 
 Kompor dan gas  Rp.              250,000
 Mesin pengepres  Rp.              350,000
 Panci  Rp.              100,000
 Pengukus  Rp.              200,000
 Alat penjemur  Rp.              135,000
 Panci  Rp.              250,000
 Baskom  Rp.              100,000
 Wajan  Rp.              135,000
 Mesin pengemas  Rp.              500,000
 Peralatan tambahan  Rp.              100,000
 Jumlah Investasi  Rp.          2,120,000
Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan Kompor dan gas 1/48 x Rp. 250.000  Rp.                  5,208
 Penyusutan mesin pengepres 1/36 x Rp. 350.000  Rp.                  9,722
 Penyusutan panci  1/24 x Rp. 100.000  Rp.                  4,167
 Penyusutan pengukus  1/36 x Rp. 200.000  Rp.                  6,944
 Penyusutan alat penjemur 1/36 x Rp. 135.000  Rp.                  3,750
 Penyusutan panci  1/36 x Rp. 250.000  Rp.                  6,944
 Penyusutan baskom  1/36 x Rp. 100.000  Rp.                  5,556
 Penyusutan wajan 1/36 x Rp. 135.000  Rp.                  3,750
 Penyusutan mesin pengemas  1/36 x Rp. 500.000  Rp.                13,889
 Penyusutan peralatan tambahan  1/36 x Rp. 100.000  Rp.                  2,778
 Total Biaya Tetap  Rp.                62,708

i. Biaya Variabel

 Jagung kering  Rp.    250,000  x     30  =  Rp.           7,500,000
 Kapur  Rp.      10,000  x     30  =  Rp.              300,000
 Bumbu  Rp.      35,000  x     30  =  Rp.           1,050,000
 Plastik kemasan  Rp.      20,000  x     30  =  Rp.              600,000
 Gas  Rp.      18,000  x       5  =  Rp.                 90,000
 Biaya air  Rp.    150,000  x       1  =  Rp.              150,000
 Biaya tambahan lain  Rp.      50,000  x     30  =  Rp.           1,500,000
 Total Biaya Variabel  Rp.        11,190,000
Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp.         11,252,708
Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
        80  kemasan  x  Rp.        5,000  =  Rp.             400,000
Rp.        400,000  x      30  hr  =  Rp.       12,000,000
Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.      12,000,000  –        11,252,708  =  Rp.         747,292
Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan  =  Rp.             2,120,000  :              747,292  =            3  bln

Bisnis emping jagung menguntungkan dengan penghasilkan yang sangat memuaskan, terutama jika anda mampu menjual dengan maksimal setiap harinya. Pada saat anda sedang menjalankan usaha emping jagung ini maka anda membutuhkan sinar matahari penuh supaya dapat mengeringkan bahan emping jagung tersebut. Sehingga untuk memudahkan para pengusaha emping jagung dalam proses penjemuran bahan maka gunakan mesin oven pengering gas.

Karena terik matahari yang panasnya tidak menentu akan mempengaruhi hasil pengeringan produk emping jagung oleh karena itu telah ada mesin pengering atau oven yang dapat anda gunakan sehingga dapat mengeringkan secara sempurna. Bagi yang membutuhkan untuk proses pengeringan bahan kerupuk dan sejenisnya maka bisa dibantu dengan mesin oven pengering gas seperti ini.

Demikian ulasan untuk usaha emping jagung  dan juga bila anda ingin belajar tentang peluang usaha abon ikan dan analisa usahanya, semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Selamat mencoba dan semoga dapat menjadi usaha andadi rumah.