Pada Artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang seputar Bisnis, yaitu mengenai Usaha yang cocok di pedesaan. karena memang usaha di desa cukup menjanjikan.

Mungkin ada diantara kita yang berfikir bahwa usaha yang menjanjikan hanya bagi orang yang bertempat tinggal di kota. Ternyata tidak demikian, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan di desa. Buktinya banyak kisah pebisnis desa yang sukses yang bisa kita baca dari berbagai media.

Pendapat yang mengatakan peluang di kota itu lebih baik memang ada benarnya dan ada juga tidaknya. Jika untuk ke jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar sih iya. Karena memang biasanya perusahaan bisnis besar dan gaji tinggi sering berada di pusat keramaian kota.

Akan tetapi, di desa juga memiliki kesempatan untuk sukses kok. Yakni dengan membuka usaha sendiri asalkan kita mau berusaha dan belajar mengembangkan diri untuk terus maju ke dapan. Untuk itu mari kita bahas bersama usaha yang cocok di pedesaan.

Jenis Bisnis Yang Memang Pas Di Desa :

Usaha yang cocok di pedesaan

Agar kita cepat ketika mencari ide, berikut ini beberapa tips untuk anda :

a. Survey Peluang Usaha Anda Terlebih Dahulu

Coba perhatikan dan cermati, apa saja kebutuhan masyarakat yang belum ada di desa sekitar lokasi desa Anda. Atau apa saja peluang usaha yang masih memiliki prospek tinggi. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa melakukan survey sendiri atau bertanya kepada kerabat, teman dan orang tua,.

b. Dimana Minat atau Bakat yang Anda Miliki

Usaha yang dijalankan sesuai dengan apa yang Anda inginkan tentunya dapat memberikan dampak positif. Anda akan sangat serius dan fokus ketika menjalankan bisnis tersebut. Untuk itu perlu kita cari terlebih dahulu dimana bakat dan minat yang kita miliki.

c. Amati Tiru dan Modifikasi (ATM)

Jika ingin sukses cepat, belajarlah dari orang yang tepat. Maksudnya adalah belajar dari orang yang sudah ahli pada bidang yang ingin ditekuni dan jangan belajar dari orang yang hanya jago teori. Karena memang bisnis itu harus banyak praktek dibanding teori.

Selanjutnya modifikasi agar usaha Anda lebih hebat ke depan. Metode ini sering disebut dengan istilah ATM (Amati Tiru dan Modifikasi).

Berikut Beberapa Usaha Yang Memang Cocok Di Desa :

Usaha yang cocok di pedesaan

1. Tanaman Hidroponik

Justru masyarakat kota yang kekurangan lahan, mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik ini. Nah jangan mau ketinggalan dengan mereka, apalagi hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena lebih higienis.

Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana cara membuatnya. Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang cukup luas, maka dari itu manfaatkan peluang yang ada.

Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan bagus, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan :

  1. Media memiliki kemampuan untuk menyimpan air, karena tanaman butuh nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  2. Media harus memiliki struktur yang gembur sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  3. Nilai kandungan garam yang rendah
  4. Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  5. Bebas hama agar tanaman tumbuh dengan optimal
  6. Memiliki kandungan kapur atau kalsium

Setelah mengetahui beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih media hidroponik, berikut ini ada beberapa jenis media yang paling sering digunakan.

  • Rockwool
  • Arang sekam
  • Cocopeat / sabut kelapa
  • Perlit
  • dll

Dibutuhkan beberapa pengetahuan agar Anda mampu dan ahli dalam mengembangkan bisnis hidroponik yang sukses. Sekarang ini internet telah membuka dan membuat semuanya menjadi semakin mudah. Jadi anda dapat memanfaatkan Google untuk mencari informasi tambahan.

Nah, usaha ini merupakan salah satu yang cocok di pedesaan.

2. Usaha Ternak Ayam

Pada umumnya, masyarakat kita cenderung memilih ayam petelur dan ayam potong atau daging andai diminta untuk memilih jenis ayam apa yang paling cocok untuk usaha ternak.

Seperti yang di kutip dari beberapa sumber bahwa pada tahun ini kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Sementara itu, peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sekitar sebesar 25% – 30% saja.

Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternak ayam kampung merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dan berikut beberapa metode yang dapat anda lakukan.

Ada 2 metode yang bisa Anda coba ketika ingin beternak ayam kampung :

  • Pertama : Metode Umbaran

Pada metode umbaran ini cukup popular dikalangan masyarakat pedesaan. Sebab metode ini tidak membutuhkan perawatan secara khusus.

Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung dengan cara tradisional yaitu membiarkan ayam mencari makanan sendiri. Anda hanya perlu menyediakan kandang untuk tempat ayam berteduh saat hujan atau tidur saat malam hari.

Dengan sistem umbaran, anda tidak perlu repot – repot lagi dengan manajemen pakan dan kandang karena memang tidak ada ketentuan khusus.

Cukup sediakan kandang sederhana untuk sekedar tempat berteduh dan istirahat ayam saat malam tiba. Sedangkan pakan sendiri bisa lebih hemat karena ayam jauh lebih jago mencari makanan saat diumbar.

Pada umumnya, ternak ayam kampung metode umbaran dilakukan dengan skala yang masih cukup kecil. Anda bisa menggunakan metode ini jika Anda memiliki lahan yang luas. Jadi ayam anda tidak akan mengganggu tetangga sebelah.

Jenis ternak ayam kampung dengan metode umbaran merupakan cara yang paling banyak digunakan dan sudah umum di kalangan masyakarat pedesaan.

Namun kelemahan dari sistem umbaran ini adalah produktivitas ayam jadi rendah serta kurang terkontrol. Belum lagi jika lingkungan anda masih banyak musang jahat yang berkeliaran, tentu hal tersebut merupakan ancaman serius untuk ternak ayam kampung yang sedang anda kembangkan.

  • Kedua : Metode Semi Intensif

Metode semi intensif adalah metode dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tak lepas kemana-mana. Cara ini memang membutuhkan modal. Sebagai contoh membuat pagar dari jaring ikan, atau dengan pagar tertentu pada hamparan lahan yang ada dan biaya pakan

Dengan metode ini membuat Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol. Baik dari segi makanan, pertumbuhan dan kesehatan ayam kampung itu sendiri.

Pada metode intensif memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, perlu pengetahuan yang cukup agar dalam proses ternak dan biaya dapat memberikan keuntungan.

3. Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Saat ini budidaya ikan air tawar memang telah menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama dilihat dari perkembangannya, penjualan ikan air tawar ini tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Dan harga jual ikan air tawar juga masih cukup tinggi. Untuk itu peluang ini dapat kita manfaatkan terutama didesa yang memang memiliki lahan yang cukup luas. Produksi budidaya ikan air tawar dalam kolam didominasi oleh ikan mas, lele, patin, dan nila.

Dan 4 jenis ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi. Berikut sekilas profil dari beberapa ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Berikut Survey ikan air tawar yang paling banyak diminati masyarakat :

a. Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) dipercaya datang ke Indonesia dari Eropa, Tiongkok dan berkembang menjadi ikan budidaya yang paling penting. Pada tahun 1860-an masyarakat di Ciamis, Jawa Barat, telah mempraktekkan pemijahan ikan mas dengan menggunakan kakaban ijuk. Praktek seperti ini masih diadopsi oleh para peternak ikan hingga sampai saat ini.

Ikan mas cocok dikembangkan di lingkungan tropis seperti di Indonesia. Suhu ideal bagi pertumbuhannya ikan ini  antara 23-30 derajat celcius. Ikan ini bisa dibudidayakan dalam kolam tanah, kolam air dan jaring terapung. Secara total proses budidaya hingga ukuran siap konsumsi memerlukan waktu sekitar 4-5 bulan.

b. Ikan Lele

Ikan lele (Clarias sp.) merupakan jenis ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia. Dan ikan ini disukai banyak orang karena dagingnya lunak, durinya sedikit dan harganya yang cukup murah. Peternak pun menyukai ikan ini karena perawatannya mudah dan juga cepat besar.

Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang efesien dan mudah untuk dibudidayakan. Rasio pakan menjadi daging ikan lele bisa mencapai 1:1. Artinya setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan dihasilkan pula 1 kg peretambahan berat lele.

c. Ikan Patin

Di Indonesia terdapat 14 spesies ikan patin, namun yang dibudidayakan secara luas adalah ikan patin asal Thailand yaitu Pangasius hypothalamus. Kebutuhan ikan patin budidaya terus meningkat hingga saat ini. Bahkan, Indonesia saat ini masih mendatangkan ikan patin dari Vietnam untuk konsumsi dalam negeri.

Patin bisa dibesarkan dengan kepadatan sekitar 20-30 ekor per meter kubik. Tidak ada patokan ukuran ikan patin yang siap konsumsi. Sangat tergantung selera pasar masing-masing daerah. Biasanya para pembudidaya membesarkan ikan patin selama sekitar 6 bulan. Khusus untuk pasar ekspor ukurannya lebih besar lagi.

d. Ikan Nila

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan ikan air tawar yang mudah dipelihara dan pada gangguan penyakitnya tidak begitu banyak. Pembibitan nila cukup mudah, dari sepasang indukan bisa dihasilkan sekitar 250-1000 butir telur. Waktu persiapan dari telur hingga menjadi benih berukuran sekkitar 5-8 cm diperlukan waktu 60 hari.

Nila merupakan jenis ikan air tawar yang pertumbuhannya cukup cepat. Jenis nila unggul pertumbuhannya bisa mencapai sekitar 4,1 gram per harinya. Pertumbuhan ikan jantan lebih pesat dibanding ikan betina. Dibutuhkan waktu 4-6 bulan untuk membesarkan ikan nila hingga ukuran yang siap konsumsi.

Baca juga  : Cara membuat pakan ikan

4. Usaha Desain Dan Cetak

Bagi Anda yang tinggal di pedesaaan, peluang usaha ini biasanya dicari masyarakat dan sangat terbuka lebar. Mengapa? Sebab masih jarang orang yang memiliki keahlian di bidang desain atau cetak mencetak.

Lagipula Anda juga dapat mengembangkan usaha ini menjadi lebih besar. Mungkin pada awalnya hanya bermodal komputer dan printer. Selanjutnya bisa Anda kembangkan lagi dengan menambah peralatan fotokopi dan menjual perlengkapan desain.

Contoh beberapa jasa yang bisa dikerjakan adalah :

  • Jasa desain kartu undangan
  • Pengetikan
  • Dan jsa desain baleho atau papan iklan

Yang paling penting dalam usaha ini adalah hasil desain Anda harus bagus dan menarik. Dengan demikian pelanggan akan dengan sendirinya mempromosikan jasa yang Anda miliki kepada orang lain.

5. Menjual Aneka Bibit

Masyarakat desa pada umumnya suka dalam hal berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend pada perkebunan yang ada di pedesaan. Dan anda juga bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada dipedesaan anda, lalu perhatikan juga apa yang menjadi dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh bibit kelapa sawit, bibit cabai, karet, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lainnya. Anda tentu bisa menilai sendiri, apakah peluang ini ada di desa Anda atau tidak. Jadi menjual aneka bibit kebun menjadi salah satu usaha yang cocok di pedesaan.

6. Usaha perkebunan / Bercocok tanam

Masyarakat desa memang terkenal memiliki lahan yang luas. Dengan demikian banyak hal yang bisa kita manfaatkan dan salah satunya adalah dengan memanfaakan lahan untuk berkebun. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita olah menjadi hasil perkebunan.

Berikut ini beberapa contoh dalam usaha bercocok tanam :

a. Daun Seledri

Budidaya seledri atau nama lain dengan daun sup sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Terutama bagi mereka yang hobi bertani dan bercocok tanam.

Harga daun sup atau seledri bisa berkisar 5000 hingga 50.000 ribu rupiah dan bahkan lebih, tergantung dari lokasi dan pasar di daerah Anda masing-masing. Untuk daerah admin sendiri harga daun sup menembus sekitar angka 70.000 ribu rupiah. Cukup mahal bukan? wkwk

b. Kebun kelapa

Harga kelapa untuk sekarang ini memang cenderung naik, terutama di wilayah yang memang belum banyak pohon kelapanya. Nah bagi Anda  yang memiliki lahan luas, usaha kebun kelapa cukup menjanjikan. Anda bisa menjual hasil panen ke penampung atau membuka warung sendiri sekaligus menjual santan kelapa.

Anda bisa menjadi penampung sekaligus jika Anda memiliki modal yang memang cukup untuk itu. Cari agen terlebih dahulu, kemudian pancing dengan hasil panen yang telah Anda miliki.

Perawatan kebun kelapa terbilang cukup mudah. Pohon kelapa hanya perlu bersih dan tanah yang cocok untuk tumbuh. Tidak ada perlakuan khusus agar pohon kelapa bisa berbuah.

c. Kebun cabai

Ide selanjutnya yaitu kebun cabai, harga cabai juga tak kalah menarik dengan harga daun seledri diatas.

Agar hasil perkebunan dapat lebih maksimal, belajarlah dari orang yang memang telah mahir dibidang ini. Karena kebun cabai memiliki beberapa penanganan khusus agar hasil nya lebih banyak.

7. Usaha kerajinan tangan / Industri Kreatif

Kutipan yang diperoleh dari acara Inacraft 2017 mengatakan ekspor kerajinan tangan dari negara Indonesia meningkat hingga 1,35%. Sementara pasar Indonesia hanya mampu memenuhi 1,41% saja.

Tak peduli jika kita tinggal di desa atau di kota. Kita tetap bisa memasang target pasar nasional bahkan internasional dalam hal kerajinan industri kreatif.

Ya! Peluang usaha industri kreatif seperti kerajinan tangan bisa dikatakan sangat menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Sekarang ini banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan disekitar anda. Seperti kerajinan dari bahan bekas, kerajinan dari tanah liat, kayu, tas dari daun, dan berbagai jenis kerajinan lainnya. Jadi untuk dalam usaha ini butuh kreatifitas dan kreasi masing-masing orang sehingga dapat pula dalam bersaing.

Untuk itu peluang ini menjadi usaha yang cukup menjanjikan pula di pedesaandan ribuan jenis kreasi lainnya.

 

Nah, demikian artikel mengenai usaha yang cocok di pedesaan. Cukup menarik bukan? Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda dalam menemukan usaha yang pas dan cocok di desa anda. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.