Beginilah rahasia cara ternak bebek yang mudah. Peluang usaha ternak sampai sekarang ini masih sangat menjanjikan, hal itu didukung dengan tingkat konsumsi masyarakat yang semakin tinggi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin pesat. Begitu pula dengan peluang usaha ternak bebek baik pedaging maupun petelur, tingkat permintaan konsumen cenderung semakin tinggi.

Apalagi si imut satu ini yang memiliki banyak penggemar siapa lagi jika bukan bebek. Apalagi dia ini memiliki rasa yang lezat jika dimasak. Pada artikel ini saya akan menjelaskan, bagaimana cara ternak bebek? Susah tidak sih ternak bebek itu? Kami akan berbagi rahasia cara ternak bebek.

Tapi sebelum kita bahas cara ternak bebek, kita harus tahu dulu apa itu beternak. Yuk kita simak yang berikut ini.

Berbagi Rahasia Cara Ternak Bebek yang Mudah

Ternak merupakan hewan yang secara sengaja dipelihara untuk dijadikan sumber industri, sumber makanan, dan untuk membantu pekerjaan manusia. Sedangkan usaha pemeliharaan ternak disebut sebagai berternak. Beternak merupakan kegiatan membudidayakan dan mengembangbiakkan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dari hasil kegiatan tersebut.

Hewan ternak  pada umumnya diberi makan dipelihara dalam kandang atau digembalakan (di beri makan). Beternak juga memiliki tujuan untuk mencari keuntungan dengan menerepkan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

Yang termasuk kategori hewan ternak yang biasa ada di Indonesia adalah mamalia, unggas, dan hewan air. Berikut merupakan contoh hewan ternak mamalia seperti sapi, kerbau, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk contoh hewan unggas seperti ayam, bebek. Selain kedua jenis di atas masih ada hewan yang masih dapat untuk di ternakkan salah satunya itu ikan air tawar.

Tapi disini kita cuma akan membahas cara ternak bebek, nah langsung aja kita simak cara ternak bebek. Yuk.. Yuk.. Yuk..

Cara Ternak Bebek

Cara Ternak Bebek

1. Jenis Bebek yang Bisa Digunakan untuk Cara Ternak Bebek

Karena jenis bebek akan sangat berpengaruh terhadap cara ternak bebek yang akan kita lakukan. Berikut ini jenis bebek berdasarkan tipenya, yaitu:

  • Bebek petelur contohnya Khaki Campbell, Indian Runner, Buff (Buff Orpington dan CV 2000-INA;
  • Bebek pedaging seperti Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga;
  • Bebek ornamental (bebek kesayangan/hobby) seperti East India, Call (Grey Call), Mandariun, Blue Swedish, Crested, Wood.

2. Mempersiapkan Lokasi untuk Cara Ternak Bebek

Berikut ini merupakan persiapan yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan lokasi ternak bebek:

  1. Untuk tempat budidaya bebek, sebaiknya agak jauh dari pemukiman penduduk namun akses jalan menuju juga mudah dijangkau dengan mobil atau motor. Jangan lupa pastikan lokasi kandang bebek anda aman dari baik itu biawak, predator, berang-berang, ular maupun hewan pemangsa lainnya. Jika disekitar lokasi ada tempat mandi-mandi bebek akan lebih baik lagi.

2. Kondisi keseluruhan dari kandang bebek harus kering, nyaman dan bersih dari kotoran. Pada dinding kandang harus sedikit terbuka, maka dari itu bebek akan gelisah ketika melihat hewan lain seperti anjing dan kucing melewati di sekitar kandang.

Tujuan dari kandang bebek tertutup sedikit terbuka ialah sebagai sirkulasi udara dan angin tidak masuk secara langsung ke kandang melainkan terfilter.

3.Ruang kandang bebek tidak terlalu sempit atau idealnya 1 m persegi untuk ditempati 2 ekor bebek. Kita juga harus tetap memperhatikan ruang gerak bebek, karena penting untuk hal minum maupun makan bebek tidak suka berdesakan dan lebih suka dengan cara bergantian.

Oleh karena itu sebaiknya bebek mendapatkan ruang gerak yang cukup. Hal ini juga akan membantu kita dalam mengambil telur bebek di pagi atau siang hari.

4. Sebaiknya untuk tinggi kandang bebek menyesuaikan tinggi badan kita dan sedikit lebih tinggi. Oleh sebab itu tinggi kandang bebek yang sesuai dengan tinggi badan kita akan semakin memudahkan kita untuk merawat bebek seperti memberi makan maupun minum juga saat mengambil telur. Kandang yang ideal memiliki tinggi dengan kira-kira antara 2,5 – 3 m.

3. Kandang Bebek

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan kandang bebek agar produktivitas bisa optimal:

  • Menyiapkan Sarana dan Peralatan
  • Syarat temperatur kandang ± 39 ° C.
  • Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%
  • Kandang perlu diberikan penerangan untuk memudahkan dalam mengatur kandang agar letak kandang sesuai dengan fungsi dan bagiannya.

4. Bibit Bebek

Berikut merupakan cara memilih bibit bebek yang bisa kita lakukan, ada 3 diantaranya:

  1. Keunggulan membeli telur yang menetas dari induk bebek memberikan jaminan keunggulan
  2. Memelihara induk bebek yaitu pejantan dan betina unggul untuk mendapatkan telur tetas kemudian meletakannya pada mentok, ayam atau mesin tetas
  3. Membeli Day Old Duck (DOD) maupun dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya dan telah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Peternakan setempat.

5. Cara Ternak Bebek untuk Perawatan Bibit Bebek

Untuk perawatan bibit bebek itu sendiri dapat kita lakukan sebagai barikut:

1.Perawatan Bebek

Setelah bibit (DOD) diterima, sebaiknya cepat ditempatkan pada kandang brooder atau indukan yang sebelumnya sudah disiapkan. Kandang brooder bisa menampung sekitar 50 ekor DOD dengan ukuran 1 m², perhatikan pula temperatur kandangnya dan pastikan DOD tersebar merata di kandang.

Pada fase stater atau permulaan , jenis pakannya perlu ditambahkan vitamin dan mineral.

2. Ternak Bebek dengan Cara Perawatan Calon Induk

Ada 2 jenis calon indukan bebek yaitu induk produksi telur untuk konsumsi serta induk produksi telur tetas. Untuk perawatannya relatif sama, namun perbedaannya hanya pada indukan untuk memproduksi telur tetas diharuskan ada induk jantan dengan perbandingan  1 induk jantan untuk 5-6 ekor induk betina.

3. Reproduksi dan Perkawinan

Reproduksi atau perkembang biakan yaitu untuk memperoleh telur tetas yang fertil atau terbuahi dengan baik oleh itik jantan. Selain itu ada dua jenis sistem perkawinan bebek yaitu bebek hand mating atau pakan bebek batan manusia serta nature mating yaitu perkawinan bebek melalui proses alami.

6. Cara Ternak Bebek dengan Memperhatiakn Pemberian Pakan

Pemberian pakan bebek dibagi menjadi 3 tahapan, yaitu starter (usia 0 – 8 minggu), grower (usia 8-18 minggu) dan fase layar (usia 18-27 minggu).

Ketiga tahapan itu berupa pakan buatan pabrik (secara praktisnya) dengan jenis kode berbeda untuk masing-masing tahapan. Cara pemberian pakan tersebut dibagi dalam 4 kelompok yaitu;

  • Pada usia 0-16 hari diberikan di tempat tray feeder (pakan datar)
  • Pada usia 16-21 hari diberikan dengan cara sebaran dilantai serta tray feeder
  • Pada usia 21-18 minggu ditebarkan pada lantai
  • Pada usia 18-72 minggu, pemberian pakan ada dua cara yaitu 7 hari pertama dengan cara makanan peralihan pada awal mula memperhatikan produksi telur sampai produksi mencapai 5%.  Kemudian pemberian pakan bebek secara ad libitum atau terus-menerus.

Dapat menghemat biaya jika pakan bebek secara ad libitum, baik tempat ransum nya sendiri yang biasa di ranum dari bahan-bahan semacam tepung tulang, tepung ikan, bekatul, jagung, bungkil feed suplemen.

Sekarang anda bisa dengan mudah untuk membuat pakan bebek karena susah ada mesin giling sekam yang bisa membuat pakan bebek, jadi anda tinggal memasukkan bahan-bahannya saja.

7. Cara Ternak Bebek dalam Pengendalian Penyakit

Pada umunya dibedakan menjadi dua penyakit yang menjangkit bebek, yaitu;

  • Penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme contohnya virus, bakteri dan protozoa
  • Penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi zat makanan serta tata letak perkandangan yang kurang sesuai.

Sering ditemukannya penyakit di peternakan bebek petelur maupun pedaging, yaitu

  • Penyakit Duck Cholera

Diakibatkan oleh jenis bakteri Pasteurela avicida
Gejala serangan: mencret, tinja kuning kehijauan, lumpuh
Cara pengendalian: sanitasi pada kandang, pengobatan melalui suntikan penisilin di bagian urat daging dada yang disesuaikan dengan dosis label obat.

  • Penyakit Salmonellosis

Penyebab oleh bakteri typhimurium
Gejala serangan: pernafasan pada bebek sesak, kadang-kadang mencret
Cara pengendalian: melakukan sanitasi yang baik, memberipengobatan menggunakan furazolidone melalui makanan bebek dengan konsentrasi 0,04% atau menggunakan sulfadimidin yang telah dicampur dengan air minum, serta dosisnya disesuaikan.

8. Panen

Ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu saat beternak bebek ialah pada tahapan panen. Panen menjadi bagian dari cara budidaya bagi bebek petelur. Bebek biasanya akan mulai bertelur pada usia 6 bulan, panen bebek petelur ini bisa dilakukan setiap pukul 6 pagi dan sebaiknya cepat di ambil supaya telur tidak pecah atau tertimbun.

Hal ini dilakukan karena bebek petelur biasanya akan bertelur saat dini hari. Disaat memanen telur bebek sebaiknya bebek dikeluarkan terlebih dahulu dari kandangnya, kemudian barulah diambil telurnya.

9. Pasca Panen

Hasil akhir dari ternak bebek bisa berupa:

  • Telur bebek
  • Telur asin, telur pindang, dll.
  • Daging bebek
  • Bebek dapat diolah menjadi bebek panggang dll
  • Bulu dapat diolah menjadi kerajinan tangan
  • Tinja/kotoran itik dapat menjadi pupuk.

Berikut Faktor yang Mengakibatkan Gagalnya Beternak Bebek

Faktor yang Mengakibatkan Gagalnya Beternak Bebek

1. Memiliki Pola Pikir yang Salah

Salah jika beranggapan bahwa bebek mudah untuk dipelihara secara tradisional, semua kehidupannya sederhana, tahan terhadap penyakit dan lain sebagainya.

Solusi: Untuk beternak bebek harus mencukupi kebutuhan pakan, kandang, bahkan kesehatan bebek itu sendiri harus sudah terjamin.

2. Beternak Bebek Petelur itu Mudah Stress

Bebek petelur stress diakibatkan perubahan teknis, perubahan cuaca, perubahan pakan, perubahan tenaga kerja, kandang yang tidak sempurna, gangguan suara, hujan, lantai yang becek, dan yang lainnya. Jika sudah stress produksi telur akan turun drastis dan untuk bisa berproduksi dengan baik seperti sediakala butuh waktu 2 bulan.

Solusi: Jangan melakukan perubahan apapun pada saat bebek sudah memasuki masa produksi telur. Terutama jangan merubah-rubah komposisi pakan, jumlah pakan, dan harus tetap waspada pada saat musim hujan tiba yang merupakan musuh alamiah bebek.

3. Bebek Merupakan Hewan Air, Tetapi juga Memiliki Musuh yaitu Air

Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena hujan merupakan musuh bebek. Secara alami bebek tidak akan melakukan ativitas produksi bisa musim hujan tiba.

Solusi: Kandang dibuat sedemikian rupa agar bebek tidak bisa melihat langit mendung, hujan, suara petir, kandang dibuat agak rendah dan agak kedalam (atap jauh menonjol keluar). Tidak boleh ada kolam di dalam kandang, cukup selokan kecil untuk minum dan untuk membersihkan diri. Lantai kandang juga harus selalu di jaga agar selalu kering.

4. Kandang yang Alakadarnya/Seadanya

Solusi: Sebelum memelihara bebek maka seharusnya dibuatkan kandang yang sempurna dengan sistem lantai yang kering dan bebek yang terkurung. Lantai nya harus terbuat dari tanah dan harus selalu dijaga agar kondisinya selalu kering.

Tidak boleh ada setetes pun air hujan yang masuk kandang, tidak boleh ada tempias hujan, dan jangan lupa sirkulasi air juga harus sempurna.

5. Cuaca/Musim Hujan

Hujan merupakan musuh alamiah bebek petelur, karena secara alamiah bebek akan merontokkan bulu, yang memiliki arti sedang melakukan peremajaan diri, ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan dan tentu ini akan merugikan para peternak.

Solusi: Perlu diinget kandang harus dalam kondisi yang sempurna. Kandang harus dibuat agar kondisi hangat / panas terus seperti musim kemarau sepanjang tahun. Beternak biasanya dilakukan pada waktu mulai memasuki produksi yaitu pada musim hujan (bulan Februari) sehingga bebek bisa berproduksi dalam waktu yang lama sampai dengan bulan Oktober.

6. Memberikan Pakan

Peternak yang tidak mengerti akan mencampur-campurkan nutrsi, memberikan pakan seadanya, memberikan jumlah makan yang terlalu sedikit, memberikan pakan dari ampas-ampasan, keong, sayur, nantinya akan berdampak gizi yang kurang pada bebek, dan lainnya.

JANGAN LAKUKAN.. Karena, jika bukan ahli nutrisi jangan salah mencampur sendiri nanti hasilnya hanya asal campur. Perlu diingat peternak bukan peneliti jadi tidak perlu mencoba ini dan itu, nanti bisa-bisa rugi lalu bangkrut.

Solusi: Untuk kebutuhan gizi bebek petelur kira-kira sebesar 19% protein dengan energi setara 2.850 calori. Jumlah konsumsinya adalah 140 gram / ekor / hari. Tanpa gizi ini bebek tidak akan bertelur dengan maksimal. Jadi tidak perlu mencampur pakan sendiri, cukup dengan pakan dari pabrik dengan perbandingan: konsentrat 144 (30%) : bekatul halus (70%).

Jika pakan yang diberikan sesuai makan gizi bebek akan bagus dan pastinya bebek akan memproduksi telur dengan tinggi bisa mencapai 85% – 90% selama 2 bulan, dan masa produksi bisa dalam waktu yang lama / panjang.

Jika gizi pakan bagus maka pakan akan lebih irit, yaitu cukup 130-140 gram / ekor / hari. Kalau pakannya jelek kebutuhan pakan bisa mencapai 180 gram / ekor / hari.

7. Bebek Hidup Berkoloni

Bebek berkoloni dalam jumlah yang besar ini merupakan statement yang SALAH. Pemeliharaan bebebk dalam jumlah besar misal 100 ekor / petak ini juga merupakan statement yang SALAH. Bebek merupakan unggas yang sangat rakus dalam hal pakan, diberi berapapun pasti akan habis.

Jika dalam 1 petak terdapat banyak bebek makan akan bersaing untuk mendapatkan pakan. Kalau sudah begitu pastinya ada yang sangat keyang, ada yang keyang, dan ada juga yang kurang bahkan tidak kebagian. Karena jatah pakan yang tidak merata maka akan berdampak pada produksi telur.

Solusi: Untuk kandang buatlah dengan petak koloni kecil, cukup dengan 25-30 ekor per petak.

Dalam satu petak diperlukan luas dengan minimal 7,5 m2 atau setidaknya dengan ukuran: 3m x 2,5m. Dengan prinsip semakin luas makan akan semakin bagus, tetapi dengan isi yang tetap yaitu 25-30 ekor per petak.

Jangan lupa untuk memasangkan lampu penerangan dengan intensitas: 1 watt / 4-5 m2 agar proses hormonal (estrogen) dapat bekerja maksimal untuk membantu proses produksi telur.

8. Pemberian Pakan Kepala Udang

Dalam hal pemberian pakan kepala udang ini tidak dibenarkan. Karena kepala udang ini lama-kelamaan akan membusuk dan berjamur. Jika sudah membusuk, salmonella akan menjadi musuh bebek dan sangat mematikan. Pemakaian kepala udang ini sendiri akan berdampak pada turunnya komposisi gizi si bebek menjadi rendah / kurang maka itik tidak dapat berprodusi secara maksimal.

Solusi: Untuk pemerah kuning telur cukup gunakan xanta red. Xanta red ini sudah terjamin murah, aman, mudah, dan tahan lama. Untuk pemakaiannya cukup 70 gram per ton pakan maka kuning telur akan menjadi orange. Agar gizi pakan teer penuhi komplit dan lengkap bisa ditambahkan premix feed supplement dan sedikit mineral.

9. Memiliki Anggapan Bahwa Bebek Kebal terhadap Penyakit

Anggapan tersebut salah karena tidak ada makhluk dibumi yang kebal terhadap penyakit, kecuali jika diberi kekebalan. Pemberian kekebalan juga harus sesuai dengan jenis penyakit virus ataupun bakteri.

Solusi: Mengikuti program vaksinasi dan pengobatan sesuai dengan waktunya. Untuk program jadwal vaksin harus tepat waktu, jika pengobatan bisa maju atau mundur 1 sampai 2 hari.

 

Kami tidak memungkiri masih banyak kekurangan dari kami baik itu keterbatasan berupa pengetahuan maupun yang lainnya mohon dimaafkan dan semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Sekian dari kami dan Terimakasih.