Usaha Peternakan Di Desa

Usaha Peternakan Di Desa – Masih banyak ragam peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat yang tinggal di daerah desa, kita hanya perlu menganalisa usaha mana yang sangat berpotensi untuk di jalankan di daerah desa.

Bertempat tinggal di daerah desa bukan berarti menghalangi kita untuk menjalankan berbagai jenis usaha yang kita inginkan.

Sama seperti masyarakat di daerah kota, penduduk desa juga masih bergantung kepada orang atau pihak lainnya untuk keperluan kebutuhan hidup sehari hari.

untuk sukses kesempatan itu ada dimanapun, yang penting semua butuh perjuangan dan juga kerja keras, serta lakukan dengan cara yang benar dan realistis.

nah, kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa jenis usaha peternakan di desa yang pastinya bikin untung besar. Berikut penjelasannya.

8 Usaha Peternakan Di Desa Yang Bikin Kamu Sukses

usaha peternakan di desa

1. Usaha Ternak Ayam Pedaging

Siapa yang tak pernah makan ayam, mungkin hampir mustahil ada orang yang melakukannya. Salah satu usaha peternakan di desa yang pasti ada adalah ternak ayam.

ternak ayam pedaging atau ayam broiler dan memang mudah dijumpai di pedesaan. Usaha ini populer karena mudah dijalankan dengan potensi untung besar.

Apalagi keperluan daging ayam di masyarakat Indonesia masih terbilang kurang. Lebih lagi pada waktu menjelang hari raya Idul Fitri, usaha ternak ayam pedaging begitu laris diserbu para pembeli.

Harga daging ayam meningkat pesat pada saat itu sehingga keuntungan usaha ini bisa dua kali lipat lebih besar.

Tak ada salahnya jika anda yang sedang mencari peluang usaha ternak yang menjanjikan memilih usaha ternak ayam pedaging.

Berikut rincian modal usaha ternak ayam pedaging yaitu penyediaan kandang yang lumayan besar agar memuat 1000 ekor ayam, makanan dan vitamin untuk ayam, penyediaan bibit ayam untuk 1000 ekor, dan keperluan lainnya.

2. Usaha Ternak Bebek

Usaha peternakan yang cukup menarik adalah ternak bebek karena bebek dapat membuat peternak kaya dan sukses. Dengan memiliki seribu bebek. Dalam satu hari, bebek ternak tersebut bisa menghasilkan 1000 telur.

Sebutir telur bebek umumnya dihargai Rp 2000. Jadi dalam sehari untung bersih yang bisa di dapat peternak bebek sebesar Rp 2 juta. Dalam jangka waktu sebulan keuntungan bisa yang diperoleh 30 x Rp 2 juta = Rp 60 juta.

Itu lah sebabnya kebanyakan peternak bebek kaya raya. Hal ini pasti sangat menggiurkan dan bikin kamu sukses besar.

 

3. Usaha Ternak Sapi

Salah satu usaha peternakan di desa yang populer dikalangan para pelaku usaha yang ingin mendapat penghasilan yang besar adalah usaha ternak sapi.

Karena permintaan daging sapi di negara Indonesia saat ini masih sangat besar bahkan belum bisa mencukupi kebutuhan nasional.

Hal ini membuat harga daging sapi di Indonesia terbilang tinggi bila dibandingkan negara tetangga kita di Asia Tenggara.

Untuk memenuhi keperluan akan daging sapi, pemerintah Indonesia melakukan berbagai macam cara dan upaya. Salah satunya membuat kebijakan impor sapi dari Australia dan India.

Usaha ternak sapi mengalami kelonjakan permintaan pada saat menjelang hari raya idul adha. Kaum muslimin yang ingin melakukan kurban banyak membeli sapi untuk dikurbankan.

Pada saat sekarang ini keuntungan para peternak sapi menukik tajam. Sehingga usaha ternak sapi potong ataupun susu tetap sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Kebutuhan akan daging sapi meningkat saat menjelang hari raya idul fitri. Harga daging sapi dapat mencapai Rp 120 ribu. Sedangkan harga normal daging sapi biasanya sekitar Rp 80 ribu.

Pemerintah mencoba berbagai usaha peternakan sapi baik itu di daerah pedesaan maupun daerah perkotaan.

Diharapkan berbagai macam pelatihan dan pemberian modal usaha gratis yakni berupa bibit sapi yang diberikan pemerintah untuk penduduk desa tersebut dapat meningkatkan produksi sapi di tanah air.

Hal ini dipastikan akan membuat perekenomian nasional tanah air membaik, mengurangi dampak impor sapi dan juga memberdayakan masyarakat daerah desa.

 

4. Usaha Ternak Belut

Usaha Peternakan di desa yang cukup menarik lagi adalah usaha ternak belut yang ternyata begitu laris manis dan juga menguntungkan. Apalagi usaha ternak belut ini mudah dijalankan dengan modal kecil.

Usaha ternak belut merupakan usaha peternakan terbaik di tahun ini. Cara beternak belut dapat dilakukan di lahan yang tidak begitu luas dengan cara memakai drum.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara ternak belum memakai drum dapat di cari google informasinya.

 

5. Usaha Ternak Kambing

Kambing merupakan hewan yang sering kita jumpai di desa, satu usaha peternakan di desa yang  yang cukup sering dan menguntungkan dalam waktu singkat. Usaha ternak kambing dipastikan ada di setiap desa.

umumnya orang-orang yg tinggal di pedesaan menjalankan usaha ternak kambing sebagai usaha sampingan mereka.

Walaupun dijadikan usaha sampingan tapi keuntungan yang diperoleh lumayan besar. Hal ini karenakan harga jual kambing yang cukup sangat mahal.

sama seperti sapi harga kambing pun naik dua kali lipat menjelang hari raya lebaran idul adha.

kambing yang termasuk ke dalam hewan herbivora atau pemakan rumput ini sangat mudah diternakkan baik menggukan sistem kandang ataupun di gembala di alam bebas.

Keuntungan usaha ternak kambing perekor adalah 1juta pertahun. Jika kamu memiliki 100 ekor kambing tentu saja untung yang bisa didapat mencapai Rp 100 juta pertahun.

 

6. Usaha Ternak Burung Puyuh

Usaha peternakan di desa yang mulai berkembang pesat adalah ternak burung puyuh. Di karenakan usaha ini dapat di jalankan secara sampingan dengan keuntungan cukup besar terutama dari penjualan telur burung puyuh.

Permintaan telur burung puyuh di masyarakat saat ini sangat tinggi. Harga jual satu kilogram telur puyuh adalah Rp 25 ribu.

kamu dapat menjual langsung telur puyuh ke masyarakat desa atau menitipkan di sejumlah warung dan toko dengan cara titip jual.

Selain budidaya telur burung puyuh, kamu juga bisa melakukan ternak burung puyuh yang nantinya dijual untuk bibit burung puyuh.

7. Usaha Ternak Lele

Usaha ternak di desa yang belakangan ini populer adalah ternak ikan lele. karena masa panen ikan lele yang terbilang lumayan cepat yaitu kurang dari tiga bulan sehingga keuntungan yang bisa di peroleh cukup besar dalam waktu singkat.

Belum lagi usaha beternak lele dapat dilakukan di lahan yang tidak luas yaitu dengan menggunakan kolam ikan lele yang dibuat dengan terpal.

Usaha ternak ikan lele hanya memerlukan modal kecil dan mudah dijalankan, tentu saja usaha ini sanagt cocok sekali dijadikan peluang usaha bagi pemula.

 

8. Bisnis Ternak Ikan Nila

Usaha peternakan lainnya adalah ternak ikan nila karena jenis ikan yang cukup banyak di sukai orang untuk dikonsumsi. Permintaan akan ikan nila ini cukup tinggi.

Sehingga rumah makan dan juga restoran banyak yang mencari ikan ini untuk dijadikan hidangan spesial bagi penikmat kuliner. Harga ikan nila terbilang tinggi dan  juga stabil di setiap tahunnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba peluang usaha yang menguntungkan maka usaha ini sangat tepat untuk dilakukan di daerah desa. Kaeran ikan nila mudah dibudidayakan dengan kolam.

 

Mungkin itu  saja penjelasan mengenai 8 Usaha Peternakan Di Desa Yang Bikin Kamu Sukses. Masih banyak jenis usaha ternak bisa kamu lakukan selain yang di jelaskan di atas.

Baca juga tentang Alokasi Dana Desa Yang Seharusnya di sini

Terima Kasih