Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara membuat jebakan tikus yang sanggat menggangu dengan metode sederhana dan 100% bekerja. Untuk itu mari kita simak artikel berikut ini :

Siapa yang tak kenal dengan karakter pada kartun Tom and Jerry. Karakter Jerry si tikus yang memang lucu dengan tingkah usilnya. Kartun tersebut memang sangat lucu dan meggemaskan sehingga disukai oleh anak-anak bahkan remaja sekalipun. Dan munkin anda termasuk. Wkwk 😀

Namun, masihkah Anda merasa gemas jika melihat wujud asli hewan yang dijadikan sebagai karakter Jerry si Tikus 😀 ? Ya, pastinya tidak. Keberadaan para tikus memang sangat mengganggu di rumah. Hewan ini gemar mencuri berbagai makanan, merusak barang-barang di rumah dan bahkan membuang kotorannya yang bau di sembarang tempat.

Dan sudah menggunakan berbagai cara mengusir tikus, tapi si tikus tetap bergeming dan terus kembali lagi ke rumah Anda. Mungkin sudah saatnya Anda mencoba cara membuat jebakan tikus yang paling efektif dari Saya ini.

Cara Membuat Jebakan Tikus Dengan Mudah

Cara membuat jebakan tikus

Sebelum membahas mengenai cara membuat jebakan tikus, berikut beberapa paparan mengenai macam-macam jenis tikus yang sering kita temui.

Macam-Macam Tikus :

cara membuat jebakan tikus

1. Mencit (Curut)

Mencit ini sangat mudah anda jumpai di rumah-rumah anda dan dikenal sebagai hewan yang suka menganggu. Sebab kebiasaannya mengrogoti barang-barang mebel, barang-barang kecil, dan kerap bersembunyi di sudut atau belakang lemari.

Tikus mencit sangat mudah menyesuaikan dengan perubahan yang dibuat manusia. Dan tikus mencit ini merupakan binatang asli Asia, India, dan Eropa barat.

Tikus mencit mendapat makanan dari makanan manusia dan barang-barang kecil lainnya yang ada di dalam rumah anda. Mencit ini sekarang ada yang menjadi kewan peliharaan, dan kerap dipergunakan untuk percobaan ilmiah.

Dan ciri-ciri tikus ini adalah memiliki ukuran yang kecil dari tikus rumah dan sawah pada umumnya dan sering bersuara ciit ciit, sehingga dijuluki tikus mencit..

2. Tikus Rumah

Tikus rumah merupakan binatang pengerat yang kerap kita temui di dalam rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pintar memanjat juga pintar melompat.

Pada saat ini tikus rumah sering terlihat tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin tikus rumah kalah bersaing dengan tikus got.

Tikus rumah adalah tikus yang tidak bisa berenang berbeda dengan tikus got. akan tetapi sangat gesit, pandai dalam memanjat dan melompat bahkan berani terbang .

Warna tikus rumah ini biasanya hitam atau coklat terang. Hewan ini termasuk kedalam hewan nokturnal (beraktivitas pada malam hari) dan pemakan segala, sehingga tak heran jika tikus ini sering makan-makanan bermacam-macam.

Ukuran tikus rumah ini berkisar antara 15-20cm dengan ekor ± 20cm. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan hidupnya berkelompok. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan jumlah anak 3-10 ekor /kelahiran.

3. Tikus Sawah

Tikus ini berukuran sedang, bisa dibilang lebih kecil daripada tikus got. Dengan panjang 30-40 cm (termasuk ekor). Bewarna coklat kekuning-kuningan. Perutnya berambut kelabu dengan bagian sampingnya berambut putih. Ekornya berwarna coklat.

Hewan ini memiliki habitat di persawahan, ladang dan padang rumput. Makanan kesukaannya bulir padi, jagung atau rumput.

Tikus ini membuat sarang di tanah dengan membuat lubang, di bawah batu, atau di dalam sisa-sisa kayu.

Hewan ini adalah jenis hama pengganggu pertanian tanaman utama dan sulit dikendalikan karena ia mampu belajar dari tindakan-tindakan yang telah dilakukan sebelumnya.

Berikut Beberapa Macam Cara Membuat Jebakan Tikus  Dengan Efektif :

cara membuat jebakan tikus

1. Cara Membuat Jebakan Tikus Dengan Ember Dan Sendok

Merasa geli ketika kita harus menangkap tikus dengan memegangnya secara langsung. Cara menangkap tikus yang satu ini memungkinkan Anda untuk menjebak tikus tanpa perlu menyentuhnya secara langsung.

Yang Anda butuhkan hanyalah sebatang sendok yang ujungnya sudah diolesi dengan selai kacang atau keju dan sebuah ember (lebih bagus ember sampah yang cukup tinggi dan di isi dengan air).

Tempatkan sebatang sendok di ujung meja, sedangkan di bawahnya diletakkan ember agar tikus terjatuh ke dalam ember tersebut saat berusaha memakan umpan yang berada di ujung sendok itu.

Tikus yang terjebak di dalam ember akan kesulitan keluar karena ember bersifat licin dan susah dipanjat oleh tikus apalagi dikasih air. Maka otomatis tikus akan tenggelam dan mati.

2. Jebakan Dari Ember Dan Piring Kertas

Piring kertas biasanya dipakai untuk menyantap hidangan makanan di berbagai acara. Namun kali inikita akan menggunakan piring sebagai jurus ampuh untuk menjebak jerry si tikus.

Sediakan ember yang sudah anda isi dengan air setengah bagian ember, lalu letakkan tusuk sepertiga bagian piring kertas dengan kawat dan jangan menusuk pada bagian tengah.

Kemudian taruh makanan yang menggundang tikus di bagian tengah piring kertas. Lalu pasang kawat yang sudah dilengkapi dengan piring kertas di tengah-tengah ember tersebut. Letakkan perangkap ini di sudut-sudut ruangan yang merupakan sarang bagi jerry si tikus.

Dan tikus akan melalui piring kertas tersebut lalu piring akan terbalik karena tidak dapat menahan beban tubuh jerry si tikus. Kemudian tikus akan jatuh ke dalam ember yang berisi air dan mati.

3. Jebakan Dari Ember Dan Kaleng

Cara menangkap tikus selanjutnya adalah menggunakan ember dan kaleng. Pada jebakan kali ini hampir sama dengan ember dan sendok, tetapi bedanya adalah jebakan ini menggunakan kaleng bukan sendok. Berikut ini cara membuat jebakan tikus dengan ember dan kaleng.

Silahkan sediakan barang-barang dibawah ini :
  • Ember besar (bisa menggunakan ember cat yang besar)
  • Tang
  • Kawat, bisa dari hanger atau kawat lainnya
  • Selai kacang/ keju atau rasa lain sebagai pemikat tikus
  • Air
  • Bor untuk melubangi Ember (melubangi bisa dengan menggunakan paku atau semacamnya)
Cara Membuat Jebakan Tikus :
  1. Bor atau lubangi Ember untuk  menyangga kawat.
  2. Siapkan kawat dari gantungan baju atau lainnya dan potong bagian yang lurus sepanjang diameter ember.
  3. Lubangi Botol yang tidak terpakai.
  4. Susun Botol yang telah dilubangi dan tusukkan kawat ke botol hingga tembus ember.
  5. Jika sudah tembus ember, kemudian bengkokkan kawat agar tidak lepas jika ada tikus hinggap pada botol.
  6. Olesi botol dengan Selai kacang, keju, atau makanan lain yang disukai oleh tikus.
  7. Taruh Jebakan Tikus sederhana ini pada tempat yang  strategis. Berikan Alas agar tikus bisa naik ke ember. Oh ya? berikan air sepertiga atau setengah dari volume ember agar jika ada tikus terpeleset bisa langsung tenggelam.

Berikut ini contoh hasil atau cara dari jebakan Tikus dari kaleng dan ember bekerja. Prinsipnya adalah jika tikus hendak memakan selai yang dioleskan ke botol, maka tikus akan terpeleset / tergelincir dan jatuh ke dalam ember yang telah berisi air.

Kemudian tikus akan mati karena tenggelam. Dan ini merupakan cara membuat jebakan tikus yang cukup efektif.

4. Jebakan Menggunakan Lem Tikus

Bila anda tidak ingin susah-susah membuat perangkap tikus? Anda bisa langsung membeli lem tikus yang ada di toko. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menjebak jerry si tikus.

Berikut cara membuat perangkapnya :

  1. Siapkan selembar potongan kardus kemudian oleskan kardus tersebut dengan lem tikus.
  2. Letakkan umpan tikus berupa makanan di tengah-tengah kardus.
  3. Kemudian, Anda hanya perlu mencari tempat yang memang tepat untuk meletakkan perangkap ini. Anda dapat meletakkan perangkap dengan lem tikus ini di tempat-tempat yang sering di buat musyawarah jerry si tikus dengan keluarganya.

Jika perangkap ini berhasil, tikus akan terjebak di tengah-tengah kardus saat ia berusaha mengambil makanan. Dan Lem tikus memiliki daya rekat yang sangat kuat sehingga hewan sebesar tikus tidak mampu melepaskan diri karena tubuhnya sudah lengket dengan lem tersebut.

5. Jebakan Menggunakan Gulungan Karton Tisu

Siapa sangka kertas karton gulungan tisu yang sering terabaikan ternyata bisa memberi manfaat sebagai perangkat tikus. Ya! hanya bermodalkan karton gulungan tisu WC Anda bisa membuat alat penangkap tikus yang sederhan. Dan caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu menempatkan karton tisu di tepi meja.

Berikut cara membuatnya :

  1. Siapkan gulungan kartos tisu
  2. Kemudian letakkan keju, selai atau makanan yang disukai tikus di ujung berlawanan dengan meja atau bagian ujung karton yang menjorong keluar.
  3. Berikan selotip agar karton gulungan tisu tidak jatuh atau bergeser karena terkena angin.

Cara kerjanya, tikus akan mengambil umpan di ujung karton tisu dan terjatuh ke bawah. Jadi jangan lupa untuk turut menyiapkan ember di bawah untuk menampung tikus yang jatuh dan tambahkan air.

6. Jebakan Menggunakan Botol Air Mineral

Untuk Anda yang sering membeli botol air mineral, stop untuk membuangnya. Ternyata botol air mineral dapat digunakan menjadi jebakan tikus sederhana yang cukup ampuh lho gaes. Bagaimana caranya ? mari simak.

  1. Siapkan botol air mineral terlebih dahulu.
  2. Kemudian potong ¼ bagian atas botol tapi jangan sampai putus.
  3. Lalu lubangi kedua sisi botol bagian atas dan masukkan tusuk bambu secara horisontal.
  4. Lakukan juga pada bagian bawah dengan melubangi kedua sisi botol air mineral untuk ditusuk dengan tusuk bambu.
  5. Kemudian kaitkan karet di antara dua buah tusuk bambu yang berseberangan.
  6. Lalu lubangi bagian bawah botol untuk menempatkan pengait dan pasang benang pada bagian pengait dan tutup botol bagian atas.
  7. Masukkan umpan tikus ke dalam perangkap dengan meletakkan didalam botol air mineral.

Cara kerja jebakan : Saat tikus memakan umpan yang ada didalam botol air mineral tersebut, maka akan terlepas dan botol pun tertutup. Dan tikus tersebut berhasil Anda tangkap tanpa perlu memegang hewan itu secara langsung.

Penyakit Yang Timbul Akibat tikus

1. Hantavirus

Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) pertama kali ditemukan tahun 1993. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Penyakit ini disebarkan oleh jenis tikus rusa, tikus padi, tikus berkaki putih, dan tikus kapas.

Penyakit dari hewan pengeratyang satu ini ini menular ketika Anda menghirup partikel dari urin, kotoran, atau air liur tikus yang ada di udara.

Anda juga bisa terinfeksi jika menyentuh atau memakan sesuatu yang pernah terkena tikus. Bila Anda digigit tikus itu, anda juga bisa menjadi salah satu cara penularan virusnya, meskipun kasus digigit tikus jarang terjadi.

Gejala awal HPS sangat mirip dengan gejala flu. Ini bisa termasuk demam, sakit kepala, muntah, diare atau sakit perut. Sekitar 4 hingga 10 hari kemudian, orang yang terkena mungkin juga mengalami batuk, sesak napas, dan penumpukan cairan di paru-paru.

2. Hemorrhagic Fever With Renal Syndrome (HFRS)

Sama seperti hantavirus, HFRS adalah demam yang muncul bersamaan dengan perdarahan (hemoragik) dan disertai sindrom ginjal (HFRS).

HFRS termasuk penyakit seperti demam berdarah, demam berdarah epidemik, dan epidemi nephropathia. Penyebaran penyakit lewat tikus ini mirip seperti dengan penyebaran penyakit hantavirus. Penyakit ini biasanya berkembang di dalam tubuh mulai dari 2 sampai 8 minggu setelah terkena.

Gejala awal bisa ditandai dengan sakit kepala sering, nyeri punggung dan perut, demam, menggigil, mual, dan penglihatan kabur. Terkadang penyakit ini juga bisa ditandai dengan mata, wajah dan kulit yang berwarna agak kemerahan.

Gejala parah juga bisa muncul ketika seseorang mengalami penyakit ini, yaitu tekanan darah rendah, syok akut, sampai gagal ginjal akut.

3. Penyakit Pes

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersina pestisia yang ditularkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya.

Bakteri penyebab penyakit pes ini dibawa oleh kutu yang tertular dari hewan pengerat, sehingga kutu kemudian akan menyebarkan bakteri tersebut saat menggigit tubuh Anda.

Umumnya penyakit pes tersebar di daerah yang lingkungan padat penduduk dengan sanitasi yang cukup buruk. Gejala penyakit pes yang paling sering terjadi yakni dengan munculnya pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, ketiak, atau leher.

Dalam beberapa kasus, penyakit pes bisa sampai menyerang ke paru-paru. Kondisi ini tentu sangat membahayakan karena bisa dengan mudah menular dari orang ke orang, melalui droplet atau tetesan air liur saat batuk.

Komplikasi penyakit dari tikus ini bisa berujung pada meningitis dan bahkan kematian.Perlu diketahui, bahwa penyakit ini bukan saja hanya disebarkan lewat hewan pengerat.

Hewan seperti kelinci, anjing, kucing yang kutunya sudah terinfeksi pes bisa menjadi sumber penularan penyakit. Penularan terjadi jika Anda berkontak langsung atau tergigit oleh hewan tersebut.

4. Lymphocytic Chorio-Meningitis (LCM)

Lymphocytic chorio-meningitis adalah penyakit dari tikus yang disebabkan oleh virus choriomeningitis limfositik atau LCMV. LCM bisa dibawa oleh hewan pengerat yang biasanya ada di rumah-rumah seperti tikus.

Selain itu, virus ini juga bisa disebarkan oleh hewan pengerat peliharaan seperti hamster dan hewan lain semacamnya. Jika Anda tergigit atau terkena air kencing hewan tersebut, maka Anda berisiko tinggi mengalami penyakit infeksi ini.

Penyakit ini awalnya tidak akan menimbulkan gejala tertentu. Gejala baru timbul 8-13 hari setelah teserang virus. Anda akan merasakan gejala seperti demam, kurang nafsu makan, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah.

Gejala lain yang muncul bisa termasuk sakit tenggorokan, batuk, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri testis, dan nyeri parotid (kelenjar ludah).

Penyakit LCM ini bisa berkembang lebih jauh hingga menimbulkan peradangan pada sumsum tulang belakang. Jika ini terjadi, akan muncul beberapa gejala seperti kelemahan otot, kelumpuhan, hinggga perubahan lainnya pada tubuh.

Jika seorang wanita hamil yang mengalami penyakit LCM, maka berisiko menularkan virus tersebut kepada janin di dalam kandungannya.

Dan bila infeksi terjadi selama trimester pertama kehamilan, maka akan berisiko mengancam nyawa janin. Sementara bila terjadi pada trimester kedua dan ketiga, berisiko menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat jebakan tikus dengan efektif. Anda bisa terapkan dirumah dengan bahan-bahan yang memang mudah dicari untuk membasmi tikus. Semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terimaksih 🙂