Pada artikel kali ini saya akan memberi tahu anda tentang usaha kerupuk kulit ikan dan analisa usahanya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kerupuk yang bisa kita konsumsi sangat banyak jenisnya. Beraneka macam usaha kerupuk ini bisa anda dapatkan dengan mudah, dimana kerupuk pun sudah banyak dijual mulai di warung-warung hingga berbagai minimarket.

Salah satu jenis kerupuk yang banyak diminati oleh masyarakat adalah kerupuk yang berasal dari kulit ikan. Krupuk kulit ikan ini banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat karena krupuk ikan memiliki cita rasa yang cenderung gurih, enak dan lezat.

Namun kerupuk kulit ikan ini pasti sudah sering anda lihat atau sudah sering Anda konsumsi. Kali telah muncul inovasi baru dari kerupuk ikan yaitu dengan memanfaatkan kulit ikan untuk diolah menjadi suatu kerupuk yang bisa Anda konsumsi. Hampir semua jenis kulit ikan bisa diolah menjadi kerupuk.

Detail Usaha Kerupuk Kulit Ikan

Pada umumnya yang memproduksi olahan kerupuk ikan ini adalah home industri yang memanfaatkan limbah ikan dari beberapa industri pengolahan makanan berbahan dasar ikan yang tidak menggunakan kulit ikan. Umumnya kulit ikan yang bisa anda olah menjadi makanan kerupuk kulit ikan adalah kulit dari ikan tenggiri, ikan tuna, ikan kakap, ikan kakap merah, ikan pari, ikan hiu,ikan lele, ikan bandeng dan ikan belut.

Jika anda ditanya mengenai cita rasa dari olahan kerupuk kulit ikan ini. jawaab dengan begini, kerupuk kulit ikan ini memiliki rasa yang sangat enak dan juga lezat. Teksturnya pun sangat renyah dan juga memiliki rasa yang gurih inilah mengapa olahan makanan ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga dari kalangan dewasa.

1. Cara Pembuatan Usaha Kerupuk Kulit Ikan Kakap Untuk Di Jadikan Usaha

keupuk kulit ikan kakap

Beberapa jenis ikan yang sering di konsumssi memang telah menjadi primadona bagi masyarakat luas di Indonesia, mengingat sangat luasnya  bagian perairan Indonesia menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat kaya akan hasil perairannya baik di perairan lautnya maupun di perairan air tawarnya.

Salah satunya adalah hasil dari perairan laut yaitu ikan kakap, ikan kakap sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya kakap putih dan kakap merah. Ikan kakap sangat digemari karena jenis ikan satu ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan rasa yang sangat enak dan gurih walaupun pada jenis ikan ini memang memiliki harga yang lumayan mahal.

a. Bahan membuat usaha kerupuk kulit ikan :

  •  1/4 kulit ikan kakap
  •  5 siung bawang putih
  •  2 sdm ketumbar
  •  Asam jawa secukupnya
  •  Garam secukupnya
  •  Air secukupnya
  •  Kapur sirih secukupnya

b. Proses membuat kerupuk kulit ikan kakap :

  1. Potong kulit ikan seperti filet ikan lalu cuci bersih kulit ikan kakap tersebut.
  2. Setelah itu, rendam kulit ikan kakap tersebut dengan kapur sirih semalaman hingga kulit ikan kaku. Kemudian haluskan semua bumbu seperti bawang putih, asam jawa, ketumbar dan garam.
  3. Celupkan kerupuk kulit ikan kakap terlebih dahulu kedalam bumbu yang dihaluskan tadi hingga meresap dalam kulit ikan itu.
  4. Setelah itu, jemur kulit ikan kakap tersebut di bawah terik matahari hingga kerupuk kulit kakap kering.
  5. Siapkan wajan dan isi minyak goreng, lalu panaskan minyak goreng dengan api kecil.
  6. Jika api sudah panas, kemudian goreng kulit ikan sedikit demi sedikit hingga kulit ikan habis.
  7. Tunggu kerupuk kulit ikan dingin lalu simpan dalam kemasan atau toples jika ingin dikmakan sendiri dan juga agar tetap renyah.
  8. Kerupuk kulit ikan siap di konsumsi untuk konsumen atau untuk dimakan sendiri.

C. Manfaat Kerupuk Kulit Ikan Kakap

1. Dapat membantu menyembuhkan magg

Salah satu manfaat yang paling penting dari kerupuk kulit ini adalah dapat membantu menyembuhkan gejala mual-mual dan perih pada bagian perut akibat gangguan dari penyakit maag. Jadi, apabila anda sedang mengalami gejala maag, maka cobalah ini untuk membantu anda menghilangkan gejala maag ini, makan lah kerupuk kulit untuk meredam gejala maag tersebut muncul. Hal ini terbukti, dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung akibat dari serangan maag dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengkonsumsi obat.

2. Sebagai camilan dan teman makan

Inilah beberapa manfaat dari kerupuk kulit dan yang salah satunya adalah sebagai camilan yang paling cocok dengan masyarakat Indonesia. Ya, memang kerupuk kulit yang satu ini seringkali dimanfaatkan sebagai camilan dan juga sebagai teman makan. Rasa yang gurih dan juga renyah dapat meningkatkan selera makan dan juga dapat membuat segala jenis makanan menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Selain itu beberapa produsen kerupuk kulit juga pun banyak yang menambahkan cita rasa lain pada kerupuk kulit contohnya balado,  dan juga banyak produsen yang mengemasnya dalam kemasan yang unik agar dapat menarik minat para konsumen. Camilan kerupuk kulit ini sangat diminati oleh anak-anak yang senang dengan jajanan semacam itu.

3. Mengobati rasa pedas

Apabila anda sedang makan sesuatu yang pedas dan anda kepedasan dan tidak kuat menahannya, daripada meminum air hingga merasa kembung, ada baiknya anda coba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Kerupuk kulit memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.

4. Bahan campuran makanan

Pernahkah anda makan sambal goreng krecek. yap, apa yang sangat anda kenal dengan istilah sambal goreng krecek itu adalah sebutan dari kerupuk kulit. Ini adalah salah satu cara pemanfaatan dari kerupuk kulit, yaitu sebagai bahan yang  utama dalam cara pembuatan masakan-masakan nusantara, salah satu contohnya adalah sambal goreng krecek ini.

5. Tinggi akan kandungan protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk kulit ini adalah kandungan protein yang tinggi. Anda bisa memperoleh asupan protein yang dapat membantu tubuh anda dengan cara mengkonsumsi kerupuk kulit ini. Protein sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari protein? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein :

6. Baik untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tulang

Ya, ternyata kerupuk kulit juga dapat membantu tubuh anda untuk menjaga kesehatan tulang, serta dapat membantu proses pertumbuhan tulang anda. Dikarenakan kerupuk kulit ini memiliki kandungan kalsium dan juga kandungan fosfor yang tinggi. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tulang kita, dan juga baik bagi remaja-remaja yang masih berada di dalam fase pertumbuhan.

2. Cara Pembuatan Usaha kerupuk Ikan Tenggiri Untuk Di Jadikan Usaha

kerupuk kulit ikan kakap

Dalam membuat kerupuk ikan ini tahapan nya memang simple dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan anda bisa memulai bisnis ini dalam skala kecil terlebih dahulu dan kemudian merambah ke skala yang lebih besar.

Dalam pembuatan kerupuk ikan di bawah anda juga bisa mengganti dengan jenis ikan yang lainnya atau bahkan bisa anda ganti dengan daging udang, karena memang membuat kerupuk ikan ini bisa menggunakan bahan baku yang berbeda-beda, namun rasanya tentu juga akan sedikit berbeda.

A. Bahan Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri

  • 800 gram tepung tapioka.
  • 350 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
  • 1 sendok makan garam dapur.
  • 5 Siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • ½ sendok teh ketumbar yang halus.
  • ½ sendok teh soda kue.
  • 300 gram gula pasir.
  • 5 butir telur ayam atau bebek.
  • Air secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng.

B. Proses Pembuatan Kerupuk Kulit Ikan Tenggiri

  1. Campurkan daging dengan bumbu dapur yang telah dipersiapkan sebelumnya, kemudian tambahkan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan bisa bercampur dengan merata, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis.
  2. Kemudian uleni dengan tangan hingga adonan tersebut kalis dan tidak lengket lagi.
  3. Kemudian adonan yang sudah kalis bisa anda gulung dan bungkus dengan daun pisang atau plastik, kemudian masukkan ke dalam panci pengukus. Ketika sudah anda masukan ke dalam panci pengukus tunggu 2-3 jam hingga adonan kerupuk ikan sudah benar-benar matang.
  4. Angkat adonan yang sudah matang, kemudian dinginkan terlebih dahulu. Setelah adonan benar-benar dingin, anda bisa segera mengirisnya tipis-tipis adonan kerupuk dan menjemurnya di bawah sinar matahari antara 2-3 hari, semuanya tergantung dari cuaca yang ada.
  5. Setelah kering, anda bisa menggorengnya dengan menggunakan minyak yang sudah disediakan di atas, kemudian anda goreng hingga kerupuk merekah, kemudian angkat dan tiriskan kerupuk ikan tenggiri.
  6. Simpan kerupuk ikan yang sudah di goreng ke dalam toples, dan kerupuk ikan yang belum digoreng ke dalam wadah plastik. Kerupuk ikan siap dinikmati.

C. Manfaat Kerupuk Kulit Ikan Tenggiri

1. Menambah Energy

Ini dia salah satu dari 6 manfaat kerupuk ikan bagi kesehatan tubuh, yaitu bisa anda gunakan sebagai camilan, sehingga anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar karena meskipun anda tanpa harus memakan nasi karena kerupuk kulit ikan ini memang  banyak mengandung karbohidrat, sehingga dapat anda gunakan sebagai camilan anda untuk penunda lapar.

Di karnakan kandungan karbohidrat yang ada pada kerupuk ikan ini berjumblah 65,6 % yang itu artinya kerupuk kulit ikan memang dapat mengenyangkan perut anda, sehingga anda akan dapat memiliki energy yang banyak untuk bisa menahan rasa lapar anda, atau bahkan dapat anda gunakan sebagai pengganti nasi.

2. Sebagai Pelindung Tubuh

Kerupuk kulit ikan ini juga dapat membantu anda dalam mendapatkan tambahan daya tahan tubuh , kandungan pada kerupuk kulit ikan yang bergizi dan juga banyak kandungan zat besi ini dan masih banyak lagi, sehingga tidak heran juga, jika kerupuk kulit ikan ini bisa membantu anda dalam ketahanan tubuh karena zat besi memang bisa membuat kekebalan tubuh anda meningkat.

Jadi pemanfaatan kerupuk kulit ikan ini bagi tubuh anda adalah anda tidak mudah terkena penyakit, virus yang akan masuk ke dalam tubuh anda pun akan di lawan oleh kandungan zat besi yang terkandung dalam kerupuk kulit ikan tersebut.

3. Menambah Cairan

Kandungan air yang ada pada kerupuk ikan ini memang tidak tinggi, namun kerupuk kulit ikan ini juga  masih mengandung air sebanyak 16,6 % sehingga dapat membantu anda dalam mengumpulkan sedikit cairan dan juga bisa membantu proses pencernaan kerupuk ikan tersebut.

4. Pertumbuhan Tulang

Tulang memang membutuhkan kandungan kalsium yang biasanya di dapat dari kandungan susu atau ikan-ikan segar, namun kerupuk ikan yang sering di anggap hanya sebagai camilan biasa ini ternyata memiliki kandungan kalsium yang juga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang pada orang yang mengkonsumsinya, meskipun memang kandungan kalsium nya tidak banyak.

5. Tinggi Kandungan Protein

Kandungan protein yang ada pada kerupuk kulit ikan ini juga, adalah kandungan yang  penting ini memang sangat banyak memiliki manfaat. Ini dia manfaat yang ada pada kerupuk kulit ikan.

  • Protein bisa membantu anda dalam meningkatkan ketahanan tubuh, jadi selain kandungan zat besinya, kandungan protein nya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda.
  • Akan membantu anda dalam meningkatkan massa otot, sehingga otot anda lebih kuat.
  • Membantu pertumbuhan serta regenerasi sel, biasanya sel-sel memang banyak berada di tubuh manusia, dan terutama pada otak, sehingga dengan bantuan protein ini, otak akan mengalami perkembangan sehingga menjadi lebih pintar ketika berpikir. Lancarnya proses regenerasi pada tubuh anda.
  • Protein juga akan membantu anda untuk pembentukan energy tubuh, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi kekurangan engery atau lain sebagainya.

Peluang Usaha Kerupuk

Strategi Pemasaran

Agar Anda bisa terwujud rencana pemasaran produknya maka Anda harus memiliki aspek apa saja yang berkaitan dengan rencana pemasaran produk. Agar bisa produk kerupuk kulit ikan yang Anda jual ini bisa dengan mudah diterima oleh konsumen maka Anda harus memperhatikan beberapa faktor seperti penentuan harga jual dari kerupuk ikan, sasaran konsumen, sistem pemasaran, promosi, kekuatan dan juga kelemahan bisnis. Selama dalam proses produksi olahan kerupuk kulit ikan ini maka Anda harus membuatnya secara maksimal sehingga dapat menghasilkan output yang maksimal pula.

Contoh Analisa Keuangan Usaha Kerupuk Kulit Ikan : 

Peralatan    Harga 
 Etalase  Rp. 370,000
 Kompor dan gas  Rp.  523,000
 Panci  Rp. 77,000
 Pengaduk  Rp. 41,000
 Wadah  Rp. 59,000
 Meja dan Kursi  Rp. 424,000
 Peralatan tambahan  Rp. 453,000
 Jumlah Investasi  Rp. 1,947,000

Biaya tetap usaha kerupuk kulit ikan

Penyusutan etalse 1/50 x Rp 865.000  Rp. 7,400
 Penyusutan gas 1/50 x Rp 471.000  Rp. 10,460
 Penyusutan alat panci 1/50 x Rp 40.000  Rp. 1,540
 Penyusutan alat pengaduk 1/50 x Rp 60.000  Rp. 820
 Penyusutan wadah 1/50 x Rp 30. 000  Rp. 1,180
 Penyusutan ukuran meja dan kursi 1/50 x Rp 494.000  Rp. 8,480
 Penyusutan alat untuk tambahan 1/50 x Rp 860.000  Rp. 9,060
 Total Biaya Tetap  Rp. 38,940

Biaya variable kerupuk kulit ikan

kulit ikan patin  Rp. 80,000  x  30  =  Rp. 2,400,000
 kapur sirih  Rp. 6,000  x  30  =  Rp. 180,000
 minyak goreng  Rp. 28,000  x  30  =  Rp. 840,000
 tepung terigu  Rp. 5,700  x  30  =  Rp. 171,000
 bawang putih  Rp. 9,300  x  30  =  Rp. 279,000
 garam  Rp. 8,200  x  30  =  Rp. 246,000
 lain-lain  Rp. 61,000  x  30  =  Rp. 1,830,000

 Total Biaya Variabel

   Rp. 5,946,000

Total biaya operasional kerupuk kulit ikan

Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 5,984,940

Pendapatan penjualan kerupuk kulit ikan

     39  bungkus  x  Rp. 13,000  =  Rp. 507,000
Rp. 507,000  x 30  hr  =  Rp. 15,210,000

Keuntungan penjualan kerupuk kulit ikan

Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp. 15,210,000  – 5,984,940  =  Rp. 9,225,060

Lama balik modal kerupuk kulit ikan

Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 1,947,000  : 9,225,060  = 5  bln

Untuk membuat kerupuk kulit ikan ini, Anda pastinya akan melalui proses pengeringan kulit ikan sebelum diolah menjadi kerupuk. Pada umumnya untuk melakukan proses pengeringan kulit ikan ini masyarakat masih mengandalkan cahaya matahari bukan. Namun pada masa saat ini sudah banyak ada banyak yang memproduksi mesin usaha yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses pengeringan kulit ikan tanpa harus bergantung dengan sinar matahari. Mesin usaha yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses pengeringan kulit ikan bernama mesin oven pengering. Mesin oven pengering ini merupakan salah satu mesin usaha yang langsung bisa anda gunakan. Jika Anda merasa tertarik untuk menggunakan mesin oven pengering ini bisa Anda dapatkan.

Demikianlah informasi penting yang berkaitan dengan usaha kerupuk kulit ikan dan analisa usahanya jika anda ingin juga belajar tentang usaha emping jagung dan analisa usahanya. Semoga dengan informasi yang telah kami bagikan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.