Pada artikel ini saya akan memberitahu anda  cara usaha kerupuk ikan. Kerupuk yang kini mulai dilirik oleh masyarakat dunia ternyata sudah ada sejak abad ke 9 atau 10 seperti keterangan yang tertulis pada prasasti Batu Pura. Pada prasasti tersebut tertulis kerupuk rambak (kerupuk kulit) yang masih bisa dinikmati hingga saat ini sebagai camilan, pelengkap makanan, dan salah satu bahan krecek.

Kerupuk yang awalnya berasal dari Pulau Jawa perlahan-lahan mulai menyebar ke berbagai wilayah pesisir Kalimantan, Sumatra, hingga Semenanjung Melayu. Kemudian masyarakat Melayu mulai berinovasi dengan menjadikan hasil kekayaan laut mereka seperti ikan dan udang diolah untuk dijadikan kerupuk.

Keterangan tentang sudah merambahnya kerupuk ke berbagai negara tertuang dalam sebuah naskah Melayu dari karya Abdul Kadir Munsyi. Dalam naskah itu disebutkan bahwa kerupuk mulai merambah ke mancanegara pada abad ke 19.

Bukan cuma bahan-bahan pembuatan kerupuk saja yang beragam, nama kerupuk pun beragam. Ada yang menggunakan nama sesuai dengan bahan pembuatnya, ada pula yang menggunakan nama produsen kerupuk tersebut. Salah satunya adalah kerupuk Sudiana.

Beberapa Usaha Kerupuk Ikan yang Dapat Anda Buat Dengan Mudah Sebagai Berikut:

1. Cara Membuat Kerupuk Ikan Laut

Cara memasak ikan bisa dilakukan dengan berbagai cara pengolahan. Berbagai macam bentuk makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan misalnya kerupuk yang akan saya paparkan pembuatan nya saat ini.

Membuat kerupuk ikan tergolong sangat mudah dah sederhana meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk penjemurannya kira-kira selama 2 – 3 hari supaya benar-benar kering dan mendapatpan hasil yang bagus. Banyak jenis panganan yang bisa anda padukan dengan kerupuk seperti mie goreng dan nasi goreng.

Membuat kerupuk ikan memang mudah tetapi masih banyak yang belum tau tentang cara pembuatannya. Karena itu, saya akan bagikan resep cara membuat kerupuk ikan dengan hasil yang renyah dan gurih kepada anda sekalian.

Bahan dan Bumbu :

  •  800 gr tepung tapioka
  •  350 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  •  1 sendok makan garam
  •  5 siung bawang putih ( haluskan )
  •  1/2 sendok teh ketumbar halus
  •  1/2 sendok teh soda kue
  •  300 gr gula pasir
  •  5 butir telur
  •  air secukupnya
  •  minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Agar Renyah dan Gurih :

  1. campurkan semua bahan lalu diaduk sampai tercampur rata
  2. uleni dengan tangan sampai adonan kalis dan tidak lengket ditangan
  3. kemudian bungkus adonan dengan daun pisang setelah itu gulung memanjang dan kukus selama 2 – 3 jam sampai adonan benar-benar sudah matang
  4. lalu angkat dan dinginkan adonan tersebut lalu iris tipis jemur adonan yang sudah di iris tadi sampai benar-benar kering ( 2 – 3 hari )
  5. panaskan minyak diatas api ukuran sedang dan goreng adonan yang sudah di iris tipis dan kering sampai mengembang, angkat lalu tiriskan.
  6. simpan dalam toples, kerupuk ikan siap dinikmati

Cara Membuat Kerupuk Ikan agar kerupuk yang di hasilkan Renyah dan Gurih  anda diharuskan memilih ikan yang masih segar, supaya cita rasa kerupuk ikan lebih enak dan gurih. Ikan tenggiri juga bisa anda ganti dengan daging udang atau jenis ikan yang lainnya.

2. Cara Membuat Kerupuk Tenggiri Khas Palembang

usaha kerupyuk tenggiri

Kerupuk, siapa tak mengenalnya. Makanan ringan dengan tekstur renyah dan bersuara khas saat digigit ini, adalah favorit siapa saja. Ia tak hanya dimakan sebagai cemilan, namun juga dapat menjadi lauk makan. Salah satu jenis kerupuk yang banyak mempunyai peminat di Indonesia adalah jenis kerupuk ikan tenggiri. Dijamin, tak ada yang mampu menolak kelezatannya.

Dari Sabang sampai Merauke, tidak hanya berjajar pulau-pulau. Aneka ragam bentuk dan rasa kerupuk pun dapat dijumpai, sebagai kekayaan kuliner nusantara. Bahan baku pembuatannya pun bermacam-macam. Selain berbahan ikan, kerupuk yang ada di nusantara ini ada juga yang terbuat dari kulit, tepung dengan bumbu bawang putih, tempe, bahkan hingga berbahan sayuran dan buah-buahan.

Ciri dari kerupuk ikan tenggiri yang khas dari Palembang adalah warnanya yang selalu putih. Bentuknya bulat cenderung oval. Serta, kerupuk ini biasanya dibuat agak tebal. Ketebalan ini yang membuat kerupuk tenggiri Palembang tidak secrunchy kerupuk-kerupuk tipis umumnya.

Kerupuk ikan tenggiri yang sering kita nikmati ini, ternyata juga banyak memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Ini karenakan bahan bakunya yang mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram ikan tenggiri, terdapat kalori sebesar 109 kkal. Sedangkan kandungan proteinnya adalah sebesar 25,1 gram. Selain itu, juga terdapat kandungan asam lemak sebanyak 2,6 gram dan mineral berjumblah 2,9 gram.

Kerupuk ikan tenggiri yang sering kita nikmati ini adalah kuliner khas dari nusantara yang memang patut untuk dilestarikan. Dengan mengerti cara membuatnya, maka kita dapat menurunkannya lagi nanti ke anak cucu kita. Nah, selamat mencoba!

Cemilan satu ini juga populer di Palembang, dan telah menasional. Bahkan kerupuk, sudah menjadi semacam keyakinan tersendiri di mata masyarakat, bahwa kerupuk ikan tenggiri dari Palembang pastilah jaminan mutu dan rasa. Selengkapnya tentang cara membuatnya, akan saya bahas di bawah ini:

Bahan Dan Bumbu:

  • Daging ikan tenggiri 1 ½ kg
  • Tepung tapioka atau tepung sagu 1 kg
  • Bawang putih 5 siung, haluskan
  • Garam 1 sendok makan
  • Soda kue ¼ sendok makan

Cara Membuat Kerupuk Tenggiri Agar Renyah dan Gurih:

  1. Haluskan daging ikan tenggiri, sampai benar-benar halus dengan mesin pengolah daging. Ini dapat anda lakukan dengan menggunakan alat blender atau juga mesin penggiling daging
  2. Persiapkan wadah yang cukup besar
  3. Masukkan daging yang sudah digiling tadi, kemudian bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan garam sesuai selera dan soda. Aduk adonan hingga tercampur rata
  4. Selanjutnya, sedikit demi sedikit masukkan tepung tapioka, sambil terus diaduk agar tercampur merata. Tambahkan sedikit air dan uleni hingga adonan kalis
  5. Gulung adonan menjadi bentuk tabung atau bulat memanjang. Agar lebih mudah bisa juga membungkusnya dengan daun pisang
  6. Sediakan pula kukusan di atas kompor. Setelah kukusan panas, masukkan adonan yang sudah di bentuk, dan kukus hingga adonan matang. Cara untuk mengetahui kematangan adalah dengan menusukkan lidi ke dalam adonan. Jika lidi diangkat sudah tidak lengket atau tidak ada adonan menempel, maka itu tandanya sudah matang. Segera angkat dari kukusan, dan diamkan hingga dingin
  7. Setelah dingin dan mengeras, potong adonan menggunakan pisau. Untuk hasil yang lebih baik anda dapat juga menggunakan mesin pemotong adonan, seperti yang biasa digunakan untuk membuat keripik.
  8. Setelah itu siapkan nampan untuk menjemur. Atur rapi potongan adonan tadi dalam nampan. Usahakan tidak ada adonan yang tertumpuk satu sama lain. Jemur di bawah terik matahari, atau dapat juga dengan memasukkannya ke dalam oven. Pastikan benar-benar kering, ya! Jika dijemur di bawah matahari belum kering satu hari, maka lanjutkan di hari kedua
  9. Siapkan wajan di atas kompor dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Goreng kerupuk sesuai kebutuhan. Setelah kerupuk mengembang, angkat dan tiriskan. Masukkan kerupuk dalam toples agar tetap renyah.
  10. Jika adonan atau kerupuk mentah masih ada sisa, kamu dapat menyimpannya sebagai persediaan, dan menggorengnya jika diperlukan.

Nah, mudah bukan cara membuatnya? Selain untuk dikonsumsi bersama keluarga, dapat juga sebagai bisnis loh. Jika kamu jeli dalam mengelolanya, siapa tahu dapat mengantarkamu sebagai pengusaha sukses.

Manfaat Kerupuk Tenggiri

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Ikan Tengiri :

Nama Bahan Makanan : Ikan Tenggiri
Nama Lain / Alternatif : Ikan Tengiri
Jumblah Ikan Tenggiri yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian-bagian Ikan Tenggiri yang dapat anda konsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Ikan Tenggiri = 109 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Tenggiri = 21,5 gr
Fungsi Protein Bagi Tubuh :

  1. Setiap gram ikan tnggiri memiliki kandungan dalam protein dan dapat menghasilkan 4,1 kalori, yang cocok sebagai sumber energi pada tubuh.
  2. Mengatur metabolisme tubuh.
  3. Kandungan protein dapat berfungsi sebagai asupan energi utama untuk yang sedang diet rendah gula.
  4. Menjaga keseimbangan antara asam basa dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan protein berperan penting dalam menjaga stabilitas pH cairan tubuh kita.
  5. Protein merupakan bahan dalam sebuah sintesis substansi seperti contohnya hormon, zat antibodi,dan organel sel-sel lainnya
  6. Sumber protein membantu proses pertumbuhan pada anak-anak dan remaja karena sel-sel tubuh mendapat cukup asupan zat pembangun.
  7. Membantu kerja tubuh dalam menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

3. Cara Membuat Kerupuk Lele Dengan Mudah

usaha kerupuk ikan lele

Seiring berjalannya waktu, berbagai jenis kerupuk pun muncul. Kerupuk yang awalnya hanya terbuat dari kulit sapi kini mulai muncul kerupuk-kerupuk yang terbuat dari bahan-bahan lainnya seperti kerupuk ikan tenggiri, kerupuk udang, kerupuk nasi, dan lain sebagainya.

Kerupuk ikan lele ini dapat menjadi salah satu jenis usaha andalan yang laku keras dipasaran. Apalagi jika Anda bisa menghadirkan kerupuk ikan lele dengan rasa yang cirikhas dan kemasan yang menarik. Tentu saja akan banyak kalangan yang akan tertarik untuk mencicipi kerupuk berbahan ikan lele yang anda buat nantinya. Karena cara budidaya ikan lele itu tidak terlalu sulit jadi mencari bahan untuk usaha kerupuk pun tidak akan sulit.

Sebelum anda memulai usaha kerupuk ikan lele langkah pertama yang harus anda lakukan adalah belajar membuat kerupuk ikan lele terlebih dahulu, dan berikut resep dan bahan yang anda butuhkan untuk memulai usaha kerupuk ikan lele:

Bahan dan Bumbu :

  • Daging ikan lele tanpa tulang sebanyak 500 gram.
  • Tepung tapioca 500 gram.
  • Minyak goreng
  • Air sebanyak 100 ml.
  • Gula
  • Garam
  • Telur bebek atau telur ayam sebanyak 2 butir
  • Plastik
  • Tali karet atau benang.

Usahakan bahan-bahan di atas anda dapatkan dalam keadaan segar agar hasil yang anda dapatkan juga lebih enak dan gurih, untuk memproduksi kerupuk ikan yang lebih banyak, anda tinggal menambahkan bahan sesuai data di atas sebanyak yang anda inginkan, namun dengan takaran yang pas. Untuk mempersempit biaya produksi, sebaiknya anda juga menggunakan mesin pembuat kerupuk agar proses dalam pemisahan tulang atau pencampuran bahan menjadi lebih baik dan efisien.

Cara Membuat Kerupuk lele Agar Renyah dan Gurih:

  1. Bersihkan ikan lele yang akan anda gunakan dari bagian patil, sirip, dan isi perutnya hingga bersih, kemudian cuci bersih keseluruhan ikan lele yang akan anda gunakan.
  2. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah kukus ikan lele yang sudah dibersihkan tadi hingga matang dan dinginkan.
  3. Haluskan daging ikan lele dengan mesin penggiling daging atau jika anda tidak memiliki mesin tersebut anda bisa menumbuknya, jika daging dalam jumblah besar anda sebaiknya menggunakan mesin penggiling daging agar hasilnya lebih bagus dan akan lebih cepat.
  4. Campurkan tepung tapioka yang sudah anda persiapkan tadi dengan air sedikit demi sedikit, kemudian tambahkan daging ikan lele yang sudah halus, garam, gula dan telur bebek.
  5. Aduk dan uleni campuran bahan tersebut hingga kalis dengan mesin pengaduk atau secara manual.
  6. Sesudah itu bungkus adonan yang sudah di haluskan tersebut dan masukkan adonan yang sudahanda bungkus dengan plastik pembungkus ke dalam alat pengukusan. Setelah adonan matang, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan.
  7. Iris tipis adonan yang sudah dingin tersebut, dan jemur hingga kering di bawah sinar matahari atau anda bisa menggunakan mesin pengering agar prosesnya lebih cepat.
  8. Kemudian goreng kerupuk lele yang sudah sangat kering dan tiriskan. Setelah di rasa cukup, anda bisa mengemasnya dengan kemasan yang bagus agar banyak konsumen yang membelinya.
  9. Kerupuk ikan lele yang anda buat telah siap untuk dijual dalam keadaan yang sudah matang atau digoreng, atau anda juga bisa menjualnya dalam keadaan mentah atau kering dalam kemasan yang baik pula.

Manfaat Yang Terkandung Pada Ikan Lele:

1. Sumber Protein

Protein yang terkandung pada ikan lele maliputi asam amino esensial lisin, metionin dan kandungnan leusin dengan kadar protein yang sangat tinggi. 80% ikan tawar darat mengandung protein dengan kadar sistin dan metionin yang tinggi. Leusina membantu proses pertumbuhan pada anak, juga berguna untuk pembentukan dan perombakan otot. Lisin membantu proses pertumbuhan anak.

2. Kaya Phospor

Kandungan phospor pada ikan lele yang mencapai 168 mg/ 100 gram terbukti lebih tinggi daripada kandungan phospor yang terdapat di telur yang hanya 100 mg. Phospor berfungsi untuk memberi kekuatan dan energi dalam metabolisme lemak dan pati, menjadi penunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA, serta membantu penyerapan kalsium.

3. Rendah Lemak

Ikan lele memiliki kandungan vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele ini saja diketahui banyak mengandung 40 persen asupan vitamin B-12 yang sangat direkomendasikan setiap hari untuk di konsumsi. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang Anda konsumsi sebagai energi. Tidak hanya itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

4. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika Anda mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh Anda. Pristiwa penumpukan merkuri dalam tubuh dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri karena sudah menumpuk hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan juga anak-anak.

5. Mengandung Asam Lemak yang Sehat

Jika anda rutin makan ikan lele adalah cara mudah anda untuk meningkatkan asupan kndungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini dikarenakan satu ekor ikan lele mengandung 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg kandungan asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Demikian informasi tentang cara usaha kerupuk ikan yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.