5 Usaha Sampingan Di Desa Yang Layak Di Coba

Usaha Sampingan Di Desa – Banyak hal yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Mulai dari pekerjaan berat hingga pekerjaan yang ringan. Salah satu hal yang dilakukan untuk melengkapi kebutuhan hidup dengan usaha.

Ada banyak jenis usaha yang dapat dilakukan, namun usaha-usaha yang dilakukan orang-orang banyak menyita waktu mereka.

Akan tetapi ada usaha sampingan yang dapat dilakukan tanpa memakan waktu yang banyak dan usaha tersebut terbilang mudah.

Usaha-usaha ini dapat dilakukan di berbagai daerah namun dengan kondisi tertentu, yang tentu mengntungkan.

Pada dasarnya, setiap daerah memiliki ciri khas masing – masing baik itu di daerah desa, daerah kota, daerah pinggir kota.

Daerah pinggiran pantai atau di daerah perumahan yang kumuh sekalipun, mempunyai ciri khas.

Dengan ciri khas kondisi dan sikap masyarakat yang berbeda – beda tersebut ikut mempengaruhi jenis usaha yang berkembang.

Suatu usaha mungkin akan berhasil di daerah pingiran kota, namun tak cukup baik di daerah pusat kota.

Atau bisa terjadi usaha berjalan dengan baik bahkan sangat menguntungkan ketika dijalankan di daerah desa namun tidak laku di daerah kota.

Oleh karena itu, tempat lokasi dalam membangun usaha juga sangat penting terkait banyak penilaian di dalamnya baik dari banyak jumlah penduduk.

Tingkat ekonomi masyarakat sampai kesiapan masyarakat untuk memanfaatkan poduk yang dijual.

Pola untuk melakukan usaha di daerah desa dengan di daerah kota memang cukup berbeda. Kita harus menyesuaikan juga dengan kondisi lingkungan yang ada.

Untuk di daerah desa masih banyak jenis usaha yang dapat dilakukan, begitupun usaha sampingan yang bisa dilakukan di desa.

Jenis usaha-usaha yang ada di kota dapat diterapkan di daerah pedesaan, tergantung bagaimana kita mengolahnya.

Tentu saja kita harus menganalisis terlebih dahulu sebelum memulai usaha tersebut.

Mengingat hal tersebut, saya akan mem berikan beberapa contoh ide usaha sampingan yang bisa dijadikan sebagai jenis usaha sampingan yang cocok dilakukan di daerah pedesaan.

Simak penjelesannya sebagai berikut.

Usaha Sampingan Di desa

5 Usaha Sampingan Di Desa Yang Layak Di Coba

1. Berjualan Bensin

Di desa kendaran sepeda motor dan juga mobil sudah banyak di gunakan untuk alat transportasi sehari-hari, namun jarang sekali pom bensin ada di desa apalagi desa terpencil.

Salah satu usaha sampingan di desa yang menjajikan adalah menjual bensin, usaha ini terbilang mudah dan simpel, juga tidak butuh modal yang banyak.

Cukup dengan menyediakan botol-botol untuk menaruh bensin yang akan di jual.

Untuk pembelian bensinnya cukup 2 kali seminggu pergi ke kota untuk pembelian bensin secara massal.

Dari berjualan bensin ini, kita bisa mendapatkan keuntungan Rp 1.000 sampai Rp 2000 perliter bensinnya.

Umumnya bensin yang terjual perhari adalah 10 liter, jadi 10 x Rp 2000 = Rp 20.000 perhari, sebulannya berarti 30 x Rp 20.000 = Rp 600.000.

Pengasilan tersebut bisa di bilang cukup besar untuk sebuah usaha sampingan di desa yang bisa di lakukan.

2. Berjualan Pulsa Elektrik

Perkembangan teknologi sangat cepat juga telah merambah ke desa-desa, salah teknologi yang semua orang hampir menggunakannya termasuk orang-orang di desa adalah ponsel.

Tentu saja bila kita menggunakan ponsel, kita harus mengisi pulsa secara rutin agar bisa berkomunikasi dengan ponsel.

Berjualan pulsa elektrik merupakan salah satu usaha sampingan di desa yang sangat mudah untuk dilakukan.

Yang kita butuhkan hanya ponsel yang gunakan sekarang dan tentunya juga saldo pulsa elektrik tersebut.

Untuk membeli saldo pulsa elektrik hendak bertanya-tanya dulu di berbagai tempat, untuk mendapatkan harga yang murah dan juga agen yang terpercaya.

keuntungan yang didapat dari berjualan pulsa biasanya Rp 1.000 per transaksi, cukup relevan dengan pekerjaan yang sangat mudah di lakukan.

3. Budidaya Ikan

Usaha sampingan di desa yang cukuk menarik berikutnya adalah budidaya ikan, karena di daerah desa biasanya ketersediaan sumber air cukup berlimpah.

Sungai – sungai sekitar masih mengalir deras. Melihat pada kondisi yang demikian, memang membuat usaha budidaya ikan sangatlah cocok dilakukan di desa.

Ikan yang biasanya banyak diminati adalah ikan lele, ikan patin, ikan gurami dan ikan mas. Ikan-ikan ini bisa dibudidayakan dari berbagai bentuk pengelolaan baik itu pembenihan, penetasan, maupun pembesaran hingga ukuran konsumsi.

Kebutuhan akan konsumsi ikan air tawar masih tergolong tinggi sehingga potensi perikanan untuk di desa masih terbuka lebar.

Budidaya ikan ini masih cocok untuk dijadikan usaha sampingan di desa, karena tidak terlalu ribet, hanya membutuhkan tempat yang cukup luas untuk di jadikan kolam ikan.

Modal yang di butuhkan hanya bibit ikan dan makanan ikan tersebut. memberi makan ikan nya pun tidak ribet cukup 2 atau 3 kali sehari.

Memberi makan ikan ini bisa juga di buat refresing buat diri kita, karena dapat menghilangkan rasa stress.

4. Beternak Ayam

Beternak ayam memang agak susah bila ingin di jadikan usaha sampingan di desa, akan tetapi ada metode beternak ayam cocok untuk lakukan untuk usaha sampingan di desa.

Metode beternak ini di sebut metode umbaran, metode beternak umbaran ini ialah dimana ayam yang kita ternak tidak memerlukan perawatan khusus.

Ayam yang di ternak di biarkan lepas dan mencari makan sendiri, didaerah pekarangan yang telah di buat.

Agar lebih intensif memang harus membutuhkan pekarangan yang cukup luas, lalu pekarangan itu di pagar sebagai lingkungan ayam, agar ayam yang di ternak tidak berkeliaran terlalu jauh.

Namun ada hal cukup ribet untuk kamu lakukan bila beternak ayam ini, kamu harus rajin membersihkan pekarangan ayam tersebut dari kotoran-kotoran ayam tersebut.

Walaupun begitu usaha ini masih menjajikan untuk di jadikan usaha sampingan di desa.

5. Berjualan Jajanan Desa

Berjualan jajanan ala desa merupakan salah satu usaha sampingan di desa yang cukup populer, karena banyak orang di desa melakukannya.

Walau begitu ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang masih bingung melakukan usaha sampingan di desa.

Ada banyak jenis jajanan ala desa, kamu tinggal memilih jajanan apa yang paling di minati di desa kamu.

Bila ada sekolah di dekat tempat tinggal mu, usaha jajanan desa ini jadi sangat menjajikan. Karena anak-anak sekolah pasti jajan dari jajanan di sekitar sekolah mereka.

Atau bila kamu suka sedikit tantangan kamu bisa mencoba berjualan jajanan yang belum pernah ada di desamu. Memperkenalkan jajanan khas daerah lain itu memang suatu hal yang menarik.

Bisa saja dari berjualan jajanan khas daerah lain ini, bisa membuat peluang baru yang sangat menjajikan. Apalagi saat di coba usaha ini banyak peminatnya yang membeli jajanan tersebut.

Mungkin hanya itu penjelasan mengenai beberapa usaha sampingan yang bisa di lakukan di desa,masih banyak jenis usaha sampingan lain yang belum bisa saya paparkan disini.

Semoga dapat menambah wawasan dan minat kamu untuk melakukan usaha sampingan di daerah desa.

baca juga 10 Peluang Usaha Di Desa Terpencil Yang Menjanjikan

Terima Kasih.