Cara Mudah Membuat Popcorn Jagung-Beginilah resep mudah untuk cara membuat popcorn jagung. Kalian sudah tahu belum bagaimana cara membuat popcorn jangung sendiri di rumah? Tapi, sudah kah kalian tahu apa itu popcorn?

Popcorn merupakan nama keren dari berondong atau bertih jagung ini merupakan jenis camilan dari jenis bijian serealia dipanaskan sampai mengembang (meletup). Saat biji jagung dipanaskan, biji tersebut akan meletup dan dapat mengeluarkan bunyi seperti senapan angin karena jagung yang meletup tersebut mengenai dinding panci yang terbuat dari logam.

Popcorn pada umumnya dibuat dari biji jagung , tetapi juga dapat dibuat dari beberapa serealias lain, seperti padi dan biji bayam (Amaranthus). Popcorn yang dibuat dari padi biasanya akan dicetak menjadi bentuk persegi dan diberikan pemanis.

Dibeberapa tempat di Jawa, orang-orang sering menyebut camilan ini dengan nama jipang manis. Camilan ini sangat digemari oleh berbagai usia mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Popcorn ini pada umumnya sering dijual di bioskop, taman bermain, pasar malam, sekolah, maupun kantin kampus sampai dengan tempat orang-orang yang berkumpul.

Popcorn pertama kali dibuat oleh orang Indian, sudah mulai dibuat sejak 55 abad yang lalu. Berdasarkan penilitian dari para arkeolog, di Utah, Amerika Serikat, ditemukan biji jagung untuk membuat popcorn dan umurnya ternyata lebih dari 1000 tahun. Terlebih, ketika biji tersebut dipanaskan, masih dapat masak dan meletup menjadi popcorn.

Ada kepercayaan di masyarakat Indian kuno bahwa di dalam biji jagung yang dibuat menjadi popcorn ada hantunya. Jika biji jagung dipanaskan, maka hantu akan keluar dengan meletupkan kurungannya. Wah ada-ada saja ya kepercayaan orang jaman dulu itu.

Padahal, yang sebenarnya terjadi di dalam jagung terdapat air, karena itu ketika biji jagung dipanaskan sampai dengan suhu sekitar 200 derajat celsius, air akan mendidih dan berusaha keluar dari cangkang biji jagung. Biji yang melunak, akan mengembang kemudian meletup.

Dengan penjelasan di atas, tentu ada yang berpikir kalau semua jagung dapat dijadikan popcorn. Padahal tidak semua jenis jagung dapat dibuat popcorn, hanya jagung yang memiliki kandungan air 14% saja.

Bahan yang Diperlukan untuk Cara Membuat Popcorn Jagung

Sebelum membuat popcorn tentu terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Kita membutuhkan jagung khusus untuk popcorn sebagai bahan utama. Selain jagung, kita juga membutuhkan minyak, mentega, atau margarin, tinggal memilih salah satu saja. Margarin hanya digunakan secukupnya, ini hanya untuk memasak biji jagungnya agar lebih gurih.

Cukup hanya dua bahan tersebut saja untuk bisa membuat popcorn. Tapi, jika kalian ingin memberikan rasa lainnya, tinggal menambahkan perasa. Kalian juga dapat menambahkan gula, garam, maupun perasa makanan yang lainnya.

Memilih Jenis Jagung untuk Cara Membuat Popcorn Jagung

jagung

Untuk membuat popcorn, kita tidak boleh menggunakan sembarangan jenis jagung, terdapat jagung khusus yang diperuntukkan untuk membuat popcorn. Jagung khusus tersebut ialah yang memiliki nama latin Zea mays saccharata.

Misalkan dilihat dari penampilannya, jagung ini mirip dengan jagung pada umumnya, namun jagung khusus untuk membuat popcorn ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dan memiliki kulit yang lebih keras serta di dalam dalam bijinya terdapat tepung.

Misalnya kita akan membuat popcorn dengan menggunakan jagung biasa, malah nantinya akan menjadi marning. Marning ini juga merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung. Tapi, marning ini tidak meletup jika dimasak, bentuknya mirip seperti biji jagung sebelum dimasak.

Cara Membuat Jagung Popcorn dengan Beraneka Rasa

cara membuat popcorn

1. Membuat Popcorn Asin Warna-Warni

Popcorn rasa mentega ini memiliki rasa yang gurih, membuat orang-orang yang memakannya akan senang jika menghabiskannya. Popcorn ini merupakan salah satu rasa yang menjadi favorit, sebab memiliki rasa yang gurih serta asin. Bahkan jika memasaknya menggunakan mentega, akan memberikan aroma yang sedap.

Tetapi, jika kamu tidak mempunyi mentega, margarin pun juga dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk menggantikannya.

Bahan yang Diperlukan

  • 1/3 cup biji jagung khusus membuat popcorn
  • 1 sendok makan mentega
  • Pewarna makanan yang cair
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Popcorn Asin Warna-Warni

  1. Terlebih dahulu lelehkan mentega ke dalam panci yang memiliki ukuran besar,
  2. Kemudian, tambahkan pewarna makanan beberapa tetes saja. Jangan lupa untuk memastikan pewarna yang digunakan khusus untuk makanan dan tidak memiliki rasa.
  3. Masukkan biji jagung khusus untuk membuat popcorn ke dalam panci yang sebelumnya sudah diberi mentega, kemudian aduk hingga merata. Masaklah menggunakan api sedang sambil menggoyangkan panci, jika letupannya sudah mulai melambat, matikan api.
  4. Tuangkan popcorn ke dalam mangkuk kemudian tambahkan garam secukupnya.
  5. Popcorn asin dengan rasa mentega siap untuk disajikan.

Sekarang sudah ada mesin popcorn yang bisa anda gunakan dalam membuat popcorn jagung sehingga anda tidak perlu repot-repot membuatnya dengan cara manual.

2. Membuat Popcorn Manis

Popcorn dengan rasa yang manis ini juga digemari orang-orang. Dengan rasanya yang manis dengan tekstur yang renyah, tentunya membuat orang-orang yang memakannya tidak akan berhenti jika belum habis.

Meskipun pada umumnya popcorn dimakan saat kita sedang menonton film di bioskop, tetapi tidak ada salahnya juga jika kita membawa popcorn sebagai camilan ketika berlibur, menemani kita saat belajar, atau bahkan ketika kita sedang berkumpul bersama keluarga.

Untuk dapat membuat popcorn manis ini, bahan-bahan yang diperlukan tidaklah sulit, cukup dengan biji jagung khusus untuk membuat popcorn, mentega, serta perasa manis saja.

Kita akan mencoba membuat popcorn dengan rasa manis serta warna-warni yang kemudian akan dikombinasikan dengan rasa gurih dari mentega. Yuk langsung saja kita siapkan bahan-bahan berikut ini ya.

Bahan yang Diperlukan

  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan minyak kanola
  • 1/4 cup sirup jagung atau corn syrup
  • 1/4 sendok makan pewarna makanan cair, pilih sesuai dengan selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/3 cup biji jagung khusus membuat popcorn

Cara Membuat Popcorn Manis

  1. Masukkan bahan-bahan seperti mentega, minyak, sirup jagung, serta garam ke dalam panci yang besar.
  2. Kemudian, lelehkan semua bahan-bahan sambil diaduk sampai semuanya tercampur merata.
  3. Tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair sesuai dengan selera, kemudian diaduk lagi sampai merata.
  4. Masukkan 1/3 cup biji jagung khusus membuat popcorn ke dalam panci, diaduk sampai semua permukaan biji jagung terlapisi dengan campuran sirup jagung tadi. Masaklah menggunakan api sedang, dan jangan sampai lupa untuk menutup pancinya kemudian menggoyankan panci sampai semua biji jagung berubah menjadi popcorn.

Cara Membuat Popcorn Manis Menggunakan Microwave

Selain menggunakan panci untuk membuat popcorn, kita juga bisa membuat popcorn menggunakan microwave lho.

  1. Masukkan campuran sirup yang sudah dibuat serta biji jagung khusus untuk membuat popcorn ke dalam wadah tertutup dan tahan di dalam microwave.
  2. Kemudia di dalam microwave di panaskan dengan pengaturan suhu panas yang paling tinggi selama kurang lebih 3-4 menit, atau bahkan bisa sampai sudah tidak meletup lagi.

Jika kalian menggunakan microwave, usahakan jangan menggunakan mangkuk plastik, meskipun plastik itu tahan terhadap suhu di dalam microwave. Hal ini dikarena sirup jagung akan menjadi sangat panas dan dapat merusak mangkuk plastik yang kita gunakan.

Lebih baik kita menggunakan wadah dengan bahan kaca yang dapat menahan suhu panas yang lebih tinggi. Kemudian, setelah popcorn kita matang dengan sempurna, pindahkan popcorn ke atas loyang agar cepat dingin. Tetapi, sebelumnya jangan lupa untuk mengalasi dahulu loyang dengan kertas roti agar popcorn tidak lengket.

Baru setelah dingin, popcorn dapat di masukkan ke dalam wadah yang kedap terhadap udara agar kita bisa menikmatinya setiap saat yang diinginkan.

3. Membuat Popcorn Rasa Buah

Untuk kalian yang menyukai rasa buah, ini saatnya kita untuk mencoba membuat popcorn dengan rasa buah. Tentu saja caranya bukan dengan menggunakan buah yang asli, melainkan kita akan menambahkan bubuk minuman dengan rasa buah maupun dengan bubuk puding instan tanpa gula.

Bahan yang Diperlukan

  • 8 gelas popcorn, atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dari jagung popcorn tetapi buatlah dengan rasa tawar ya
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1/4 cup mentega
  • 1/2 cup gula pasir
  • 100 gram bubuk puding instan tanpa gula atau bubuk minuman yang memiliki rasa buah tanpa pemanis

Cara Membuat Popcorn Rasa Buah

  1. Terlebih dahulu panaskan oven dengan suhu 150 derajat celsius.
  2. Kemudian siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti.
  3. Tuangkan popcorn yang sebelumnya telah dibuat dengan rasa tawar atau tidak memiliki rasa ke dalam mangkuk yang besar.
  4. Siapkan teflon ataupun panci anti lengket, panaskan mentega hingga meleleh, masukkan gula, sirup, serta perasa buah. Masaklah menggunakan api sedang sampai mendidih.
  5. Kemudian tuanglah campuran gula serta perisa buah yang tadi disiapkan ke atas popcorn, lalu aduklah sampai semua permukaan popcorn terlapisi.
  6. Setelah itu, ratakan popcorn di atas loyang, jangan sampai ada yang berceceran dimana-mana ya, dan usahakan hanya satu lapisan saja.
  7. Panggang popcorn yang telah dilapisi rasa buah ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama kira-kira 10 menit. Tujuannya untuk membuat popcorn menjadi lebih renyah serta gula berperisa buah dapat menyatu dengan popcorn.
  8. Keluarkan popcorn dari oven agar cepat dingin.
  9. Popcorn dengan rasa buah siap dinikmati.

4. Membuat Popcorn Rasa Cheddar Pedas

Bahan yang Diperlukan

  • 1/4 cup minyak sayur
  • 1/2 cup biji jagung khusus membuat popcorn
  • 1/4 cup mentega tawar
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 1 sendok teh bubuk cabai
  • 1/3 cup keju cheddar parut
  • Garam kasar, sesuai selera

Cara Membuat Popcorn Rasa Cheddar Pedas

  1. Panaskan minyak dengan api sedang di dalam panci.
  2. Masukkan biji jagung khusus membuat popcorn, kemudian tutuplah, dan masak sampai biji jagung berubah menjadi popcorn, tunggulah sekitar 3 menit.
  3. Dalam panci terpisah, lelehkan mentega dengan api kecil.
  4. Kemudian masukkan bawang putih serta bubuk cabai ke dalam panci.
  5. Tuanglah popcorn serta keju ke dalam panci, dan aduk sampai semuanya rata selagi panci masih dalam kondisi panas.
  6. Terakhir tuangkanlah popcorn ke dalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya serta bubuhi garam sesuai selera.
  7. Siap untuk dihidangkan.

5. Membuat Popcorn Rasa Balado

Bahan yang Diperlukan

  • Biji jagung khusus membuat popcorn
  • Mentega
  • Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar)
  • Gula bubuk
  • Perasa Balado

Cara Membuat Popcorn Rasa Balado

  1. Masukkan dua sendok makan mentega ke dalam panci untuk dilelehkan, kemudian nyalakan kompor menggunakan api yang sedang.
  2. Setelah menteganya meleleh, kecilkan api kemudian masukkan kurang lebih 2 genggam biji jagung khusus untuk membuat popcorn ke dalam panci.
  3. Tutuplah panci kemudian goyangkan panci sesekali sehingga membuat semua biji jagung terlapisi mentega.
  4. Kemudian biarkanlah beberapa saat, dan kalian akan mendengar suara letupan kecil di dalam panci.
  5. Biarkanlah sampai suara letupan berhenti, lalu matikan kompor.
  6. Terakhir, buka penutup panci kemudian beri tambahan gula dan perasa balado sesuai selera, dan jangan lupa campurlah hingga merata ke semua permukaan popcorn.

Siap disajikan selagi hangat. Jika menginginkan rasa yang lebih dan berwarna kalian juga dapat menambahkan gula cair dan pewarna makanan.

Tips Memulai Bisnis Cara Membuat Popcorn Jagung

Karena kalian membuat popcorn untuk dimakan di rumah, tentunya kalian hanya akan menggunakan panci serta kompor. Itu sudah cukup. Tetapi, jika kamu memiliki jiwa bisnis dan menginginkan untuk memulai berbisnis popcorn, memakai panci saja pasti hasilnya tidak akan efisien.

Makanya, dijaman sekarang ini sudah banyak yang menjual mesin untuk memudahkan para pelaku usaha di bidang kuliner, termasuk mesin popcorn. Dengan mesin ini membuat popcorn dapat menjadi lebih mudah dan cepat.

Cukup dengan kalian memasukkan bahan-bahan ke dalam mesin, baru kemudian nyalakan alatnya, dan secara otomatis akan memasak jagung menjadi popcorn yang enak.

Mesin popcorn ini akan digunakan untuk membuat jagung menjadi popcorn dengan lebih cepat dan efisien. Panci yang digunakan dalam mesin ini sudah anti lengket dan energi yang dibutuhkan berasal dari listrik.

Diperlukan modal yang bisa dikatakan tidak sedikit untuk memulai usaha popcorn dengan perkembangan profit yang cukup tinggi. Untuk memulai bisnis popcorn ini dapat dikatakan tidaklah sulit dengan berbagai kemudahan dalam menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah dan banyak ditemukan di pusat perbelanjaan.

Berbisnis popcorn juga memberikan cara penyajian serta inovasi-inovasi dalam membuat popcorn dengan berbagai rasa dari bumbu yang berbeda. Menjalankan bisnis usaha cara membuat popcorn ini tidaklah sulit hanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Terlebih dahulu buatlah perencanaan ketika kalian akan memulai bisnis popcorn. Buatlah skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan macam jenis rasa popcorn yang akan kalian buat, misalkan popcorn dengan rasa pedas.

Kalian dapat menggambarkan secara general mengenai jenis popcorn tersebut mulai dari rasa hingga aromanya, cara pengemasan, pemilihan lokasi untuk berjualan dan lain sebagainya.

2. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai bisnis usaha popcorn, baik dari mesin yang digunakan sampai alat-alat pendukung lainnya. Pada dasarnya popcorn tidak termasuk ke dalam makanan yang mengancam kesehatan bagi tubuh kita. Jika cara mengolah maupun penyimpanannya baik maka akan tetap terjaga kualitasnya.

Membuat popcorn dengan mutu serta kualitas, kita akan mendapat kepercayaan yang baik dari para konsumen. Dan tentunya akan mendapatkan izin dari Depkes beserta dengan sertifikat halal.

3. Kemudian, jika kalian ingin memasarkan produk popcorn dengan cara online atau dengan membungkusnya langsung serta ditawarkan ke supplier, sebaiknya kalian juga harus melabeli produk dengan merk yang unik serta baik.

Jangan lupa untuk menyantumkan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam popcorn yang dibuat, berat total produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, perizinan dari badan usaha disertai dengan informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan cara memilih sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak sekali yang berminat dan permintaannya di masyarakat juga cukup tinggi.

Setelah kalian mengetahui beberapa langkah penting untuk dijalankan bisnis usaha popcorn, kalian dapat langsung mencoba memulai bisnis ini.

Selamat mencobanya.