Desa merupakan tempat yang kaya akan sumber daya yang belum banyak dimanfaatkan. Maka peluang usaha rumahan di desa harus bisa kita peras manfaatnya dengan baik oleh masyarakat.

Akan tetapi masyarakat desa kadang lebih memilih untuk hijrah ke kota untuk mengubah nasib mereka. Walaupun tidak semuanya berhasil bahkan ada yang kurang beruntung.

Perlu diketahui juga tidak sedikit masyarakat kota yang berpindah ke desa demi mendapatkan peruntungan. inilah mengapa kita harus memunculkan ide ide untuk membuat inovasi dalam usaha rumah.

Tak usah kuatir jika anda belum mempunyai ide peluang usaha rumahan di desa yang akan dijalankan. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa ide yang mungkin bisa anda terapakan untuk usaha anda di desa.

Contoh Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Pasti Menguntungkan

Sebenarnya banyak sekali usaha rumah yang bisa anda terapkan di wilayah masing masing. Tergantung juga dengan sumber daya yang bisa dibilang unggul di daerah anda.

Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Usaha Dalam Bidang Hidroponikpeluang usaha rumahan di desa

Peluang usaha ini biasanya malah sering diterapkan diperkotaan karena kurang lahan untuk dimanfaatkan. Namun jangan salah masyarakat desa juga bisa membuat lahan hidroponik bahkan dengan skala yang cukup besar.

Sistem tanam hidroponik sangat banyak menguntung bagi masyarakat desa selain dari sisi tempat, juga sumbernya juga sangat memadai. Dengan menggunakan metode ini lahan tanam lebih terlihat bersih dan juga banyak pula jenis sayuran yang bisa dibudidayakan dengan hidroponik.

Masalahnya banyak masyarakat desa yang menganggap bahkan pertanian model hidroponik itu banyak memakan biaya. Tapi sebenarnya Sistem hidroponik lebih murah dan praktis apabila tahu caranya. Di artikel yang akan datang Danadesa.id akan memberikan  tips untuk sistem pertanian hidroponik.

2. Sewa Alat Pertanian

peluang usaha rumahan di desa

Dipeluang usaha rumahan yang kedua ini masih berkaitan dengan pertanian, namun berbeda sedikit. Ya sewa alat pertanian, usaha satu ini lebih populer di masyarakat desa dan sudah sangat banyak ditemukan.

Apalagi memasuki masa tanam dan masa panen akan banyak sekali petani yang membutuhkan berbagai alat pertanian. Alat pertanian yang biasanya sering laku yaitu untuk tanaman padi karena mayoritas petani kita adalah petani padi.

Traktor merupakan salah satu mesin yang sering dibutuhkan, jadi anda mungkin yang sudah memiliki modal bisa membelinya. Ada masalah tentang kebingungan membeli berbagai alat pertanian? Anda bisa melihat lihat di Rumahmesin.

3. Penjualan Aneka Bibit Tanaman

peluang usaha rumahan di desa

Di desa masyarakatnya sangat suka sekali dengan berkekebun maupun bertani, bahakan ada yang menjadikanya sebagai mata pencaharian.

Kadang kadang orang desa juga mengikuti trend tentang tanaman apa yang sedang banyak ditanam di wilayah. Contohnya saja di daerah admin sedang ngetrend pohon kelengkeng yang sedang banyak ditanam.

Nah ini dia munculah peluang usaha rumahan dengan yang pasti menguntungkan. Mungkin anda bisa berjualan didepan rumah anda karena bisnis ini tidak banyak memerlukan banyak tempat.

Jika  anda ingin lebih menguntungkan berjualanlah dipasar tradisioanal. Karena disinilah banyak orang luar daerah yang berdatangan untuk berbelanja.

4. Berbisnis Kuliner

peluang usaha rumahan di desa

Untuk peluang usaha yang satu ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya baik itu di desa maupun perkotaan. Karena dimana pun manusia hidup pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Dalam membuka usaha bidang kuliner di pedesaan tentunya sedikit berbeda dengan yang ada di perkotaan. Berbagai pertimbangan perlu anda catat untuk memperlancar usaha anda.

Beberapa pertimbangan yang paling sering terjadi adalah daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang sesuai dengan pasar sekitar.

Banyak sekali jenis makanan yang bisa anda kembangkan menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Contoh usaha rumahan bidang kuliner yaitu kue tradisional.

Anda juga jangan terpaut hanya berjualan di rumah atau outlet saja. Dengan sekarang yang zaman sekarang yang serba online anda dapat memanfaatkan peluang ini menjadi lebih lebar.

Di desa sekarang juga sedang menjamur berbagai cafe atau semacam tempat nongkrong yang banyak dikunjungi anak muda. Bahkan tak hanya anak muda semua umur juga senag berkunjung tempat ini untuk sekedar berkumpul dan menikmati makanan yang sediakan.

Apalagi ditambah dengan beberapa fasilitas seperti wifi pasti cafe anda akan selalu ramai pengunjung.

5. Budidaya Daya Ikan

peluang usaha rumahan di desa

Selain bidang pertanian dan perkebunan masyarakat desa suka sekali dengan beternak. Berbagai macam hewan dapat dibudidayakan di desa mulai dari mamalia, ikan, hingga burung. Jadi anda tinggal pilih jenis hewan yang akan dibudiyakan.

Ada berbagai tujuan orang desa beternak, yang hanya untuk hobi, ada yang untuk mengisi waktu luang, bahkan untuk dijadikan penghasilan juga ada.

Salah satu diantara banyak hewan budidaya ikan merupakan komoditas yang cukup menggiurkan untuk peluang usaha rumahan di desa.

Budidaya ikan sendiri terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup mempunyai lahan yang bisa di tempati sebagai kolam budidaya ikan.

Jangan bingung memilih jenis ikan  apa yang akan anda budidayakan karena ada beberapa ikan yang mudah secara perawatan dan pasarnya cukup digemari. Beberapa diantaranya adalah ikan lele, ikan nila, dan ikan mas.

Untuk memasarkan jenis jenis ikan tersebut juga tidak sulit, anda bisa menjualnya ke pengepul langsung. Bisa juga restoran terdekat atau juga bisa menjualanya langsung dipasar tradisional sekitar.

6. Usaha Budidaya Ayam atau Bebek

peluang usaha rumahan di desa

Sama halnya dengan budidaya ikan budidaya ayam atau sangat cocok diterapkan di desa. Karena kita tahu sendiri bahwa beternak kedua unggas ini memerlukan tempat yang lumayan.

Beternak unggas juga tidak terlalu rumit cukup diperlakukan dengan benar maka hasil panennya akan lumayan. Dari ayam saja kita bisa memilih untuk membudidayakan ayam petelur atau yang pedaging.

Kadang kadang masyarakat desa hanya memelihara ayam untuk hobi saja. Namun kini juga sudah cukup banyak yang mulai membudidayanya untuk diperjual beli.

Begitu juga dengan bebek, namun bebek mempunyai nilai jual yang lebih pada telurnya. Mungkin juga anda juga bisa mengolah sendiri untuk dijadikan telur asin yang lebih bernilai untuk dijual.

Mungkin peliharaan ayam sedikit diperhatikan karena harus diberikan vaksin supaya ayam terhidar dari penyakit. Lain halnya dengan bebek yang cenderunglebih tahan terhadap penyakit walaupun jika diberi vaksin juga lebih baik.

7. Usaha Kerajinan Tangan

peluang usaha rumahan di desa

Dari beberapa peluang usaha rumahan di desa yang telah dijabarkan diatas bisnis kerajinan tangan merupakan usaha yang sedikit memerlukan ketelatenan.

Namanya saja sudah kerajinan tangan pasti membutuhkan  latihan untuk mendapatkan sebuah karya yang akan kita jual dipasaran. Namun peluang ini besar kesempatannya untuk menembus pasar nasional bahkan internasional.

Kerajinan yang anda hasilkan bisa dari berbagai macam bahan, seperti barang bekas, bahan alami seperti serat tanaman, tanah liat, rotan, kayu dan sebagainya. Semakin unik atau bahan atau hasilnya anda akan semakin meningkatkan nilai jual barang tersebut.

Peluang usaha kreatif memang tidak ada habisnya, malah bisa dikatakan sangat menjanjikan. Tinggal kekreatifan anda menjadikan bahan mentah di sekitar menjadi bahan berkualitas dengan nilai jual tinggi.

Sekarang ini banyak sekali berbagai jenis kerajinan yang bisa anda tiru maupun terapkan di desa anda. Contohnya  saja tas, hiasan, jam dan lain sebagainya. Tentunya hidup di desa akan lebih banyak sumber bahan yang bisa diolah menjadi kerajinan yang sangat bervariasi.

Walau pun di desa anda tidak perlu gelisah bagaimana produk anda bisa terpasarkan. Dengan bantuan toko online seperti Bukalapak produk kerajinan anda bisa menembus pasar Nasional bahkan mungkinjuga go Internasional.

8. Membuka Toko Sembako Sekaligus Penjualan Pulsa dan Token

peluang usaha rumahan di desa

Mungkin peluang usaha rumahan di desa yang satu ini kita semua sudah tidak asing lagi di keseharian kita.

Tidak dipungkiri lagi bahwa kehidupan kita baik di desa maupun di kota memerlukan kebutuhan sehari hari. Baik berupa bahan makanan maupun berupa bahan kebutuhan lain seperti token pulsa atau pulsa yang tidak kalah penting.

Sembako (Sembilan Bahan Pokok) pasti setiap harinya kita butuhkan jadi bisnis ini tidak akan ada matinya. Ditambah lagi anda juga menyediakan layanan top up seperti pulsa atau token listrik.

Walaupun begitu ada juga beberapa pertimbangan supaya usaha anda ini tetap berjalan dan terus berkembang. Seperti letak toko yang strategis supaya dapat mudah dijangkau oleh banyak pelanggan.

Tak hanya sampai disitu anda juga bisa menyediakan pesan antar agar konsumen anda semakin betah untuk berbelanja di tempat anda.

9. Membuka Bimbingan Belajar

peluang usaha rumahan di desa

Untuk usaha bidang pendidikan ini sebenarnya baik di kota maupun di desa sangatlah dinikmati. Ditambah lagi orang tua sekarang lebih mengedepan kan pendidikan anak.

Mungkin anda seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang pendidikan bisa membuka dirumah. Atau anda juga bisa datang ke rumah untuk memberikan servis pengajaran anda.

Tapi dalam membuka sebuah bimbingan belajar harga juga penting untuk kelangsungan usaha. Bedakan tarif bimbingan di kota dengan yang ada di desa, sesuaikan dengan ekonomi di masyarrakat sekitar desa.

10. Peluang Usaha Pom Mini Di Desa

peluang usaha rumahan di desa

Salah satu masalah yang ada di pedesaan yaitu sulitnya mendapatkan bahan bakar untuk kendaraan. Apalagi masyarakat desa sekarang sudah menganggap motor menjadi kebutuhan yang penting. Jadi suplai bahan bakar ke desa menjadi meningkat.

Kita tahu bahwa di desa SPBU sangat jarang ada, kalau pun ada jarak cukup jauh untuk dijangkau masyarakat sekitar. Disinilah peran anda yang berjiwa pengusaha untuk membuka peluang ini.

Pom bensin mini merupakan salah satu langkah yang cukup tepat untuk memudahkan warga desa untuk mendapatkan bahan bakar. Selain itu masyarakat juga pasti lebih senang karena harga bahan bakar di pom mini hampir dengan yang ada si SPBU.

Oleh sebab itu membuka pom bensin mini merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena banyak  yang membutuhkan. Apalagi di desa yang kemana-mana serba jauh.

Nah itu tadi beberapa peluang usaha rumahan di desa yang mungkin bisa anda terapakan di tempat masing masing. pilihlah yang paling sesuai dengan passion anda dan juga jangan dengan modal yang anda perlukan.


Tips Memulai Usaha Rumahan di Pedesaan

Selain mengetahui apa saja peluang usaha rumahan di desa, anda juga perlu tahu tentang bagimana memulai sebuah bisnis. Ini sangat penting bagi para pemula yang ingin merintis sebuah usaha rumahan di desa.

Kami juga telah merangkum beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis rumahan di pedesaan. Berikut beberapa beberapa diantaranya.

1. Pilih Bidang Usaha Yang Sesuai Keinginan

Hal penting yang pertama untuk memulai sebuah usaha yaitu sesuai dengan yang anda senangi atau passion. Sebuah usaha yang didasari dari kesenangan kita di suatu bidang bisa membuat usaha itu terasa lebih menyenangkan. Bahkan bisa kita mulai dari hobi yang

Suatu usaha yang ditekuni dengan penuh semangat, maka usaha tersebut akan cepat mencapai kesuksesan. Jadi sebisa mungkin untuk menghidari bisnis yang tidak sesusai dengan pasion anda.

Jika anda menyukai memasak, maka anda sangat pas untuk membuka sebuah usaha dibidang kuliner. Hal ini sangat diperlukan dalam sebuah peluang usaha rumahan di desa.

2. Manfaatkan Keunikan Produk

Saat anda memulai sebuah bisnis di pedesaan, maka anda harus memastikan produk/jasa yang anda jual diterima oleh konsumen. Untuk itu anda perlu untuk memiliki produk unggulan yang benar – benar untuk dari produk lain yang sejenis.

Dengan persaingan yang semakin sengit, walaupun di desa anda juga harus memikirkan produk yang bisa menarik banyak konsumen. Produk milik anda juga dapat dikenali dengan mudah jika produk yang anda miliki memang benar – benar unik atau inovatif.

3. Promosi Dengan Tepat

Salah satu langkah awal dalam berbinis di pedesaan yaitu mempromosikan atau mengenalkan produk kepada calon konsumen. Gencarnya promosi yang anda lakukan dapat membuat produk atu usaha anda semakin dikenal dan dicari oleh pelanggan.

Walaupun di desa promosi target promosinya harus tepat sasaran. Misalnya usaha dibidang pertanian, anda bisa mengadakan sosialisasi dan bisa sekalian mempromosikan usaha anda.

4.Memberikan Pelayanan Terbaik

Sebagian besar peluang usaha rumahan di desa harus menghadapi pelanggan yang berbeda – beda permintaannya. Jadi anda harus memberikan pelayanan terbaik supaya konsumen terus membeli di tempat anda.

Memang seharusnya anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Karena ada sebuah pepatah yang mengatakan “Pembeli adalah raja”. Dengan memberi yang terbaik maka konsumen anda bisa menyarankan kepada orang lain untuk datang ke usahamu.

5. Perkirakan Modal

Usaha yang anda jalankan tidak akan berjalan dengan lancar jika modal yang anda sediakan tidak cukup. Maka sebuah peluang usaha di desa sekecil apapun anda tetap harus memikirkan modal yang akan digunakan demi kelangsungan bisnis.

Pastikan untuk hitung dengan teliti dan mana saja kebutuhan yang paling penting agar usaha anda dapat berjalan mulus. Jangan sampai anda membeli barang – barang yang tidak diperlukan di dalam usaha anda.

Jika anda memang benar – benar kekurangan modal seperti lahan untuk membuka sebuah usaha di desa. Anda dapat memanfaatkan apa yang adaruang – ruang  di sekitar rumah anda untuk mulai membuka usaha seperti garasi, teras, halaman, dan lain sebagainya.

Nah itu tadi beberapa Rahasia Membuka Sebuah Peluang Usaha di Desa semoga bisa membantu anda dalam membuka sebuah usaha. Mungkin anda bisa menambahkan lagi tips untuk membuka sebuah bisnis di desa di kolom komentar.

Setiap usaha yang kita jalankan pasti tidak selalu mulus butuh kerja keras serta diiringi dengan doa. Semoga arikel ini bisa membantu anda mememukan ide untuk berbisnis di desa.