Usaha Paling Laris Di Kampung Yang Cepat Sukses

Usaha Paling Laris Di Kampung – Mungkin masih banyak orang yang lebih senang untuk merantau ke kota besar untuk mengubah nasib. Ini tidak mengherankan karena biasanya di kota upah sebagai karyawan lebih besar dan ini salah satu faktor utama.

Anggapan mengenai bahwa hidup di kota lebih menjanjikan dari pada hidup di kampung. Namun kenyataanya kehidupan di kota tak jauh berbeda dengan di kampung jika kita tidak mempunyai kemauan.

Namun jika anda ingin membuka usaha perbandingan di kota dengan di kampung hampir sama peluang suksesnya. Bahkan membuka usaha di desa mempunyai keunggulan berbagai sumber daya yang bisa didapatkan dengan mudah mungkin juga ‘gratis’.

Tetapi apakah anda masih bingung dengan usaha paling laris di kampung?. Siapakah yang akan membeli produk dari kita?. Tak usah bingung artikel danadesa ini akan coba membahas tentang usaha apa saja yang paling laris di desa.

Usaha Paling Laris Di Kampung Yang Mudah dan Cepat Sukses

Kebanyakan orang berfikir bahwa untuk menjalankan usaha yang menjanjikan hanya bisa dilakukan di kota. Namun dalam kenyataannya tidak demikian, di desa juga nyatanya terdapat banyak sekali peluang usaha untuk dibuka .

Anda juga bisa membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih dimana saja dan oleh siapa saja. Karena semua kembali ke tekad usahanya masing masing untuk keberhasilan.

Tidak usah berlama lama lagi berikut ini beberapa usaha paling laris di kampung yang bisa anda terapkan.

1. Peluang Usaha Bidang Kuliner

usaha paling laris di kampung

Jika berbicara tentang bisnis kuliner maka tidak akan ada habisnya peluang usaha yang satu ini. Bagaimana tidak makanan merupakan suatu kebutuhan primer bagi manusia untuk bertahan hidup.

Tak hanya di kota besar saja, usaha kuliner bisa sangat berjaya dimana pun termasuk di pedesaan. Walau pun sebenarnya daya beli masyarakat kampung sedikit berbeda dibanding dengan masyarakat kota yang agak cenderung konsumtif.

Akan tetapi persiapan terlebih dahulu juga perlu dilakukan sebelum memulai bisnis kulner ini. Analisanya yaitu makanan favorit apa yang cocok untkuk warga sekitar, apakah permintaan konsumennya banyak atau sedikit, dan lihat juga daya beli masyarakat juga.

Berbagai macam makan bisa anda coba contohnya yaitu kue. Bisa saja anda menambahkan pre order atau pesan. Bisa juga jual via online seperti di tokopedia untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

2. Usaha Pengepul Hasil Panen Petani

 usaha paling laris di kampung

Masyarakat desa banyak sekali yang berprofesi menjadi petani atau pekebun karena masih luasnya lahan untuk diolah. Tapi menjadi bukan berarti tidak ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dari bidang ini.

Mungkin anda belum tahu bahwa tidak semua petani bisa mendistribusikan hasil bumi mereka dengan mudah. Kendala seperti transpotasi kadang menjadi penghalang yang sangat menghambat bagi mereka mendapatkan keuntungan.

Disinilah anda bisa menjadi ‘Penyelamat’ dengan menjadi pengepul hasil bumi para petani. Maka dari itu hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi anda yang ahli dalam bidang negosiasi dalam mencapai kesepakatan.

Dengan membuka usaha ini dengan cara mempertemukan petani dengan pedagang yang selanjutnya akan menjualkan barang dan memperoleh laba dari selisih harga yang telah dijadikan standar bagi kedua pihak.

Anda juga bisa menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat dirumah. Semua itu bisa anda lakukan dan anda juga harus mengetahui bagaimana keadaan harga dipasarannya.

3. Usaha Servis Barang Elektronik

usaha paling laris di kampung

Sebagian besar masyarakat di pedesaan memperlakukan barang elektronik meraka berbeda dengan masyarakat kota. Jika barang elektronik mereka rusak mereka cenderung untuk memperbaikinya bukan membeli baru.

Inilah mengapa membuka servis barang elektronik menjadi usaha paling laris di kampung. Karena masyarakat di desa sendiri lebih beranggapan jika barang rusak masih bisa diperbaiki lebih baik dari pada membeli lagi.

Apalagi jika anda memiliki ketrampilan dalam bidang elektronik, maka anda yang peluang usaha ini sangat patut untuk dicoba. Berikanlah pelayanan yang sangat memuaskan, maka dijamin anda akan memiliki banyak pelanggan. Tentunya peluang usaha di desa ini akan sangat menjanjikan keuntungan yang besar.

4. Membuka Usaha Toko Pakaian

usaha paling laris di kampung

Selain makanan, pakaian merupakan kebutuhan primer bagi  manusia di kota atau juga desa. Jadi membuka usaha toko pakaian akan lebih mudah untuk dikembangkan sama halnya dengan usaha kuliner.

Di desa mungkin masih jarang yang membuka toko pakaian jadi masyarakat harus ke kota untuk membeli pakaian. Sebab itulah dengan membuka bisnis ini di kampung akan menjadi solusi terbaik untuk masalah ini.

Bahkan anda juga akan lebih mudah mengembangkan ide usaha ini. Salah satu cara mudah untuk berkembang dalam bisnis ini adalah menjual pakaian dengan tren terbaru dan juga terupadate. Usaha toko pakaian juga merupakan salah satu Peluang Usaha Rumahan yang sangat cocok dijalankan di daerah desa

Tapi selain itu untuk mendapatkan konsumen yang banyak anda juga harus mempertimbangkan harga jualnya.

Sembari membuka toko pakaian, anda juga bisa membuka usaha jahit pakaian. Usaha menjahit ternyata juga merupakan salah satu bisnis di kampung yang sangat cocok bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit.

Apalagi ditambah dengan penjahit yang memiliki gaya fashion yang terbaru serta memiliki kreatifitas. Sehingga hasil jahitan dapat menarik perhatian para pelanggan di desa. Ini merupakan kombinasi bisnis yang pas dengan toko pakaian

5. Membuka Bengkel Kendaraan

usaha paling laris di kampung

Peluang usaha di desa atau peluang usaha di kampung ini, sangat cocok untuk anda yang mempunyai ketrampilan yakni di bidang otomotif. Bisnis ini bahkan bisa dijalankan oleh anak muda hingga yang sudah tua sekali pun.

Caranya mudah kok, anda tinggal membuka bengkel kendaraan ringan , akan tetapi bisnis di desa yang satu ini hanya cocok buat anda yang punya ketrampilan otomotif saja?. Karena juga banyak orang yang punya mobil atau motor tapi tidak bisa memperbaiki sendiri jika ada kerusakan.

Namun bagi anda yang ingin terjun kedunia bisnis otomotif namun tidak mempunyai keterampilan otomif tenang saja. Masih ada solusi yang masih berkaitan dengan bidang bisnis otomotif yang bisa anda tekuni.

Solusinya adalah selain dengan membuka bengkel, anda juga bisa menyediakan sparepart motor atau mobil di bengkel anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan teman atau mungkin saudara anda yang lebih mengerti tentang bidang otomotif.

Pokoknya nampaknya usaha di desa yang satu ini nggak ada matinya .

6. Usaha Potong Rambut / Barbershop

usaha paling laris di kampung

Membuka bisnis potong rambut adalah salah satu usaha paling laris di kampung. Bagaimana tidak hampir setiap hari pasti ada saja orang ingin potong rambut untuk menambah kepercayaan diri meraka.

Akan tetapi jenis bisnis di desa yang satu ini juga sangat membutuhkan ketrampilan dalam memangkas rambut. Penghasilan dari jasa potong rambut ini tidakbisa di pandang sebelah mata.

Bayangkan saja kalau setiap orang yang di potong rambutnya di kenakan biaya Rp. 10.000 saja, kalau setiap hari ada 10 konsumen yang memotong rambutnya di tempat anda. Penghasilan anda dalam sehari bisa mencapai Rp. 100.000, Menggiurkan bukan.

7. Usaha Laundry

Usaha dibidang jasa satu ini juga merupakan salah satu usaha paling laris di kampung. Bagaimana tidak?, sekarang ini banyak sekali masyarakat desa yang disibuk dengan berbagai macam kegiatan atau pekerjaannya.

Hal ini membuat masyarakat pedesaaan sekarang ini juga semakin kehilangan waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Bahkan tidak sedikit yang malas untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Nah inilah peluang usaha yang bisa anda manfaatkan untuk menyediakan jasa laundry. Usaha ini akan semakin laris saat musim penghujan tiba karena pakaian akan sulit kering, sehing masyarakat lebih memilih laundry sebagai solusinya.

Usaha laundry juga bisa dijalankan dengan modal yang tidak cukup besar bahkan tergolong kecil. Tempat yang digunakan untuk bisnis ini juga tidak besar – besar banget. Yang memakan tempat mungkin hanya tempat untuk menjemur saja.

8.Usaha Budidaya Ikan

Pedesaan merupakan tempat yang paling pas untuk membudidayakan berbagai macam ikan konsumsi. Mulai dari lele, nila, gurame, dan lain sebagainya dapat kita budidayakan dengan mudah di desa.

Asalkan dengan perawatan yang benar dan juga ketekunan dalam berbisnis maka usaha membudidayakan ikan akan terasa mudah. Anda juga tidak perlu kebigungan untuk memasarkan ikan hasil panen karena anda bisa menyetorkan ke restoran atau warung makan terdekat anda.

Bisa juga anda menjualnya langsung di depan rumah anda atau dijajakkan keliling kampung. Bila ingin lebih untung lagi jualnya di pasar teredekat anda sembari menjual bibit – bibit ikan yang mudah dibudidayakan masyarakat.

9. Usaha Agen Gas Elpiji

Saat ini gas elpiji merupakan kebutuhan rumah tangga yang sudah pasti dibutuhkan oleh setiap masyarkat di desa. Kebutuhnya bahkan bisa dikatakan terus meningkat seiring kebutuhan manusia yang juga terus meningkat.

Jadi menjadi agen gas elpiji merupakan salah satu usaha paling laris di kampung yang sangat menggiurkan. Terlebih lagi di saat hari besar, seperti hari raya keagamaan gas elpiji bisa meningkat harganya karena kelangkaannya.

Apalagi di setiap desa belum tentu terdapat agen gas elpiji kalaupun ada biasanya hanya eceran dan harganya cenderung meningkat. Nah hal inilah yang menjadi pertimbangan kenapa usaha ini sangat cocok untuk anda tekeni di kampung.


Selain mengetahui apa saja sih usaha yang paling laris di kampung, anda sebagai calon pengusaha juga harus strategi tepat untuk berbisnis di kampung. Stretegi ini bisa di terapkan juga di kampung atau desa – desa terpencil jika memang tempat anda cukup sepi.

Untuk itu kami juga sudah menyediakan beberapa list strategi jitu membuka sebuah usaha di kampung.

Strategi Membuka Sebuah Usaha di Kampung

Strategi membuka sebuah usaha juga sangat penting untuk anda karena juga bisa menentukan usaha yang ada jalankan ke depannya.

Untuk memperlancar bisnis anda di daerah kampung berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan dulu sebelum memulai usaha.

1. Usahakan Untuk Selalu Berinovasi

Walaupun terletak di perkampungan yang jauh dari padanya kota usaha anda juga bisa ramai dengan berbagai inovasi yang anda buat untuk pasar. Inovasi juga sangat diperlukan untuk menghilangkan kebosanan pasar  dengan produk yang iu – itu saja.

Contohnya usaha bidang budidayaka ikan konsumsi. Anda dapat menjajakan produk dengan hasil olahan ikan yang lebih variatif. Misalnya inovasi olahan, inovasi kemasan, dan masih banyak lagi yang bisa anda eksplor.

Nah dengan inovasi – inovasi ini, konsumen akan senang dengan berbaga macam produk olahan kita. Pastikan untuk selalu modifikasi untuk setiap produk baru supaya konsumen tidak cepat bosan.

2. Manfaatkan Media Berbasis Online

Jika selama ini anda masih menggunakan media offline seperti toko atau outlet untuk menjual berbagai produk anda. Maka sebaiknya coba anda manfaatkan media online, untuk menjangkau konsumen dari daerah yang lebih luas.

Jika diperlukan, maka buatlah akun sosial media dari usaha yang dijalankan ini. Mungkin ada cukup banyak orang yang menyukai produk dari anda, dan anda bisa memanfaat ini untuk promosi yang murah.

Sudah banyak media online yang bisa anda manfaatkan untuk salah satu strategi ini. Bisa menggunakan toko online seperti bukalapak dan juga bisa juga menggunakan macam – macam media sosial yang sedang ngetren.

Usaha paling laris di kampung untuk menggunakan strategi ini adalah bisnis makanan kekinian atau makanan yang bisa bertahab lama dan usaha kerajinan. Karena dengan media ini berbagai produk anda ini bisa menjangkau berbgai wilayah  bahkan menuju ke Internasional.

3. Memperhatikan Selalu Kualitas dan Harga Produk

Dimana pun usaha anda dijalankan pasti selalu ada kompetitornya walau kadang berbeda hanya berbeda sedikit. Contoh yang sering kita temui untuk usaha paling laris di kampung yaitu sebuah toko kelontong yang menyediakan kebutuhan pokok.

Anda dapat meninjau harga kompetitor dengan cara survey ke tempat – tempat kompetitor di sekitar anda. Mungkin anda bisa melihat – lihat berbagai produk dari pesaing anda dan mencoba dengan menanyakan harganya.

Setelah tahu kurang lebihnya pesaing di sekitar wilayah anda, sekarang anda dapat menentukan langkah apa yang baik untuk kedepannya.

Jika anda menemukan ada harga salah satu produk anda lebih tinggin dari pesaing maka jangan khawatir. Anda bisa mencari penyedia atau supplier lain dengan harga yang lebih miring namun dengan kualitas yang baik pula.

Selain dengan  meningkatkan kualitas produk yang anda jual mengubah tampilan toko menjadi lebih menarik juga penting untuk menambah daya tarik konsumen. Mungkin juga dengan penataan yang menarik dan menempatkan barang – barang yang berpotensi terjual cepat bisa menambah pelanggan anda.

4. Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan

Sudah buka rahasia lagi kalau konsumen cenderung membeli sesuatu barang di tempat yang memberi pelayanan yang menyenangkan. Maka dari itu anda juga harus bisa selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk kosumen anda.

Sembari memberikan pelayanan yang baik anda juga bisa secara bertahap untk meningkatkan kualitas produk yang anda perjual belikan. Langkah ini dilakukan supaya toko anda bisa selalu ramai akan pelanggan.

Jangan lupa untuk selalu siap memberikan pelayanan yang ramah dan baik pada konsumen. Maka dengan begini, konsumen akan sering – sering berkunjung dan berbelanja di toko anda.

Demikan dulu beberapa strategi bisnis yang bisa kami berikan semoga bisa menambah sedikit informasi bagi anda semua. Semoga tulisan ini bisa membantu anda menemukan ide untuk berbisnis di desa.

Semua usaha tentunya memerlukan kesabaran dan kerja keras untuk menuai kesuksesan. Selamat mencoba!