Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa – Berbicara tentang desa banyak sekali pontensi yang bisa dikembangkan untuk menjadi usaha. Baik itu bisnis berskala besar hingga usaha kecil kecilan anda bisa membukanya asalkan ada kemauan yang besar.

Mungkin masih banyak masyarakat desa  yang beranggapan mencari pekerjaan di desa itu sangat sulit. Itulah sebabnya banyak masyarakat desa pergi ke kota untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Akan tetapi kenyataannya belum tentu demikian, tidak semua berjalan sesuai rencana.

Namun daripada anda harus mencari pekerjaan, kenapa anda tidak malah membuat pekerjaan saja? Ya dengan membuka usah kecil kecilan anda juga sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan bahakan lebih. Tak hanya itu saja anda bahkan juga bisa membuka perkerjaan bagi warga sekitar desa.

Nah sebelum memilih untuk membuka usaha kecil kecilan di desa, anda juga harus memikirkan beberapa hal penting dalam bisnis. Supaya usaha anda dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang. Beberapa hal yang harus dipikirkan matang-matang bisa kita simak ditulisan di bawah ini.

Ini Dia Hal Hal Penting Untuk Cara Usaha Kecil Kecilan Di Desa

Usaha kecil-kecilan adalah sebuah usaha yang  dimilik perseorangan, bukan milik suatu badan atau sebuah organisasi. Bisnis ini pada biasanya mencakup usaha dagang atau memulai dengan skala bisnis yang kecil saja.

Untuk mendapatkan modal memulai bisnis kecil-kecilan ini juga hanya dari satu orang saja. Sehingga siapa saja bisa untuk membuka usaha kecil-kecilan. Peluang ini terbuka bebas, dapat berkembang, serta tidak ada batasan apapun untuk mendirikannya.

Walaupun siapa saja bisa mendirikan bisnis ini, namun perlu diketahui juga bahkan mendirikan sebuah usaha tidak boleh asal asalan. Perlu banyak hal yang bisa dipertimbangkan untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berbisnis.

Berikut ini beberapa pertimbangan dalam membuka usaha kecil kecilan.

1. Menentukan Jenis Usaha

cara usaha kecil kecilan di desa

Untuk membuka usaha kecil-kecilan jenis usaha sangatlah penting, langkah pertama memerlukan sebuah ide atau jenis usaha apa yang akan dijalankan. Bagi seseorang yang baru pertama kali mungkin akan kebingungan dalam memilih jenis usaha yang tepat di desa.

Mungkin banyak yang bertanya tanya usaha apakah yang cepat laku di lingkup wilayah desa. Apakah usaha kuliner, perdagangan, bisnis jasa dll. Semua itu terserah anda.

Hal ini sangat penting untuk usaha anda kedepannya, apakah usaha yang akan anda jalankan menjual jasa atau malah menjual barang. Contoh menjual jasa di desa adalah servis barang elektronik atau berjualan pulsa.

Sedangkan untuk menjual barang pasti sudah banyak sekali contohnya seperti toko kelontong atau tok pakaian.

Baca juga artikel tentang Pelaung Usaha Rumahan Di Desa Yang Menguntungkan

2. Menyiapkan Modal Usaha

cara usaha kecil kecilan di desa

Setiap semua usaha pasti membutuhkan modal baik itu bisnis besar atau juga usaha kecil kecilan. Modal sendiri dapat kita dapatkan dari mana saja, bisa dari hasil tabungkan kita selama ini.

Modal juga bisa juga kita dapatkan  dari mememinjam dari bank atau koperasi. Apabila meminjam dari bank maka anda harus jeli dalam meminjam dan memperhatikan bunga yang diberikan. Jangan sampai meminjam dengan bunga yang besar, karena akan sangat merugikan.

Modal juga tidak harus berupa uang, namanya saja usaha kecil-kecilan sehingga modal yang anda gunakan bisa berupa bahan mentah untuk diolah atau jual. Bahkan anda dapat membuka usaha kecil-kecilan tanpa modal, seperti usaha dropship.

Cara usaha kecil kecilan di desa tanpa modal sangatlah beragam. Banyak sekali sumber daya yang mungkin belum dimanfaatkan oleh orang, sehingga menjadi modal utama anda untuk berbisnis.

3. Menentukan Tempat atau Lokasi Usaha

cara usaha kecil kecilan di desa

Cara untuk usaha kecil kecilan di desa berikut ini juga tidak kalah penting untuk menjadi jalan kesuksesan anda dalam berbisnis. Hal ini menjadi penting karena tempat juga menjadi faktor laku atau tidaknya bisnis yang akan anda jalankan tersebut.

Tempat atau lokasi yang dimaksud juga bukan berarti anda harus mempunyai sebuah bangunan atau lokasi tertentu. Akan tetapi bisa dimulai dengan menyiapkan sebuah ruangan kosong di rumah anda seperti teras depan atau belakang rumah.

Tinggal di daerah pedesaan sebenarnya lebih fleksibel jika dibandingkan dengan mempersiapkan bisnis di area perkotaan khususnya karena persaingan di kota terbilang tinggi.

Jadi membuka usaha kecil di pedesaan tidak memerlukan tempat  seribet yang anda pikirkan. Bahkan sekarang sudah ada Google Maps yang bisa membantu pelanggan anda untuk menemukan tempat anda berjualan.

4. Menentukan Target dan Riset Pasar

cara usaha kecil kecilan di desa

Mungkin anda bukanlah satu satunya orang yang mempunyai ide untuk berbisnis kecil kecilan di desa. Inilah mengapa membuat target dang riset pasar sangat penting untuk dilakukan sebelum terjun langsung dalam usaha yang sudah anda rencanakan.

Dengan melakukan riset pasar, anda bisa mempersiapkan semua risiko dan juga bentuk persaingan yang kemungkinan akan terjadi nantinya. Sebagai seorang pelaku usaha anda harus melihat segala celah penting dari pesaing bisnis.

Target pasar adalah pihak yang akan menjadi konsumen usaha anda, bisa dari semua kalangan warga desa. Sebelum memulai usaha, anda harus mengetahui target pasar yang ada.

Jangan sampai anda tidak memperhatikan cara usaha kecil kecilan di desa satu ini. Perhatikakn juga daya beli masyarakat terhadap produk yang anda jual. Jika anda melupakannya, bisa jadi usaha anda akan bangkrut karena kurangnya ketelitian anda sendiri.

5. Gunakan Media Sosial

cara usaha kecil kecilan di desa

Di jaman yang sudah moderen ini siapa sih yang tidak tau dengan media sosial?. Mulai dari masyarakat desa maupun kota semua pasti tau dengan media sosial.

Media sosial sangat digemari karena kemudahan akses untuk mendapatkan berbagai informasi yang terkini. Selain itu sekarang media sosial juga sering digunakan untuk media promosi online.

Manfaatkan media sosial untuk media promosi dan meningkatkan konsumen dari berbagai lapisan masyarakat. Jika bisnis anda terbilang masih baru, maka promosi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Agar memudahkan promosi dan menjangkau audience yang lebih luas, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya.

6. Menerapkan Ide Usaha

Setelah memantapkan jenis usaha yang akan anda tekuni sekarang waktunya untuk menerapkan apa yang sudah pikirkan matang – matang. Ini adalah tahap dimana segala perencanaan yanganda buat benar – benar teruji secara nyata.

Jangan takut atau pun ragu pada  tahap ini karena jika anda berahasil memperhitungkannya dengan tepat maka akan berpengaruh untuk ke depannya.

Walaupun begitu anda juga harus mengantisipasi hal hal yang tidak bisa kita duga saat membuka usaha kecil kecilan meskipun di desa sekalipun.

7. Mengikuti Tren

Setiap jenis usaha yang kita tekuni pasti selalu ada perubahan tren atau pemirtaan pasar. Anda juga harus selalu mengikuti suatu tren produk supaya tidak tertinggal dari pesain – pesain anda.

Anda bahkan bisa menciptakan suatu tren tertentu disalah satu bidang usaha yang anda jalani saat ini. Cara ini sangat cocok dalam kategori cara usaha kecil kecilan di desa saat ini.

8. Manjakan Konsumen

Konsumen merupakan sumber dari penghasilan yang bisa kita dapatkan dari suatu usaha yang kita tekuni. Meningkatnya angka penjualan merupaka dambaan setiap pelaku usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan konsumen yang loyal bukanlah dengan cara menawarkan produk kita.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “pembeli adalah raja” mungkin pepatah tersebut ada benarnya. Sebagai pelaku bisnis kita harus selalu menjaga pelayanan kita supaya pelanggan betah berlangganan dengan kita.

Memberikan solusi masalah kepada keluhan konsumen merupakan salah satu hal yang penting. Misalnya sikap akrab dan toleransi terhadap perbedaan pendapat terhadap konsumen bagus untuk selalu ditingkatkan.

Coba untuk memahami keadaan konsumen baik dalam keadaan keluarga, kesehatanya dan tanyakan hal – hal tersebut saat mereka kembali datang. Jika bisa ingat selalu nama konsumen anda supaya mereka merasa menjadi pembeli yang dihargai. Panggil nama mereka dengan imbuhan bapak/ibu, saat menyapa atau menanyakan keperluang mereka.

Selain ada cara usaha kecil kecilan di desa tentu ada juga keuntungan usaha kecil di pedesaan. Berikut ini beberapa keuntungan berbisnis kecil kecilan di desa.

Keuntungan Usaha Kecil kecilan di Desa

Setiap usaha pasti memiliki keuntungan tertentu walau usaha itu kecil sekali pun. Tak hanya cara usaha kecil kecilan di desa yang akan kami bagi tapi keuntungan berbisnis kecil. Ini dia keuntungan usaha kecil kecilan di desa.

  1. Sepertinya namanya usaha kecil modal yang digunakan juga tidak besar bahkan bisa menggunakan modal seadanya. Walaupun begitu keuntungan yang dihasilkan juga bisa juga besara tergantung dengan ide ide yang anda kembangkan.
  2. Memiliki kemampuan untuk bertahan. Pada masa krisis yang terjadi, usaha kecil-kecilan akan tetap mampu membantu menggerakkan perekonomian rumah tangga dan negara.
  3. Berfokus pada kebutuhan konsumen. Karena usaha kecil, pelayanan menjadi hal yang sangat penting. Jika servis baik, maka pelanggan akan datang terus ke toko anda.
  4. Berlatih menghadapi dan menyelesaikan tantangan. Karena usaha kecil kecilan memiliki pemilik tunggal, maka semua hambatan merupakan tanggung jawab pemilik untuk dapat diselesaikan.
  5. Dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Usaha kecil-kecilan ini dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar dan lingkungan.
  6. Dengan sistem operasional yang dijalankan oleh satu orang, maka akan lebih mudah menjalankan ide seperti pemasaran, dan pengembangan produk. Berbeda dengan perusahaan besar yang lebih lama dalam menjalankan suatu inovasi karena sistem perusahaan yang lebih besar dan kompleks.
  7. Pajak relatif ringan, ini merupakan salah satu keuntungan usaha kecil kecilan dibanding bisnis besar karena yang dikenakan pajak adalah pribadi/pengusaha, bukan perusahaannya.
  8. Usaha kecil kecilan dapat dikelola secara mandiri dan bebas waktu. Anda dapat bebas menggunakan waktu kapan saja untuk mengelola sebuah usaha yang anda jalankan.

Tak hanya cara usaha kecil kecilan dan keuntungan saja yang bisa anda dapatkan ditulisan kali ini. Kami juga sudah menyiapkan beberapa contoh usaha kecil kecilan yang bisa anda coba di daerah desa anda.

Contoh Usaha Kecil Kecilan di Desa

Dibawah ini merupakan beberapa jenis usaha kecil kecilan yang bisa anda gunakan untuk inspirasi bisnis anda. Usaha – usaha ini sangat pas jika do terapkan di daerah pedesaan. Siapa tahu jenis – jenis usaha ini juga sangat cocok untuk di terapka di wilayah pedesaan anda.

1. Usaha Berjualan Sayur

Modal usaha kecil satu ini temasuk kecil bahkan anda bisa menanam sendiri beberapa jenis sayur yang bisa langsung kamu jual.

Kamu bisa mendapatkan supplier dengan harga yang murah di pasar – pasar besar atau bahkan ke petaninya langsung.

Apalagi dengan menjajakan dagangan sayurmu dengan berkeliling kampung yang semakin memudahkan pelanggan. Hal seperti ini menjadi keuntungan tersendiri untuk mendapatkan banyak pelanggan.

2. Usaha Berjualan Sarapan

Jika tempatmu dekat dengan lokasi industri atau kampus bisnis berjualan sarapan merupakan ide yang cukup cemerlang. Karena biasanya banyak  yang ingin sarapan dengan cepat tanpa harus membuat sendiri, jadi cara usaha kecil kecilan di desa ini sangat cocok juga untuk pemula.

Modal yang diperlukan juga tidak harus banyak, jika tidak mempunyai banyak tempat kamu bisa menggunakan teras rumah untuk berjualan.

3. Usaha Angkringan

Usaha ini tidak jauh beda dengan bisnis berjualan sarapan, bahkan target pembelinya juga rata – rata sama. Namun perbedaanya hanya modal yang digunakan. Sekarang ada mesin parut kelapa jika anda ingin menggunakan santan dalam membuat kue untuk mengisi angkringan anda.

Modal untuk  membuat sebuah angkringan lebih besar dibandingkan dengan usaha sarapan. Walau berbeda tapi  tidak terlalu besar yaitu hanya pada gerobak, bila kamu kreatif kamu bisa membuat sendiri gerobak angkringannya.

4. Jasa Potong Rambut

Usaha ini bahkan hanya membutuhkan kemampuan untuk memangkas rambut orang lain. Tempat yang digunakan pun juga tidak terlalu besar cukup ruangan kecil sekitar 5 x 6 m saja.

Apalagi khususnya potong rambut pria, alat yang digunakan sangatlah sederhana dan caranya mudah untuk dipelajari.

Sebagai permulaan bisnis ini kamu juga bisa menerapkan  diskon bagi pelanggan awal kamu. Ini bertujuan untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya diawal.

5. Bisnis Online Shop

Sekarang ini bisnis online sudah menjadi hal yang sangat umum dibanyak kalangan masyarakat baik dimanapun tempatnya.

Bisnis ini juga bisa dijalankan semua orang terutama ibu rumah tangga yang ingin penghasilan tambahan.

Sedangkan untuk produk yang dijual juga sangat beragam, mulai dari barang bekas, kerajinan tangan, kue kering dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Usaha Warung Kopi Sederhana

Untuk urusan bisnis makanan dan minuman memang tidak akan ada matinya. Salah satu bisnis minuman yang cukup digandrungi yaitu membuka warung kopi.

Usaha ini sangat cocok untuk kawula muda yang sedang memulai sebuah bisnis dibidang kuliner. Sebelum memulai usaha warung kopi ada baiknya kamu tahu tentang Analisa Usaha Kopi

Sekian dulu artikel cara usaha kecil  kecilan di desa dari danadesa.id semoga bisa menambah cara membuka usaha kecil kecil anda di desa, Selamat berbisnis.