Rahasia Peluang Usaha Di Desa Yang Wajib Anda Dicoba

peluang usaha di desa

Banyak orang yang beropini bahwa kehidupan di desa sulit untuk mencari pekerjaan. Inilah mengapa banyak orang yang pergi ke kota besar untuk mencari lapangan pekerjaan. Namun dibalik semua itu anda bisa saja membuat peluang usaha di desa.

Mungkin anda masih bertanya tanya mengapa peluang usaha di desa bisa lebih menguntungkan?. Kita semua tahu bahwa desa merupakan tempat yang mempunyai banyak sumber daya yang belum termanfaatkan oleh sebagian orang. Maka dari itu berbisnis di desa bisa jadi lebih menjanjikan daripada jauh jauh ke kota.

Nah sekarang anda harus berpikir bahwa usaha di desa juga tidak salah untuk dicoba. Karena sebentar lagi anda akan tahu kenapa berbisnis di desa juga menggiurkan. Danadesa.id kali ini masih akan membahas tentang beberapa peluang usaha di desa yang wajib anda coba.

5 Ide Peluang Usaha Di Desa Yang Patut Anda Coba

Berikut ini adalah beberapa usaha yang sangat diterapkan di pedesaan. Mungkin dari beberapa contoh bisa langsung anda terapkan.

1. Peluang Usaha Ternak Hewan

peluang usaha di desa

Berternak merupakan suatu kebiasaan di desa yang hampir semua masyarakat pedesaan lakukan. Baik beternak mamalia seperti kambing dan sapi sampai unggas hingga ikan banyak sekali yang melakukannya.

Tetapi masih disayangkan karena masyarakat tersebut belum banyak yang memanfaatkan peluang bisnis ini. Karena meraka hanya beternak atau membudidayakan hewan hewan tersebut untuk kepentingan sendiri atau hobi saja.

Usaha ternak hewan adalah termasuk usaha yang sederhana jika anda sudah biasa melakukannya. Misalnya saja usaha ternak ayam, mungkin anda sudah biasa melakukan perawatan jadi ini akan terasa mudah.

Namun jika anda ingin mencoba sesuatu yang baru dalam berbinis hewan ternak ini. Seperti membudidayakan cacing sutra untuk pakan ikan maka anda harus mau belajar.

Bisa dengan cara magang di tempat yang anda rasa memang pantas untuk belajar. Anda juga bisa mempelajari semua cara budidayanya, pakannya, sampai cara memasarkannya. Dengan cara seperti itu, anda akan mengurangi risiko kegagalan karena anda sudah memiliki pengalaman.

2. Peluang Usaha Toko Kebutuhan Sehari hari

peluang usaha di desa

Mungkin usaha yang satu ini sudah tidak asing lagi dikesaharian anda yang hidup di desa maupun kota. Banyak sekari macam macam yang bisa anda jual untuk kehidupan sehari hari ini. Mulai dari sembako, pakaian, makanan, hingga pulsa atau token listrik.

Kondisi geografis desa yang kadang jauh dari pasar juga membuat usaha ini bisa sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Selain mendapatkan keuntungan dengan usaha ini kita juga membantu masyarakat di sekitar kita untuk lebih mendapatkan kebutuhan mereka.

Yang paling mudah contohnya saja toko kelontong, dengan membuka warung kecil sekalipun anda masih bisa mendapat keuntungan yang lumayan.

Usaha sejenis ini cukup sederhana yang diperlukan adalah ketelitian dan ketelatenan. Yang tidak kalah penting adalah mendapatkan suplier barang dengan harga kompetitif serta menguasai ilmu bisnis ritel tentang stok produk, manajemen keuangan ritel, dan pemasaran.

3. Peluang Usaha Agribisnis

peluang usaha di desa

Dari banyak bisnis yang bisa dilakukan di desa usaha yang satu ini merupakan salah satu yang paling mudah untuk dijalankan. Tentunya karena masyarakat sudah tidak asing lagi dengan dunia pertanian atau juga perkebunan. Bahkan ada yang mata penceharian utamanya ada di bidang ini.

Peluang bisnis ini akan selalu ada karena selama manusia hidup pasti akan selalu membutuhkan bahan pangan. Walau begitu tidak semua masyarakat desa menganggap bertani itu mudah. Masih ada saja yang menganggapnya sulit untuk diterapkan.

Banyak sekali jenis peluang usaha di desa yang satu ini contohnya budidaya sayur dengan metode hidroponik. Ada juga budidaya tanaman hias yang belum banyak dijalankan oleh masyarakat desa.

Budidaya sayuran organik juga bisa anda lakukan karena masyarakat sekarang sudah semakin sadar tentang kesehatan. Masih ada banyak lagi usaha dibidang agribisnis ini yang bisa anda cari di Google

4. Peluang Usaha Bimbingan Belajar

peluang usaha di desa

Sekarang ini kebutuhan belajar anak tak hanya cukup saat di sekolah saja. Jaman yang semakin maju akan persaingan membuat orang tua juga menginginkan anak mendapat pelajaran yang terbaik. Sehingga kadang memberikan pendidikan atau bimbingan belajar diluar jam sekolah.

Nah dengan tingginya permintaan akan pendidikan diluar sekolah ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan. Sekalipun anda bertempat tinggal di pedesaan tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan sukses.

Selain menguntungkan bisnis rumahan yang satu ini akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun juga. Tinggal anda mengelola usaha bimbingan belajar ini dengan baik maka bisnis bisa menghasilkan keuntungan tiap bulannya.

Namun ada hal yang harus anda perimbangkan jika ingin membua bimbingan belajar di pedesaan. Yaitu biaya pengajaran yang harus disesuaikan dengan keadaan ekonomi di sekitar wilayah anda.

5. Peluang Bisnis Online

peluang usaha di desa

Kemajuan teknologi semakin membuka peluang untuk berbisnis. Bukan hanya di satu desa saja, melainkan di beberapa desa. Bisnis online ini sangat mudah untuk dilakukan.

Terlebih lagi sekarang anda bisa melakukannya lewat telpon pintar yang bisa digunakan dimana da kapan saja. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet agar semuanya berjalan lancar. Banyaknya marketplace yang ada di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Terlbih lagi zaman sekarang, mencari uang bukanlah hal yang sulit. Banyak media yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan uang. Niat, kerja keras, dan semangat pantang menyerah adalah beberapa hal yang perlu anda bangun dalam diri.

Siapa bilang usaha dari desa tidak bisa dengan metode online? Bisa banget. Apa saja usahanya semua itu tetap dapat dijual secara online. Jangankan usaha dagang bahkan usaha yang bergelut di bidang jasa saja bisa menggunakan metode online.

Karena itu apapun bisnisnya yang dijalankan tidak mustahil hal tersebut dapat dijalankan secara online.

Bagi anda yang berdomisili di desa dan ingin mulai menjalankan bisnis online yang pangsa pasarnya lebih luas, peluang usaha di desa ini sangat besar bahkan terbuka lebar untuk anda.

Bahkan sebenarnya anda punya nilai lebih dalam bisnis online yang akan anda jalankan tersebut. Nilai lebih yang anda punya adalah tak banyak pesaing anda karena keterbatasan dan minimnya pengetahuan warga pedesaan tentang bisnis online sehingga pesaing anda di dunia online belum cukup banyak.

Artinya peluang untuk bisa menguasai pasar secara online dengan bisnis ala desa yang anda jalankan jauh lebih besar. Lalu apa saja usaha online yang paling mudah dijalankan oleh warga pedesaan?

Bisnis Dropshipping antar Marketplace

Kenapa bisnis ini? Iniadalah bisnis online yang sebenarnya bisa di jalankan di pedesaan. Usaha ini bisa dilakukan tanpa perlu lagi harus keluar rumah  untuk menghasilkan uang.

Walau hanya dirumah , bisnis Dropshiping antar marketplace ini tetap bisa berjalan tak mengenal tempat dimana anda berada. Bakan bisnis ini bisa dijalankan lewat handphone saja.

Demikian tadi 5 ide peluang usaha di desa yang patut anda coba . Siapa bilang tinggal di desa sulit untuk mendapatkan rezeki? Asalkan ada kemauan dan kerja keras maka kita akan merasakan kesuksesan di desa.

Sebelum menjalankan usaha tersebut anda harus melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Riset ini berguna untuk melihat pasar dan bagaimana peluang usaha di pedesaan di daerah Anda. Selamat mencoba!