Select Page

Usaha Yang Cocok Di Desa. Banyak yang bilang hidup di pedesaan sangat sulit untuk mencari pekerjaan dan lebih memilih untuk berurbanisasi ke perkotaan. Itu semua dilakukan demi mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Namun kenyataannya tidak semua yang berpindah dari desa ke kota akan mendapatkan jalan yang mulus. Maka dari itu Berbisnis bisa menjadi solusi yang cukup bijak untuk masalah ini.

Tinggal di desa tidaklah sesulit yang kalian bayangkan, mungkin pekerjaan sulit didapatkan namun tidak dengan berbisnis. Banyak sekali usaha yang bisa kita kembangkan di pedesaan, terlebih lagi di desa yang belum banyak pengusahanya.

Danadesa.id mencoba mengula beberapa usaha yang cocok di desa sebagai ide untuk anda berbisnis.

Usaha Yang Cocok Di Desa Ini Harus Anda Coba

Sebenarnya banyak sekali bisnis yang cocok untuk di pedesaan, akan tetapi harus disesuaikan dengan beberapa faktor. Seperti kondidsi alam atau geografis dan yang tak kalah penting yaitu kondisi ekonomi masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut berikut ini adalah beberapa contoh usaha yang cocok di desa.

1. Usaha Peternakan

usaha yang cocok di desa

Pedesaan merupakan tempat yang paling tepat untuk bisnis yang satu ini. Kita tahu bahwa kondisi di desa sangat cocok untuk membuat sebuah peternakan karena masih banyaknya lahan yang bisa digunakan.

Jadi sangatlah pas jika anda ingin membuat sebuah bisnis peternakan karena mempunyai banyak keuntungan.  Salah satunya yaitu tidak menimbulkan masalah sosial karena penduduk yang tidak terlalu padat.

Anda juga tidak perlu pusing untuk mencari pekerja karena bidang bisnis ini bisa dilakukan sendiri. Kalaupun merasa terlalu berat anda bisa memperkerjaan masyarakat sekitar yang sudah biasa dengan beternak.

Seperti yang telah diketahui bahwa sektor bisnis peternakan sendiri memang terdapat cukup banyak jenisnya. Salah satu contonhnya adalah budidaya ayam petelur, sektor bisnis ternak ayam ini masih sangat prospektif dan juga berpotensi menghadirkan keuntungan yang menjanjikan.

Permintaan pasar terhadap telur ayam semakin hari kian meningkat bahkan bisa dikatakan cukup tinggi. Dan kita juga tahu bahwa pasokan telur ayam sendiri pada saat ini untuk pasar kadang masih kurang. Jadi jangan heran jika sektor usaha budidaya ayam petelur tersebut masih menjanjikan.

Pasalnya pangsa pasarnya sendiri memang dapat dikatakan tersedia luas dimana-mana dengan tingkat kebutuhan yang masih sangat tinggi. Selain budidaya ayam petelur, masih ada banyak lagi bisnis disektor peternak yaitu budidaya ikan, kambing, sapi, dan lain lain.

2. Usaha Pertanian dan Perkebunan

usaha yang cocok di desa

Selain dibidang peternaan, usaha dibidang yang satu ini juga sangat cocok untuk dijalankan di pedesaan. Dengan dukungan lahan yang mumpuni serta sumber daya manusianya yang sudah biasa menggeluti bidang ini, maka rugi kalau anda meninggalkan usaha ini.

Apalagi hasil dari pertanian dan perkebunan menjadi kebutuhan utama bagi kehidupan sehari hari. Maka tidak salah jika anda memilih usaha ini untuk dikembang di desa anda.

Namun jangan dikira bahwa usaha di bidang pertanian dan perkebunan hanya sebatas menanam dan menjualnya saja. Akan tetapi masih usaha lain seperti menyewakan alat pertanian atau perkebuanan. Prospek menjanjikan juga bisa diperoleh dengan menyewakan alat pertanian kepada petani.

Selain itu anda juga bisa menjual berbagai macam bibit tanaman, usaha ini juga bisa mendatangkan prospek yang sangat besar. Bibit tanaman ini tidak hanya dibutuhkan dalam sektor pertanian dan perkebunan sajaa, namun orang yang hobi menanam juga membutuhkan bibit untuk ditanam sendiri di rumah.

3. Usaha Industri Kreatif

usaha yang cocok di desa

Usaha yang cocok di desa satu ini memang belum banyak dimaksimalkan oleh banyak orang. Pedesaan sangatlah mendukung bagi bisnis yang satu ini, bagaimana tidak? begitu banyak bahan yang bisa diolah menjadi barang bernilai seni. Nah inilah yang bisa kita andalkan untuk usaha kreatif di pedesaan.

Produk industri kreatif kita cukup digemari dan diterima pasar dalam dan luar negeri di antaranya adalah batik, ukir, kaligrafi, aksesoris, produk kulit tas sepatu jaket, dan makanan ringan.  Produk-produk tersebut rata-rata dibuat oleh industri rumahan yang berada di desa di pelosok tanah air.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat anda juga tidak perlu lagi bingung untuk memasarkan produk kreatif anda. Bantuan online shop seperti bukalapak dan lainnya membuat produk unggulan anda dapat bersaing dan terpasarkan keseluruh penjuru negeri.

4. Usaha Toko Kelontong

usaha yang cocok di desa

Di daerah pedesaan mungkin jauh dari pasar baik itu tradisional atau juga modern, jadi masyarakat kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan sehari hari(Sembako). Hal ini cukup untuk untuk menjadikan bisnis toko kelontong menjadi usaha yang cocok di desa.

Walau sembako menjadi produk utama toko anda, bukan berarti anda bisa menyusun barang sembarangan dan tidak mempedulikan penampilan warung. Warung yang kotor, tak menarik dan serba berantakan belum tentu menarik pembeli.

Meski produk anda sangat lengkap, susun produk dengan rapi berdasarkan jenisnya, misal produk makanan tidak berdekatan dengan detergen. Lakukan pembersihan lantai dan rak warung setiap minggu, serta sortir barang untuk mencegah kadaluarsa setiap bulan.

Anda juga dapat menjual berbagai kebutuhan sehari hari lain seperti pulsa atau token listrik. Ini akan membuat usaha anda semakin berkembang karena masyarakat akan dimudahkan mendapat kebutuhan mereka menjadi lebih dekat lagi.

Meskipun jarak dekat, mungkin saja ada orang yang terlalu sibuk atau enggan untuk keluar rumah untuk membeli sesuatu. Untuk itu, anda bisa memberikan pelayanan plus berupa pesan antar.

Pelanggan hanya cukup menelepon ke toko Anda, kemudian diantarkan barangnya ke rumah pelanggan tersebut dengan tambahan biaya antar.Barang yang diantarkan ini pun beragam, mulai beras, air galon, dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya.

Bila awal usaha anda masih belum mendapatkan keuntungan yang signifikan, atau bahkan rugi, jangan langsung menyerah. Tetap fokus dan berusaha keras dalam mengembangkan usaha toko kelontong.

5. Usaha Kuliner

usaha yang cocok di desa

Yang terakhir ini adalah usaha kuliner, bisnis ini adalah bisnis yang tidak ada matinya. Kenapa? karena anda tahu bahwa setiap harinya manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Jadi anda bisa membuka usaha ini dengan keyakinan akan sukses kedepannya.

Usaha kuliner biasanya bisa menjadi salah satu peluang bisnis jangka panjang yang pastinya tidak akan memberikan kerugian jika anda mengelola dengan baik dan benar. Karena biasanya usaha kuliner akan selalu berkembang dan biasanya akan memberikan sebuah inovasi baru.

Salah satu kunci sukses di bisnis kuliner adalah menentukan target pasar. Anda tidak hanya memberikan harga yang murah bagi para pembeli, namun anda juga harus menyamakan presepsi dan menentukan selera dari pembeli di pedesaan.

Promosi menjadi penting untuk usaha anda demi kelangsungan bisnis anda. Banyak cara dalam melakukan promosi, seperti promosi dari mulut ke mulut dari sahabat, kerabat dan keluarga.

Namun anda sekarang juga bisa menggunakan internet dengan melalui media sosial. Media sosial terbukti sangat efektif untuk mengenalkan berbagai produk unggulan anda. Dengan begitu usaha anda dapat dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat baik desa maupun kota.

Demikan beberapa usaha yang cocok di desa dari danadesa.id. Semoga bisa menambah ide bisnis anda, Selamat Berbisnis di desa!