Pada artikel kali ini saya akan memberi tahu anda cara usaha mie ayam dan analisa usahanya. Panganan mie ayam atau juga yang sering di sebut juga bakmi ayam ini adalah masakan dari Indonesia yang terbuat dari bahan antara lain mie kuning yang direbus di air yang mendidih dan kemudian ditaburi saos dan kecap khusus juga beserta campuran daging ayam dan juga sayuran.

Mie Ayam terkadang juga ditambahi dengan campuran bakso, pangsit dan jamur. Mie ini berasal dari Tiongkok akan tetapi mie ayam yang ada di Indonesia ini tidak ditemukan di negara Tiongkok. Bisnis produk makanan yang satu ini merupakan bisnis yang sangat menggiurkan, bukan karena apa. Selain tidak ada matinya, bisnis mie ayam selain sangat mudah anda dijalankan.

Cukup dengan anda berbekal sebuah gerobak dan uang untuk sewa tempat di lokasi yang strategis atau untuk membangun warung di depan rumah anda, Anda juga dapat menjadi seseorang pengusaha mie ayam. Mengenai prospeknya, Anda sekalian tidak perlu khawatir. Karena, mie ayam ini termasuk makanan dari salah satu makanan favorit di masyarakat Indonesia dan juga makanan ini tak kenal kalangan.

Pemasarannya pun sangat luas, yakni semua jenis kalangan, mulai dari mulai seumuran anak-anak, seumuran remaja atau orang dewasa, hingga orang tua pun tertarik pada makanan yang satu ini.Jika anda sekalian juga tertarik dengan usaha mie ayam ini, detail dari cara pembuatan ataupun analisa usaha nya pun akan saya terangkan nanti simak ke bawah:

 Konsep-Konsep Dasar Sebelum Memulai Usaha Mie Ayam

konsep-konsep usaha mi ayam

Konsep yang matang memang sangat diperlukan saat membangun bisnis. Biasanya, saat menyusun konsep bisnis, kebanyakan dari rata-rata orang hanya memerhatikan pemilihan lokasi, produk, dan metode pemasarannya saja. “Akantetapi anda ketika membangun bisnis kuliner, konsep bisnis yang harus disusun jangan cuma berdasarkan lokasinya saja. Untuk anda yang ingin membangun usaha kuliner, ada beberapa hal yang menurut harus diperhatikan sebelum memulai usaha:

1. Selera

Faktor utama yang menentukan kesuksesan dari usaha kuliner adalah citarasa makanannya. “Sesuaikan citarasa makanan dengan target pasar yang dituju. Lakukan survei pasar untuk menemukan apa yang diinginkan masyarakat,” saran saya. Sebaiknya anda harus menghindari untuk terjadinya subjektif terhadap citarasa produk anda buat. Artinya, jangan hanya memerhatikan selera dan keinginan diri sendiri, karena belum tentu selera lidah Anda sama dengan selera kebanyakan orang.

2. Gaya Hidup

Makanan sekarang ini bukan hanya sebagai pemuas rasa lapar, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup.  “Jakarta juga merupakan salah satu dari banyak nya kota di Indonesia ini yang menjadikan makanan sebagai bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari. Jika pandai melihat peluang yang ada, dan menggabungkannya dengan jenis makanan yang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, maka produk usaha Anda berpeluang untuk disukai banyak orang.

3. Daya Beli

Sebelum menentukan produk yang akan dijual, lihat dulu lokasi yang menjadi tujuan usaha Anda, dan lingkungan sekelilingnya. Pemantauan kawasan sekeliling lokasi tujuan akan menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual. Observasi akan menentukan produk jualan berdasarkan daya beli masyarakat. Jika produk yang dijual terlalu mahal, sedangkan daya beli masyarakat rendah, maka bisnis tidak akan berjalan lancar.

4. Rencana Produksi dan Konsep Rencana Produksi

Perhatikan dengan teliti dari sumber bahan baku, alur produksi, harga produksi, peralatan, kualitas, keunggulan produk, sampai kemasan produk yang akan dijual. “Jangan hanya asal menjual produk jadi saja, sementara sumber bahan baku sulit dijangkau, karena hal ini akan mengganggu kelangsungan produksi produk,” bebernya.

5. Rencana Pemasaran

Sebelum anda memutuskan bisnis apa yang akan anda jalankan, ada baiknya untuk menganalisis pasar dan gaya pemasarannya terlebih dahulu. Lokasi sangat menentukan tingkat persaingan, karena akan membantu menentukan kesempatan Anda untuk mengembangkan usaha. Selain itu, perhatikan juga teknik promosi yang dilakukan. “Promosi yang tidak efektif dan salah sasaran hanya akan membuang-buang uang saja.

Kiat Sukses Membuka Usaha Mie Ayam:

kiat usaha mi ayam
Untuk menjalankan usaha mie ayam seperti ini anda dapat memiliki keuntungan bersih yang sangat lumayan besar dalam 1 bulanya tidaklah mudah. Tentu sangat diperlukan beberapa upaya dan strategi khusus untuk anda yang mau berjualan mie ayam. Berikut tips dan yang akan saya beritahukan kepada anda dari mulai kiat memulai usaha mie ayam dari awal langsung menguntungkan, antara lain:

1. Resep Mie Ayam

Dalam setiap usaha kuliner, masalah rasa menduduki peringkat pertama. Begitu pula dalam usaha mie ayam. Pastikan anda membuka usaha berjualan mie ayam dengan rasa enak dan sesuai selera pasar. Sebuah usaha mie ayam tidak akan laku keras jika resep mie ayam yang disajikan tidak enak atau biasa saja.
Sobat harus mempunyai resep menu mie ayam yang khas dan lebih enak dari kompetitor. Inilah yang menjadikan mie ayam memeiliki nilai tambah tersendiri usaha mie ayam ini sobat yang membedakan dari usaha yang masih sejenisnya. Hal ini wajar sebab sebagai konsumen akan lebih memilih membeli mie ayam yang memiliki rasa yang enak dan sesuai selera

 2.Lokasi Usaha

Hal ini sangat menentukan keberlangsungan usaha mie ayam. Namun banyak pengusaha mi ayam yang mengabaikan aspek ini. Seperti yang penulis saksikan di daerah Sumedang ada sebuah gerai usaha mie ayam yang letaknya berdekatan dengan kandang ayam. Sehingga kebanyakan orang tidak mau membeli mie ayam di tempat tersebut dikarenakan konsumen akan takut mie ayam terkena polusi kotoran ayam di sekitarnya.
Jadi walaupun seenak apapun menu mie ayam itu yang sobat jual akan sangat percuma jika lokasi yang anda gunakan untuk usaha tidak tepat. Menu mie ayam yang lezat dan lebih enak dari para pesaing harus didukung oleh lokasi usaha yang strategis. Misalnya lokasi usaha mie ayam sekitar kampus, dekat pasar tradisional dan modern, sekitar perumahan padat penduduk, dekat pusat keramaian orang dan lain-lain.
Resep mie ayam yang inovatif seperti mie ayam berbagai rasa dan mie ayam bakar hanya cocok di tempat yang mempunyai nilai eksklusif. Misalkan daerah pertokoan besar dan mall. Untuk usaha mie ayam di daerah pedesaan terpencil sangat cocok konsep gerobak mie ayam dengan harga murah. Karena masyarakat desa mempunyai daya beli yang cukup rendah.

3. Perluasan Usaha Mie Ayam

Setelah anda membuka usaha mie ayam secara menetap atau permanen berupa kios atau warung, untuk meningkatkan omset harian anda bisa merekrut tenaga karyawan bagian penjualan mie ayam secara keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor. Sistem ini sangat efektif untuk menjemput bola. Sebab banyak orang yang malas untuk keluar rumah hanya sekedar membeli satu porsi mie ayam.

Apabila usaha mie ayam konsep kios kecil kecilan dan gerobak keliling anda telah berkembang pesat dan mempunyai modal usaha yang cukup maka anda bisa memperluas skala usaha mie ayam dengan kelas restoran di mall yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas.

Namun seiring perkembangan jaman banyak orang saat ini yang lebih memilih untuk menikmati kuliner mie ayam di tempat unik. Oleh karenanya, lebih baik dan lebih menguntungkan jika sobat membuka usaha mie ayam bakar atau mie ayam aneka rasa dengan konsep unik dan eksklusif.

Misalkan konsep kios mie ayam warung gaul, kios mie ayam konsep kebun, gerai usaha mie ayam di tengah persawahan, dan konsep gerai usaha mie ayam secara outdoor lainnya yang lebih disukai orang modern saat ini. Dimana menyantap mie ayam sambil duduk di bawah pohon besar yang rindang, menikmati mie ayam sambil merasakan angin sepoi alami yang segar dan melihat pemandangan alam yang indah sangat diminati banyak orang saat ini.

4. Promosi

Pastikan anda mempromosikan atau memperkenalkan usaha mie ayam sobat kepada penduduk sekitar. Misalkan anda ingin membagikan sebuah brosur, memasang sebuah spanduk, ataupun pamflet, papan reklame, neon box, dan juga promosi secara online. Sediakan pula jasa pengiriman mie ayam secara gratis ke daerah tertentu dengan jumlah minimal pembelian.

Rincian Biaya Modal Sebelum Memulai Usaha Mie Ayam

konsep usaha

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah berapakah modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha mie ayam? Berikut ini rincian biaya modal usaha mie ayam dan keuntungannya perbulan, antara lain:

1. Peralatan Makan

Biaya investasi yang digunakan untuk modal awal dan meliputi beberapa peralatan makan meliputi:

1. Sendok satu lusin harga Rp 30.000
2. Sumpit satu lusin Rp 11.000
3. Garpu 1 lusin harga Rp 25.000
4. Tempat sendok Rp 9000
5. Mangkok mi satu lusin Rp 40.000
6. Tempat sambal harga Rp 10000
7. Tempat kecap 1 buah Rp 5000
8. Tempat saos satu buah Rp 5000
9. Mangkuk kuah satu lusin Rp 25.000

Total biaya untuk membeli peralatan makan sebesar Rp 160 ribu

2. Peralatan Minum

Untuk belanja peralatan dan perlengkapan minum mencakup:

1. Teko air dua buah harga Rp 20.000
2. Termos es satu unit harga Rp 80.000
3. Gelas ukuran besar 1 lusin Rp 40.000
4. Gelas ukuran kecil harga Rp 10.000
5. Termos untuk air panas Rp 50.000
6. Panci satu buah harga Rp 50.000

Maka total biaya yang dibutuhkan untuk membeli peralatan dan perlengkapan minum sebesar Rp 250 ribu.

3. Peralatan Produksi Untuk Usaha Mi Ayam

Untuk peralatan produksi mi ayam meliputi:

1. Baskom Rp 10.000
2. Blender Rp 200.000
3. Wajan Rp 40.000
4. Panci bumbu Rp 50.000
5. Mesin Mie Rp 1 juta
6. Gelas Ukur Rp 50.000
7. Kompor gas Rp 300.000
8. Regulator Rp 50.000
9. Pisau Rp 10000
10. Talenan Rp 10000
11. Peralatan lainnya Rp 300.000

Total estimasi biaya modal usaha untuk membeli peralatan produksi mie ayam sebesar Rp 2.020.000

4. Gerobak Mi Ayam

Untuk gerobak mie ayam yang modern dan menarik anda bisa membuatnya sendiri atau membeli dari para pedagang mie ayam seharga Rp 1 juta.

Maka total biaya yang diperlukan dalam membuka usaha mie ayam dari awal sampai siap berdiri sebesar Rp 3.430.000 (Rp 2.020.000 + 1 juta + Rp 250.000 + Rp 160 ribu). Belum termasuk biaya sewa lokasi usaha, biaya promosi usaha yang meliputi pembuatan spanduk, brosur, reklame dan lain-lain.

5. Keuntungan Usaha Mi Ayam Per Bulan

Jika satu porsi mie ayam dijual seharga Rp 7000 dan setiap hari terjual minimal 30 porsi mi ayam maka dalam satu hari omset yang diperoleh sebesar Rp 210 ribu (Rp 7000 x 30). Dikalikan satu bulan maka omset usaha mi ayam perbulan sekitar Rp 6.300.000 (Rp 210.000 x 30 hari).

Setelah dihitung dan dikurangi dengan biaya sewa lokasi usaha mi ayam, biaya investasi dan biaya operasional akan mendapatkan keuntungan bersih yang didapatkan bisa mencapai lebih dari Rp 4 juta dalam jangka waktu 1 bulan. Atau balik modal dalam jangka waktu kurang dari satu tahun.

Cara Membuat Mie Ayam

usaha mi ayam

1.Resep Mie Ayam Solo

Bahan-Bahan

  • ½ kg daging dada yang sudah direbus dan dipotong potong dadu
  • 3 siung bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 1 daun serai ukuran sedang
  • 3 sendok teh ketumbar
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak secukupnya (untuk menumis)

Cara Membuat Mie Ayam Solo

  1. Haluskan bawang merah, ketumbar, kunyit, bawang putih, dan juga kemiri.
  2. Tumis bumbu halus. Kemudian masukkan lengkuas, serai, dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga keluar bau harumnya. Setelah itu, masukkan ayam. Susul dengan air, garam, dan gula secukupnya.
  3. Tambahkan kecap manis secukupnya pada mi ayam agar warnanya akan lebih menggoda. Matikan apinya.
  4. Cara bikin sambalnya sangat mudah dan sederhana kok. Tinggal rebus saja cabai rawitnya. Haluskan. Beres. Sambal merupakan salah satu dari kunci cita rasa membuat mi ayam yang akan disukai oleh kalangan masyarakat mana pun. Variasikan dengan bawang putih, ya.
  5. Sementara untuk kuah mi ayamnya anda bisa memanfaatkan air dari sisa-sisa rebusan dada ayam yang tadi anda gunakan. Tambahkan garam dan merica.
  6. Cara penyajiannya juga perlu diperhatikan. Masukkan garam dan merica ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak bawang sekiranya 1 sendok makan. Kemudian masukkan mi yang sudah direbus ke dalamnya.
  7. Aduk-aduk hingga merata. Susul dengan ayam yang sudah dimasak tadi. Biar lebih mantap, taburi dengan bawang goreng. Selagi hangat, langsung santap. Pasti nikmatnya lebih kerasa.
  8. Kemudian sajikan mi ayam khas Solo ini ke bagian tengah meja makan keluarga ataupun pada meja dagangan anda. Jangan lupa sambal yang sudah dibikin langsung campurkan saja secara merata. Selain itu, resep mie ayam ini juga sangat terkenal di kota Bandung, kota Bangka, dan juga kota Jakarta. Keren bukan.

2. Resep Mie Ayam Pangsit

Bahan-Bahan

  • Pangsit 1 bungkus
  • Dada ayam fillet
  • 1 bungkus mie gloria
  • 1 wortel parut
  • Sebutir telur
  • 5 udang kupas
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 5 bawang merah
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bawang putih goreng juga secukupnya
  • Kaldu ayam
  • Minyak wijen sesuai selera

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit

  1. Pertama-tama, haluskan separuh dada ayam fillet pakai blender. Tambahkan udang dan telur juga. Setelah itu masukkan merica dan garam.
  2. Tunggu proses selesai. Setelah itu tambahkan wortel yang sudah diparut. Susul dengan saus tiram, kecap, tepung maizena, merica, garam, dan daun bawang. Blender kembali hingga merata.
  3. Siapkan kulit pangsitnya. Bungkus adonan ke dalam kulitnya. Pisahkan jadi 2 bagian. Pertama digoreng. Sementara yang lainnya cukup dikukus saja.
  4. Cara membuat mi ayam yang harus anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan proses mencacah bawang merah. Sementara dada ayam fillet yang tinggal separuh itu potong kotak-kotak.
  5. Tumis bawang merahnya. Kemudian masukkan ayam. Tambahkan merica, gula, garam, kecap manis, dan saus tiram secukupnya. Cek bagaimana rasanya. Kalau ada yang kurang, tambahkan saja salah satu atau beberapa.
  6. Selanjutnya menyiapkan air dan panaskan terlebih dahulu. Dan kemudian rebus mie ke dalamnya. Kira-kira 1 menit saja. Kemudian tiriskan.
  7. Siapkan mangkuk yang sudah diberi minyak wijen, garam, dan kecap secukupnya. Masukkan mie rebus. Tambah resep mie ayam dengan pangsit kukus serta ayam bumbu tadi. Tambahkan bawang putih goreng biar makin mantap.
  8. Cara buat kuahnya tidak perlu pakai repot. Langsung saja ambil kaldu ayam atau rebusan ayam tadi. Rebus lagi hingga mendidih sambil dilengkapi dengan garam dan bawang goreng.
  9. Setelah itu siramkan kuah ke atas mie ayam yang sudah siap di mangkuk penyajian. Jika cara membuat mie ayam anda sesuai dengan panduan saya di atas pasti mie ayam anda akan jadi sempurna. Selamat menikmati mie ayam yang spesial ini.

3. Resep Mie Ayam Goreng

Bahan-Bahan

  • Sebungkus mie telur cap ayam
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 5 cm wortel
  • Daun bawang sesuai selera
  • Telur 2 butir
  • Lada putih secukupnya
  • Cabai merah 3 buah
  • Garam sesuai selera
  • Kecap manis secukupnya
  • Kerupuk udang semau Anda
  • Dada ayam yang sudah dipotong dadu

Cara Membuat Mie Ayam Goreng

  1. Iris tipis saja bawang merah, bawang putih, wortel, dan cabai merah.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah itu hingga keluar aroma harum. Masukkan ayamnya. Tambahkan garam dan lada putih secukupnya saja.
  3. Masukkan telur sampai matang di tempat. Langsung masukkan saja mi yang terlebih dahulu direbus biar agak lunak. Sebentar saja kok. Harap prosedur membuat mi ayam di atas jangan sampai terbalik, ya.
  4. Tambahkan kecap manis dan daun bawang secukupnya. Kalau kurang asin, tambahkan saja garamnya.
  5. Akhirnya selesai juga kiat membuat mie ayam goreng karya Anda sendiri. Sajikan dengan kerupuk udang biar lebih meriah rasanya.

Demikianlah informasi penting yang berkaitan dengan usaha mie ayam ini dan analisa usahanya bisa dapat omset jutaan jika anda ingin juga belajar tentang usaha emping jagung dan analisa usahanya. Semoga dengan informasi yang telah saya bagikan ini bisa bermanfaat kepada para pembaca ataupun kepada para pelaku usaha mie ayam.