Ternak Sapi Perah Yang Dijamin Mempunyai Susu Yang Banyak

ternak sapi perah

Ternak Sapi Perah merupakan sebuah usaha yang cara kerjanya adalah denganmengembang-biakkan sapi agar dapat diambil susunya.

Memang salah satu produk utama atau yang paling dicari dari peternakan sapi yaitu berupa susunya. Olahan susu sapi begitu digemari oleh manusia. Dan menjadi salah satu sumber utama gizi nasional dan juga digemari oleh berbagai usia.

Untuk ternak sapi perah dibutuhkan teknik khusus. Terutama dalam memberi makanya. Khusus sapi perah ini, makananya begitu benar-benar dijaga.

Waktu pemerahan susu sangat berpengaruh dalam jumlah produksi susunya. Harus diberi jeda pemerahan sebab jika diambil semuanya suatu saat  dapat habis dalam sekejap.

Sebab kapasitas masing-masing sapi berbeda produksi susunya. Ada yang hanya 1 liter per hari, terdapat pula yang bisa hingga 2-3 liter per hari.

Berikut adalah cara beternak sapi perah untuk pemula dan profesional yang bisa dicoba:

Mengumpulkan Modal Materi dan Non Materi

mengumpulkan modal dan materi

1. Pendanaan Uang

jika anda ingin memulai ternak sapi perah, tentu mula-mula anda harus mempunyai modal uang yang kuat. Tidak anda bisnis yang gratis. Apalagi kalau bisnis peternakan sapi, modal uangnya bisa mencapai ratusan juta.

2. Pembelajaran Ilmu

Sebelum anda mulai ternak sapi perah, ada baiknya untuk mempunyai ilmu ternak sapi perah dulu. Belajar tentang segala hal tentang ternak sapi perah bisa menjadi cara berternak sapi perah yang paling ampuh.

3. Pergaulan Sosial

Tidak hanya itu, seorang calon pembisnis ternak sapi perah juga harus mempunyai pergaulan sosial yang luas.

Sikap supel ini dapat membawa keuntungan untuk bisnis anda di masa depan. Sebab, kemajuan bisnis anda juga sangat erat kaitannya dengan pergaulan sosial.

4. Penyiapan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan hal yang paten dan mutlak mesti ada dalam semua bisnis. Cara ternak sapi perah harus dilandaskan dalam penyiapan SDM ini.

5. Persiapan Tenaga Kerja

Selain itu juga harus memiliki tenaga kerja yang mumpuni di bidang peternakan. Mempekerjakan seorang ahli atau sarjana peternakan jauh lebih baik daripada mempekerjakan 10 orang awam yang tidak memiliki skill dan ilmu peternakan sama sekali.

Mempersiapkan Perlengkapan dan Peralatan

1. Pembukaan Lahan Peternakan

Cara ternak sapi perah juga dapat dimulai dari mempersiapkan lahannya. Pembukaan lahan harus luas dan kalau bisa mempunyai lapangan rumput sendiri. Cara ternak sapi perah memang butuh modal lahan lapagan yang luas. Dan alangkah baiknya berada di dataran tinggi atau di area pegunungan.

2. Penyediaan Kandang

Kandang tentu saja sangat vital diperlukan dalam ternak sapi perah. Buatlah kandang yang permanen yang terbuat dari kerangka baja contohnya. Sebab sapi itu kan mempunyai tenaga yang sangat besar, kalau dari kayu atau bambu nanti dapat dijebol.

3. Pengairan

Cara ternak sapi perah juga sangat membutuhkan sistem drainase atau pengairan. Air sangat diperlukan untuk minum sapi perah dan membersihkan tubuh sapi serta lingkungan sapi tersebut.

4. Pembelian Berbagai Peralatan Penunjang

Membeli berbagai macam peralatan penunjang/ pembantu seperti lampu dan tali sangatlah penting.

jika anda ingin mempelajari tentang cara ternak ayam bisa klik disini

Menyiapkan Bibit Sapi Perah Unggulan

 

1. Membeli Bibit Indukan Sapi Perah

Cara ternak sapi perah sangat bergantung pada indukannya. Belilah indukan sapi perah yang kualitas super yang kesehatannya terjamin. Sebab agar peranakan sapinya nanti dapat baik juga.

2. Usaha Kawin Silang Sapi Perah

menggunakan cara kawin silang sapi perah bisa dijadikan cara ternak sapi perah. Hal ini berguna untuk memperbaiki hasil produksi agar dapat lebih melimpah susunya.

Merawat dan Mengembang-Biakkan Sapi Perah

1. Memberi Pakan Terbaik

Pakan sangat mempengaruhi dalam jumlah produksi susu. Pilihlah pakan yang memang nyata dapat melancarkan asi/ susu sapi perah.

Seperti daun katuk contohnya, juga sangat cocok diberikan pada sapi perah ini. Cara ternak sapi perah memang akan gagal apabila pakannya juga gagal. Jadi berhati-hatilah dalam memilih pakan sapi perah !1!

2. Memeriksa Kesehatan Sapi Perah

Memeriksa kesehatan sapi perah sangatlah penting sebagai cara ternak sapi perah. Langsung saja panggil dokter hewan atau ahli peternakan agar dapat menganalisis bagaimana kondisi fisik dan mental sapi perah tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Sapi Perah

Cara Beternak Sapi Perah mesti selalu dalam kondisi higienis. Dan juga orientasi produk keluaran dari peternakan sapi perah adalah susu.

Yang mana susu sapi segar harus benar-benar steril dari bakteri dan berbagai virus serta organisme yang membahayakan kesehatan.

Pemerahan Susu Sapi

 

1. Cara Pemerahan Susu Sapi

Memerah susu sapi perah menjadi tonggak ujung dari cara ternak sapi. Cara memerah yang baik dan benar akan menghasilkan susu yang baik pula.

2. Jadwal Memerah Susu Sapi

tidak hanya itu, jadwal memerah susu sapinya juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai  salah waktu memerah, malah sapinya enggan memproduksi susu lagi.

Memasarkan Produk Susu Sapi

1. Menjual Susu Sapi di Lokasi Peternakan Langsung

Cara beternak sapi perah dalam hal penjualan mesti mempunyai banyak strategi. Salah satu strategi penjualan yang paling bagus adalah dengan menjual produk susu sapi langsung di lokasi peternakan.

Buatlah café, Ruko atau tempat khusus lainnya untuk melakukan pembelian susu yang berada di kompleks peternakan. Ini akan menarik konsumen untuk datang.

2. Pemasaran Susu Sapi Melalui Agen Distributor

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyalurkan melalui distributor. lah agen-agen susu sapi murni berada di setiap kota. Ini menjadi cara beternak sapi perah yang banyak dipraktekkan orang-orang.

3. Branding dan Packaging Susu Sapi

Jika mampu membuat branding packaging yang baik untuk susu sapinya, maka anda akan mendapatkan nilai plus lebih.

4. Mencoba Internet Marketing untuk Promosi Susu Sapi

Sekarang merupakan masa di mana modernitas merajela. Teknologi internet dapat dijadikan alat marketing. Cara beternak sapi perah ini dapat dikatakan sukses bila sudah berhasil mengusai pangsa pasar internet ini.

Mengenal Jenis-Jenis Sapi Perah

Bicara tentang sapi perah, bisa dibilang tidak ada sapi lokal yang mempunyai karakter sebagai sapi perah.

Populasi sapi perah yang ada di Indonesia saat ini kebanyakan didatangkan pada abad ke-18. Saat itu pemerintah kolonial mendatangkan sapi Friesien Holstein (FH) dari Belanda untuk memenuuhi kebutuhan susu orang-orang Belanda yang berada di Indonesia.

Hingga kini sapi FH mendominasi ternak sapi perah di Indonesia. Padahal sapi FH merupakan jenis sapi perah untuk daerah subtropis. Sehingga produktivitasnya tidak sebaik di daerah asalnya. Terlebih lagi mutu genetik sapi FH yang berada di Indonesia sudah tidak terlalu baik.

Jenis sapi perah sub tropis

1. Friesien Holstein (FH)

Frisian Holstein bisa dikatakan sebagai sapi perah paling populer di Dunia. Konon, lebih dari 80% populasi sapi perah di Amerika terdiri dari jenis ini. Demikian juga di Indonesia, sejak jaman kolnial hingga sekarang sebagian besar berupa jenis sapi perah FH.

Sapi ini berasal dari propinsi Friesland di Belanda. Walaupun berasal dari daerah subtropis, sapi ini bisa beradaptasi di daerah tropis.

Produksi susu sapi FH di daerah asalnya bisa mencapai 7245 kg per masa laktasi. Sedangkan di Indonesia 4500-5500 liter per masa laktasi atau setara 10 liter susu per ekor per hari.

2. Sapi Jersey

Sapi ini berasal dari Pulau Jersey  yang terletak diselat antara Inggris dan Perancis. Nenek moyang sapi ini berasal dari banteng liar yang dikawinkan dengan sapi normandia.

Sapi jersey memiliki warnah tubuh yang beragam, mulai dari hitam, merah tua,  coklat kekuningan terkadang dibagian tertentu ada warna putihnya. Tanduk sapi ini lebih panjang ketimbang FH dan mengarah ke atas.

Bobot sapi perah jenis ini mencapai 625 kg untuk pejantan dan 425 kg untuk yang betina. Produktivitas susunya mencapai 2500 liter per  masa laktasi.

3. Sapi Guernsey

Sapi Guernsey berasal dari Pulau Guernsey, Inggris Selatan. Seperti sapi jersey, sapi ini dikembangkan dari sapi liar Bos Typicus longifrons.  Warna sapi Guernsey coklat kekuningan hingga hampir merah bercampur dengan warna putih. Tanduknya berukuran sedang, arahnya agak condong ke depan.

Bobot sapi jantan bisa mencapai 700 kg dan sapi betina 475 kg. Produksi susunya mencapai 2750 liter per masa laktasi.

4. Sapi Brown Swiss

Sesuai namanya sapi ini dikembangkan di Swiss. Sapi ini memiliki warna tubuh keabu-abuan hingga coklat. Perilakunya sangat jinak dan mudah dikendalikan.

Sapi Brown Swiss memiliki badan cukup besar. Sapi jantan bisa mencapai 900 kg dan betina 600 kg. Produktivitas susunya mencapai 3000 kg per masa laktasi.

5. Sapi Ayrshire

Sapi ini berasal dari Skotlandia warnanya coklat kemerahan belang putih. Ayrshire memiliki tanduk yang cupuk panjang. Tanduk tumbuh tegak lurus ke atas.

Bobot tubuh sapi ayrshire jantan bisa mencapai 725 kg dan betina 550 kg. Produktivitas susu sekitar 3500 liter per masa laktasi.

Jenis sapi perah tropis

1. Sapi Sahiwal

Sahiwal berasal dari daerah Punjab, perbatasan Pakistan dan India. Sapi jenis ini diklaim sebagai jenis sapi perah tropis terbaik.

Sapi Sahiwal memiliki warna yang beraneka ragam, kebanyakan berwarna coklat muda hingga kemerahan. Bulunya halus dan kakinya pendek.

Sapi ini memiliki bobt tubuh sekitar 500-600 kg untuk jantan dan 450 kg untuk betina. Produktivitas susu sekitar 2500-3000 kg per laktasi.

2. Sapi Red Sindhi

Sapi ini beraal dari India, terutama berkembang di daerah-daerah kering dan panas. Kulitnya berwarna merah tua, ukuran tubuhnya kecil.

Sapi jantan dewasa berbobot 450-500 kg dan betina 350 kg. Produktivitas susunya 1700 kg per laktasi.

3. Sapi Gir

Sapi ini masih berasal dari India. Pada umumnya sapi ini berwarna putih, namun ada juga yang berwarna bercak coklat atau hitam dan warna kuning kemerahan.

Berat badan sapi dewasa sekitar 600  kg dan betina 400 kg. Produksi susu mencapai 2000 kg per laktasi.

4. Sapi Ongole

Sapi ini berasal dari India juga, sapi ongol banyak ditemukan di Indonesia namun biasanya diperlakukan sebagai spai pedaging. Warnanya putih hingga agak gelap.

Bobot tubuh pejantan mencapai 500-600 kg dan betina 450-500 kg. Produksi susu relatif sedikit hanya 1250-1500 kg per masa laktasi.

5. Peranakan Frisien Holstein (PFH) atau Sapi Grati

Sapi ini banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. jenis sapi perah ini persilangan antara pejantan Frisien Hosltein (FH) dengan sapi betina lokal dari jenis jawa dan madura.

Sapi PFH memiliki karakteristik tubuh agak besar dengan daya adaptasi terhadap iklim tropis yang baik.

Produktivitas susu sapi ini berkisar 2500-3000 liter per laktasi.

Susu sapi murni pasti sudah kerap anda temui di pinggiran jalan raya. Memang banyak sekali penikmat yang selalu menyantapnya di kala malam.

Kandungan Susu Sapi

Susu sapi murni merupakan susu yang paling pas dan cukup sempurna kandungan nutrisinya. Pasalnya di setiap 100 gram, sama saja dengan kandungan 70,5 kilo kalori.

Cukup banyak bukan? Selain itu, juga ada protein 3,4 gram dan lemak sekitar 3,7 gram. Tingginya angka nutrisi penting itulah yang membuat tubuh anda sehat jika selalu mengkonsumsinya setiap hari.

Ternyata tidak sebatas itu saja kandunganya. Ada pula mineral seperti kalsium, fosfor, iodium, seng, zat besi, tembaga, dan magnesium. Beberapa vitamin A dan B2 serta asam amino yang sangat baik untuk tubuh anda.

1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Dalam nutrisi susu murni mengandung kandungan yang sangat baik untuk menggerakkan pembuluh dalam darah.

Hal ini yang membuat tekanan darah anda menjadi stabil dan tetap normal. Nutrisi tersebut dikenal dengan potasium, sehingga adanya kerja ini mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Keadaan susu yang bisa menstabilkan pembuluh darah dan tekanan darah, ternyata membawa pengaruh yang sangat baik bagi jantung.

Dalam kejadian, pembuluh darah anda tidak terjadi tersendat dan terhalangi benda lain. Sehingga bahaya yang di sebabkan apopleksi  juga menurun.

Dengan perjalanan normal darah, kemungkinan resiko penyakit jantung juga menjadi menurun.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Gondok

Salah satu penyakit yang cukup banyak di derita oleh anak-anak ialah gondok. Hal ini dapat membuat terjadinya pembengkakan di jaringan limpa belakang telinga, sehingga ketika hendak membuka mulut untuk makan akan kesulitan.

Cara mengurangi resiko penyakit ini dengan cukup mengkonsumsi iodim yang biasa ada pada garam dapur. Anda juga menemukan di dalam manfaat susu sapi murni yang menyehatkan.

4. Membantu Meringankan Kerja Otak Besar

Salah satu organ yang paling banyak berkontribusi ialah otak besar. Dalam hal ini dia banyak membantu di sistem koordinasi tubuh dengan lingkungan.

Untuk itu memerlukan energyi besar juga untuk menjaganya. Salah satu zat yang baik untuk otak adalah seng (Zn) leticin, dan iodium. Penambahan zat ini secara significan mampu meningkatkan efisiensi kerja otak.

5. Baik Untuk Penderita Anemia

Penderita anemia adalah orang yang memiliki kandungan haemoglobin kurang. Sehingga untuk menopang pekerjaanya yang terlalu banyak, harus memiliki sel eritrosit yang banyak pula.

Salah satu zat yang mampu membantu pekerjaan pembentukan sel darah merah adalah zat besi. Kandungan dalam susu juga cukupzat besi, sehingga membantu untuk membentuk sel eritrosit anda

6. Cocok Untuk Menjaga Kulit

Salah satu asset berharga bagi wanita adalah kesehatan kulit. Keadaan kulit yang kusam mampu mengurangi tingkat kepercayaan diri anda.

Dengan kondisi tubuh sering meminum manfaat susu sapi murni untuk kecantikan  menjadikan kulit tampak bersinar dan berseri-seri, sehingga tampak cerah di pandang. Zat yang paling berperan dalam hal ini adalah vitamin E, tembaga,seng, serta vitamin A

7. Menjadikan Rileks dan Tenang

Mengonsumsi susu secara psikologis mampu membuat anda tenang dan rileks. Sebab adanya kerja tyrosine mendorong kerja hormone serotonin untuk terus menguncur.

Hormone ini sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan anda. Dengan kondisi seperti ini menjadikan anda mudah tidur.

8. Membantu Pertumbuhan Gigi dan Tulang

Susu memang salah satu symbol obat tulang. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium dan fosfor dalam susu yang dinilai cukup mumpuni.

Bukan hanya bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang, susu juga di nilai sangat baik untuk pembentukan sel baru serta menggantikan sel yang sudah rusak. Untuk itulah mengapa para lansia sangat di anjurkan mengonsumsi susu setiap hari.

9. Menjaga Tubuh Tetap Fit

Manfaat susu sapi murni untuk tubuh juga sangat baik sebagai sistem imunitas. Kandungan magnesium mampu membuat jantung dan beberapa sistem syaraf dalam keadaan normal.

Dalam hal ini, magnesium berperan untuk mengatasi kelelahan atas aktivitas seharian yang sudah di lakukan.

10. Membantu Penyembuhan Lebih Cepat

Manfaat lain dari susu adalah adanya zat Zink (seng) yang sangat bekerja aktif pada proses penyembuhan luka.

Ia bersama fibrinogen membentuk benang-benang fibrin untuk menutup luka ketika anda jatuh. Sehingga membantu untuk menghentikan pendarahan yang terlalu banyak.

11. Mempertajam Penglihatan

Keadaan mata merupakan salah satu bagian yang paling berperan penting. Menjaganya agar selalu sehat, apalagi mempertambah ketajaman memang diperlukan.

Terlebih bagi orang dewasa yang sudah banyak mengalami pengeruhan di lensa matanya. Hal tersebut menjadikan penurunan penglihatan.

Salah satu cara mencegahnya dengan mengokonsumsi susu murni sapi. Kandungan vitamin B2 serta vitamin A  yang cukup tinggi sangat membantu.

12. Sebagai Penetral Zat

Susu dinilai sebagai penetral zat makanan yang masuk dalam tubuh anda. Termasuk berguna untuk menetralkan racun, baik timah, loga, Cadmium dan sebagainya.

Untuk itu sangat tidak di anjurkan untuk meminum susu setelah anda makan obat. Sebab yang terjadi, zat yang ada dalam obat tersebut malah di netralkan oleh susu sendiri.

13. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Manfaat susu sapi murni yang paling banyak di cari orang adalah adanya kandungan untuk mencegah osteoporosis.

Penyakit tersebut ada karena terjadi pengeroposan tulang, sehingga menjadikanya mudah patah. Dalam hal ini karena tulang sudah tidak lagi kuat, seta komponen penyusunya juga kapur.

Untuk itu cara mengatasinya dengan meminum susu yang kaya kandungan kalsium dan fosfor. Inilah mengapa para lansia sangat di harapkan untuk meminum susu setiap harinya.

14. Sebagai Energi Cadangan

Susu memiliki kandungan tinggi lemak yang sanagt berfungsi sebagai penyedia energy cadangan yang cukup kuat.

Hal ini menjadika n organ vital anda lebih terlindungi  dan sebagai penghantar vitamin yang larut dalam air. Adanya kandungan CLA (conjugated linoleic acid) sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan membantu metabolism tubuh. 

Demikian informasi tentang ternak sapi perah yang dapat saya sampaikan,Terimakasih sudah membaca 🙂