Usaha Abon Ikan dan Cara Mengolahnya -Pasti kalian sudah tidak asing bila mendengar hewan satu ini, siapa lagi jika bukan ikan. Hingga kini, ikan sering dikonsumsi secara langsung. Cara pengolahan ikanpun belum banyak dilakukan. Kami disini memberi kan tips membuat usaha abon ikan dan pembuatannya. Yuk langsung saja.

Ikan dapat kita olah menjadi beraneka macam produk seperti ikan asin, ikan kering, bakso ikan, dendeng ikan, abon ikan, kemplang, kerupuk ikan dan tepung darah ikan menjadi pupuk tanaman serta pakan ikan.

usaha abon ikan

Abon merupakan makanan yang terbuat dari serat daging hewan. Biasanya memiliki tampilan dengan warna cokelat terang sampai kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Penampilan abon semacam serat-serat kapas, sebab didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir.

Dikarena kering serta nyaris tidak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan selama berminggu-minggu sampai berbulan-bulan didalam kemasan yang kedap terhadap udara.

Bahan dasar abon biasanya terbuat dari daging (sapi, kambing, kuda, babi, dan domba), selain abon dibuat menggunakan bahan dasar daging, abon dapat dibuat menggunakan bahan dasar dari hewan laut, seperti ikan tongkol, ikan tuna, ikan lele, belut, kepiting rajungan dan udang.

Biasanya abon dimakan menjadi lauk yang di taburan di atas nasi, di taburan di atas bubur ayam, maupun sebagai isian pada lemper serta juga bisa langsung dimakan seperti memakan atau mengkonsumsi camilan.

Biasanya di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, pada umunya orang mengenal ‘abon sapi’. Selain daging sapi, daging yang biasa digunakan menjadi abon ialah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing.

Jika di China sendiri, abon yang paling lazim digunakan biasanya abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong.

Pembuatan abon ikan biasanya dibuat dari campuran makanan pokok yang terbuat dari ikan yang direbus, sesudah itu dilumatkan campur dengan bumbu dapur, kemudian dioseng dengan sedikit minyak goreng.

Masyarakat di Kepulauan Seribu biasanya gemar membuat makanan tersebut di karena bahan yang mudah untuk didapat, dan biasanya makanan tersebut juga biasanya banyak dibuat untuk dikonsumsi sampai berhari-hari.

Masyarakat sering memilih ikan tongkol untuk dijadikan bahan pembuatan makanan. Ikan tongkol ini juga memiliki cita rasa yang begitu khas ketika diolah menjadi abon. Ikan tongkol sendiri di Indonesia banyak digemari oleh masyarakat.

Ikan tongkol ini memiliki kelebihan selain harganya yang terjangkau, ikan tongkol ini juga memilki kebaikan untuk kesehatan pada tubuh kita. Manfaat yang dimiliki oleh ikan tongkol ini salah satunya ialah menyehatkan mata.

Abon ikan ini mengandung lebih banyak nutrisi yang jauh lebih terjamin aman serta lebih sehat dibandingkan dengan abon daging yang masih terdapat banyak kolesterol dari daging sapi.

Ini diungkapkan oleh seorang peneliti yang bernama John Hopkins School of Medicine, bahwa ikan tongkol ini mengandung zat omega 3 yang dipercaya dapat mengurangi resiko AMD (Age Macular Disease) maupun jenis penyakit mata dikarenakan faktor penuaan.

Selain itu, kandungan omega 3 yang terkandung di dalam ikan tongkol ini juga dipercaya dapat menurunkan resiko untuk mengalami kerusakan pada mata.

Tips Membuat Usaha Abon Ikan Bebas Amis

1. Mencari Supplier Ikan yang Terpercaya

Untuk menjalankan bisnis abon ikan dibutuhkan ikan tongkol yang tidak sedikit (banyak). Kian bertambah besar skala bisnis abon ikan yang dijalankan, maka akan semakin banyak pula ikan tongkol yang dibutuhkan.

Oleh karena itu bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis abon ikan ini sebaikya untuk mencari supplier ikan. Untuk pembelian ikan dari supplier juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga dipasaran.

Belum lagi jika stok ikan tongkol yang kalian butukan habis sewaktu-waktu maka kalian dapat dengan segera menghubungi ke supplier yang telah kalianpercayai.

2. Memilih Jenis Ikan yang Tepat untuk Usaha Abon Ikan

Untuk membuat abon ikan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Salah satu prosesnya adalah mengaduk-aduk suwiran ikan bersama bumbu-bumbu basah hingga sangat kering. Dalam proses ini dibutuhkan ikan yang memiliki tekstur kokoh, memiliki serat besar, serta tidak lengket.

Ikan yang dapat digunakan untuk membuat abon di antaranya adalah ikan tongkol, ikan tuna atau yang lainnya.

3. Selain Rasa yang Kaya, Beraneka Macam Bumbu Serta Rempah Akan Membuat Abon Lebih Awet

Rempah maupun bumbu yang tepat merupakan kunci kenikmatan dari abon ikan. Selain untuk perasa, bahan ini juga memiliki kandungan antibakteri sehingga abon ikan buatan kalian dapat lebih tahan lama. Seperti jahe, lengkuas, serai, kunyit.

Daun salam serta daun jeruk juga tak luput menyumbang fungsi agar abon tidak amis. Agar tidak amis, gunakan daun jeruk dan daun salam. Anda penyuka pedas juga bisa menambahkan takaran cabai supaya lebih sedap.

4. Gunakan Api Kecil Saat Memasak Abon

Untuk proses pengadukan abon harus benar-benar kering merupakan tahap penting saat memasak abon. Proses ini membutuhkan api kompor yang kecil sehingga panas yang dihasilkan konstan dan tidak berlebihan. Misalkan menggunakan api besar seharusnya kering, tetapi abon malah akan gosong namun tetap basah. Alih-alih enak, abon malah akan gagal serta terasa pahit.

5. Pengemasan Abon Ikan

Untuk pengemasan abon ikan yang disajikan ini sangat mempengaruhi bisnis yang kalian jalankan. Oleh karena itu sebagai pelaku pembisnis abon ikan hendaknya kalian mengemas abon ikan dengan kemasan yang menarik.

Agar kemasan abon ikan terlihat lebih menarik dan kalian dapat memberi label maupun memberi brand nama usaha abon ikan yang sedang kalian jalankan. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi sehingga akan memudahkan konsumen yang ingin memasan abon ikan yang kalian produksi.

Dalam pengemasan abon ikan sering kali menggunakan plastik bening. Untuk kalian yang ingin menggunakan plastik bening hendaknya mencari plastik yang cukup tebal agar kualitas dari abon ikan yang ada di dalam kemasan juga tetap terjaga.

Sebelum ke tahap pengemasan pastikan lagi agar tidak ada kadar minyak yang ada di olahan abon ikan ini, tetapi jika ada pastikan hanya sedikit. Abon ikan dengan kadar minyak yang semakin sedikit yang ada di dalam kemasan maka akan membuat abon ikan yang dikemas lebih bertahan lama.

6. Menyimpan abon dengan benar

Setelah dimasak dan kering, diamkan abon terlebih dahulu hingga dingin agar uapnya hilang. Saat mencapai suhu ruang, barulah kemas abon di dalam wadah yang kedap terhadap udara. Abon ikan bisa tahan selama satu minggu. Ketika disimpan di dalam kulkas, abon ini dapat bertahan lebih lama lagi.

7. Harga Tiap Bungkus

Setelah tahap pengemasan hal yang penting berikutnya yang perlu kalian lakukan ialah menentukan harga untuk setiap bungkuasnya. Dalam penentuan harga di setiap kemasan abon ikan sebaiknya disesuaikan dengan persiapan modal yang diperlukan.

Misalkan harga bahan dasar utama ikan tongkol ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan daging sapi maka harga abon ikan seharusnya juga lebih murah. Tetapi jangan sampai kalian menentukan harga yang tidak sewajarnya yang malah akan membuat konsumen atau pembeli kalian lari.

Tips penting di atas merupakan membuat dan penyajian yang perlu kalian perhatian untuk dapat menjalankan peluang usaha abon ikan. Tips penyajian di atas sangat penting sekali demi mendukung kelancaran bisnis abon ikan yang kalian jalankan.

Nah, sudah tahu kan tipsnya? Berikut ini adalah proses pemngolahan abon ikan yang telah kami rangkum.

Proses Pengolahan Abon

Berikutnya kita akan membahas mengenai proses membuat abon ikan. Resep yang kami tuliskan di sini merupakan proses dasar pembuatannya, kalian tentu dapat berkereasi sendiri dengan menambahkan maupun mengganti bahan atau pun rasa lain pada abon ikan.

Resep Abon Ikan Tongkol

Bahan yang Dibutuhkan

  • 1000 gram Ikan tongkol (diambil daging ikannya saja)
  • 300 mililiter Santan (yang dibuat dari 1 butir kelapa)
  • 1 sendok makan Gula merah (yang sudah disisir)
  • 1 sendok makan Air asam (teerbuat dari 1 sendok teh asam jawa yang dilarutkan dengan 1,5 sendok makan air putih)
  • Mentega atau margarin secukupnya (digunakan untuk menumis)

Bumbu Halus Abon Ikan Tongkol :

  • 6 siung Bawang putih
  • 10 siung Bawang merah
  • 1/2 sendok makan Ketumbar
  • 4 butir Kemiri (disangrai)

Bumbu Pelengkap Abon Ikan Tongkol  :

  • Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.
  • 2 lembar Daun salam
  • 2 ruas ibu jari Lengkuas (digeprek)
  • 2 batang Serai (digunakan bagian putihnya saja, kemudian digeprek)
  • 5 lembar Daun jeruk (buang tulang daunnya)
  • 5 sendok makan Bawang merah goreng

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol :

  1. Baluri daging ikan tongkol dengan garam, kemudian kukus sampai matang (kurang lebih selama 25 menit) angkat, lalu suwir-suwir.
  2. Kemudian panaskan mentega atau margarin, tumis bumbu halus hingga wangi dan matang. Setelah itu tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai lalu tumis kembali hingga wangi sedap.
  3. Selanjutnya tuangkan santan, lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mandidih. Lalu tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk dan gula merah. Masaklah sambil terus mengaduk sampai mengental dan santan meletup-letup.
    Kemudian masukkan daging ikan tongkol yang tadi sudah disuwir-suwir, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan air asam, lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mengering dan tekstur daging sudag sama dengan abon. Angkat.
  5. Setelah itu pindahkan abon ikan ke dalam wadah penyimpanan, kemudian taburi dengan bawang merah goreng. Aduklah hingga rata.
  6. Abon siap untuk dihidangkan.

Resep Abon Ikan Cakalang

Bahan yang Dibutuhkan

  • 500 gram Daging Cakalang Suwir
  • 250 ml santan kental
  • 10 lembar daun jeruk, diiris tipis
  • 10 buah cabe merah besar (buang biji dan diiris serong)
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, digeprek

Bumbu halus

  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 3 ruas jari jahe
  • 5 cm lengkuas
  • 1 sdm ketumbar, disangrai
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt gram

Cara Mebuat Abon Ikan Cakalang

  1. Cucilah ikan cakalang suwir samapi bersih.
  2. Kemudian pasnaskan minyak goreng, kemudian tumis bahan bumbu halus, kemudian masukan air jeruk nipis hingga harum.
  3. Sesudah memasukan cabai merah, serta serai, daun jeruk, kemudian aduk-aduklah hingga semua tercampur merata.
  4. Setelah itu baru masukan ikan cakalang dan juga santan kental, aduk terus menggunakan api kecil hingga mengering.
  5. Angkat dan siap ndihidangkan.

Resep Abon Ikan Tuna

Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 kg ikan tuna yang masih segar
  • 2 batang seari, memarkan
  • Jahe 1 cm, memarkan
  • 150 ml santan
  • 300 ml minyak goreng

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • Kunyit ukuran 2 cm
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya

Cara Membuat Abon Ikan Tuna

  1. Kukuslah ikan tuna terlebih dahulu sampai dagingnya melunak.
  2.  Ambil ikan tuna yang telah di kukus, kemudian suwir-suwir.
  3. Panaskan minyak sayur sebanyak 2 sdm.
  4. Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, jangan lupa tambahkan serai serta jahe dan tumislah sampai harum.
  5. Masukkan santan dan suwiran ikan tuna sambil diaduk-aduk dan gunakan api kecil sampai mengering.
  6. Panaskan minyak, kemudian adonan yang telah digoreng hingga kering untuk di tiriskan.
  7. Pres atau peras hingga tidak ada minyak yang tertinggal.
  8. Abon siap untuk disajikan.

Masyarakat sering menjadikan abon ikan menjadi pilihan untuk menjalankan sebuah bisnis. Bila abon daging sapi membutuhkan modal yang cukup besar untuk menjalankannya, berbeda dengan peluang bisnis usaha abon ikan yang dapat dijalankan dengan modal yang lebih kecil.

Harga bahan dasar ikan tongkol ini memiliki harga jual yang tidak begitu mahal sehingga siapa pun tidak akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis usaha abon ikan. Bisnis usaha abon ikan untuk saat ini memiliki potensi yang mengundang banyak keuntungan.

Bagi kalian yang belum memiliki usaha dapat mencoba mengembangkan bisnis usaha abon ikan ini. Untuk menjalankan bisnis abon ikan sama halnya dengan menjalankan bisnis abon pada umumnya. Yang berbeda hanya dalam penggunaan bahan baku yang dibutuhkan tidak sama dengan pembuatan abon daging sapi.

Bila kalian sudah memiki usaha tetapi masih tetap ingin menjalankan bisnis abon ikan untuk bisnis sampingan. Bisnis abon ini mudah untuk dijalankan, kalian juga dapat menjadikan bisnis ini sebagai sampingan. Bisnis ini berbeda dengan bisnis lain yang perlu diperhatikan sehingga kalian hanya terpacu dalam satu bisnis saja.

Selain dijadikan untuk bisnis sampingan usaha abon ikan juga dapat dijadikan untuk pembisnis yang masih pemula. Untuk pembuatan abon ini sangat mudah dilakukan untuk seorang pembisnis yang masih pemula dan juga dapat mencoba menjalalankan bisnis abon ikan.

Untuk menjalankan bisnis abon ikan tidak diperlukan ketaranpilan khusus. Tetapi hal yang terpenting yang diperlukan ialah berusaha untuk dapat membuat abon ikan dengan cita rasa yang enak. Bagaimanakah cara membuat abon yang enak?

Jika kalian belum bisa membuat abon dengan cita rasa yang enak hendaknya memperbanyak informasi tentang cara pembuatan abon ikan yang benar. Untuk memperbanyak informasi kalian tidak boleh hanya terpacu hanya dengan satu sumber saja.

Semakin banyak sumber informasi yang kalian dapatkan maka akan semakin banyak pula informasi yang dapat kalian peroleh sehingga memilki cita rasa abon ikan yang akan kalian sajikan dan memilki rasa yang semakin pas saat dinikmati.

Bagi kalian yang ingin menjalankan peluang bisnis abon ikan hendaknya dibantu dengan penggunaan mesin usaha yang memiliki fungsi untuk memisahkan daging ikan dari durinya. Mesin usaha yang dapat kalian gunakan dapat kalian kenal dengan mesin pemisah tulang ikan.

Dengan menggunakan mesin pemisah tulang ikan maka proses pemisahan duri ikan akan dapat dilakukan dengan lancar dan bisnis abon ikan juga akan berjalan lancar pula.

Demikian tadi sajian informasi mengenai bisnis usaha abon ikan yang dapat kalian jalankan. Semoga saja informasi di atas memudahkan kalian untuk membuat bisnis abon ikan semakin berjalan lancar.