Pada artikel kali ini, penulis sengaja akan membahas mengenai Usaha rumahan yang menjanjikan khusus untuk pembaca yang ingin membuka usaha kecil rumahan namun kebingungan dalam menentukan ide bisnis.

Jadi, untuk itu saya akan membagi sedikit usaha rumah apa saja yang dapat mendapatkan keuntungan / profit.

Usaha rumahan merupakan kegiatan atau aktivitas bisnis yang dilakukan di rumah / tempat tinggal yang dapat membuahkan dan menjanjikan keuntungan.

Sebenarnya, ada begitu banyak pilihan ide dalam peluang usaha yang bisa Anda jalankan. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang ini. Jumlah peluang usaha yang ada pun semakin bertambah banyak dengan adanya itu.

Usaha Rumahan yang Menjanjikan

usaha rumahan yang menjanjikan

Walaupun disebut dengan usaha rumahan, bukan berati usaha ini menjadi bisnis yang kecil dan bahkan malah bisa menjadi besar dan sukses.

Sudah banyak sekali bukti yang bisa kita lihat pada zaman sekarang ini, dimana usaha rumahan ini dapat menjadi usaha yang sangat menghasilkan dan menguntungkan bagi pemiliknya.

Para pengusaha sukses tersebut mampu bertahan dan keluar dari problem finansial sehingga mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Untuk itu, bagi anda yang ingin memulai bisnis rumahan, mari simak artikel berikut ini.

Berikut Beberapa Usaha Rumahan Yang Memiliki Omset Menjanjikan :

1. Jasa Laundry

Zaman sekarang orang-orang suka hal yang praktis, terutama bagi mereka yang sibuk dalam bekerja. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuka usaha laundry kiloan di daerah yang memang cocok.

Apalagi Anda berada di daerah kompleks karyawan, perumahan atau lingkungan kampus. Usaha laundry Anda dapat dipastikan bisa berkembang pesat. Dan berikut kira-kira rincian modal yang dibutuhkan.

Modal yang dibutuhkan :
  • Mesin cuci + pengering 1 unit sekitar 2,5 juta
  • Timbangan sekitar 150.000
  • Bahan cucian sekitar 450.000
  • Setrika pakaian sekitar 500.000
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 600.000

Modal yang tidak terlalu besar bukan?

Akan tetapi, Anda harus research dan melihat kondisi lingkungan terlebih dahulu. Lakukan analisa secara matang apakah lokasi Anda layak untuk dibuka usaha laundry atau tidak dan jangan asal-asalan. Karena memang bisnis ini tidak semua daerah bisa dijalankan.

Perkiraan Omset yang Didapatkan :

Jasa laundry sekitar 6 hingga 7 ribu rupiah per kilo, tergantung lokasi Anda. Jika sehari Anda bisa menerima pesanan sebesar 30 Kg, Berarti dalam sebulan Anda bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 30 x 7000 x 30 = 6.300.000.

Strategy  Sukses Usaha Laundry :
  • Berikan diskon bagi pelanggan setia Anda
  • Pelayanan yang ramah
  • Pekerjaan tepat dan cepat serta cucian Anda bersih
  • Promosi dengan teknik yang inovatif

2. Usaha Katering Harian

Usaha kuliner tidak akan pernah ada matinya. Malah akan semakin meningkat pesat. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah padat penduduk. Anda dapat menjalankan usaha warung makan dari rumah.

Perkiraan Modal :

Sebenarnya dengan modal Rp5.000.000 saja sudah cukup untuk menjalankan usaha bisnis ini. Omset yang didapatkan pun cukup terbilang tinggi.

Contoh ilustrasi dibawah ini :

  • Order masuk 50 porsi dengan harga Rp20.000 ribu rupiah per porsi.
  • Maka estimasi keuntungan Rp20.000 x 50 porsi= Rp1.000.000
  • Modal estimasi 50 porsi= Rp500.000
Estimasi Penghasilan :

Nah jika sehari saja Anda bisa menggait pelanggan sebanyak itu, maka potensi penghasilan sebulan bisa mencapai Rp500.000 dikalikan 30 hari = 15jt rupiah.

Strategy Sukses Membuka Warung Makan :
  • Menjaga rasa dan kualitas makanan tetap enak
  • Menjaga kebersihan warung makan dan terlihat rapi
  • Harus ramah dan murah senyum kepada para pelanggan Anda
  • Berikan diskon khusus bagi pelanggan Anda yang setia membeli dan memesan masakan Anda.

Selanjutnya jika Anda berada di kompleks karyawan atau berada di area kampus, Anda bisa membuka jasa katering. Justru dengan cara ini dapat mendongkrak pendapatan Anda menjadi lebih besar.

Karyawan atau mahasiswa kampus biasanya sangat sibuk dan mereka tak sempat memasak makanan mereka sendiri. Sehingga biasanya mereka mencari jasa ketering. Nah promosikan jasa catering Anda kepada mereka.

3. Usaha Penjahit Pakaian

Jika Anda punya skill dibidang tailor atau menjahit pakaian, maka peluang usaha rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda. Sebab usaha bidang tailor akan selalu dibutuhkan walaupun pakaian jadi banyak untuk dijual.

Mengapa?

Setiap orang tentu punya selera masing masing. Hal inilah yang membuat jasa tailor akan selalu dibutuhkan banyak oleh masyarakat sepanjang masa. Sebagai contoh jika pakaian yang dibeli tidak cocok atau kebesaran, maka mereka akan mencari jasa penjahit pakaian.

Estimasi Modal yang Dibutuhkan :
  • Mesin jahit Butterfly JH-8190: Rp1.300.000
  • Mesin obras Typical 6150: Rp 900.000
  • Benang jahit harga Rp50.000
  • Peralatan lainnya: Rp50.000
  • Penggaris: Rp 20.000

Total investasi awal yang dibutuhkan: Rp2.330.000

Estimasi Pendapatan :

Sebagai contoh Anda mendapat order 20 stel dalam sebulan dengan harga per stel Rp100.000. Maka Anda bisa mendapatkan omset sebesar Rp2.000.000 perbulan. Apalagi jika order lebih dari itu, sudah tentu omset Anda akan lebih besar lagi.

4. Usaha Gorengan

Dengan memiliki modal minim, bisnis menjual kue gorengan merupakan salah satu usaha rumahan yang patut untuk dipertimbangkan karena memang potensinya sangat menjanjikan.

Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat kita yang tidak sedikit dari mereka begitu gemar makan cemilan khususnya aneka cemilann kue gorengan.

Besarnya modal untuk memulai bisnis ini terbilang sangat murah dan cukup terjangkau pula. Karena pada dasarnya peralatan yang diperlukan untuk memasak masih bisa menggunakan perkakas dapur yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Kemudian untuk kebutuhan belanja bahan baku kue gorengan ini juga sangat murah serta cukup mudah didapatkan disekitar kita.

Dan mungkin minyak goreng adalah salah satu bahan yang bisa dibilang cukup mahal jika anda harus benar-benar menggunakannya untuk sekali pakai. Namun kenyataannya masih banyak pedagang gorengan yang dapat menggunakannya berulang kali. Dan anda bisa  menggunakan sampai 2 kali saja.

Mengenai bagaimana strategi serta perhitungannya mengenai usaha jajanan yang satu ini, bisa anda lakukan dengan melakukan pemasaran offline dan online.

5. Usaha Minuman dan Jus Buah-Buahan

Salah satu bisnis yang bisa kita lakukan dari rumah, tanpa harus mengeluarkan banyak modal dan menyewa ruko sendiri adalah bisnis usaha minuman dan jus buah-buahan.

Sesuai dengan namanya, dalam bisnis ini kita secara khusus menjual berbagai minuman dan jus buah. Yakni minuman dari buah asli yang diblender dengan tambahan gula, air dan susu.

Minuman ini mudah untuk dibuat, kaya akan serat dan rasanya manis sehingga banyak disukai masyarakat serta baik untuk kesehatan tubuh.

Cara pembuatannya pun mudah dan kita bisa menghiasnya dengan aneka topping agar tampilannya semakin menarik dan menggungah selera. Memulai usaha berjualan minuman dan jus buah dapat menjadi salah satu alternatif bisnis yang dapat dijalani dengan mudah dan murah.

Karena memang  saat ini sudah banyak gerai minuman yang menjajakan khusus menu berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi beberapa rasa coklat yang divariasikan dengan keju, selai, atau beragam topping lainnya.

Begitu juga dengan gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus dengan aneka buah-buahan dan harga yang sangat terjangkau di kantong anak-anak sekolah.

Usaha modal kecil seperti ini banyak juga yang dijalankan dengan sistem franchise atau warabala dan sangat potensial jika anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan strategis seperti di area sekolah maupun area tempat wisata.

Namun tidak sedikit pula mereka yang suskses menjalankan usaha ini dengan menyewa tempat di depan supermarket, lingkup kampus atau di sekitar area perbelanjaan lainnya.

6. Dropshiper

Usaha rumahan yang lagi trend satu ini terbilang mudah dan dapat dijalankan dengan modal yang relatif minim. Anda dapat menjalankan bisnis usaha ini sebagai sampingan dari rumah lho. Tak perlu waktu full seharian dan cukup dengan memanfaatkan waktu luang yang ada.

Estimasi Modal yang Diperlukan :
  • Smartphone / laptop = 2 jutaan
  • Koneksi internet 30an Giga Perbulan = 200 an Ribu
Estimasi Omset :

Katakanlah Anda mampu menjual 2 produk perhari. Tidak usah terlalu banyak karena masih pemula. Jika selisih harga antara suplier dan harga jual sebesar 50 ribu maka Anda bisa mendapatkan profit perbulan sebesar 2 x 30 x 50.000 = Rp 3.000.000.

Bisnis dropshiper merupakan bisnis yang dilakukan dengan menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang.

Jadi Anda hanya sebagai perantara saja atau istilahnya pilak ke-2. Setelah Anda berhasil mendapatkan order, maka selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh suplier.

Langkah Memulai Usaha Dropshiper :

Anda bisa mencoba belajar menjalankan bisnis dropshiper dari E commerce besar di Indonesia sekarang ini. Tentu Anda sering melihat iklan toko online di televisi, rata rata mereka menyediakan layanan dropshiper. Dan berikut cara menjalankannya :

  1. Cari jenis produk yang ingin Anda jual
  2. Cari suplier di e commerce yang ada di Indonesia
  3. Promosikan lewat media sosial, blog pribadi atau forum online
  4. Terapkan strategi promosi yang Anda anggap mumpuni

Modal usaha rumahan yang satu ini yaitu internet dan smarthpone atau laptop. Tidak membutuhkan namanya ruko besar, cukup dengan perangkat tersebut dan Anda mampu menjalankan usaha rumahan ini.

Strategy Agar Sukses Menjalankan Bisnis Dropship :

Agar sukses berbisnis dropshiper, carilah produk yang lagi trend atau paling populer dan terapkan strategi promosi yang jitu. Selanjutnya belajarlah bagaimana cara posting konten menarik dan belajar bagaimana membuat sales leteryang  menarik pula.

Karena memang usaha ini dijalankan melalui online. Jadi strategy yang jitu salah satunya adalah membuat konten yang menarik, mulai dari cara promosi, gambar dan lain sebagainya.

7. Usaha Cuci Motor

Usaha cucian motor juga merupakan usaha yang cukup menjanjikan yang bisa Anda pikirkan. Lihat saja kemudahan dalam melakukan kredit membuat pengguna sepeda motor semakin banyak di masyarakat.

Apalagi pada saat-saat musim hujan, sudah dapat dipastikan banyak sekali orang yang akan mengantri untuk mencuci motor mereka.

Perkiraan Modal yang Diperlukan :

Usaha cucian sepeda motor tidak terlalu besar, cukup dengan kisaran dana antara  6 hingga 7 juta dan Anda sudah bisa memulainya.

  • Mesin kompresor 3 jutaan, Anda bisa membeli mesin second/bekas saja
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 4 jutaan.
Perkiraan Omset :

Rata rata jasa cucian motor sekitar 10.000 ke atas untuk satu unit motor dan biasanya tiap motor berbeda (metic, sport, moge). Jika dalam sehari Anda bisa mendapatkan pelanggan sekitar 7 hingga 10 orang, maka Anda bisa mendapatkan profit/keuntungan sebulan sekitar 3 jutaan rupiah. Lumayan bukan?

8. Makanan Ringan / Snack

Usaha snack bisa jadi usaha yang cukup menjanjikan juga lho. Tak percaya ? sudah banyak bukti dimana para pengusaha snack mampu menghasilkan penghasilan  yang cukup besar setiap bulannya.

Setiap orang pasti suka snack. Snack biasanya disajikan saat menonton televisi, saat makan atau saat minum  teh bersama keluarga. Bahkan Anda juga bisa menerapkan strategi marketing agar produk snack Anda tersebar kemana  mana, seperti promosi lewat media sosial.

Kunci Agar Usaha Snack Berhasil :

Agar usaha snack Anda sukses, perlu pastikan cita rasa snack Anda diterima oleh masyarakat. Jadi, belajarlah dahulu cara membuat snack dengan cita rasa yang enak.

Dan untuk mendapatkan snack gampang banget, cari orang yang hobi membuat snack yang Anda kenal. Atau, Anda belajar dari internet. Mudah bukan? Lalu, lakukan uji coba masakan Anda. Jika sudah pas dan cocok, silahkan Anda tes titip pada warung-warung disekitar Anda.

Perkiraan Modal :

Modal yang dibutuhkan tidak butuh modal besar, tergantung dari snack yang Anda buat.

Ada berbagai jenis usaha snack yang bisa Anda jalankan mulai dari kerupuk, keripik hingga kue kering yang bisa dijadikan santapan camilan. Silahkan explor kemampuan memasak Anda menjadi lebih baik.

9. Usaha Kedai Kopi

Membuka usaha warung kopi meskipun hanya sederhana tidak bisa di anggap remeh. Karena memang saat ini sudah banyak mereka yang berhasil dan sukses dengan model bisnis kecil ini.

Dengan modal usaha yang minim, warung kopi sederhana adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan syarat kamu bisa melihat lokasi dan mempelajari strateginya.

Jika kamu amati, hampir disetiap daerah mulai perkampungan hingga kawasan perkotaan pasti ada spot-spot tertentu yang bisa kamu temukan ada warung kopi.

Untuk strategy dalam usaha ini, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar usaha warung kopi kamu berjalan sesuai rencana dan tentunya akan membawa keuntungan.

Tentukan target

Perhatikan terlebih dahulu siapa kira kira nantinya yang akan singgah di warung kopi kamu.

Ada 3 target kosumen yang bisa di jadikan acuan dan untuk merencanakan strateginya yaitu:

  • Masyarakat Umum
  • Kalangan Remaja
  • Hanya lingkungan sekitar

Dari ketiga target konsumen ini sangat perlu dipahami karena akan menentukan kelangsungan usaha warung kopi yang akan kamu rintis.

Sajikan juga menu murah selain kopi

Untuk melengkapi hidangan warung kopi tentunya tidak hanya sekedar jenis minuman saja, namun juga sediakan beberapa jenis makanan ringan (cemilan) juga bisa menjadi penambah penghasilan.

Selain itu, pengunjung juga pasti tidak akan lega jika di warung kamu tidak ada pilihan lain meskipun hanya cemilan kacang goreng atau jajanan murah lainnya.

Jika kamu belum memiliki pelanggan atau konsumen yang tetap, jangan sekali kali menyediakan menu yang terlalu beresiko seperti membuat jajanan gorengan yang mana tidak akan bisa digunakan untuk besok jika hari ini tidak laku.

Sediakan saja makanan ringan kering yang tahan dan tidak mudah basi dengan cara kulak atau menerima titipan dari orang lain dengan perhitungan komisi atau bayar yang sudah laku.

 

Nah, itu tadi beberapa bisnis usaha rumahan yang memang memiliki omset yang cukup menjanjikan. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam memulai bisnis dirumah yang ingin dijalankan.

Sekian dan terimakasih 🙂