Belajar Usaha keripik sayur di desa yang begitu menjanjikan.. yuk…

Ingin memulai usaha keripik sayur di desa ? tentu ada beberapa hal yang harus di siapkan agar usaha cepat berjalan dan sukses.

Hal-hal tersebut adalah :

  1. Modal usaha, untuk memulai usaha ini dialokasikan untuk membeli peralatan / mesin vacuum frying. Kapasitas mesin ideal untuk usaha ini minimal 5 kg/proses.

Pertimbangannya, biaya operasional mesin dengan 1,5 kg- 5 kg nyaris sama. Bayangkan saja, lama menggoreng hampir sama 45 menit pemakaian LPG sama juga dan tenaga kerja juga sama.

Sehingga berdasarkan pertimbangan efisiensi, maka pilih kapasitas yang 5 kg. Tapi jika punya dana berlebih, silahka pilih mesin dengan kapasitas lebih besar dan lebih efisien lagi.

  1. Lokasi produksi, digunakan sebagai tempat nanti memproduksi keripik sayur. Luas minimal 2×2 meter jika lebih besar tentu lebih baik lagi.

  1. Listrik, mesin vacuum fryer menggunakan listrik rata-rata 750 watt/220 v untuk kapasitas 5 kg PV1 (instalansi listrik minimum berarti 900 watt). Kalau kapasitas 10 kg PV1 2200 watt/220 V (instalansi minimum berarti harus diatasnya).

  1. Bahan baku, masing-masing daerah biasanya punya produk sayur melimpah, dengan adanya bahan yang melimpah maka mempermudah produksi keripik sayur. Bahan lain yang disiapkan adalah minyak dan LPG.

  1. Siap berwirausaha, dalam memutuskan menjadi pengusaha keripik sayur maka harus siap berwirausaha, fisik, mental dan spiritual harus siap saat meniti jalur enterpreneur.

Jenis keripik sayur

Usaha keripik sayur di desa yang cocok untuk ide bisnis rumahan adalah

  1. Keripik kentang

Keripik yang satu ini masuk dalam urutan pertama karena jenis umbi-umbian sangat populer di seluruh dunia. Citarasanya yang gurih enak maka membuat keripik kentang semakin banyak diminati masyarakat.

  1. Keripik bayam

Bayam merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam golongan sayuran hijau. bayam merupakan tumbuhan sehat yang daat dikonsumsi seta memiliki daun yang lebar. Tumbuhan ini dapat dijadikan bebagai masakan yang sangat enak seperti sayur bening.

  1. Keripik wortel

Keripik wortel merupakan makanan yang memiliki rasa sangat gurih dengan perpaduan bumbu yang pas. Pengolahan keripik wortel merupakan inovasi baru, karena selama ini wortel hanya diolah menjadi sop, tumis serta minuman jus biasa.

  1. Keripik sawi

Sawi memiliki citarasa yang gurih dan renyah, selain itu juga mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi, dimana di dalam sawi terdapat kandungan vitamin K.

  1. Keripik kacang panjang/ buncis

Buncis merupakan sayuran seperti kacang panjang namun rasanya lebih manis dan benyak air. Buncis termasuk polong-polongan, berarti tidak jauh seperti manfaat kavang panjang, kacang merah dan kedelai. Citaras buncis gurih dan renyah.

  1. Keripik lobak

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan umbinya. Ternyata lobak bisa diolah menjadi makanan ringan yang gurih dan renyah serta bergizi.

  1. Keripik ubi jalar

Keripik ubi jalar merupakan cemilan yang banyak diminati semua masyarakat luas dari mulai anak-anak, remaja hingga orang tua. Selain cita rasanya nikmat dan renyah, ternyata bisa dijadikan sebagai makanan yag bisa menemani disaat lagi bersantai.

  1. Keripik jengkol

Siapa sangka, dibalik baunya yang terkesan kurang sedap serta banyak yang tidak menyukai baunya, ternyata memiliki rasa yang enak dan gurih yaitu keripik jengkol. Makanan ini bisa dijadikan sebagai lauk makan, langsung dimakan atau dipadukan dengan makanan berkuah.

Tips membuat keripik sayur yang renyah

Sebelum memulai usaha keripik sayur di desa maka tips untuk membuat sayuran menjadi renyah adalah sebagai berikut :

  1. Pilih sayuran terbaik, harus memilih jenis sayuran yang berkualitas, jika ingin tekstur sayuran seperti kentang maka pilihlah jenis labu, lobak, ubi, wortel dan bit.
  2. Metode memasak, menggunakan banyak minyak pada saat penggorengan. Namun jika ingin keripik yang sehat maka menggunakan metode panggang atau microwave.
  3. Kulit dan non kulit, jika ingin keripik dengan kulit maka harus dicuci bersih lalu ditiriskan, tetapi jika ingin tanpa kulit maka kupas terlebih dahulu baru ditiriskan.
  4. Irisan tipis, jika irisan tepat maka keripik tidak krispi.
  5. Air garam, agar kriik sayuran menjadi renyah. Caranya rendam sayuran di dalam air garam sebelum digoreng tunggu 20-30 menit lalu tiriskan.
  6. Finishing, erhatikan tekstur renyahnya bertahan lama adalah cara penyimpanannya. Dinginkan keripik setelah digoreng sebelum dimasukkan toples, hawa panas pada toples akan menimbulkan uap air.

Kunci sukses dalam menjalani bisnis keripik sayur

Ada beberapa kunsi sukses usaha keripik sayur di desa,yaitu :

  1. Tampilan yang menarik, bergantung pada beberapa aspek : pemilihan bahan yang tepat, proses penggorengan yang benar, menggunakan vacuum frying berkualitas, serta penyortiran dan quality control yang akurat.
  2. Kemasan produk harus profesional dan menarik, pilihlah kemasan yang transparan agar tampilan keripik yang menarik ikut mengundang selera calon pembeli.bikin label yang menarik, untuk keperluan toko bisa menyertakan kontak pemsan pada label.
  3. Memilih metode pemasarn

Memasarkan dalam usaha keripik sayur di desa menggunakan cara berikut ini :

  1. Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk ke toko kecil, pedagang kaki lima serta ppedagang asongan.
  2. Bekerjasama dengan toko makanan atau restoran dengan menyuplai produk keripik sayur.
  3. Bekerjasama dengan katering-katering
  4. Merintis peluang ekspor jika produk yang dihasilkan cukup banyak.

Tahapan dalam menjalankan bisnis keripik sayur

Dalam tahapan menjalankan usaha keripik sayur di desa maka :

  1. Menentukan target pemasaran, sasaran yang dituju harus sesuai dengan kapasitas produksi keripik sayur, tawarkan di supermarket maupun swalayan.
  2. Pemilihan bahan baku, sesuai kan musim yang ada sehingga menghemat biaya bahan baku maupun produksi. Pilih bahan yang berkualitas masih fresh dan seger.
  3. Tahap produksi keripik sayur, menentukan hasil akhir dari rasa keripik sayur tersebut. Menjaga kualitas keripik sayur yang dibuat.
  4. Tahap pengemasan keripik sayur, diperlukan tampilan yang menarik, bagus dan bersih. Jangan lupa cantumkan brank produk kemasan dengan label pada bungkus keripik tersebut.
  5. Tahap pemasaran keripik sayur, bisa dilakukan secara online maupun offline. Misalnya ditawarkan kepada keluarga saudara, teman, tetangga, dll. Atau bisa dititipkan di toko-toko, dapat juga dipasarkan melalui pemanfaatan akses internet (toko online).

Cara pengolahan keripik sayur

Dalam pengolahan keripik sayur yang akan menjadi usaha keripik sayur di desa, yaitu:

  1. Proses perajangan, adalah proses pemotongan atau pengirisan pada bahan utama keripik. Semakin tipis maka keripik tersebut akan semakin gurh.
  2. Proses penggorengan, adalah proses memasak keripik dengan menggunakan minyak sayur, pemanggangan atau menggunakan microwavw.
  3. Pengeringan (Dryer), adalah proses memasak dengan metode memanggang bahan baku menggunakan oven, jika ingin maksimal maka menggunakan vacuum frying.
  4. Penirisan, adalah menghilangkan kadar minyak/air pada sayuran yang telah melewati proses penggorengan/pengeringan, dengan cara mengangin-anginkan keripik.

Jenis Bumbu keripik sayur

Sebelum memulai usaha keripik sayur di desa maka ketahuilah dahulu bahwasanya rasa pada keripik sayur bisa diinovasikan dengan bumbu-bumbu perasa.

Bumbu adalah bahan perasa paada keripik yang dicampurkan secara merata untuk memberikan rasa yang lebih variatif. Jenis bumbu pada keripik terbagi menjadi :

  1. Bumbu serbuk, adalah bumbu ynag berupa serbuk (biasanya tersedia dalam berbagai rasa).
  2. Bumbu basah, karena karekter bumbu masih mengandung air dan agak lengket hal ini disebabkan proses pencampuran gula yang dicairkan dalam pembuatannya.

Tak hanya saja usaha keripik sayur di desa sangat menjanjikan tetapi ada usaha lain yang menjanjikan di desa, baca selengkapnya.